Bunga asoka termkasud jenis tanaman semak yang berasal dari daerah Asia, umumnya mampu tumbuh dengan ketinggian 2 meter, berbatang tegak, berkayu bulat, system percabangan simpodial, daun tunggal lebar berbentuk lonjong dengan bagian ujung runcing. Bunga sendiri termaksud jenis bunga majemuk dengan tandan ramping berbentuk seperti payung yang tumbuh diujung batang, kumtum umumnya berwarna merah, memiliki kelamin dua yaitu benang sari berjumlah 4 dan putik, bagian kelopak bunga berbentuk corong, dan kepala sari melekat pada mahkota.

Dibeberapa Negara bunga ini banyak sekali dimanfaatkan, salah satunya di negera India yang umumnya memanfaatkan bunga asoka sebagai sesaji bagi agama hindu. Masyarakat India percaya bahwa bunga asoka merupakan salah satu dewa pujaan dari agama hindu. Makna dari bunga asoka menurut agama hindu adalah symbol hidup bersuka hati, maka dari itu sering dijadikan sebagai sesaji. Selain itu, asoka juga dimanfaatkan sebagai tanaman hias dipekarangan rumah, hal ini dikarenakan asoka menghasilkan bunga yang banyak dan indah. Kemudian ada juga yang memanfaatkan bunga ini sebagai bahan pengobatan berbagai penyakit salah satunya adalah penyakit desentri.

Baca Juga BUNGA KUPU-KUPU: DESKRIPSI, KLASIFIKASI, BUDIDAYA DAN JENIS

Klasifikasi

Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Familia : Caesalpiniaceae
Ordo : Fabales
Genus : Saraca
Spesies : Saraca Indica

Ciri ciri Bunga Asoka

bunga asoka
Sumber Pixabay

Batang

Tanaman bunga asoka memiliki batang yang tumbuh tegak dengan bentuk bulat bertekstur keras dan mampu tumbuh mencapai ketinggian kurang lebih 7 meter tergantung kondisinya. Bagian atas batang ditumbuhi banyak ranting dengan system simpodial berwarna putih kotor.

Pada bunga asoka batang memiliki beberapa fungsi, diantaranya sebagai penyangga, tempat tumbuhnya ranting, daun, dan bunga, terakhir sebagai alat pengangkut bahan fotosintesis dari akar dibawa kedaun serta pengantar hasil fotosintesis.

Bunga

Secara umum tanaman asoka menghasilkan bunga berwarna merah cerah, namun ada juga yang menghasilkan bunga berwarna kuning dan jingga. Hal ini dikarenakan jenis tanaman bunga asoka itu sendiri. Tanaman ini menghasilkan bunga majemuk yang artinya memiliki dua jenis kelamin yaitu benang sari dan putik pada satu kelopak bunga.

Loading...

Akar

Tanaman asoka memiliki system perakarangan tunggang yang tumbuh secara vertical dan horizontal, akar horizontal berfungsi untuk mencari sumber makanan disekitar dan penompang tanaman itu sendiri, sedangkan akar vertical tumbuh menuju inti bumi yang berfungsi untuk mencari sumber makanan dibawah tanah.

Daun

daun bunga asoka
Sumber www.shutterstock

Tanaman asoka menghasilkan daun berbentuk lonjong dengan bagian ujung lancip, system pertulangan daunnya menyirip dan termaksud daun tunggal artinya pada setiap tangkai hanya ditumbuhi satu helai daun saja.

Baca Juga BUNGA KAMBOJA: DESKRIPSI, KLASIFIKASI, JENIS, BAGIAN BAGIAN, DAN FILOSOFI

Jenis jenis Bunga Asoka

Terdapat beberapa jenis bunga asoka yang bisa anda budidayakan di Indonesia, apa saja itu? Berikut ulasannya.

  1. Soka Putih Jepang (White Ixora)
  2. Tanaman Soka Orange Jepang
  3. Tanaman Soka Merah Jepang
  4. Tanaman Soka Kuning Jepang (Yellow Ixora)
  5. Tanaman Soka Merah Jepang (Red Ixora)
  6. Tanaman Pentas Light Purple Compact
  7. Tanaman Pentas White Compact
  8. Tanaman Bunga Soka Putih Jepang
  9. Tanaman Pentas Purple Compact
  10. Tanaman Pentas Red Compact
  11. Tanaman Soka Pink Jepang (Pink Ixora)
  12. Tanaman Bunga Soka Pink Jepang
  13. Tanaman Soka Kuning Jepang

Cara Menanam Bunga Asoka

Setelah menenentukan jenis tanaman asoka apa yang akan dibudidayakan, anda bisa memperoleh bibit asoka dengan dua cara, yaitu vegetatif dan generatif. Vegetatif merupakan cara memperoleh bibit dengan mengambil bagian batang asoka yang sudah berumur cukup lalu akan dijadikan bibit, saran dari saya untuk mengambil batang yang setidaknya sudah memiliki panjang 15 sentimeter.

Setelah itu, bibit tersebut ditanaman pada media semai yang memiliki iklim tidak kering dan teduh. Tujuan dari proses ini adalah agar batang yang anda ambil cepat mengalami pertumbuhan akar atau tunas baru. Tunggu hingga batang tumbuh akar atau tunas, kemudian lakukan penanaman. Sebelum itu, siapkan media tanam dengan campuran tanah dan pupuk kandang kering (kompos).

Sebaiknya campuran tanah dan kompos berbanding 1:1 yang kemudian dimasukan kedalam pot atau polybag, jika sudah buatlah lubang dengan kedalaman 5 hingga 10 sentimeter. Lalu tanam bibit asoka tersebut dengan posisi tegak. Setelah itu, tutup kembali  menggunakan tanah disekitar lubang. Saran dari saya, sebaiknya proses penanam dilakukan pada pagi atau sore hari, agar bibit lebih mudah beradaptasi.

Cara Merawat Bunga Asoka

Penyiraman

Salah satu perawatan terpenting adalah penyiraman, saya sarankan untuk menggunakan air bersih yang tidak tercampur zat kimia apapun agar tanaman asoka dapat tumbuh dengan cepat dan subur. Volume penyiraman yang baik adalah satu kali sehari antara pagi atau sore hari.

Pemupukan

Untuk volume pemupukan tergantung pada tempat yang anda pilih, andaikan tempat yang anda gunakan pot atau polybag maka volume pemupukan lebih banyak dibandingkan yang ditanam di tempat terbuka. Perbandingan pupuk 2:3.

Pemasangan Tiang

Tanaman asoka juga memerlukan pemasangan tiang, guna menompang pertumbuhan batang agar lebih kuat dari serangan angina dan lain-lain. Pemasangan tiang yang tepat dilakukan ketika proses penyiramana dilakukan, hal ini dikarenakan tanah lebih lembut.

Pembersihan Gulma

Agar tanaman asoka memperoleh nutrisi yang cukup, selain melakukan pemupukan hal lain yang perlu anda lakukan adalah pembersihan gulma pengganggu yang berisiko mengambil nutrisi didalam tanah. Waktu yang tempat untuk melakukan pembersihan gulma tergantung dari masa pertumbuhan gulma masing-masing.

Baca Juga BUNGA MAWAR: DESKRIPSI, NAMA ILMIAH, CIRI KHUSUS, JENIS, HABITAT DAN MANFAAT

Manfaat Bunga Asoka

Selanjutnya saya juga akan menjelaskan beberapa Manfaat Bunga Asoka untuk kesehatan tubuh manusia. Penasaran apa saja? Berikut ulasan singkatnya.

Melancarkan Sirkulasi Darah

Pertama bunga asoka dipercaya mampu melancarkan sirkulasi darah, jadi asoka sangat cocok bagi anda yang ingin mencegah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Minumlah ekstrak asoka secara rutin paling tidak 3 sampai 4 kali dalam seminggu.

Mencegah Peradangan

Selanjutnya asoka juga dapat membantu anda mencegah peradangan pada luka, hal ini dikarenakan asoka memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu mencegah peradangan luka, bengkak dan semacamnya.

Melancarkan Haid

Bagi kaum perempuan yang memiliki masalah haid, maka saya sarankan untuk mengkonsumsi ekstrak asoka secara rutin. Kenapa? Karena salah satu kandungan didalam ekstrak asoka dipercaya mampu melancarkan menstruasi atau haid.

Mencegah Anemia

Ternyata ekstrak dari asoka mampu meningkat sel darah merah didalam tubuh, jadi sangat cocok bagi anda yang mempunyai masalah anemia karena dapat meningkatkan sel darah merah.

Mengatasi Wasir

Manfaat selanjutnya dari asoka adalah mampu mengatasi masalah wasir, karena ekstrak asoka dipercaya dapat melancarkan system pencernaan jadi secara tidak langsung dapat mengatasi masalah wasir yang mengganggu usus anda.

Meringankan Kram Pada Betis

Jika anda sering mengalami kram pada betis dan bingung mengatasinya akan saya beri tips, percaya atau tidak ekstrak asoka mampu membantu anda meringankan rasa kram pada betis.

Menyembuhkan Disentri

Punya masalah pada usus? Sebaiknya anda rutin mengkonsumsi ekstrak dari bunga asoka karena menurut para ahli, ekstrak dari asoka dapat menyembuhkan disentri pada usus yang infeksi.

Menghentikan Diare

Seperti yang sudah disinggung diatas bahwa asoka mampu menyembuhkan disentri, otomatis juga bisa mengatasi masalah diare yang diakibatkan usus terinfeksi oleh bakteri.

Menghentikan Mencret

Selain daun jambu, ternyata ekstrak asoka juga bisa membantu anda menghentikan mencret loh. Meski terlihat sederhana penyakit ini sebenarnya sangat berbahaya untuk tubuh, maka sebaiknya segera atasi penyakit ini.

Mengatasi Hipertensi

Diatas tadi sudah saya jelaskan bahwa ekstrak bunga asoka mampu melancarkan sirkulasi darah, jadi juga bisa untuk mengatasi hipertensi yang diakibatkan tekanan darah terlalu tinggi.

Demikian ulasan singkat dari sawonbudidaya mengenai Bunga Asoka, semoga sedikit pengetahuan ini dapat bermanfaat untuk anda semua dan terima kasih atas perhatiannya.

Baca Juga BUNGA SEPATU: MORFOLOGI, KLASIFIKASI, JENIS, BAGIAN BAGIAN, DAN KHASIAT