Ciri ciri Pohon Mahoni – Sama halnya dengan pohon jati, Mahoni merupakan jenis tanaman berumur panjang yang mampu menghasilkan kayu keras. Umumnya mahoni sering dijadikan sebagai pohon peneduh, hutan kota dan perkebunan.

Meski banyak dibudidayakan di Indonesia, ternyata pohon mahoni bukanlah tanaman asli Indonesia melainkan dari Hindia Barat. Selain kayunya, terdapat beberapa bagian lain yang sering dimanfaatkan manusia dari pohon mahoni seperti batang, getah, biji, daun, serta jasa lingkungan yang diberikan.

Lalu seperti apa sih pohon mahoni itu? Berikut sawonbudidaya ulas secara lengkap mengenai Ciri ciri Pohon Mahoni Beserta Fungsi dan Manfaatnya dibawah ini.

Baca Juga Ciri ciri Pohon Pinus, Klasfikasi Pohon Pinus dan Manfaat

Ciri ciri Pohon Mahoni

Akar dan Batang

Pohon mahoni memiliki jenis akar tunggang yang tumbuh secara vertical dan horizontal didalam tanah, akar ini berfungis untuk menompang batang , cabang, daun, bunga dan buah mahoni. Selain itu akar mahoni juga berfungsi sebagai pencari sumber air dan unsur hara didalam tanah yang akan digunakan dalam proses fotosintesis.

Kemudian bagian batang mahoni memiliki bentuk bulat dan mampu tumbuh dengan ketinggian 25 meter, bagian atas batang ditumbuh cabang sangat banyak yang membentuk kanopi payung. Batang ini memiliki kulit yang menyelimuti seluruh bagian luar, umumnya berwarna coklat kehitaman, beralur dangkal mirip seperti sisik dan akan mengelupas ketika sudah tua.

Loading...

Daun

Mahoni memiliki jenis daun majemuk, artinya setiap tangkai ditumbuhi lebih dari satu daun. Umumnya daun mahoni berbentuk oval dengan system pertulangan menyirip. Setiap daun memiliki panjang antara 35 sampai 50 sentimeter, pada daun muda berwarna hijau sedangkan pada daun yang sudah tua akan berubah warna menjadi hijau tua. Daun mahoni berfungsi sebagai tempat terjadi fotosintesis, alat pernafasan karena terdapat organ stoma.

Bunga

Apabila pohon mahoni sudah cukup umur maka akan memasuki fase pertumbuhan bunga, umumnya bunga ini akan tumbuh dibagian ketiak daun. Pohon mahoni menghasilkan jenis bunga majemuk, berwarna putih dan melalai dengan panjang berkisar antara 10 sampai 20 sentimeter. Terdapat beberapa bagian bunga mahoni yaitu mahkota, berbentuk silinder dan berwarna kuning kecokletan, biasanya benang sari melekat dibagian mahkota bunga.

Buah

Setelah bunga mengalami penyerbukan, maka bunga akan berubah menjadi buah. Biasanya buah mahoni memiliki bentuk bulat telur, berlekuku lima dan berwarna cokelat. Kemudian dibagian luar buah akan mengalami pengerasan dengan ketebalan berkisar antara 5 sampai 7 milimete, lalu dibagian tengah dalamnya akan mengeras seperti kayu dan berbentuk kolom dengan 5 sudut yang memanjang.

Biji

Dibagian dalam buah mahoni terdapat biji dengan bentuk pipih dengan bagian ujung lebih tebal dan berwarna coklat kehitaman. Biji tersebut menempel pada kolumela melalui sayangnya, ketika biji mengelupas akan meninggalkan bekas. Biasanya sebuah buah mampu menghasilkan biji berkiar antara 35 sampai 45.

Manfaat Pohon Mahoni

ciri ciri pohon mahoni
Sumber alampedia.blogspot.com/

Terdapat beberapa manfaat dari mahoni, teutama bagian buahnya. Panasaran apa saja? Berikut penjelasan singkat mengenai manfaat mahoni lebih lengkapnya.

Meningkatkan Kesuburan Wanita

Salah satu manfaat dari buah mahoni adalah mampu meningkatkan kesuburan wanita, oleh karena itu bagi anda yang ingin segera memiliki momongan sangat sarankan untuk mengonsumsi buah mahoni secara rutin.

Meningkat Nafsu Makan

Bagi anda yang ingin meningkat nafsu makan dan meningkatkan berat badan, sawonbudidaya sarankan untuk rutin mengkonsumsi buah mahoni, karena mampu meningkatkan nafsu makan secara drastic loh.

Baca Juga Ciri ciri Pohon Kersen atau Ceri Beserta Klasfikasi dan Manfaatnya !!

Mengontrol Kadar Gula

Selain kedua manfaat diatas, ternyata buah mahoni juga baik loh dalam menjaga kadar gula didalam tubuh. Hal ini dikarenakan buah mahoni mengandung saponin yang berfungsi mengontrol kadar gula didalam tubuh.

Sebagai Suplemen Bagi Tubuh

Kini anda tidak perlu lagi repot-repot membeli sumplemen, kenapa? Karena dengan mengonsumsi mahoni saja semua zat-zat bergizi dapat diperoleh tubuh. Dengan begitu tubuh akan lebih sehat dan bugar.

Mengatasi Pilek dan Hidung Tersumbat

Seperti yang kita ketahui pilek dan hidung tersebut merupakan masalah medis yang paling sering dihadapi orang, hal ini dikarenakan system imun tubuh mengalami penurunan sehingga mudah terkena pilek dan hidung tersebut akibat virus.

Ternyata ada loh satu cara alami yang bisa anda ikuti guna mengatasi pilek dan hidung tersumbat, bagaimana caranya? Anda tinggal menyeduh buah mahoni kedalam air panas lalu meminum air tersebut, maka pilek dan hidung tersumbat akan mudah diatas.

Selain beberapa manfaat diatas, terdapat manfaat lain dari mahoni yang mungkin tidak bisa saya bahas detailnya. Berikut beberapa manfaat tersebut.

  • Meredakan demam
  • Meredakan nyeri haid
  • Mengobati sembelit
  • Mengatasi eksim
  • Mengatasi rematik
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Mengobati penyakit diabetes

Demikian ulasan singkat dari sawonbudidaya mengenai Ciri ciri Pohon Mahoni Beserta Fungsi dan Manfaatnya, semoga sedikit pengetahuan ini dapat bermanfaat untuk anda semua dan terima kasih atas perhatiannya.