Cara Mencangkok – Menurut ahli tanaman yaitu Rochiman dan Harjadi 1973, cangkok merupakan proses pemisah dan memotong  beberapa bagian tanaman seperti akar, batang, daun, dan tunas dengan tujuan bagian yang dipotong tersebut membentuk akar baru. Atau sederhanya adalah untuk memperbanyak bibit dengan cara memotong dan memisahkan bagian tanaman tanpa harus menggunakan biji.  

Baca Juga Cara Stek Bunga mawar Mudah yang Baik dan Benar

Tips Mencangkok

Pertama sawonbudidaya akan menjelaskan sedikit tips untuk anda sebelum melakukan cangkok, apa saj itu? Berikut penjelasannya

  • Sebelum melakukan cangkok pada tanaman apa saja, anda perlu menyiapkan plastik bening atau transparan agar tanah terkena sinar matahari cukup.
  • Kemudian, ketika anda sedang melakukan cangkok hal yang perlu dipastikan adalah mengores/menyayat/mengupas lapisan dahan hingga kebagian cambium lalu bersihkan getah tersebut hingga kering.
  • Terakhir, ketika anda hendak menutup dahan tersebut menggunakan plastic. Pastikan anda memberi lubang kecil tujuannya agar air dapat masuk kedalam dahan cangkok itu dengan begitu masa pertumbuhan akar lebih cepat.

Sebenarnya kegiatan mencangkok bukanlah hal yang baru, apalagi bagi mereka yang suka pada tanaman pasti sering mendengar kata cangkok dan pasti sering mempraktekannya. Lalu bagaimana bagi orang awam apakah bisa mencangkok tanaman sendiri dirumah? Pasti bisa, karena untuk melakukan cangkok tidak sesulit yang dikira. Dengan catatan mereka harus membaca dan belajar cara mencangkok yang baik dan benar untuk pemula terlebih dulu.

Sebelum itu ada baik anda ketahui dulu apa sih itu cangkok? Sederhananya cangkok merupakan kegiatan memperbanyak bibit atau benih dengan cara memotong bagian dahan dari indukan tanaman langsung, artinya cangkok tidak memerlukan biji. Terdapat beberapa proses melakukan cangkok diantaranya layering, grafting atau transplantasi.

Apa sih keunggulan bibit hasil mencangkok dibandingkan bibit dari biji? salah satu keunggulannya adalah anda mampu memperoleh bibit 100% sama dengan indukan. Artinya apabila indukan yang anda pilih mampu menghasilkan buah banyak dan tumbuh dengan sehat, maka bibit yang anda dapat juga akan menghasilkan buah banyak dan tumbuh subur.

Disini sawonbudidaya akan menjelaskan step by step cara mencangkok, dari pohon mangga dan jambu, Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak ulasan dibawah ini.

Cangkok Pohon Mangga

cara mencangkok
Sumber rumahtanaman.com/

Seperti yang sudah sawonbudidaya singgung diatas, apabila indukan mampu menghasilkan buah berlimpah maka secara otomatis bibit mangga tersebut juga akan menghasilkan buah berlimpah. Untuk melakukan cangkok pada pohon mangga sebenarnya sangat mudah, ditambah lagi alat yang perlu anda siapkan cukup sederhana. Berikut step by stepnya, yaitu:

Loading...
  • Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah memilih atau menetukan indukan pohon mangga yang akan dicangkok, sawonbudidaya sarankan indukan mangga sebaiknya memiliki batang lurus, sehat, sering berbunga dan menghasilkan buah berlimpah.
  • Setelah anda menentukan indukan mangga, tahap selanjutnya adalah mengupas kulit dahan pohon mangga sekitar 5 sampai 10 sentimeter. Disini anda harus mengikuti tips diatas apa itu? Usahakan ketika mengupas dahan mangga, pastikan cambium juga ikut terkelupas kalau tidak kulit mangga tersebut akan tumbuh kembali, lalu bersihkan dahan tersebut dari getah dan tunggu hingga kering.
  • Sambil menunggu dahan kering, anda bisa menyiapkan media cangkok berupa campuran tanah dan pupuk kandang kering yang sudah diberi air secukupnya.
  • Kemudian apabila kedua hal tersebut sudah selesai, segera tempelkan media cangkok kebagian dahan yang sudah anda kupas tadi dan tutup menggunakan plastic bening atau transparan. Pastikan ikatan anda kuat.
  • Jika sudah, beri lubang pada plastik cangkok agar air dan udara lebih mudah masuk.
  • Lakukan penyiraman setiap hari.
  • Maka setelah berumur 2 sampai 3 bulan dahan tersebut akan mulai tumbuh akar sehingga anda bisa membuka plastic tersebut dan memindahkannya kedalam polybag atau pot.

Cangkok Pohon Jambu

Selanjutnya sawonbudidaya juga akan menjelaskan step by step mencangkok pohon jambu biji dan air, karena kedua tanaman ini tidak jauh berbeda. Seperti apa caranya? Simak ulasanya dibawah ini.

  • Tahap pertama yang perlu anda lakukan adalah memilih ranting pohon jambu yang kokoh dan sehat dengan diameter 2 sentimeter dan panjang 50 sentimeter.
  • Lalu sayat ranting tersebut menggunakan pisau secara melingkar dengan panjan 3 sentimeter dibawah daun.
  • Setelah itu, bungkus ranting yang sudah disayat tersebut menggunakan plastik bening namun anda harus mengisinya dengan media cangkok berupa campuran tanah dan pupuk kandang kering.
  • Kemudian lubangi plastik tersebut agar udara dan air lebih mudah masuk sehingga masa pertumbuhan akar lebih cepat.
  • Lakukan penyiraman setiap hari dan tunggu hingga ranting tumbuh akar, jika sudah tumbuh akar maka anda bisa membuka plastic penutup lalu memindahkan bibit cangkok tersebut kedalam polybag atau pot.

Untuk melakukan cangkok pada pohon lain, seperti rambutan, kelengkeng dan matoa anda bisa mengikuti cara diatas, karena untuk melakukan cangkok hampir semua step by step nya sama. Baik mungkin hanya itu yang bisa sawonbudidaya sampaikan mengenai cara mencangkok, semoga sedikit pengetahuan ini dapat bermanfaat dan terima kasih atas perhatiannya.