Ciri ciri Buncis – Tanaman buncis dalam bahas belanda, yaitu Boontjes, Phaseolus vulgaris L.) merupakan jenis tanaman polong-polongan yang sering dikonsumsi bagian buah, biji dan daunnya yang dimanfaat manusia sebagai bahan sayuran. Hal ini dikarenakan buncis mengandung protein tinggi dan vitamin yang mampu menurunkan tekanan darah dan mampu membantu proses metabolisme gula dalam darah didalam tubuh.

Seperti apa sih tanaman buncis itu? Dari pertanyaan tersebutlah saya selaku penulis di Sawonbudidaya akan berbagi informasi mengenai Ciri ciri Buncis. Penasaran? Yuk langsung saja simak ulasan dibawah ini.

Ciri ciri Buncis

ciri ciri buncis
Sumber www.kebundidu.com/

Akar

Tanaman buncis memiliki jenis akar tunggang, pertumbuhan sisi yang panjang dan memerlukan tiang merambat. Hal ini dikarekan system perakaran buncis tidak besar, biasanya akar buncis mampu tumbuh dikedalaman tanah 70 sentimter saja. Maka diperukan tiang penyangga agar akar mampu menompang batang, daun, Bunga dan buah buncis nantinya.

Salah satu fungsi dari akar buncis adalah untuk menompang, karena buncis tidak memiliki system perakaran kuat maka diperlukan tiang penyanggah. Selain berfungsi sebagai penompang, akar bunci memiliki fungsi lain diantaranya sebagai alat pencari sumber makanan dan sebagai pengangkut bahan makanan.

Baca Juga Ciri ciri Terong dari Akar, Batang, Daun, Bunga, Buah dan Biji Terlengkap!

Batang

Bagian selanjutnya adalah batang, tanaman buncis memiliki batang berbentuk bulat dengan tekstur lunak, pertumbuhan cabang banyak sehingga akan tampak rimbun dan berwarna hijau.  Secara umum, batang buncis berfungsi sebagai penompang daun, bunga dan buah. Selain itu, fungsi lain dari batang adalah sebagai pengantar makanan keseluruh bagian tanaman buncis yang diambil dari daun.

Daun

Secara umum buncis memiliki daun berbentuk oval, dengan bagian ujung runcing dan bagian pangkal rata, pertulangan daunnya adalah menyirip. Dibagian luar daun biasanya terdapat bulu-bulu halus yang berfungsi untuk mengurangi penguapan air pada tanaman buncis.

Loading...

Daun bunci memiliki ukuran beragam tergantung tingkat kesuburan masing-masing, panjang7 sampai 9 sentimeter dan lebar 6 sampai 7,5 sentimeter , ada juga yang memiliki panjang 11 sampai 13 sentimeter. Dan lebar 10 sampai 11 sentimeter. Daun buncis berfungsi sebagai tempat terjadinya fotosintesis dan sebagai alat pernafasan karena adanya organ stomata.

Bunga

Bunga buncis biasanya tumbuh di ketuiak daun dengan 1 sampai 2 pasang bunga. Setiap bunga memiliki tangkai tandan masif dengan ketinggian 6 sentimeter namun ada juga yang lebih pendek tergantung tanaman buncis itu sendiri. Ketika bunga buncis tumbuh akan dilindungi oleh anak daun pelindung yang tumbuh dibawah kelopak dengan panjang 3 sampai 9 milimeter.

Kelopak tersebut memiliki tinggi 5 sampai 8 milimeter dibagian teratas bergigi pendek. Pada bagian mahkota bunga berwara putih yang akan berubah menjadi kuning atau ungu.

Buah atau Polong

Buah atau polong buncis umumnya memiliki bentuk pipih lebar dengan panjang antara 15 sampai 20 sentimeter. Rata-rata setiap bolong mampu menghasilkan biji 5 sampai 10 tergantung kualitas tanaman buncis itu sendiri.

Sebenarnya bentuk polong tidak tentu, Karena dari beberapa kasus buah polong buncis selalu berbeda-beda. Dibagian dalamnya terdapat biji beragam warna dari putih, kuning, merah, lila,coklat atau hitam.

Baca Juga Ciri ciri Cabai dari Akar, Batang, Daun, Bunga, Buah dan Biji Terlengkap!

Manfaat Buncis

Selain penjelasan singkat diatas mengenai kandung buncis yang baik untuk tubuh, saya juga akan memberikan beberapa manfaat lain dari buncis untuk manusia diantaranya:

  • Buncis mengandung Folat berfungsi untuk mengurangi depresi dan baik untuk ibu hamil karena mampu mencegar masalah pada janin seperti kelainan pada janin.
  • Selain itu, buncis juga mengandung zat Zeaxanthin yang mampu menjaga kesehatan mata.
  • Mengandung zat klorofil tinggi yang berguna untuk mencegah pertumbuhan sel kanker didalam tubuh.

Mungkin hanya itu yang bisa sawonbudidaya sampaikan mengenai Ciri ciri Buncis, semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua dan terima kasih atas perhatiannya.