bunga teratai
Bunga Teratai,Tips & Trik

Cara Merawat Bunga Teratai Di Pot Agar Cepat Berbunga

Cara Merawat Bunga Teratai – Semakin banyaknya pecinta tanaman hias, seperti Bunga teratai maka semakin banyak pula orang yang mencoba mengembangbiakan tanaman ini. Namun sebagai besar orang awam mengalami kesulitan dibagian perawatannya, alhasil teratai mati.

Karena permasalahan tersebutlah saya selaku penulis di situs SawonBudidaya ingin berbagi tips dan trik Cara Merawat Bunga Teratai yang baik dan benar untuk pemula. Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak ulasan dibawah ini.

Cara Merawat Bunga Teratai

bunga teratai
Cara Merawat Bunga Teratai

Agar bunga teratai tumbuh lebat diperlukan beberapa perawatan khusus, apa saja itu? Berikut SawonBudidaya ulas.

Pilih Bibit Berkualitas

Cara merawat bunga teratai pertama adalah memperhatikan kesehatan dan kualitas bibit bunga teratai yang akan ditanam, seperti tulisan saya sebelumnya bibit menjadi salah satu factor terpenting untuk menghasilkan tanaman berkualitas artinya bunga teratai yang sehat dihasilkan dari bibit atau benih teratai yang sehat pula.

Jadi pemilihan bibit sangat penting, disini anda dapat memperoleh bibit bunga teratai dengan dua cara yaitu generative (biji) dan vegetative ( tunas). Jika anda memilih bibit dari biji, saya saran untuk lebih memperhatikan kualitasnya karena sulit mendapatkan biji bunga teratai berkualitas, kenapa ? karena anda tidak mengetahui asal usul bibit tersebut.

Baca Juga Cara Merawat Bunga Matahari Agar Tumbuh Subur dan Cepat Berbunga

Beda halnya jika anda memilih bibit tunas, dipastikan anda akan mengetahui asal usul indukan bibit tersebut. Kedua cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi saya serahkan kembali keanda memilih teknik yang mana.

Loading...

Menjaga Intensitas Cahaya Matahari Cukup

Hal penting lainnya yang perlu anda perhatikan adalah memastikan intensitas cahaya matahari yang diperoleh bunga teratai cukup, seperti yang kita ketahui cahaya matahari menjadi salah satu bahan terpenting bagi tanaman untuk melakukan fotosintesis.

Sama halnya dengan tanaman lain, bunga teratai juga memerlukan hal tersebut guna menunjang pertumbuhan batang, daun, akar dan bunganya. Bunga teratai sangat menyukai daerah terbuka yang artinya tanaman ini sangat menyukai intensitas cahaya matahari tinggi.

Oleh karena itu saya sarankan bagi anda untuk meletakan bunga teratai didaerah terbuka yang terkena sinar matahari langsung, paling tidak 4 sampai 7 jam sehari di pagi, siang dan sore hari.

Baca Juga Cara Merawat Bunga Melati yang Baik dan Benar

Pemberian Pupuk Tambahan

Meskipun teratai termaksud tanaman air, ternyata pemberian pupuk juga perlu loh, kenapa? Karena sama halnya dengan tanaman lain teratari memerlukan asupan pangan tambahan yang diperoleh dari pupuk guna menjadi bahan fotosintesis nantinya.

Oleh karena itu sangat saya saran bagi anda yang menginginkan teratai ditumbuhi bunga lebat, maka anda wajib melakukan pemupakan. Anda dapat memberi pupuk didalam media tanam sebagai tempat tumbuh.

Anda bisa menggunakan pupuk kompos ataupun kimia, jika anda memilih pupuk kompos silah klik link berikut ini ‘ Cara Membuat Kompos’.  Apabila tidak ingin repot, sebaiknya anda menggunakan pupuk NPK dengan dosis perbandingan 15:15:15, dosis yang diberikan adalah 5 gram per tanaman cukup satu bulan sekali. Boleh diberikan sejak dimulai ketika usia penanaman sudah mengijak 2 minggu.

Menjaga Kesehatan Air

Seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwa teratai termaksud tanaman air sehingga air menjadi salah satu media tumbuh yang sangat penting bagi teratai. Dengan menjaga kesehatan air secara tidak langsung anda juga menjaga pertumbuhan bunga teratai. Bagaimana cara menjaga kesehatan air pada bunga teratai?

Hama yang paling sering menyerang media tanam air adalah jentik nyamuk, jadi cara menanggulangi masalah tersebut adalah dengan menaburkan obat jetik nyamuk atau abate kedalam media air tersebut.

Baca Juga Cara Merawat Bunga Kamboja Baik dan Benar

Saya sarankan untuk melakukan perawatan ini 2 minggu sekali atau tergantung masa pertumbuhan nyamuk didaerah masing-masing, intinya lakukan penaburan obat nyamuk ketika jentik sudah terlihat mulai banyak. Selain itu, anda juga bisa mengganti air tersebut dengan air baru.

Demikianlah ulasan singkat dari saya tentang Cara Merawat Bunga Teratai, semoga sedikit pengetahuan ini dapat bermanfaat untuk anda semua dan terima kasih atas perhatiannya.

Arnold Tio Sandi

Suka Jalan jalan

Anda mungkin juga suka...

1 Komentar

  1. […] Tips dari saya untuk merawat bunga teratai terpenting adalah selalu memastikan bahwa wadah yang anda gunakan terisi air, karena teratai sangat menyukai daerah yang memiliki volume air tinggi. Untuk lebih jelasnya mengenai cara perawatan bunga teratai anda bisa cek link berikut ini ‘ Cara Merawat Bunga Teratai’. […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *