Cara Menanam Bunga Teratai – Hai sobat pecinta tanaman hias, jumpa lagi bersama saya. Dikesempatan kali ini saya selaku penulis di situs SawonBudidaya akan berbagi tips menanam Bunga teratai yang baik dan benar untuk pemula. Namun sebelum itu, anda baiknya kita membahas sedikit mengenai bunga teratai yuk.

Bunga teratai merupakan tanaman air yang tumbuh dipermukaan dan sering dijumpai atau dibudidayakan di kolam ataupun danau kecil. Hal ini dikarenakan teratai menghasilkan bunga yang sangat indah dan cantik, selain itu bunga teratai sering diartikan sebagai bunga abadi yang tumbuh di surga atau nirwana bagi penganut ajaran budha.

Baiklah tidak perlu banyak basi-basi, pasti anda sudah penasaran bukan bagaimana Cara Menanam Bunga Teratai yang baik dan benar untuk pemula, berikut penjelasannya.

Daftar Isi

Cara Menanam Bunga Teratai

cara menanam bunga teratai
Sumber www.tokopedia.com/

Terdapat beberapa tahap yang perlu ada lewati untuk menanam bunga teratai, apa saja itu? Mulai dari pembibitan, penanaman dan perawatan dengan tujuan menghasilkan bunga teratai yang subur, sehat dan ditumbuhi bunga lebat yang indah dan cantik.

Pembibitan Bunga Teratai

Sama seperti tulisan saya sebelumnya, bahwa pemilihan bibit menjadi bagian paling penting dari proses budidaya. Karena apa? Untuk menghasilkan tanaman bunga teratai berkualitas diperlukan bibit berkualitas, begitu juga sebaliknya. Disini anda dapat memperoleh bibit bunga teratai melalui dua cara, pertama bibit dari biji atau dari tunas akar.

Baca Juga Cara Menanam Bunga Matahari Agar Tumbuh Subur dan Cepat Berbunga

Bagi anda yang baru pertama kali menanam bunga teratai saya sarankan untuk memilih bibit dari tunas saja, karena lebih mudah didapat dan mudah dikembangbiakan dibanding bibit dari biji.

Loading...

Selain mudah dikembangbiakan, bibit yang berasal dari tunas akar biasanya memiliki masa pertumbuhan lebih cepat, oleh karena itulah saya sarankan untuk memilih bibit dari tunas akar dibandingkan dari biji.

Untuk memperoleh bibit tersebut cukup mudah, anda hanya perlu memisahkan tunas akar yang berasal dari pangkal indukan, karena bagian inilah yang anda gunakan sebagai bibit bunga teratai.

Sebaiknya proses pemisahan dilakukan pada pagi atau sore hari agar tunas tidak mudah mati karena panas matahari disiang hari. Selain itu, saya sarankan juga bagi anda untuk melakukan pemisahan tunas akar secara hati-hati tanpa harus merusak.

Baca Juga Cara Menanam Bunga Melati Di Pot dan Di kebun Untuk Pemula

Proses Penanaman Bunga Teratai

Cara menanam bunga teratai selanjutnya adalah proses penanaman bibit, sebelum melakukan penanaman anda harus menyiapkan media tanam berupa tempat yang berisi air seperti kolam ikan, kolam taman, danau, air mancur ataupun pot yang tanpa lubang dan kedap air.

Jika anda sudah menentukan tempat yang akan digunakan untuk menanam bunga teratai, tahap selanjutnya adalah mengambil bibit teratai yang sudah anda siapkan sebelumnya.

Baca Juga Cara Menanam Bunga Kamboja Dari Biji, Stek dan Okulasi

Disini anda tidak langsung menanam bibit tersebut kedalam tempat tanam, melainkan menanam dimedia semai yang merupakan campuran dari pasir, tanah dan juga pupuk kompos/kandang halus dengan perbandingan 2:1:1.

Kemudian siapkan wadah berupa pot yang kedap air, anda juga bisa menggunakan wadah selain pot seperti baskom dan sejenisnya yang ada dirumah masing-masing. Setelah memperoleh wadah masukan bibit yang sudah ditanam dimedia semai tersebut kedalam wadah tersebut.

Perawatan

Tahap terakhir yang perlu anda lakukan adalah perawatan, sama halnya dengan mahluk hidup lainnya tanaman teratai juga memerlukan perawatan demi menunjang kehidupannya.

Tips dari saya untuk merawat bunga teratai terpenting adalah selalu memastikan bahwa wadah yang anda gunakan terisi air, karena teratai sangat menyukai daerah yang memiliki volume air tinggi. Untuk lebih jelasnya mengenai cara perawatan bunga teratai anda bisa cek link berikut ini ‘ Cara Merawat Bunga Teratai’.

Demikian ulasan singkat dari saya tentang Cara Menanam Bunga Teratai, semoga sedikit pengetahuan saya dapat bermanfaat untuk anda semua dan terima kasih atas perhatiannya.

Baca Juga Cara Menanam Bunga Sepatu yang Baik dan Benar Untuk Pemula