cara membuat pupuk kompos
Pertanian

Cara Membuat Kompos Organik Dengan EM4 Sederhana

Cara Membuat Kompos – Seperti yang kita ketahui kompos merupakan jenis pupuk tanaman yang terbuat dari sisa-sisa mahluk hidup seperti hewan dan tumbuhan yang mengalami pembusukan oleh organisme pengurai.

Sebagai pencinta tanaman dan lingkungan, saya sangat menyarankan pada anda untuk menggunakan pupuk kompos dibandingkan pupuk kimia seperti NPK dengan alasan lebih ramah lingkungan. Namun tidak semua orang bisa membuat kompos bukan? Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara membuat kompos di rumah dengan mudah dan cepat.

Cara Membuat Kompos

cara membuat kompos
Cara Membuat Kompos

Terdapat beberapa tahap pembuatan kompos diantaranya menyiapkan bahan dan alat, pencampuran bahan kompos, penyiraman kompos dan pengandukan kembali kompos. Semua tahap tersebut akan saya jelaskan dibawah, berikut penjelasannya.

Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum itu, anda harus menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat pupuk kompos, apa saja? Berikut penjelasannya.

  • Pertama siapkan sampah organik seperti sisa makanan, potongan sayuran, atau tanaman yang sudah mati.
  • Kedua pupuk kandang kering ( hindari penggunaan pupuk kandang basah karena berisiko buruk pada tanaman).
  • Lalu siapkan larutan gula yang berfungsi sebagai nutrisi mikroorganisme
  • Kemudian siapkan juga Effective Microorganism 4 (EM4) atau semacam cairan yang berfungsi untuk mengoptimalkan penyerapan unsur hara pada tanah.
  • Selanjutnya adalah air dan tanah, saya sarankan air yang anda gunakan dalam kondisi bersih dan tanah bertekstur gembur agar akar dari calon tanaman lebih mudah tumbuh.
  • Selain itu, siapkan juga sarung tangan yang akan anda gunakan untuk mengaduk beberapa bahan pupuk kompos diatas.
  • Terakhir, siapkan juga tempat berdiameter besar dan memiliki tutup. Jika tidak ada wadah berdiameter besar, wadah kecil juga tidak masalah yang penting cukup.

Pengadukan Bahan Kompos

Cara membuat kompos selanjutnya adalah proses pencampuran atau pengandukan bahan kompos, disini anda perlu memastikan kembali apakah bahan sudah siap semua atau belum. Jika belum sebaiknya segera anda siapkan, sudah? Lanjut ya.

Disini anda perlu memotong-motong sampah organik seperti sisa makanan, potongan sayuran dan tanaman yang sudah mati hingga berukuran kecil. Setelah itu, masukan tanah gembur tadi kedalam wadah yang sudah anda siapkan diatas bersamaan dengan sampah organik yang sudah dipotong-potong kecil, larutan gula, EM4 dan pupuk kandang kering kedalam wadah yang sudah disiapkan sebelumnya (gunakan sarungan tangan agar lebih safety). Kemudian tutup kembali menggunakan tanah bahan bahan kompos diatas, artinya tanah berada dibagian paling atas dalam wadah.

Loading...

Melakukan Penyiraman Pada Campuran Kompos

Tahap selanjutnya adalah penyiraman, ditahap ini bertujuan agar tanah lebih subur, memperbaiki struktur dan karakteristik tanah, meningkatkan aktivitas mikroba dalam tanah dan menyediakan hormone dan vitamin yang cukup untuk tanaman.

Oleh karena itulah, anda diwajibkan untuk melakukan penyiraman menggunakan air bersih pada campuran kompos tersebut. Lakukan penyiraman hingga seluruh bagian kompos basah, setelah itu tutup kembali wadah kompos tersebut dengan rapat.

Mengaduk Kembali Kompos

Sebenarnya tahap diatas sudah cukup bagi anda yang ingin memperoleh pupuk kompos dalam waktu cukup lama, pasalnya kompos yang didiamkan begitu saja tetap mampu menghasilkan pupuk kompos yang baik namun dibutukan waktu paling tidak 3 bulan.

Oleh Karena itulah, tahap ini atau mengaduk kembali kompos mampu mempercepat proses pembuatan kompos. Caranya, anda tinggal menganduk kembali kompos tersebut secara teratur. Kenapa bisa lebih cepat? Karena dari proses pengandukan tersebut sampah organik yang anda gunakan untuk membuat kompos akan lebih cepat membusuk dengan begitu pembuatan kompos akan lebih cepat juga.

Ciri ciri Kompos Yang Baik dan Siap Pakai

Ternyata tidak semua kompos itu bagus untuk tanaman loh, kenapa ? karena ada kompos yang seharusnya digunakan untuk menyuburkan tanah malah sebaliknya. Oleh karena itu akan saya berikan penjelasan beberapa ciri dari kompos yang baik untuk tanah dan siap digunakan sebagai berikut.

  • Kompos memiliki warna cokelat kehitaman atau memiliki warna serupa dengan tanah.
  • Kompos tidak larut di air.
  • Kompos tidak lengket ditanah.
  • Kompos akan mudah menggumpal saat dikepal dengan tangan.
  • Tidak mengeluarkan aroma menyengat seperti bau busuk.
  • Suhu terbilang sama seperti lingkungan sekitar.

Semua tahap pembuatan kompos dan ciri ciri kompos selesai saya bahas, bagaimana mudah bukan? Tertarik membuat kompos sendiri dir rumah? Anda bisa mengikut step by step yang saja jelaskan diatas semoga membantu.

Sumber Artikel Cara Membuat Kompos

Baiklah sekian informasi dari saya tentang cara membut kompos, semoga sedikit pengetahuan ini dapat bermanfaat untuk anda semua dan terima kasih atas perhatiannya.

Arnold Tio Sandi

Suka Jalan jalan

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *