cara merawat bunga kamboja
Bunga Bunga Kamboja Pertanian

Cara Merawat Bunga Kamboja Baik dan Benar

Cara Merawat Bunga Kamboja – Dulu tanaman kamboja lebih dikenal masyarakat sebagai tanaman makam yang seram, oleh karena itu budidaya kamboja masih sedikit dilakukan. Sekarang opini tentang bunga kamboja yang selalu berkaitas dengan hantu dan maka, lama kelamaan mulai hilang.

Pasalnya banyak sekali petani dan pecinta bunga yang melakukan budidaya kamboja sebagai tanaman hias, karena dianggap memiliki ciri unik dan bunga beraroma wangi serta indah.

Oleh karena itu semakin banyak petani pemula mulai mencoba budidaya kamboja, namum mereka hanya memahami cara menanamnya saja. Padahal setelah melakukan penanaman ada hal lain yang perlu dilakukan guna menunjang keberhasilan budidaya.

Apa itu ? Cara Merawat Bunga Kamboja, banyak sekali petani pemula menyepelekan hal tersebut sehingga mereka sering mengalami kegagalan. Dari kasus tersebutlah saya mendapat idea untuk membuat tulisan tentang tips merawat bunga kamboja yang baik dan benar. Penasaran? Yuk simak ulasan dibawah ini

Baca Juga Cara Menanam Bunga Kamboja Dari Biji, Stek dan Okulasi

Cara Merawat Bunga Kamboja

cara merawat bunga kamboja
Sumber klikbabel.com/

Berikut ini akan saya jelaskan bagaimana merawat bunga kamboja yang baik dan benar dengan harapan budidaya berhasil. Baiklah langsung saja simak ulasan dibawah ini.

Loading...

1. Pemilihan Bibit Yang Benar

Dibeberapa artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan pada anda kalau ingin menghasilkan tanaman bunga kamboja berkualitas, maka diperlukan bibit berkualitas pula. Oleh karena saya selalu mengulang-ngulang hal tersebut agar anda tidak salah dalam memilih bibit kamboja. Terdapat 3 cara memperoleh bibit bunga kamboja berkualitas diantaranya:

a. Biji

Cara pertama adalah dengan menggunakan biji, penggunaan teknik sangat mengharuskan anda mencari tahu kualitas biji yang dibeli. Artinya anda harus melihat dulu biji yang dibeli apakah berasal dari indukan berkualitas atau tidak, dengan cara bertanya pada petani ahli disekitar rumah anda.

Ciri ciri indukan berkualitas diantaranya tunas banyak, pertumbuhan cepat, tahan terserang hama serta dalam kondisinya harus normal. Disini saya lebih menyarankan anda untuk mengambil langsung biji tersebut dari indukan kamboja, karena lebih menjamin kualitas dari indukan kamboja itu sendiri dari pada membeli biji di toko pertanian.

b. Sambung

            Selanjutnya adalah teknik sambung, penggunaan teknik ini membutuhkan batang bagian bawah yang memiliki kualitas bagus. Sebaiknya indukan yang akan diambil batang bagian bawahnya memiliki kondisi sehat, sistem perakaran kuat, tidak terserang hama penyakit dan tanaman berumur 9 sampai 12 bulan.

            Kemudian anda juga harus menyiapkan batang bagian atas, bagian ini berfungsi sebagai tempat produksi bunga. Proses ini memakan waktu kurang lebih 10 sampai 30 hari dari awal penyambung’an.

c. Cangkok

            Terakhir adalah teknik cangkok, sama halnya dengan cara-cara diatas. Hal pertama yang harus anda lakukan anda memilih indukan kamboja berkualita baik dengan ciri tanaman tidak pertumbuhan baik, akar kuat, bunga banyak dan tidak terserang hama serta penyakit.

 Setelah itu anda harus melakukan beberapa step by step diantaranya, memilih bagian batang yang sehat, lalu kupas batangnya hingga terkelupas, menyiapkan media tanah serta bungkus dengan plastik berisi tanah. Baca Juga Cara Stek Bunga Kamboja Yang Baik dan Benar

Ketiga cara diatas dapat memudahkan anda dalam memperoleh bibit berkualitas baik, sekali lagi saya tekankan bahwa tanaman kamboja berkualitas baik dihasilkan dari bibit yang berkualitas baik pula.

2. Melakukan Penyulaman

Setelah anda memperoleh bibit kamboja yang akan ditanam, maka tahap selanjutnya adalah penanaman. Ketika saat proses penaman berlangsung dan terdapat beberapa bibit yang tidak bisa tumbuh baik, maka anda perlu melakukan penyulaman.

Apa itu penyulaman? Penyulama andalah proses mengganti bibit kamboja yang tidak bisa tumbuh dengan baik atau mati dengan bibit baru, dengan catatan umur bibit yang ditanaman tidak lebih dari 3 minggu.

3. Intensitas Cahaya Matahari Cukup

Cara merawat bunga kamboja selanjutnya adalah memastikan intensitas cahaya matahari yang diperoleh tanaman kamboja cukup. Jadi untuk menghasilkan tanaman kamboja yang subur anda perlu memastikan intesitas cahaya matahari, artinya anda harus meletekan tanaman kamboja di area yang dapat terkena cahaya matahari secara langsung. Sehingga pertumbuhan bunga ini tidak terhambat karena pencahayaan yang kurang.

4. Volume Penyiraman Sesuai

Banyak sekali petani pemula salah dalam melakukan penyiraman, mereke beranggrapan bahwa semakin banyak air yang diberikan pada tanaman, maka tanaman tersebut akan lebih subur. Padahal opini tersebut sangatlah salah, karena tidak semua tanaman memerlukan volume penyiraman tinggi.

Contohnya seperti tanaman kamboja ini yang tidak memerlukan kadar air banyak, karena semakin banyak air yang diperoleh tanaman kamboja akan berisiko buruk seperti akar mudah busuk dan bahkan tanaman lebih mudah mati.

Jika proses budidaya kamboja masuk musim hujan sebaiknya penyiraman tidak usah dilakukan. Namun jika budidaya masuk musim kemarau penyiraman dapat anda lakukan 2 kali sehari, pada pagi dan sore hari saja.

4. Pengendalian Hama dan penyakit

Kita ketahui kamboja merupakan salah satu tanaman yang paling mudah terserang hama dan peyakit, oleh karena itu anda perlu melakukan pengendalian hama dan penyakit tersebut.

Loading...

Untuk melakukan pengendalian hama dan penyakit pada tanaman kamboja sangatlah mudah, anda hanya perlu melakukan penyemprotan hama dengan insektisida sesuai dengan dosis serta petunjuk.

Selain itu anda juga bisa mencegah hama dan penyakit dengan menggunakan dicofol yang berbentuk cair. Semprot cairan tersebut secara rutin diseluruh bagian tanaman kamboja seperti batang, daun, bunga dan akar bagian luarnya.

5. Melakukan Penyiangan

Cara merawat bunga kamboja selanjutnya adalah penyiangan, tujuan dari proses ini antara lain meminimalisir kematian pada tanaman kamboja akibat kurangannya nutirisi yang diperoleh kamboja, karena adanya tanaman liar seperti rumput yang tumbuh disekitar area lahan.

Anda dapat melakukan penyiangan paling tidak 2 bulan sekali atau lebih, karena proses penyiangan pada setiap lahan berbeda-beda. Untuk hasil yang lebih baik anda dapat melakukan pengecekan lahan secara rutin, jika lahan sudah banyak ditumbuhi tanaman liar maka segeralah melakukan penyiangan.

6. Proses Pemupukan Tambahan

Kenapa pemupukan masuk dalam salah satu cara merawat bunga kamboja? Karena proses pemupukan sangatlah penting untuk menunjang keberhasilan budidaya kamboja yang sedang anda lakukan.

Tujuan dari pemupukan adalah untuk memberi nutrisi tambahan berupa unsur hara yang tidak terdapat didalam media tanam. Oleh karena pemupukan sangat penting dalam budidaya kamboja.

Anda dapat melakukan pemupukan secara berskala 2-3 bulan setelah masa tanam dapat menggunakan pupuk organik serta anorganik sesuai dengan ukuran serta takaran.

Syarat Tumbuh Bunga Kamboja

Selain menjelaskan cara merawat bunga kamboja yang baik dan benar, saya juga akan memberikan informasi lain untuk memudahkan anda dalam memulai budidaya kamboja diantaranya sebagai berikut.

1. Jenis Iklim

Tanaman kamboja dapat tumbuh dengan subur jika ditanam pada daerah bersuhu 15 sampai 45 derajat celcius. Apabila budidaya kamboja dilakukan pada daerah dengan suhu lebih dari 45 derajat celcias berakibat buruk pada pertumbuhan bunga kamboja seperti daun kamboja akan mudah mengering atau layu.

Kemudian intesitas matahari harus cukup paling tidak sehari memperoleh sinar matahari 6 sampai 9 jam perhari, sehingga proses pertumbuhan bunga lebih cepat serta memaksimalkan proses pertumbuhan bunga.

2. Jenis Tanah

Selanjutnya adalah jenis tanah, dalam menentukan tanah yang perlu anda perhatikan tingkat kesuburannya. Maka pilihlah tanah yang subur dan tingkat kadar keasaman tanah lebih dari 6,5 Ph.

3. Ketinggian Lokasi

Terakhir adalah ketinggian lokasi budidaya, umumnya bunga kamboja dapat tumbuh dengan subur apabila ditanam pada ketinggina 50 sampai 1000 meter diatas permukaan laut.

Demikian ulasan singkat dari saya tentang Cara Menanam Bunga Kamboja yang baik dan benar, semoga sedikit pengetahuan saya dapat bermanfaat untuk anda semua dan terima kasih atas perhatiannya.

Baca Juga 28 Manfaat Bunga Kamboja Jepang Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *