manfaat bunga kamboja
Bunga Bunga Sepatu Khasiat Pertanian

28 Manfaat Bunga Kamboja Jepang Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Bunga Kamboja – Awalnya pemanfaat bunga sepatu hanya sebatas sebagai tanaman hias pekarangan rumah karena keindahan dan aroma wangi khas bunganya. Selain beberapa masyarakat juga menganggap kamboja sebagai tanaman mistik yang selalu berkaitan dengan hantu karena sering ditanam disekitar pemakaman.

Namun seiring perkembangan zaman dan pengetahuai selalu berkembang juga, sudah banyak tulisan yang membahas pemanfaat bunga kamboja tidak hanya sebagai tanaman hias melainkan obat herbal berbagai penyakit.  

Nah maka dari itu saya selaku  penulis SawonBudidaya akan membahas hal tersebut dan harapan saya pemanfaat bunga kamboja tidak hanya sebatas tanaman hias saja. Langsung simak ulasan tentang Manfaat Bunga Kamboja untuk kesehatan dan kecantikan dibawah ini.

Baca Juga Cara Stek Bunga Kamboja Yang Baik dan Benar

Manfaat Bunga Kamboja Jepang Untuk Kesehatan

Seperti yang sudah saya singgung diatas bahwa bunga kamboja tidak hanya dimanfaatkan sebagai tanaman hias saja, melainkan juga dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk kesehatan. Apa saja manfaat bunga kamboja ? berikut ulasan singkat mengenai topik tersebut.

1. Mampu Mengobati Bisul

kamboja mengobati bisul
Sumber www.honestdocs.id/

Kita ketahui bisul adalah benjolan merah pada area kulit yang terasa sakit dan berisi nanah, bisul disebabkan oleh infeksi bakteri yang memicu peradangan pada area kuliat atau lubang tumbuhnya rambut. Kulit yang paling sering terkena bisul adalah wajah, ketiak, bahu, leher dan bokong karena area kulit tersebut yang paling sering mengalami gesekan dan berkeringat.

Loading...

Untuk mengatasi bisul anda bisa memanfaatkan bunga kamboja sebagai obat alaminya, dengan cara mengambil selembar daun segar bunga kamboja, lalu bakar daun tersebut menggunakan api kecil hingga lemas. Kemudian oles area kulit yang terkena bisul tersebut menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun, setelah itu tempel menggunakan daun kamboja yang sudah dilemaskan tadi.

Selain daunnya, getah pada bunga kamboja juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi bisul. Caranya ambil getah kamboja, lalu olses getah tersebt diarea kulit yang terkena bisul tersebut. Untuk hasil yang lebih maksimal saya sarankan pada anda untuk melakukan hal ini secara rutin paling tidak seminggu 3 sampai 4 kali.

2. Mengatasi Bengkak

Biasanya bengkak pada area tubuh disebabkan oleh penumpukan cairan di salah satu bagian tubuh seperti tangan, kaki maupun kepala. Untuk mengatasi masalah tersebut anda dapat memanfaatkan bunga kamboja, terutama bagian kulit batang, daun dan akarnya.

Caranya dengan mengambil beberapa bagian tersebut, baik kulit batang, daun maupun akar kamboja kemudia salah satu bagian tersebut direbus hingga medidih. Setelah itu, gunakan air rebusan tersebut untuk mengompres bagian tubuh yang bengkak.

3. Mengobati Infeksi Pada Kulit

Manfaat bunga kamboja selanjutnya adalah mampu mengobati infeksi pada kulit atau Frambusia yang sering menyerang bagian kulit, tulang dan sendi dalam jangka panjang. Penyakit ini dapat disebabkan oleh subspecies Treponema pallidum secara seksual. Jika dibiarkan tanpa penanganan khusus akan berisiko merusak jangka panjang pada jantung dan sistem kardiovaskular.

Untuk mengatasi penyakit ini secara alami anda bisa memanfaatkan kulit bunga kamboj. Cara ambli kulit bunga kamboja, lalu tumbuk kulit tersebut hingga halus. Setelah halus rebus tumbukan kulit tersebut hingga medidih, gunakan air rebusan tersebut untuk mandi atau mengosok area yang terkena penyakit Frambusia. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

4. Mengobati Kencing Nanah

Kecing nanah atau didunia medis dikenal dengan nama gonore merupakan penyakit menular seksual yang bisa menginfeksi pria maupun wanita disegala usia. Umumnya penyakit ini menyerang bagian uretra atau saluran kemih, dubur, mata dan tenggrokan.

Untuk mengatasinya terdapat dua pilihan pertama berobat secara medis ataupun menggunakan obat alami. Salah satu obat alami dari penyakit ini adalah bunga kamboja, terutama bagian akarnya.

Caranya ambil akar bunga kamboja yang masih segar, kemudian potong-potong akar tersebut. Setelah dipotong cuci akar kambohja hingga bersih, lalu rebus akar tersebut menggunakan air 2 gelas tunggu hingga mendidih. Minumlah air rebusan akar kamboja tersebut secara rutin untuk hasil maksimal, semoga cepat sembuh.

5. Mampu Meredakan Sakit Gigi

Sakit gigi adalah rasa nyeri yang timbul disekitar gigi dan rahang mulut, rasa nyeri yang diderita setiap orang berbeda-beda dari yang ringan hingga berat. Salah satu solusi untuk mengatasi sakit gigi adalah bunga kamboja karena mengandung antibiotik seperti alkaloid, tanin, flavonoid dan triterpenoid. Oleh karena itu, getah kamboja dapat dimnafaat untuk meredakan rasa nyeri pada gigi.

Caranya sangat mudah, anda hanya perlu mengambil beberapa tetes getah kamboja menggunakan kapas. Lalu kapas getah tersebut letakkan pada gigi berlubang yang terasa nyeri, lakukan paling tidak 2 sampai 3 kali sehari agar rasa nyeri segera reda.

Seperti yang saya singung diatas, getah kamboja bukan menyembuhkan melainkan meredakan sakit gigi. Jadi cara terbaik mengobat sakit gigi adalah dengan periksa kedokter langsung atau membeli obat diapotik dengan ajuran dokter tentunya.

6. Menghilangkan Tahi Lalat

manfaat bunga kamboja menghilangkan tahi lalat
Sumber jateng.tribunnews.com

Bagi beberapa orang tahi lalat dianggrap sebagai penganggu, apalagi tahi lalat tumbuh diarea tubuh terbuka seperti di wajah, leher ataupun tangan. Pasti mengurangi rasa percaya diri anda bukan? Nah untuk mengatasi hal tersebut ada cara menghilang tahi lalat secara alami loh. Penasaran? Hehe

Tahi lalat dapat dihilangkan menggunakan getah kamboja, caranya ambil getah kamboja beberapa tetes menggunakan kapas. Lalu oles getah tersebut dibagian tahi lalay yang ingin anda hilangkan. Seperti ulasan lainnya untuk hasil maksimal, lakukan hal ini rutin setiap hari.

7. Menghilangkan kutil dan Mata Ikan

Seperti penjelasan menghilangkan tahi lalat diatas, kutil dan mata ikan sering dianggap sebagai penganggu. Maka dari beberapa orang mencoba untuk menghilangkannya, namun sering mengalami kesulitan. Pada ada satu cara mudah menghilangkan kutil, mata ikan dan sejenisnya.

Loading...

Dengan menggunakan getah kamboja, bagaimana caranya? Hampir sama dengan menghilangkan tahi lalat yaitu mengambil getah kamboja menggunakan kapas lalu oleskan getah tersebut diarea kulit atau mata ikan. Lakukan kegiatan setiap hari, agar kulit atau mata ikan cepat hilang.

8. Menyembuhkan Kudis

Manfaat selanjutnya dari bunga kamboja adalah mampu menyembuhkan kudis, secara umum kudis merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi kutu atau tungau di sekitar kulit bagian luar. Kutu atau  tungai tersebut kemudian bertelur dan bersarang dikulit, lama kelamaan akan timbul rasa gatal disertai warna kemarahan.

Untuk mengobati kudis anda dapat memanfaatkan bunga kamboja, dengan cara menghaluskan beberapa bunga kamboja jepang ditambah 1 sendok minyak kelapa. Semua bahan tersebut direbus sampai mendidih, air rebusan tersebut dioleskan pada area kudis paling tidak 3 hari sekali.

9. Mengatasi Busung Lapar

Busung lapar merupakan kondisi tubuh yang mengalami kekurangan gizi ataupun nutrisi dalam jangka waktu yang lama. Jika busung lapar dibiarkan saja akan berakibat pada kematian karena seseorang yang terkena busung lapar akan mengalami infkesi parah dan sangat rentan terhadap penyakit lainnya. Maka dari itu saya penyakit ini harus segera diatas dan dianggap serius.

Bagaimana cara mengatasi busung lapar? Pertama anda bisa mengobati busung lapar dengan memeriksakan diri kedokter, selain itu anda juga bisa mengobatinya secara alami yaitu deengan memanfaatkan bunga kamboja, dengan cara merebus bunga dan kulit batang. Gunakan rebusan tersebut untuk berendam, lakukan kegiatan ini secara rutin paling tidak 2 sampai 3 kali sehari.

Baca Juga Cara Menanam Bunga Kamboja Dari Biji, Stek dan Okulasi

10. Mengatasi Beri Beri

Beri beri merupakan penyakit yang disebabkan oleh tubuh kekurangan vitamin B1, biasnya penyakit ini ditandai dengan pembengkakan pada beberapa bagian tubuh seperti tungkai. Selain itu beri beri juga ditandai dengan jantung berdebar kecangan sesak nafas.

Penyakit ini menyerang sistem saraf tubuh dan sistem peredarahan darah, maka dari itu beri beri sering menyerang anak-anak berusia 1 sampai 4 tahun namun tidak menutup kemungkinan orang dewasa tidak bisa terkena beri beri.

Terdapat 3 jenis penyakit beri beri, yaitu kering, basah an beri-beri jantung, jika dibiarkan tanpa menanganan khusus penyakit ini dapat merusak saraf penderita sehingga sulit bergerak bahkan lumbuh. Cara mencegah penyakit ini adalah dengan mengomsumsi makanan yang mengandung vitamin B1.

Salah satu caranya adalah memanfaatkan rebuan kulit batang kamboja bersama bunganya. Ditambah dengan 2 siung bawah merah, 1 sendok teh adas, 1 jari pulosaru dan 3 jari gula enau yang direbus dengan air 600 cc. Minumlah air rebusan tersebut paling tidak 2 sampai 3 kali sehari agar penyakit beri-beri dapat kita hindari.

11. Mengatasi Jantung Berdebar

Dibeberapa kasus langka jantung mudah berdebar dapat diartikan sebagai tanda penyakit jantung, namun tidak semuanya begitu. Tapi sebagai saran saya untuk mencegah hal tersebut terjadi sebaiknya anda cegah, karena mencegah lebih baik dari mengobati. Caranya cukup mudah, anda tinggal memanfaat bunga kamboja terutama bagian kulit batang dan bunganya.

Ambil satu jari kulit bunga kamboja, beberapa bunga, 10 butir biji teratai, 15 gram daun prasman, 2 siung bawang putihn serta ½ sendok teh adas. Minumlah air rebusan tersebut paling tidak 2 sampai 3 kali sehari secara rutin agar hasil maksimal.

12. Mengobati TBC

Manfaat bunga kamboja lainnya adalah mampu mengobati penyakit TBC, kita ketahui TBC adalah penyakit paru-paru yang menular akibar basil mycobacterium tuberkulosis yang ditularkan saat batuk pada orang dengan sistem kekebalahan lemah. Ternyata penyakit berbahaya ini dapat diobat oleh tanaman kamboja loh, penasaran? Berikut penjelasannya.

Untuk mengobati TBC anda dapat memanfaatkan tanaman kamboja jepang, terutama bagian bunga dan kulit batangnya. Caranya ambil 75 gram kulit batang dan bunga kamboja, 50 gram kulit batang pepaya, 50 gram kulit batang pulai, 10 gram pegagan dan 16 gram kunyit.

Semua bahan tersebut dihaluskan secara bersamaan, lalu rebus dengan air 1000 cc tunggu hingga mendidih. Minumlah air rebusan tersebut paling tidak 3 kali sehari agar memperoleh hasil maksimal.

13. Menyembuhkan Batuk

Secara umum batuk merupakan tanda alami bahwa tubuh sedang mengalami masalah, khususnya dibagian saluran pernafasan. Batuk dapat juga diartikan sebagai tanggapan dari tubuh untuk membersihkan kotoran yang ada disaluran penafasan seperti lendir. Terdapat beberapa penyebab dari batuk yaitu iritasi lingkungan yang diakibatkan oleh asap maupun debu agar keluar dari paru paru.

Banyak cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi batuk, salah satunya dengan memanfaatkan bunga kamboja. Caranya meminum air rebusan bunga kamboja secara rutin agar saluran penafasan selalu bersih.

14. Mengurangi Gejala Depresi

Bagi seseorang yang sudah pernah terkena depresi pasti tahu bahaya, mungkin bagi sebagian orang depresi hanyalah gangguan mental biasa dan tidak perlu penanganan khsusus.

Padahal dibeberapa kasus langka seseorang yang mengalami depresi bisa nekat melakukan bunuh diri. Maka dari itu jangan pernah menyepelekan gangguan mental ini, jadi kalau anda sedang bermasalah atau sedang depresi segeralah obati.

Salah satu cara untuk mengatasi depresi adalah mengkonsumsi air rebusan tanaman kamboja seperti kulit batang, akar dan bunganya. Selain itu, anda juga bisa menjadikan bunga kamboja sebagai masakan sayur. Ini sudah dibuktikan dalam ilmu medis dan dipercaya sangat ampuh mengatasi masalah depresi.

Baca Juga Manfaat Bunga Sepatu Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Rambut

15. Mengatasi Maag

Anda seorang mahasiswa atau pekerja kantor yang sibuk, pasti tidak asing dengan penyakit maag kan? Yah penyebab utama seseorang terkena maag adalah pola makan tidak teratur dan sering telat makan. Maka dari itu organ lambung mengalami luka yang mengakibatkan sakit, perih dan mual, terdapat juga beberapa kasus langka yang mengakibatkan maag kronis dan gird.

Bagi penderita penyakit ini tentu harus sangat waspada dan jangan mengganggap hal tersebut tidak penting. Disini saya sarankan pada anda penderita maag untuk segera mengobatinya, ada cara alami yang bisa anda lakukan yaitu dengan mengkonsumsi ekstrak bunga kamboja.

Caranya hampir sama seperti diatas, dengan merebus beberapa bagian kamboja seperti bunga, akar dan kulit batangnya. Lalu rebusan tersebut anda minum paling tidak 2 sampai 3 kali sehari secara rutin.

16. Mencegah Pingsan

Manfaat bunga kamboja jepang selanjutnya adalah mampu mencegah seseorang pingsan atau kondisi kehilangan kesadaran. Terdapat beberapa penyebab seseorang kehilangan kesadaran atau pingsan diantaranya kondisi tubuh tidak baik atau sedang sakit, telat makan, kekurangan air dan lain-lain. Biasanya penderita akan merasakan panas, mata berkunang-kunang, tinnitus dan pusing.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi saya akan memberikan solusi terbaik, yaitu dengan mengkonsumsi air rebusan kamboja seperti kulit batang, bunga dan akarnya. Saya tidak mengharuskan anda untuk meminumnya setiap hari, paling tidak seminggu 4 sampai 5 kali saja. karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

17. Mengobati Luka Busuk

Luka pada area tubuh memang sangat mengganggu apalagi luka tersebut tidak kunjung sembuh malah membusuk, pasti anda tidak menginginkan hal tersebut bukan? Saya juga tidak mau. Pasalnya luka yang membusuk dapat menurunkan rasa percaya diri kita, ditambah luka busuk tersebut mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Nah untuk mengatasi hal tersebut anda dapat memanfaatkan tanaman kamboja atau getah kamboja, dengan cara membersihkan terlebih dulu luka menggunakan air hangat kemudian lalu oles area luka tersebut dengan getah kamboja, setelah itu bersihkan kembali menggunakan air hangat. Selamat mencoba semoga cepat sembuh ya.

18. Mengatasi nyeri haid

Rasa nyeri yang berlebihan ketika haid pada wanita, pasti sangat tidak nyaman bukan? Salah cara mengatasi nyeri haid adalah dengan memanfaatkan tanaman kamboja. Hal ini dikarena tanaman kamboja memiliki sifat anti radang dan analgesik sehingga dapat mengurangi rasa nyeri ketika haid.

19. Mencegah dampak akibat panas yang berlebihan

Manfaat bunga kamboja selanjutnya adalah mampu mencegah dampak akibat panas berlebihan yang diakibatkan oleh sinar matahari ataupun udara. Dengan mengkonsumsi ekstrak bunga kamboja dapat meminimalisir dampak dari panasnya sinar matahari yang berlebihan pada tubuh.

20. Mengatasi disentri

Secara umum disentri merupakan penyakit pada saluran pencernaan, khususnya bagian usus yang mengalami peradangan sehingga penderita terkena diare disertai darah dan lendir.

Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa memanfaatkan bunga kamboja, dengan cara mengkonsumsi rebusan air dari bunga keringa kamboja. Minumlah air rebusan tersebut selagi hangat.

21. Mengatasi sariawan

Sariawan bukanlah penyakit yang berbahaya, namun sangat menganggu. Bagi penderita sariawan akan kesulitan makan dan minum karena akan terasa nyeri, apalagi makanan atau minuman tersebut pedas dan asam maka rasa nyeri semakin menjadi-jadi.

Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa mengkonsums ekstrak kamboja baik bung dan kulit batang dengan cara direbus, lalu rebusan tersebut anda gunakan untuk kumur-kumur. Agar sariawan cepat sembuh lakukan 2 sampai 3 kali sehari.

22. Antibakteri

Seperti beberapa penjelasan saya diatas dapat kita simpulkan bahwa tanaman kamboja sangat baik dijadikan sebagai antibakteri, karena mampu melawan berbagai macam penyakit didalam tubuh kita.

Baca Juga Manfaat Kersen Dari Daun dan Buah Untuk Kesehatan serta Kecantikan

Manfaat Bunga kamboja Untuk Kecantikan

manfaat bunga kamboja untuk kesehatan
Sumber www.atmago.com/

Berikutnya saya akan menjelaskan manfaat bunga kamboja untuk kencantikan, lebih jelasnya simak ulasan dibawah ini.

23. Meningkatkan Elastisitas Kulit

Tanaman kamboja mengandung vitamin E tinggi sehingga sangat baik dalam menjaga elastisitas kulit anda, teruma kulit wajah. Selain itu, kamboja juga mengandung beberapa senyawa lain seperti glukosa yang berfungsi dalam melembabkan kulit, menengangkan kulit dan mengangkat kulit mati serta pecah-pecah.

24. Mencegah Iritasi

kulit sehat berkat tanaman kamboja
Sumber www.liputan6.com/

Kemudian kamboja juga dapat dimanfaatkan sebagai pencegah iritasi pada area kulit, di Indonesia pemanfaat bunga kamboja tidak hanya sebagai ritual kegamaan saja melainkan sebagai obat kecantikan alami.

Hal ini tidak terlepas dari kandungan yang terdapat pada bunga kamboja, salah satu kandungan lainnya adalah zat anti bakteri yang kita ketahui senyawa ini berfungsi dalam mencegah iritasi pada area kulit.

Baca Juga Manfaat Apel Hijau dan Merah Untuk Ibu Hamil Terlengkap

Anda bisa menfaatkan ekstrak bunga kamboja dengan cara membuatnya sebagai masker, gunakan masker tersebut dengan rutin agar kulit wajah anda semakin cerah dan terhindar dari iritasi yang diakibatkan radikal bebas.

25. Mencegah Penyakit Kulit

Selain dimanfaat sebagai penangkl radikal bebas, ternyata ekstrak bunga kamboja juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit loh. Contohnya penyakit kulit yang dapat diatas oleh bunga kamboja adalah kutil dan gatal-gatal. Cara penggunaanya hampir sama seperti diatas.

25. Meningkatkan Kolagen

Manfaat bunga kamboja untuk kecantikan lainnya adalah mampu meningkatkan kolagen pada kulit, sehingga kulit akan terasa kenyal, lembut dan mengurangi tanda-tanda penuan dini.

26. Sebagai Pewangi atau Parfum

Sebenarnya pemanfaat bunga kamboja sebagai parfum atau pewangi ruangan tidak masuk dalam kategori kecantikan, namun menurut saya kecantikan tidak hanya dilihat dari wajah dan pakaian. Melainkan dari aroma tubuh, maka dari itu pemanfaat ini saya masukan dikategori kecantikan.

Bagaimana cara membuat bunga kamboja sebagai pewangi atau parfum? Cara cukup mudah, anda hanya perlu mencampur bung kamboja kering dengan alkohol murni. Maka dengan sendiri aroma khas dari bunga kamboja akan keluar, jadi bisa anda gunakan sebagai parfum deh lebih hemat dan unik..

27. Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat bunga kamboja selanjutnya adalah mampu menjaga kesehatan rambut, bagi beberapa rambut adalah mahkota kepala, jadi menjaga kesehatan rambut merupakan hal paling penting baik pria maupun wanita. Untuk menjaga kesehatan rambut secara alami juga mudah, caranya dengan memanfaat ekstrak bunga kamboja sebagai masker rambut.

28. Mengatas Tumit pecah-pecah

Manfaat terakhir adalah mampu mengatasi tumit pecah-pecah, caranya dengan mengoleskan getah kamboja pada tumit yang bermasalah setiap malam hari sebelum tidur.

Demikian ulasan singkat dari saya tentang Manfaat Bunga Kamboja untuk kesehatan dan kecantikan, semoga sedikit pengetahuan ini dapat bermanfaat untuk kita semua dan saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya.

Baca Juga Manfaat Buah Pinang Muda dan Tua Untuk Pria serta Wanita

2 Replies to “28 Manfaat Bunga Kamboja Jepang Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *