cara stek bunga kamboja
Bunga Bunga Kamboja Pertanian

Cara Stek Bunga Kamboja Yang Baik dan Benar

Cara Stek Bunga Kamboja – Secara umum bunga kamboja merupakan tanaman dari marga Plumeria, dengan ciri khas pada bungannya berbentuk seperti corong dan dibagian ujung terdapat 5 helai kelopak sebagai penghiasnya. Peminat bunga ini sudah cukup banyak terutama di Indonesia, oleh karena itu banyak sekali orang yang mencoba membudidayakan bunga ini, namun mengalami kesulitan dalam memperoleh bibitnya.

 Padahal ada satu teknik yang bisa memudahkan hal tersebut, yaitu teknik stek. Pasti diantara anda semua sudah banyak yang mengetahui cara kerja teknik stek seperti apa, tapi bingung harus memulai dari mana. Nah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi mengenai cara menyetek tanaman bunga kamboja yang baik dan benar untuk pemula. Penasaran? Yuk simak step by stepnya dibawah ini.

Baca Juga Ciri ciri Bunga Kamboja, Klasifikasi, dan Syarat Tumbuhnya!

Cara Stek Bunga kamboja

cara stek bunga kamboja
Sumber bibitbunga.com/

Untuk melakukan budidaya bunga kamboja tentu anda memerlukan bibit bukan? Salah satu cara memperoleh bibit berkualitas adalah dengan cara stek. Menurut saya stek memiliki beberapa keunggulan dibanding bibit dari biji, karena bibit dari stek memiliki kemiripan 90 persen dengan indukannya. Oleh karena itu, jika anda ingin menghasilkan bibit kamboja berkualitas maka pilihlah indukan berkualitas pula. Baiklah langsung saja simak step by step stek bunga kamboja dibawah ini.

1. Pemilihan Indukan Berkualitas

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwa teknik stek mampu menghasilkan bibit yang memiliki kemiripan 90 persen dengan indukannya. Tentu anda menginginkan bibit kamboja berkualitas bukan? Sebaiknya indukan yang anda pilih memiliki ukuran batang besar, tua serta dalam kondisi sehat.

2. Pemotongan

Setelah anda memperoleh indukan yang dirasa sudah sesuai, maka tahap selanjutnya adalah pemotongan cabang. Pada tahap ini anda harus memastikan bahwa cabang yang akan anda potong dalam kondisi sehat, artinya tidak terserang hama ataupun penyakit.

Loading...

Jika sudah, maka anda bisa memotong langsung cabang tersebut dengan panjang 20 sentimeter. Kemudian diamkan potongan tersebut selama 7 hari dan pastikan tempat yang anda pilih dalam kondisi sejuk dan lembab.

3. Pembersihan Daun

Sambil menunggu 7 hari tersebut, anda bisa membersihkan potongan cabang tadi dari helai daun yang menempel. Sebaiknya setiap bibit hanya memiliki 2 helai daun saja, jadi jika daun lebih dari dua anda bisa membuangnya. Tujuan dilakukan pembersihan helai daun adalah proses penguapan dapat diminimalisir.

4. Pemberian Obat Perangsa

Tahap selanjutnya dari cara stek bunga kamboja adalah pemberian obat perangsang. Tujuan diberikan obat ini agar cabang tersebut dapat mempercepat pertumbuhan akarnya. Anda bisa membeli obat ini di toko pertanian sekitar rumah.

5. Persiapan Media Tanam

Cara stek bunga kamboja selanjutnya adalah tahap persiapan media tanam, apa saja yang perlu anda siapkan? Tanah humus, sekam padi dan arang dengan perbandingan 3:1:1 dan pastinya media tersebut harus diaduk secara merata.

Tujuan penggunaan media tanam yang tepat adalah agar bibit kamboja memperoleh media tumbuh yang sesuai dengan kebutuhannya, jika sudah sesuai maka pertumbuhan bibit ini akan lebih maksimal.

6. Proses Penanaman

Setelah semua tahap diatas selesai, maka tahap selanjutnya adalah proses penanaman. Mungkin dari anda bertanya tanya kapan proses penanaman sebaiknya dilakukan? Sebenarnya diatas sudah saya jelaskan dibagian pemotongan, anda harus menunggu 7 hari. Jadi apabila bibit tersebut sudah 7 hari dari awal pemotongan dan semua persiapan lainnya sudah siap anda bisa langsung melakukan penanaman.

Untuk pemilihan wadah penanaman saya memberi 2 opsi yaitu pot dan polybag, kenapa 2 wadah tersebut? Karena menurut saya kedua wadah tersebut mudah diperoleh, murah dan sangat cocok untuk penanaman bibit kamboja.

Bagaimana kalau saya tidak punya kedua wadah tersebut mas? Tidak apa-apa, kamu bisa menggunakan wadah lain yang ada dirumah. Yang peting wadah harus memiliki drainase baik agar akar bibit kamboja tidak busuk akibat air yang mengendap.

7. Perawatan

Tidak berhenti ditahap penanaman saja, karena setelah melakukan penanaman ada tahap yang tidak kalah penting yaitu perawatan. Mengapa penting? ya penting pokoknya hehe. Ada beberapa perawatan yang bisa anda lakukan, pertama harus rutin melakukan penyiraman paling tidak 2 sampai 3 kali sehari.

Anda juga harus memperhatikan kondisi media tanam dan drainase wadah yang dipilih. Jika wadah tidak memiliki drainase yang baik sangat saya sarankan untuk memilih wadah lain. Seperti penjelasan saya diatas, apabila air terlalu banyak mengendap di media tanam akan berisiko buruk pada batang dan akar bibit kamboja.

Baca Juga Cara Stek Bunga mawar Mudah yang Baik dan Benar

Kelebihan dan kekurangan Teknik Stek

Kelebihan :

  • Tanaman atau bibit yang dihasilkan sama persis dengan indukannya, artinya indukan berkualitas baik akan menghailkan anakan atau bibit berkualitas baik pula dari segi bentuk, bunga, batang, daun, ukuran, dan warna.
  • Pada bibit stek, khususnya bunga kamboja dapat ditanam pada tanah dangkal, hal ini dikarena bibit stek tidak memiliki akar tunggang.
  • Proses memperbanyak jumlah bibit lebih mudah dan praktis, dengan catatan anda harus paham step by step stek yang baik dan benar.
  • Proses stek dapat dilakukan dengan cepat, murah dan mudah tentunya.

Kekurangan :

  • Karena stek tidak menghasilkan tanaman berakar tunggang, maka tanaman tersebut akan mudah roboh ketika terkena angin kecang.
  • Tanaman hasil stek tidak tahan terhadap kondisi kering, maka dari itu proses stek sebaiknya dilakukan pada musim hujan. Namun juga tidak bisa dikondisi tanah terlalu basah

Cara Okulasi Bunga Kamboja

cara okulasi bunga kamboja
Sumber www.youtube.com/

Di artikel ini saya tidak hanya membahas cara stek bunga kamboja saja, namun saya juga akan membahas bagaimana cara okulasi bunga kamboja yang baik dan benar. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasana dibawah ini.

1. Sama halnya dengan teknik stek, pada teknik okulasi pemilihan indukan merupakan tahap petama dan paling penting. Pada tahap ini anda harus memilih indukan kamboja yang sehat, besar dan tua.

2. Setelah itu, anda harus mencari tanaman lain yang sehat. Tanaman ini akan digunakan sebagai media tumbuh bibit kamboja. Anda dapat mengambil mata tunasnya dengan cara memotong menngunakan pisau.

3. kemudian pilih batang tanaman yang sudah anda pilih tadi, bagian ini akan digunakan sebagai tempat menempelnya mata tunas bibit kamboja tadi. Iris batang tersebut sama seperti anda memotong mata tunas, lalu tempelkan mata tunas tesebut.

Loading...

4.Setelah anda tempelkan, tahap selanjutnya adalah pengikatn. Anda dapat memakai tali plastik, harus anda ikat sekuat tenaga dan harus dipastikan bahwa mata tunas tidak tertutup tali plastik.

5. Untuk mempercepat pertumbuhan bibit ini, anda bisa memotong batang bawah tumbuhan, selain itu letakan pada daerah yang teduh dan kering serta sirkulasi udara lancar.

6. Tunggu sampai mata tunas tumbuh.

Demikian ulasan dari saya tentang Cara Stek Bunga Kamboja yang baik dan benar untuk pemula, semoga sedikit pengetahuan saya dapat bermanfaat untuk anda semua, dan saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya.

3 Replies to “Cara Stek Bunga Kamboja Yang Baik dan Benar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *