bunga sepatu
Bunga Bunga Sepatu Pertanian

Bunga Sepatu: Morfologi, Klasifikasi, Jenis, Bagian bagian, dan Khasiat

Bunga sepatu atau Hibiscus rosa-sinensis L merupakan tanaman yang dapat tumbuh dengan subur di Indonesia dan sering dimanfaatkan sebagai obat herbal. Menurut Dalimarta 2005 kembang sepatu memiliki khasiat untuk mengobati beberapa penyakit, seperti bisul, radang selaput lendir hidung, sariawan, mimisan, gondongan.

Hal ini dikarena kembang sepatu memiliki beberapa kandungan kimia, diantaranya flavonoid, saponin dan polifenol dibagian daun, polifenol dibagian bunganya dan tanin, saponin, skopoletin, cleomiscosin A, dan cleomiscosin C dibagian akarnya.

Oleh karena itu banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dari kembang sepatu, terutama dibagian bunga, daun dan akarnya. Dari beberapa kandungan kimia diatas yang berperan dalam mengatasi antibaketeri adalah flavonoid, alkaloid, tanin.

Baca Juga Cara Menanam Bunga Sepatu yang Baik dan Benar Untuk Pemula

Morfologi Kembang Sepatu

Kembang sepatu adalah tanaman asli dari daerah Asia berikilim tropis. Lama-kelamaan kembang sepatu menyebar ke berbagai daerah sampai ke Eropa. Secara umum kembang sepatu termaksud tanaman perdu, berarti tanaman ini memiliki ketinggian diantara 4 sampai 8 meter.

Kemudian bagian bantangnya memiliki struktur keras, dan memiliki banyak cabang. Akar kembang sepatu adalah akar tunggang yang tumbuh cukup dalam dan kuat, oleh karena itu tanaman ini memiliki pertumbuhan yang kokoh dan kuat.

Loading...

Umumnya tanaman ini menghasilkan bunga tunggal yang tumbuh dibagian ketiak daun, setiap bunga memiliki tangkai panjang berkisar antara 1 sampai 4 senti meter. Lalu terdapat lima mahkota bunga yang menjurai serta tersusun rapi dengan bentuk seperti terompet atau lonceng.

Selain itu helaian mahkota bunga sepatu tunggal atau ganda dengan berbagai warna, seperti putih, merah mudah, kuning dan jingga. Bukan hanya itu saja, ada beberapa jenis kembang sepatu yang menghasilkan warna unik atau warna kombinasi.

Bunga ini mampu bertahan mekar selama 1 sampai 2 hari. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bunganya tersusun dari 5mahkota, dan 5 calyx, tangkai sari serta satu bakal buah.

Baca Juga Ciri ciri Bunga Sepatu Dari Akar, Batang, Daun, Bunga, Buah dan Biji

Jenis Bunga Sepatu

Berikut akan saya jelaskan jenis jenis bunga sepatu berdasarkan warnanya, diantaranya kembang sepatu merah, kuning dan putih. Lebih jelasnya simak ulasan dibawah ini.

Kembang Sepatu Merah

bunga sepatu merah
Sumber www.tokopedia.com/

Jenis pertama adalah bunga sepatu merah atau dikenal dengan istilah Hibiscus rosa-sinensi yang dapat tumbuh subur di daerah tropis terutama di dataran Asia.  Secara umum tanaman ini mampu tumbuh dengan ketinggian 2 sampai 5 meter, dengan ciri khas bunga berwarna merah cerah dan jumlah mahkota 5 helai.

Kembang Sepatu Kuning

bunga kuning
Sumber www.tokopedia.com/

Jenis selanjutnya adalah bunga sepatu kuning atau dikenal dengan nama ilmiah Hibiscus brankenridgei yang tumbuh di Hawai. Masyarakat Hawai menganggap kembang sepatu ini sebagai tanaman endemik mereka. Ciri khas tanaman ini antara lain dapat tumbuh mencapai ketinggian 10 meter dengan bunga berwarna kuning.

Kembang Sepatu Putih

bunga putih
Sumber bibittanamanhiasunggul.blogspot.com/

Selanjutnya adalah bunga sepatu putih atau dikenal dengan nama ilmiah Hibiscus arnottoanus A.Gray yang tumbuh di dataran Hawai. Masyarakat Hawai menganggap kembang sepatu putih memiliki makna bersinar seperti perak berkat warna bunganya yang putih. Seperti namanya, ciri khas dari tanaman ini terletak pada warna bunganya yang putih polos.

Klasifikasi Ilmiah

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Spermathophyta
  • Kelas : Dicotyledonae
  • Ordo : Malvales
  • Family : Malvaceae
  • Genus : Hibiscus
  • Species : Hibiscus rosa-sinensis L.

Bagian bagian Bunga Sepatu

Selanjutnya saya akan menjelaskan bagian bagian tanaman kembang sepatu, langsung saja simak ulasan dibawah ini.

Tangkai induk bunga

Bagian pertama dari kembang sepatu adalah tangkai induk bunga, kita ketahui bagian ini merupakan bagian awal dari pertumbuhan bunga. Secara umum tangkai induk bunga adalah cabang lanjutan dari ranting tanaman, khususnya kembang sepatu.

Tangkai bunga

Tangkai bunga merupakan bagian pertumbuhan cabang terakhir dari tanaman kembang sepatu, biasanya tumbuh di ketiak daun. Secara umum tangkai bunga berfungsi sebagai perekat antara pangkal bunga dan ranting.

Dasar bunga

Bagian selanjutnya adalah dasar bunga, atau dikenal juga dengan istilah receptacle. Dasar bunga merupakan bagian dari ujung tangkai bunga yang berfungsi sebagai perekat antara mahkota bunga dan tangkai.

Daun pelindung

Daun pelindung terdapat di kelopak bunga dan daun ini hanya tumbuh dibagian bunga. Dari namanya saja bisa kita simpulkan bahwa daun pelindung berfungsi sebagai pelindung bunga khususnya mahkotanya.

Daun tangkai bunga

Sama halnya dengan daun pelindung, daun tangkai bunga juga berfungsi sebagai pelindung bunga sepatu. Biasnya bagian ini tumbuh dibagian pangkal dari tangkai bunga.

Kelopak bunga

Salah satu bagian terpenting dari kembang adalah kelopak bunga, biasanya dikenal dengan istilah sepal biasanya berbentuk kuncup atau pada bunga yang belum mekar. Dari situ bisa kita simpulkan bahwa kelopak bunga berfungsi sebagai pelindung bagi bunga sepatu yang belum mekar.

Loading...

Mahkota bunga

Mahkota bunga merupakan bagian terluar dari bunga, penentu apakah sebuah bunga indah atau tidak dapat dilihat dari mahkotanya. Karena mahkota bunga memiliki warna yang indah.

Benang sari

Bagian selanjutnya adalah benang sari, atau lebih dikenal dengan istilah stamen. Secara umum benang sari berfungsi sebagai alat kelamin jantan bunga.

Khasiat

khasiat
Sumber www.idntimes.com/

Seperti yang sudah saya jelaskan diawal, kalau banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dari bunga sepatu. Hal ini dikarena kembang sepatu memiliki kandungan kimia yang kompleks sebagai anti bakteri. Mungkin bagi beberapa orang, kembang sepatu hanya dimanfaat sebagai tanaman hias, namun saya sangat berharap setelah membaca tulisan ini anda semua lebih dapat memanfaat kembang sepatu lagi baik dari segi kesehatan, kecantikan maupun kesehatan rambut.

Dari beberapa jurnal yang saya baca, bunga sepatu dapat dijadikan obat herbal antibakteri seperti bisul, antiradang, batuk, panas, infeksi saluran kemih, menormalkan siklus haid, ekspektoran, dan menghentikan perdarahan. Bukan hanya itu saja, terutama dibagian bunganya dapat anda manfaatkan sebagai obat peluruh dahak, penurun panas, dan pelembut kulit, mimisan, disentri, infeksi saluran kencing, haid tidak teratur.

Baca Juga Manfaat Bunga Sepatu Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Rambut

Kandungan Kimia

Untuk lebih menyakinkan anda semua mengenai khasiat bunga sepatu, saya akan mengulaskan beberapa kandungan kimia dari kembang sepatu, diantaranya Daun, bunga, dan akar bunga kembang sepatu mengandung flavonoid. Khususnya bagian daun mengandung tarakseril asetat, beta karoten.

Lalu bagian bunganya mengandung tarakseril asetat, sitosterol, kampesterol, stigmasterol, kolesterol, ergosterol, lipid, sitrat, asam tartrat, asam oksalat, fruktosa, glukosa, sukrosa, hibiscetin, sianidin dan glikosida sianidin, alkana, kuersetin.

Demikian ulasan saya mengenai Bunga Sepatu dari morfologi, klasifikasi, bagian bagian, khasiat dan kandungan kimia. Semoga sedikit penjelasan ini dapat bermafaat untuk anda semua, terima kasih atas perhatiannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *