menanam bunga sepatu
Bunga Bunga Sepatu Pertanian

Cara Menanam Bunga Sepatu yang Baik dan Benar Untuk Pemula

Cara Menanam Bunga Sepatu – Biasa tanaman ini juga dikenal dengan nama kembang sepatu, secara umum bunga sepatu meupakan jenis tanaman dari suku Malvaceace yang berasal dari Asia Timur dan sering digunakan sebagai tanaman hias dan bahan semir.

Selain itu masih banyak lagi kegunaan kembang sepatu terutama untuk kesehatan, kecantikan dan rambut. Bukan hanya itu saja, kembang sepatu cocok dijadikan sebagai pagar rumah, karena keindahan dan daya tariknya. Tentu anda semua menginginkan halaman rumah yang indah dan tanpa segar bukan?

Namun masih banyak orang awam yang belum mengetahui bagaimana cara menanam bunga sepatu yang baik dan benar untuk pemula. Oleh karena itu, saya selaku penulis membuat sebuah artikel yang akan membahas step by step menanam kembang sepatu dengan baik dan benar. Lebih jelasnya simak ulasan dibawah ini.

Baca Juga Manfaat Bunga Sepatu Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Rambut

Cara Menanam Bunga Sepatu

cara menanam bunga sepatu
Sumber www.merdeka.com/

1. Cuaca Penanaman

Kita ketahui bunga sepatu merupakan tanaman yang memiliki daya tahan kuat, namun bukan berarti tanaman ini dapat ditanaman kapan saja ya. Karena kembang sepatu tidak akan tumbuh dengan baik apabila ditanaman ketika musim dingin. Tanaman ini akan tumbuh dengan baik apabila ditanamn pada daerah bersuhu 15 sampai 32 derajat celcius.

Dari ulasan diatas dapat kita simpul bahwa awal penanaman bunga sepatu yang baik dan benar tidak dilakukan pada daerah bercuaca dingin, karena akan menghambat pertumbuhan tanaman ini nantinya. Meskipun tanaman ini termaksud bunga semak yang dapat tumbuh kapan saja, tapi saya sarankan untuk tidak memnanam bunga sepatu pada awal musim dingin.

Loading...

2. Media Tanam

Tahap selanjutnya adalah menyiapkan media tanam, disini saya sarankan pada anda untuk menggunakan media tanam dari campuran tanah dan pupuk rendah fosfor serta tinggi kalium, hal ini dikarenakan kembang sepatu menyukai tanah yang asam. Anda perlu mengecek kadar keasaman tanah terlebih dulu, kalau tanah terlalu basa, sebaiknya tambahkan tanah gambut yang berasal dari lumut.

Kemudian anda juga perlu menyiapkan wadah penanam, disini kami sarankan pada anda untuk menggunakan wadah seperti pot dan polybag. Namun jika dirumah anda tidak ada kedua wadah tersebut tidak masalah, anda bisa menggunakan apa saja yang ada dirumah dengan catatan wadah harus memiliki drainase baik agar akar kembang sepatu tidak busuk.

3. Penanaman Bibit

Cara menanam bunga sepatu selanjutnya adalah tahap penanaman bibit, ditahap ini anda harus sudah memiliki bibit bunga sepatu. Setelah anda memiliki bibit tersebut, buat lubang di media tanam dengan kedalaman 1 sampai 2 sentimeter, lalu masukan bibit tersebut kedalam lubang dan tutup kembali dengan tanah tipis.

4.Penyiraman dan Pemupukan

Setelah penanaman dilakukan, tahap selanjutnya adalah proses penyiraman dan pemupukan. Tujuannya agar tanaman kembang sepatu yang anda tanaman tetap dalam kondisi lembab. Anda dapat menyiraman tanaman ini setiap hari. Apabila bunga sepatu jarang disiram dan terus menerus terkena terik matahari maka kembang sepatu akan mati secara perlahan.

Kemudian anda juga harus memberi pupuk tambahan pada tanaman kembang sepatu, tujuanya agar tanaman ini memperoleh nutrisi yang cukup sehingga pertumbuhannya dapat maksimal. Pupuk yang dapat anda gunakan adalah pupuk kompos kering ataupun NPK.

5. Pengendalian Hama dan Gulma

Kita ketahui hama merupakan musuh terbesar tanaman. Banyak sekali bagian tanaman terutama kembang sepatu yang dapat diserang hama baik daun, batang ataupun bunganya. Sebagai contoh, biasanya daun bunga sepatu yang terserang hama biasanya tampak berlubang dan bintik-bintik. Apabila hal tersebut terjadi, sebaiknya anda segera melakukan penyemprotan menggunakan insektisida agar hama dapat diatasi lebih cepat.

Bukan hanya mengatasi hama anda juga pelu mengendalikan gulma, apa sih gulma itu? Tanaman atau rumput liar yang tumbuh di media tanam. Apabila gulma ini dibiarkan, maka nutrisi yang seharusnya diperoleh bunga sepatu malah dihisap oleh gulma tersebut. Oleh karena itu, anda harus membersihkan gulma secara rutin agar kembang sepatu memperoleh nutrisi dan unsur hara yang cukup.

6. Pemangkasan

Tahap terakhir adalah pemangkasan, tujuanya agar tanaman kembang sepatu yang anda tanam tampak lebih indah dan ramping. Selain itu, pemangkasan juga dapat meminimalisir pertumbuhan bunga baru yang anda rasa tidak berguna lagi.

Baca Juga Cara Menanam Bunga Mawar Dari Batang Di Pot Yang Baik dan Benar

Syarat Tumbuh Bunga Sepatu

Selanjutnya kami juga akan menjelaskan Syarat Tumbuh Bunga Sepatu dari jenis iklim, jenis tanah dan ketinggian lokasi atau lahan. Langsung saja simak!

Jenis Iklim

bunga sepatu dapat tumbuh dengan baik diberbagai jenis iklim, dari iklim tropis dan iklim subtropis dengan suhu mencapai 22 sampai 24 derajat celcius dan tingkat kelembaban antara 50 sampai 90 persen. Lalu pastikan juga intensitas sinar matahari cukup, karena kita ketahui tanaman sepatu sangat membutuhkan sinar matahari yang merupakan bahan dari fotosintesis.

Jenis Tanah

Lalu untuk jenis tanahnya, bunga sepatu dapat tumbuh secara optimal pada jenis tanah liat berpasir, gembut dan kaya akan bahan organik. Selain itu tingkat keasaman yang tepat mencapai 6,0 sampai 6,5 Ph.

Ketinggian Lokasi atau Lahan

Selanjutnya adalah ketinggian lokasi atau lahan, secara umum bunga sepatu dapat tumbuh pada dataran rendah dan dataran tinggi dengan ketinggian maksimal mencapai 1.300 meter diatas permukaan laut.

Demikianlah ulasan mengenai Cara Menanam Bunga Sepatu yang baik dan benar untuk pemula. Semoga sedikit penjelasan dari saya dapat bermanfaat untuk anda semua, dan terima kasih atas perhatiannya. Baca Juga Ciri ciri Bunga Sepatu Dari Akar, Batang, Daun, Bunga, Buah dan Biji

One Reply to “Cara Menanam Bunga Sepatu yang Baik dan Benar Untuk Pemula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *