Bunga Mawar
Bunga Bunga Mawar Pertanian

Bunga Mawar: Deskripsi, Nama Ilmiah, Ciri Khusus, Jenis, Habitat dan Manfaat

Bunga Mawar diberi julukan sebagai ratu dari segala bunga karena keindahan, keanggunan dan keharumannya. Menurut santika, 1996 tanaman mawar memiliki nilai ekonomi tinggi, diminati konsumen dan dapat dibudayakan secara komersial dan terencana sesuai dengan permintaan pasar. Kemudian dari kegunaanya, mawar dikelompokkan dalam kategori bunga potong, mawar taman, mawar tabur dan mawar bahan komestik.

Untuk memperbanyak tanaman mawar, terdapat beberapa cara diantaranya stek, cangkok, okulasi dan penyambungan. Dari beberapa teknik tersebut cara steak dan penyambungan merupakan teknik yang paling sering digunakan petani, karena dianggap lebih mudah dan menghasilkan bibit mawar berkualitas sama dengan indukannya.

Mawar adalah tanaman tahunan (parennial), dengan stuktur bunga mawar meliputi batang berkayu keras, berduri, bercabang banyak, menghasilkan bunga, buah dan biji. Diatas sudah kami singgung bahwa mawar adalah bunga bernilai ekonomi tinggi, hal ini dikarenakan banyaknya permintaan akan mawar.

Diatas sudah saya singgung terdapat beberapa kegunaan mawar, diantaranya sebagai bunga potong, bunga tabur dan bahan kosmetik. Dari beberapa kegunaan tersebut, bunga potong memiliki minat paling tinggi bagi masyarakat. Bunga potong dapat diartikan sebagai bunga penghias acara formal maupun non-formal.

Artikel Terkait Harga Bunga Mawar Asli dan Plastik Untuk Pacar Terbaik

Deskripsi Bunga Mawar

deskripsi mawar
Sumber www.grid.id/

Nama lain bunga mawar adalah Rosa Hybrida, dapat diartikan sebagai tanaman dengan susunan tumbuh yang unik, dan termaksud kelompok tanaman berbiji dengan batang berkayu. Kita ketahui mawar adalah tanaman dikotil, maka dari itu jenis akar yang dimilikinya yaitu akar tunggang. Kemudian bagian batang dan akarnya mengandung kambium sehingga mampu tumbuh sangat besar.

Loading...

Dibagian batang mawar terdapat duri tajam dan kulit luar halus serta licin. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas budidaya mawar dapat dilakukan dengan beberapa teknik, yaitu stek, cangkok, okulasi dan penyambungan. Dari beberapa teknik tersebut stek merupakan teknik yang paling sering digunakan.

Selanjutnya adalah bagian daun, secara umum daun mawar memiliki bentuk elips serta memanjang. Bunga mawar ada yang tunggal dan ada juga yang memiliki bentuk seperti payung dengan perhiasan bunga tiap-tiap lingkarnya sejumlah 4-5 buah. Lalu terdapat mahkota bunga yang terbagi dalam 5 helai daun mahkota.

Dibagian bunganya terdapat ovarium, tepatnya dibagian bawah daun mahkota dan daun kelopak. Sedangkan benang sari dan putik tersusun pada basic bunga berbentuk seperti guci, kemudian akan menjadi buah buni dan dibagian dalam buah terdapat biji.

Ciri khusus bunga mawar lainnya adalah memiliki warna beragam. Seperti penjelasan diatas warna bunga adalah salah satu daya tarik tersendiri. Mulai dari merah, jingga, merah muda, merah hati, kuning, putih, ungu, biru, hijau, merah putih, hitam, merah kuning, serta kuning jingga.

Bukan hanya itu saja, bunga mawar sering diberikan untuk pacar sebagai simbol pengungkapkan perasaan. Maka dari ragam warna bunga tersebut memiliki arti yang berbeda-beda, arti warna bunga mawar diantaranya mawar merah melambangkan cinta kasih, kecantikan, saya cinta kepadamu, keromantisan, serta perkataan selamat.

Lalu warna jingga jingga diartikan sebagai hasrat ketertarikan, gelora cinta, kekaguman yang mengagumkan, serta rasa haus bakal cinta.Warna kuning melambangkan awal baru keceriaan, perkataan selamat datang, serta masa lalu indah yg tidak terlupakan.

Warna lainnya dapat diartikan sebagai lambang kebahagiaan, kekaguman, serta kelembutan disimbolkan dengan mawar merah muda sedangkan cinta sejati, cinta yang murni/suci, serta kemurnian hati adalah simbol dari mawar berwarna putih.

Artikel Terkait Cara Stek Bunga mawar Mudah yang Baik dan Benar

Klasifikasi Bunga Mawar

Berikut akan kami nama ilmiah bunga mawar, mulai dari kingdom, divisi hingga species.

  • Kingdom : Plantae (tumbuh-tumbuhan)
  • Divisi : Spermatophyta (tumbuhan berbiji)
  • Sub Divisi : Angiospermae (berbiji tertutup)
  • Kelas : Dicotylodenae (biji berkeping dua)
  • Ordo : Rosanales
  • Famili : Rossaceae
  • Genus : Rossa
  • Species : Rosa damascena Mill.

Manfaat Bunga Tumbuhan Mawar (Rosa Hybrida)

manfaat mawar
Sumber www.jalansehat.info/

Dari penjelasan dapat kita simpulkan bahwa mawar sering dimanfaat sebagai tanaman hias. Namun masih banyak lagi manfaat seperti dapat digunakan sebagai obat herbal. Anda dapat memanfaatkan air rendaman mawar sebagai obat penghilang stress, karena aroma yang dihasilkan dari rendaman mawar mampu memberi rasa tenang. Kemudian air rendaman tersebut dapat dijadikan obat nyeri haid dan mengatasi beberapa masalah pada kulit, seperti jerawat, kulit kering dan kulit kusam.

Selanjutnya mawar memiliki efek farmakologis diantaranya melancarkan sirkulasi darah, menormalkan anti radang, menghilangkan bengkak dan menetralisir racun. Sedangkan akar mawar dapat digunakan sebagai obat batuk darah dan campak, dengan catatan anda harus bisa mengolah akar tersebut dengan benar dan akar yang digunakan harus fresh.

Selain itu, dari buku yang saya mawar mampu dijadikan obat jatung koroner dan mengobati stroke. Bukan hanya itu saja, mawar juga sangat baik digunakan untuk anda yang memiliki bau mulut tidak sedap, dengan mengonsumsi air rendaham mawar bau mulut dapat diatasi.

Habitat Bunga Mawar

Pembahasan selanjutnya adalah habitat tanaman mawar, informasi ini dapat anda manfaat sebagai referensi budidaya. Karena saya akan membahas Iklim, Jenis Tanah dan Ketinggian Lokasi yang cocok untuk budidaya mawar.

Iklim

Tanaman mawar dapat tumbuh dengan baik di daerahdengan curah hujan antara 1500 sampai 3000 mm per tahun dan intensitas sinar matahari mencapai 5 sampai 6 jam per hari.

Dengan iklim dingin, subtropis dan tropis seperti di Indonesia ini. Dengan suhu mencapai 18 sampai 26 derajat celcius dan kelembaban mencapai 70 hingga 80 persen.

Loading...

Jenis Tanah

Kemudian jenis tanah yang disukai mawar adalah tanah berpasir dengan kandungan hara 20 sampai 30 persen, tanah gembur yang mengandung bahan organik tinggi dan tanah latosol atau andosol. Intinya taha tersebut harus subur, kaya akan bahan organik dan memiliki drainase yang baik.

Dengan kadar keasaman atau pH antara 5,5 sampai 7,0 pH. untuk tanah yang memiliki kadar keasaman lebih atau kurang dari itu, sebaiknya lakukan pengapuran, dengan menggunakan kapur dolomit terlebih dulu agar kadar keasaman tanah lebih stabil.

Ketinggian Lahan atau Lokasi

Sebenarnya untuk ketinggian lahan tumbuh, bunga mawar dapat tumbuh dengan baik di dataran tinggi ataupun dataran rendah intinya harus memiliki suhu atau temperatur yang pas.

Di dataran dengan ketinggian 500 sampai 800 meter diatas permukaan laut, harus memiliki suhu minimal 16 sampai 18 derajat celcius dan temperatur maksimal antara 28 sampai 30 derajat celcius.

Sedangkan untuk daerah yang memiliki ketinggian 1100, harus memiliki suhu minimal 14 sampai 16 derajat celcius dan suhu optimal 24 sampai 27 derajat celicus.

Lalu terakhir, daerah yang memiliki ketinggian 1400 meter diatas permukaaan laut harus memiliki temperatur minimal 13 hingga 15 derajat celicus dan temperatur optimal 19 sampai 22 derajat celcius.

Artikel Terkait Cara Menanam Bunga Mawar Dari Batang Di Pot Yang Baik dan Benar

Jenis Bunga Mawar Berdasarkan Warna

Selanjutnya saya akan menjelaskan jenis jenis tanaman mawar, dari mawar merah, putih, hitam, biru, dan pink. Langsung saja simak ulasan berikut ini.

Mawar Merah

mawar merah
Sumber kumparan.com/

Pertama adalah bunga mawar merah, dari namanya saja bisa anda simpulkan apa yang menjadi ciri khusus jenis ini. Mawar merah memiliki warna bunga merah darah yang biasanya disimbol cinta kasih, kecantikan, saya cinta kepadamu, keromantisan, serta perkataan selamat. Untuk cirinya sendiri hampir sama dengan mawar pada umumnya, yaitu memiliki batang berduri tajam, daun bergerigi, warna bunganya merah darah.

Mawar Putih

Selanjutnya adalah bunga mawar putih atau sering disebut White Rose. Mawar ini merupakan salah satu mawar tertua dari bangsa romawi kuno dan dikembang biakan di Inggris.

Mawar putih dapat diartikan sebagai ungkapan rasa cinta sejati, cinta yang murni/suci, serta kemurnian hati. Untuk ciri khsususnya hampir sama dengan mawar merah diatas, dari batang dan daunnya hanya saja warna bunganya yang berbeda.

Mawar Hitam

rose hitam
Sumber www.bukalapak.com/

Jenis mawar ini sangatlah langka, karena anda hanya bisa menemukan mawar hitam di daerah Halferi dan sangat sulit dibudidayakan. Oleh karena itu, mawar hitam terancam punah. Bunga mawar hitam diartikan sebagai rasa kebencian dan simbol misteri.

Mawar Biru

rose biru
Sumber www.tokopedia.com/

Jenis selanjutnya adalah bunga mawar biru dengan makna kesempurnaan. Biasanya jenis ini diartikan sebagai rasa cinta dan kasih sayang. Selain itu, bunga ini juga dapat diartikan sebagai rasa misteri, pesimistis dan juga kemustahilan.

Mawar Pink

rose pink
Sumber www.tokopedia.com/

Kemudian adalah mawar pink, diartikan sebagai rasa kebahagiaan, rasa hormat, lembut, dan pujian kepada orang. Bisa diartikan dengan uangkapan kekaguman.

Baca Juga Cara Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Bunga dan Tidak Layu

Mawar Kuning

Mawar kuning dapat diartikan sebagai rasa solidaritas yang tinggi, kekeluargaan, ceria, dan gembira. Dari warnanya, mawar kuning sangat cocok diberikan pada teman, sahabat atau keluarga yang anda sayangi.

Mawar Orange

Mawar orange dapat diartika sebagai rasa semangat. Biasanya mawar ini diberikan pada teman paling dekat, karena pemberi biasanya tahu bagaiman karakteristik penerima bunga ini.

Mawar Hijau

Selanjutnya adalah mawar hijau, dapat diartikan sebagai rasa bersyukur karena diberikan kesuburan dan kesejahteraan. Selain itu juga bisa diartikan sebagai rasa harmonis dan harapan agar kehidupan kedepannya lebih baik.

Demikian ulasan mengenai Bunga Mawar, dari deskripsi, nama ilmiah, habitat, manfaat dan jenisnya. Semoga sedikit pengetahuan saya dapat bermanfaat untuk anda semua, dan terima kasih atas perhatiannya. Baca Juga Ciri ciri Bunga Mawar dari akar, batang, daun, bunga, buah dan biji

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *