cara stek bunga mawar
Bunga Bunga Mawar Pertanian

Cara Stek Bunga mawar Mudah yang Baik dan Benar

Cara Stek Bunga Mawar – Menurut Rochiman dan Harjadi 1973 stek dapat didefinisikan sebagai proses pemisahan, pemotongan beberapa bagian dari tanaman seperti akar, batang, daun dan tunas dengan maksud agar bagian-bagian tersebut membentuk akar. Ada beberapa teknik stek berdasarkan bagian tanaman yang diambil, yaitu Stek akar dan Stek Umbi, stek batang, stek pucuk, stek daun. Tujuan dari proses stek adalah menghasilkan bibit baru dengan kualitas yang sama dengan indukannya, lalu juga mengoptimalkan proses pertumbuhan akar.

Banyak sekali tanaman yang bisa distek, salah satunya adalah bunga mawar. Kita ketahui bunga mawar merupakan tanaman hias yang sangat populer oleh banya orang, karena memiliki warna beragam dan aroma khas. Maka dari itu banyak sekali petani berpengalam mencoba mengembangbiakan tanaman ini dengan beberapa metode, salah satunya stek. Menurut saya menggunakan metode stek pada bunga dapat menghasilkan bibit lebih optimal dan berkualitas dibandingkan bibit dari biji (generatif). Baiklah untuk lebih jelasnya simak ulasan mengenai Cara stek Bunga Mawar sebagai berikut. 

Sekilas Tentang Bunga Mawar

Dilihat dari segi genus, bunga mawar termaksud tanaman yang masuk genus Rosa, yang sering ditemui pada beberapa daerah timur dengan udara sejuk. Sebenarnya bunga mawar termaksud dalam jenis tanaman liar atau semak dan terdapat duri duri tajam dibagian batangnya.

Duri duri tersebut berfungsi sebagai alat pelindungan tanaman mawar dari serangan musuh, baik itu hewan ataupun manusia seperti kita. Bunga memiliki jenis daun dan bunga majemuk, artinya jenis daun yang tumbuh pada satu tangkai lebih dari satu helai daun dan bunga majemuk adalah jenis bunga memiliki dua kelamin pada satu bunga.

Baca Juga Cara Menanam Bunga Mawar Dari Batang Di Pot Yang Baik dan Benar

Ciri Indukan Bunga Mawar Yang Baik

Sebelum melakukan stek, ada hal lain yang perlu anda lakukan terlebih dulu yaitu pemiihan indukan bunga mawar berkualitas baik. Karena bibit berkualitas baik dihasilkan dari indukan berkualitas baik pula, maka dari pemilihan indukan menjadi hal yang sangat penting. Lalu bagaimana ciri indukan bunga mawar yang baik? Berikut ulasannya.

Loading...
  • Sebaiknya indukan bunga mawar yang dipilih sudah pernah berbunga lebat, dalam kondisi sehat dan tidak terinfeksi hama serta penyakit.
  • Indukan memiliki batang yang sudah tua, paling tidak memiliki batang berdiameter 5 sampai 10 sentimeter dan terdapat mata tunas ditengah-tengahnya.

Cara Stek Bunga Mawar

cara stek bunga mawar mudah dan benar
Sumber www.youtube.com/

Setelah anda mendapat indukan bunga mawar yang dirasa pas seperti penjelasan diatas, barulah kita akan membahas step by step stek bibit bunga mawar. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini.

1. Mempersiapkan Alat dan Bahan

  • Pisau atau guting tanaman
  • Pot, gelas plastik dan wadah lainnya tergantung ketersediaan anda di rumah. Seng penting wadah memiliki drainase baik dan lacar sehingga air tidak mengendap.
  • Media tanam berupa tanah dan pupuk kompos.
  • Hormon Penumbuh akar atau ZPT

2. Persiapan Wadah dan Median Tanam

Setelah anda memperoleh indukan yang dirasa sesuai, tahap selanjutnya adalah persiapan wadah dan media semai. Berikut ulasannya.

  • Pertama siapkan wadah yang akan digunkan sebagai tempat semai, anda bisa menggunakan polybag atau pot berdiameter kecil. Namun apabila anda tidak memiliki wadah tersebut, anda bisa menggunakan wadah yang lain yang penting tempat semai memiliki drainase lancar.
  • Kemudian anda harus menyiapkan media tanam, berupa tanam, sekam padi, pasir dan pupuk kompos. Solusi lain adalah menggunakan cairan nutrisi dan cairan hormon untuk mempercepat pertumbuhan akar pada stek bunga mawar nantinya.
  • Namun untuk menghemat biaya, penggunaan media tanam tersebut saya rasa cukup. Perbandingan yang tepat adalah 2:1:1:1.
  • Lalu diamkan media tanam tersebut beberapa hari agar proses pencampuran lebih merata.

3. Proses Stek

Ketika media tanam sudah siap dan sudah anda diamkan 2 sampai 3 hari, tahap selanjutnya adalah proses stek. Lebih jelasnya saya ulasan dibawah ini.

  • Pertama anda harus memilih bagian batang dari indukan bunga mawar yang memiliki diameter besar dan sudah tua, lalu terdapat mata tunasnya.
  • Kemudian ptoong batang tersebut sepanjang 15 sampai 20 sentimeter menggunakan guting tanaman atau pisau yang bersih.
  • Setelah dipotong, masukan batang tersebut kedalam air agar batang tetap dalam kondisi segar.
  • Lalu ambil wadah yang sudah anda isi dengan media tanam sebelumnya, beri lubang dibagian tengah wadah. Kedalam lubang paling tidak harus setengah panjang batang stek yang anda potong tadi.
  • Sebelum melakukan penaman, kurangi jumlah daun pada batang mawar tujuannya agar proses penguapan dapat diminimalisir.
  • Barulah tanam batang mawar tersebut kedalam lubang yang sudah anda siapkan, untuk hasil lebih cepat dan maksimal anda bisa menambahkan cairan hormon guna mempercepat pertumbuhan akar.
  • Terakhir adalah tahap penyiraman yang harus anda lakukan secara rutin pagi dan sore hari. Apabila bibit tersebut sudah mulai tumbuh daun berarti proses stek yang anda lakukan sudah benar, kalau belum coba ulangi dengan step by step yang benar.

Baca Juga Cara Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Bunga dan Tidak Layu

Kelebihan dan Kekurangan Teknik Stek

Kelebihan :

  1. Tanaman atau bibit yang dihasilkan sama persis dengan indukannya, artinya indukan berkualitas baik akan menghailkan anakan atau bibit berkualitas baik pula dari segi bentuk, bunga, batang, daun, ukuran, dan warna.
  2. Pada bibit stek, khusunya bunga mawar dapat ditanam pada tanah dangkal, hal ini dikarena bibit stek tidak memiliki akar tunggang.
  3. Proses memperbanyak jumlah bibit lebih mudah dan praktis, dengan catatan anda harus paham step by step stek yang baik dan benar.
  4. Proses stek dapat dilakukan dengan cepat, murah dan mudah tentunya.

Kekurangan :

  • Karena stek tidak menghasilkan tanaman berakar tunggang, maka tanaman tersebut akan mudah roboh ketika terkena angin kecang.
  • Tanaman hasil stek tidak tahan terhadap kondisi kering, maka dari itu proses stek sebaiknya dilakukan pada musim hujan.

Demikian ulasan mengenai Cara Stek Bunga Mawar yang baik dan benar, semoga sedikit pengetahuan saya dapat bermanfaat untuk anda semua dan saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya. Baca Juga Ciri ciri Bunga Mawar dari akar, batang, daun, bunga, buah dan biji

2 Replies to “Cara Stek Bunga mawar Mudah yang Baik dan Benar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *