cara menanam bunga mawar
Bunga Bunga Mawar Pertanian

Cara Menanam Bunga Mawar Dari Batang Di Pot Yang Baik dan Benar

Cara Menanam Bunga Mawar – Bunga mawar merupakan salah satu tanaman hias yang sangat populer, karena memiliki ragam warna dan aroma khas. Karena kebutuhan bunga mawar selalu meningkat, sehingga banyak petani melakukan budidaya bunga mawar dengan tujuan dijual. Dari segi harga, bunga ini dijual cukup mahal maka dari itu budidaya mawar menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan.

Namun karena kurangnya pengetahuan budidaya bunga mawar, banyak petani pemula mengalami kegagalan. Sekarang anda tidak perlu khawatir lagi, karena SawonBudidaya akan berbagi tips cara menanam bunga mawar yang baik dan benar. Simak ulasan berikut ini.

Baca Juga Cara Menanam Anggrek

Sekilas Tentang Bunga Mawar

Umumnya mawar merupakan salah satu jenis tanaman yang masuk genus Rosa, yang sering ditemui pada beberapa daerah timur dengan udara sejuk. Sebenarnya bunga mawar termaksud dalam jenis tanaman liar atau semak dan terdapat duri duri tajam dibagian batangnya.

Duri duri tersebut berfungsi sebagai alat pelindungan tanaman mawar dari serangan musuh, baik itu hewan ataupun manusia seperti kita. Bunga memiliki jenis daun dan bunga majemuk, artinya jenis daun yang tumbuh pada satu tangkai lebih dari satu helai daun dan bunga majemuk adalah jenis bunga memiliki dua kelamin pada satu bunga.

Cara Menanam Bunga Mawar

cara menanam bunga mawar dari batang
Sumber www.kebun.co.id/

1. Pemilihan Bibit Bunga Mawar

Tahap pertama dalam cara menanam bunga mawar adalah pemilihan bibit, terdapat dua jenis bibit yang bisa anda gunakan yaitu 1. Bibit dari biji ( Generatif) dan 2. Bibit dari Steak (Vegetatif).  Dalam pemilihan bibit pastikan memiliki kualitas terbaik, sehingga budidaya bunga mawar yang akan anda lakukan dapat berhasil sesuai harapan. Bagaimana cara memilih bibit berkualitas baik? Berikut penjelasannya.

Loading...

Memperoleh Bibit dari Biji

1. Anda dapat memperoleh biji dari bunga mawar langsung,

2. ketika bunga mawar sudah dewasa akan berubah menjadi buah karena mengalami penyerbukan yang dibantu oleh angin maupun serangga.

3. Biasanya didalam buah mawar terdapat beberapa biji, pastikan buah sudah benar benar tua atau matang.

4. Setelah memperoleh biji, lakukan perendaman selama 24 jam untuk memastikan kualitas bibit tersebut. Saya sarankan untuk mengambil biji yang tenggelam, karena biji yang mengambang memiliki kualiatas buruk.

5. Kemudian lakukan penyemaian agar bibit tumbuh tunas, cara penyemaian biji mawar cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan sebuah wadah yang sudah diisi media semai, dan letakkan didaerah lembab agar pertumbuhan tunas lebih cepat.

6. Tunggu hingga biji tumbuh tunas atau berkecambah.

Memperoleh Bibit dari Steak

1. Untuk memperoleh bibit steak, hal pertama yang perlu anda lakukan adalah menentukan indukan bunga mawar. Saya sarankan indukan mawar sudah pernah menghasilkan bunga, dalam keadaan sehat dan terhindari dari serangan hama serta penyakit.

2. Setelah anda menentukan indukan mawar, tahap selanjutnya adalah menentukan bagian batang yang akan disteak. Saya sarankan batang yang akan disteak memiliki ukuran besar, sudah tua dan memiliki mata tunas yang bagus.

3. Kemudian potong bagian batang tersebut dengan panjang berkisar antara 5 sampai 10 sentimeter. Pastikan mata tunas berada ditengah-tengah batang, lalu potong dengan posisi menyerong agar tunas lebih mudah menyerap unsur hara.

4. Setelah melakukan proses pemotongan, rendam steak batang mawar tersebut kedalam cairan hormon agar mempercepat pertumbuhan akar. Biasanya memakan waktu kurang lebih 2 sampai 3 jam untuk hasil lebih maksimal.

5. Setelah selesai melakukan perendaman batang, tahap selanjutnya adalah penanaman bibit steak tersebut kewadah yang sudah anda siapkan.

2. Persiapan Media Tanam

Dalam melakukan persiapan media tanam yang harus anda perhatikan adalah kebutuhan bunga mawar, tanaman ini membutuhkan tanah subur, gembur dan kaya akan bahan organik. Jika budidaya mawar yang anda lakukan termaksud skala besar, saya saran untuk membuat lahan tanam bedengan agar proses penanaman dan perawatan lebih mudah.

Bedengan yang baik seperti apa? sebenarnya tidak ada patokan khusus mengenai pembuatan bedengan untuk menanam mawar, pembuatan bedengan ini hampir sama dengan pembuatan bedengan tanaman lainnya. Catatan: Sesuai dengan kebutuhan anda. Takaran pemupukan awal agar media tanam subur adalah pupuk kompos atau kandang 10 sampai 20 ton per hektrar dan ditambah dengan penyemprotan GDM Bio Organic Stimulant agar tanah lebih subur lagi.

3. Proses Penanaman

Cara menanam bunga mawar selanjutnya adalah proses penanaman, tahap ini dapat dilakukan ketika bibit bunga mawar yang sudah anda siapkan sebelumnya siap, baik itu bibit dari biji maupun bibit dari steak. Penaman yang dilakukan pada bedengan sebaiknya memiliki jarak 60 X 70 senti meter, dan sebaiknya dilakukan pada pagi hari agar meminimalisir bibit layu atau mati.

4. Proses Pemupukan

Tahap terakhir dalam cara menanam bunga mawar adalah proses pemupukan, tentu anda semua sudah tahu apa tujuan dari pemupukan bukan? Intinya proses pemupukan dilakukan agar tanaman bunga mawar memperoleh nutrisi sesuai kebutuhannya. Bagaimana cara pemupukan yang baik dan benar? Sebenarnya tidak ada teknik khusus memberi pupuk pada bunga mawar, disini saya hanya akan memberikan pilihan pupuk jenis apa yang baik digunakan.

Loading...

Saran dari saya sebaiknya anda menggunakan pupuk NPK dengan takaran 5 gram per tanaman, dan dilakukan ketika tanaman sudah berumur 7 hari dari awal penanaman. Selain memberi pupuk, anda juga perlu melakukan penyemprotan GDM dengan konsetrasi 1:10 setiap minggu.

Baca Juga Cara Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Bunga dan Tidak Layu

Cara Menanam Bunga Mawar Di Pot

cara menanam bunga mawar di pot
Sumber kaffahpropertisyariah.com/

1. Persiapan Media Tanam

Sebenarnya penjelasan mengenai media tanam di pot hampir sama seperti diatas, hanya saja pot diperuntukan dalam skala kecil. Media tanam seperti apa yang baik untuk budidaya bunga mawar? Terdapat beberapa media tanam yang baik untuk budidaya bunga mawar, yaitu campuran tanah, pupuk kompos dan pasir dengan perbandingan 4:4:1. Lakukan pencampuran pada semua media tanam tersebut, lalu biarkan selama 15 hari.

2. Persiapan Pot Untuk Menanam Bunga Mawar

Anda bisa menggunakan beberapa jenis pot, seperti pot tanah, pot semen dan pot plastik atau polybag. Intinya pot yang anda pilih memiliki drainase baik, karena pot yang tidak memiliki drainase baik akan berisiko menyimpan air, karena hal itulah akar bunga mawar lebih mudah busuk. Jangan menggunakan pot berdiameter kecil, paling tidak pot memiliki diameter 25 senti meter.  

3. Proses Penanaman

Sebelum melakukan penanaman bibit bunga mawar, anda perlu mengisi pot dengan media tanam yang sudah disiapkan sebelumnya. Bagian dasar pot sebaiknya diisi krikil atau pecahan genting agar drainase pot lebih lacar sehingga air tidak mengendap. Setelah itu isi pot dengan media tanam, sebaiknya media tanam hanya diisi ¾ dari tinggi pot. Kemudian pindahkan bibit dari tempat semai secara hati-hati, tanam bibit dibagian tengah pot, dan tutup menggunakan media tanam. Pastikan pangkal batang tidak tertutup oleh media tanam.

Baca Juga Cara Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Bunga dan Tidak Layu

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Bunga Mawar, semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua dan saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya. Baca Juga Ciri ciri Bunga Mawar dari akar, batang, daun, bunga, buah dan biji

3 Replies to “Cara Menanam Bunga Mawar Dari Batang Di Pot Yang Baik dan Benar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *