cara merawat bunga mawar
Bunga Bunga Mawar Pertanian

Cara Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Bunga dan Tidak Layu

Cara Merawat Bunga Mawar – Bunga mawar merupakan salah satu jenis tanaman yang menghasilkan bunga sangat populer dan terkenal oleh banyak orang. Daya tarik dari mawar terletak pada bunganya yang memiliki ragam warna dan aroma khas sehingga sangat disukai orang banyak.

Bukan hanya itu saja, hal yang menjadi daya tarik dari bunga mawar adalah proses budidaya dan perawatan terbilang mudah, maka dari itu orang lebih memilih membudidayakan mawar dibanding bunga lainnya. Namun tetap terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam memeliharan bunga mawar, apa saja itu? Berikut ulasan mengenai cara merawat bunga mawar terlengkap.

Sekilas Tentang Bunga Mawar

Secara umum bunga mawar adalah salah satu jenis tanaman yang masuk genus Rosa, yang sering ditemui pada beberapa daerah timur dengan udara sejuk. Sebenarnya bunga mawar termaksud dalam jenis tanaman liar atau semak dan terdapat duri duri tajam dibagian batangnya.

Duri duri tersebut berfungsi sebagai alat pelindungan tanaman mawar dari serangan musuh, baik itu hewan ataupun manusia seperti kita. Bunga memiliki jenis daun dan bunga majemuk, artinya jenis daun yang tumbuh pada satu tangkai lebih dari satu helai daun dan bunga majemuk adalah jenis bunga memiliki dua kelamin pada satu bunga.

Baca Juga Ciri ciri Bunga Mawar dari akar, batang, daun, bunga, buah dan biji

Cara Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga

Cara Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga
Sumber www.bukalapak.com/

Memilih Pot Yang Tepat

Cara merawat bunga mawar pertama adalah memilih jenis pot yang tepat, dengan kata lain pot yang mampu menunjang pertumbuhan bunga mawar nantinya. Disini kami sarankan kepada anda untuk menggunakan pot berbahan tanah liat. Kenapa? karena jenis pot ini memiliki banyak pori sehingga air akan mengalir keluar dengan lancar, jika air terlalu lama mengendap didalam pot akan berisiko merusak akar mawar.

Loading...

Proses Penyiraman Dengan Takaran Tepat

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, air yang terlalu banyak akan berisiko merusak atau membuat akar busuk. Lalu bagaimana teknik penyiraman yang tepat? Sebaiknya proses penyiraman dilakukan dari tanah, karena jika penyiraman dilakukan melalui daun atau bunganya akan berisiko merusak ( Daun dan Bunga sangat rentan rontok).

Ketika proses perawatan masuk dimusim penghujan sebaiknya volume penyiraman dilakukan sekali sehari atau tidak usah sama sekali tergantung kondisi media tanam dan cuaca. Sedangkan dimusim kering sebaiknya penyiraman dilakukan 2 kali sehari pada pagi dan sore hari, agar bunga mawar tidak kekeringan.

Pemilihan Media Tanah yang tepat

Kita ketahui pemilihan media tanam yang tepat menjadi salah satu faktor terpenting untuk menentukan keberhasilan budidaya mawar nantinya. Media tanam yang subur dan kaya akan unsur hara mampu menunjang pertumbuhan bunga mawar, sehingga tanaman ini akan tumbuh dan berbunga diwaktu yang tepat. Media tanam yang sesuai untuk budidaya bunga mawar adalah tanah yang memiliki kadar air sesuai, jika tanah mengandung air terlalu banyak ataupun terlalu rendah akan mengakibatkan pertumbuhan bunga mawar lambat atau tidak subur.  

Proses Pemangkasan Bunga Mawar

Cara merawat bunga mawar selanjutnya adalah proses pemangkasan pada bagian daun dan rantingnya. Ciri bagian yang harus dipangkas yaitu bagian yang sudah busuk atau mengering menggunakan gunting taman atau gunting tajam lainnya. Jika bagian busuk ini dibiarkan akan berisiko menular kebagian lain yang tidak busuk, maka dari itu pemangkasan menjadi salah satu faktor perawatan terpenting dari budidaya bunga mawar. Teknik pemangkasan yang baik yaitu memotong dengan lurus, dengan artian tidak memotong berpola diagonal atau menyerong.

Teknik Budidaya

Sebenarnya ada banyak teknik budidaya bunga, yaitu dari biji dan dengan cara steak. Dari kedua teknik ini steak menjadi pilihan terbaik, karena dari satu tanaman saja dapat menghasilkan bibit bunga mawar dalam jumlah banyak dibandingkan dari biji, okulasi, cangkok, membelah anakan.

Pemberian Pupuk

Salah satu cara merawat bunga mawar selanjutnya adalah pemberian pupuk, didalam melakukan tahap ini ada beberapa hal yang perlu anda lakukan apa saja itu? Memastikan kondisi bunga mawar itu sendiri, seperti tanaman dalam kondisi daunnya layu, bunganya tidak mekar, atau akarnya tidak kuat. Ketika sudah anda perhatikan hal-hal tersebut, baru dapat memastikan kandungan pupuk yang diperlu untuk bunga mawar  anda.

Contoh bunga mawar lemah secara keseluruhan, atau daunnya tidak kuat, berarti dibutuhkan pupuk dengan proporsi nitrogen, fosfat, dan kalium yang sama banyak. kemudian bunga mawar anda bermasalah pada bunganya yang tidak mekar, maka diperlukan pupuk yang mengandung lebih banyak fosfat.

Selain menggunakan pupuk NPK diatas, anda juga bisa menggunakan pupuk organik. Secara umum kata organik memiliki arti karbon atau dengan kata lain pupuk yang berasal dari hewan/tumbuhan. Biasanya penggunakan pupuk organik dikhususkan untuk sayuran organik guna meningkatkan kualitas tanah atau menyuburkan tana. Jenis pupuk ini juga sangat baik untuk menunjang pertumbuhan bunga mawar, namun yang menjadi kelemahannya adalah memiliki bau tidak sedap.

Melakukan Pengendalian Hama

Kita ketahui hama menjadi musuh terbesar bagi tanaman, terutama bunga mawar. Jika bunga mawar terkena serangan hama akan berisko menghambat pertumbuhannya. Ada beberapa jenis hama yang menyerang bunga mawar, diantaranya:

Hama Thrips

Ciri dari hama ini adalah memiliki ukuran tubuh kecil sekitar 1 mm, berwarna kuning kecoklatan. Biasanya menyerang bunga mawar dengancara menghisap cairan pada bagian bunga, daun dan cabang sehingga tanaman mawar bisa mati. Untuk mengendalikan hama ini anda dapat melakukan penyemprotan menggunakan pestisida jenis abamectin.

Hama Rayap

Hama ini sangat sering menyerang tanaman mawar, terutama mawar ditaman di kebun. Cara pengendaliannya cukup mudah, anda hanya perlu menanam bunga mawar menggunakan wadah pot tanah liat yang diletakan di para-para dan pastikan lingkungan sekiar bersih dari ranting-ranting kayu lapuk.

Hama Tungau

Ciri dari hama ini adalah memiliki tubuh berukuran kecil sekitar 0,3 mm, berwarna merah, hijau atau kuning tergantung jenis tungaunya. Jenis hama ini sangat menyukai udara lembab dan sirkulasi udara panas, maka dari itu hindari budidaya mawar didaerah dengan kondisi tersebut. Gejala tanaman mawar yang terkena serangan hama tungau adalah timbul bintik-bintik berwarna abu-abu hinga kecoklatan dibagian daun dan pucuknya. Cara pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan menyemprot pestisida piridaben dengan cara menyemprot bagian tanaman bawah ke atas.

Hama Ulat Daun

Untuk hama selanjutnya adalah ulat daun, jenis hama ini sering menyerap bunga mawar dibagian daun dan kuncup bunga sehingga tampak berlubang-lubang. Cara pengendaliannya cukup mudah, anda hanya perlu menggunakan insektisida karbonsulfan.

Melakukan Pengendalian Penyakit

Selain hama, tanaman mawar juga memiliki penyakit yang sering menyerang dibagian daun, bunga dan batangnya. Berikut penjelasan mengenai penyakit bunga mawar, diantaranya:

Penyakit bercak daun

Secara umum timbulnya penyakit bercak daun disebabkan oleh Cercospora rosicola atau Alternaria. Jika bunga mawar terkena penyakit ini akan tampak bercak-bercak berwarna coklat dibagian daun tua.

Loading...

Penyakit bercak hitam

Sedangkan untuk penyakit becak hitam disebabkan oleh Phragmidium muconatum. Biasanya bunga mawar yang terkena penyakit ini akan timbul bintik-bintik jingga kemerahan dibagian bawah daun, jika penyakit ini dibiarkan daun mawar akan gugur dengan sendirinya. Cara pengendalian penyakit ini adalah dengan melakukan pemangkasan dibagian daun yang terinfeksi penyakit bercak hitam dan juga menyemprot fungsida heksakonasol.

Penyakit tepung mildew

Jenis penyakit selanjutnya adalah tepung mildew yang disebabkan oleh jamur Oidium sp. Biasanya bunga mawar yang terinfeksi penyakit ini akan terlihat seperti tepung dibagian permukaan daunnya. Jika penyakit ini tidak diatasi dengan tepat, daun yang terinfeksi akan mengering dan gugur dengan sendirinya. Cara mengatasi penyakit ini adalah dengan memetikan daun yang terinfeksi dan membuangnya, lalu lakukan penyemprotan mengganukan fungisida.

Pengendalian Gulma

Cara merawat bunga mawar terakhir adalah melakukan pengendalian gulma, kita ketahui gulma merupakan tanaman liar yang berisiko mencuri kandungan unsur hara pada media tanam bunga mawar, bisa dibayangkan apa yang akan terjadi pada tanaman ini? tentunya mati. Maka dari itu pengendalian gulma menjadi salah satu terpenting, anda cukup mencabut dan membuang tanaman liar seperti rumput yang tumbuh di area media tanam secara rutin agar bunga mawar memperoleh nutrisi dan unsur hara secara maksimal.

Baca Juga Cara Menanam Bunga Mawar Dari Batang Di Pot Yang Baik dan Benar

Cara Merawat Bunga Mawar Agar Tidak layu

Cara Merawat Bunga Mawar Agar Tidak layu
Sumber krjogja.com/

1. Beri air

Apabila anda memperoleh bunga mawar potong dari seseorang atau doi hehe, pasti anda tidak inginkan bunga tersebut cepat layu? Nah untuk meminimalisir hal tersebut anda dapat memberi air pada bunga mawar potong, dengan cara memasukan bunga mawar tersebut kedalam wadah berisi air bersih seperti gelas, vas dan lain-lain.

2. Gunakan air hangat/suam

Diatas tadi sudah kami jelaskan tahap pertama untuk meminimalisir bunga mawar agar tidak layu, ketika anda sudah memiih wadah sesuai yang akan digunakan, lakukan pembersihan wadah tersebut. Ketika sudah anda lakukan, tahap selanjutnya adalah pengisian wadah tersebut menggunakan air.

Kami sarankan pada anda untuk menggunakan air hangat dengan volume ¾ penuh dari wadah tersebut. Apakah harus menggunakan air hangat? Sebenarnya tidak harus, anda juga bisa menggunakan air dingin namun proses pemekaran bunga akan lebih lambat dibandingkan menggunakan air hangat.

3. Gunakan Aspirin

Dari beberapa website yang saya baca, dengan menambahkan aspirin didalam air rendaman bunga mawar akan memperpanjang usia bunga agar tidak layu. Namun saya sendiri belum mencobanya, mungkin anda bisa mencoba sendiri lalu berikan komentar dibawah apakah hal ini berhasil.

4. Berikan nutrisi bunga

Cara merawat bunga mawar agar tidak layu selanjutnya adalah dengan memberi nutrisi kedalam air. Tujuan pemberian nutrisi tambahan adalah 1. Agar bunga memperoleh sumber makanan untuk memperpanjang kehidupan bunga, 2. Dapat mengontrol pH air dan 3. Biosida untuk membunuh bakteri berbahaya.

5. Pengendalian Bakteri Air

Selanjutnya adalah pengendalian bakteri air, dengan cara membuang dedaunan yang jatuh di bawah garis air. jika terdapat dedaunan di dalam air akan menyebabkan bakteri tumbuh, sehingga dapat mempersingkat masa pakai vas bunga.

Demikian ulasan mengenai Cara Merawat Bunga Mawar agar cepat berbunga dan agar tidak layu. Semoga sedikit pengetahuan saya dapat bermanfaat untuk anda semua, terima kasih atas perhatiannya.

5 Replies to “Cara Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Bunga dan Tidak Layu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *