manfaat bunga sepatu
Bunga Bunga Sepatu Khasiat Pertanian

Manfaat Bunga Sepatu Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Rambut

Manfaat Bunga Sepatu – Secara umum kembang sepatu merupakan jenis tanaman yang masuk dalam suku Malvaceace dan berasal dari Asia Timur dan sering digunakan sebagai tanaman hias dan bahan semir. Ternyata bunga sepatu bukan hanya dimanfaatkan sebagai tanaman hias, kini banyak sekali pemanfaat ekstrak dari tanaman ini terutama bagian bunga, daun dan akarnya. Apa saja manfaat bunga sepatu? Menurut beberapa ahli dan jurnal yang saya baca, kembang sepatu dapat dimanfaat untuk kesehatan, kecantikan dan rambut. Penasaran apa saja manfaat tersebut? Yuk simak ulasana dibawah ini.

Sekilas Tentang Kembang Sepatu

Kembang sepatu adalah tanaman dari suku Malvaceace yang berasal dari Asia Timur, tanaman ini dapat tumbuh diberbagai jenis iklim dari tropis dan sub tropis. Bunganya berbentuk mirip corong atau terompet berukuran besar, dengan warna putih, merah muda, putih bercorak merah tua dan merah cerah tergantung dari jenis atau variteas bunga sepatu itu sendiri. Baca Juga Ciri ciri Bunga Sepatu Dari Akar, Batang, Daun, Bunga, Buah dan Biji

Manfaat Bunga Sepatu Untuk Kesehatan

manfaat bunga sepatu untuk kesehatan
Sumber id.wikipedia.org

1. Mengobati diabetes

Manfaat pertama dari bunga sepatu adalah mampu mengobati penyakit diabetes, kita ketahui diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh kadar gula terlalu tinggi. Beberapa ahli berpendapat bahwa penyakit diabetes adalah salah satu penyakit paling mematikan, terutama di Indonesia. Lalu bagaimana cara mengobati penyakit diabetes secara alami?

Menurut beberapa hasil penelitian yang dilakukan oleh Biochemical and Biophysical Research Communications, kemudian menerbitkan tulisan mengenai kandungan senyawa kimia pada bunga sepatu yang mampu menjadi obat alami dari penyakit diabetes.

Hal ini dikarenakan bunga sepatu mengandung Asam ferulic yang terdapat didalam salah satu senyawa polifenol berfungsi sebagai pengotrol kadar gula didalam tubuh, dengan begitu bunga sepatu berperan sebagai obat penyakit diabetes yang dapat diuji kebenarnya.

2. Mencegah infeksi saluran kemih

Terdapat beberapa penyebab seseorang terkena infeksi pada saluran kemihnya, yaitu karena bakteri escherichia coli, tidak menjaga kebersihan alat kelamin dengan benar, tidak buang air kecil setelah melakukan hubunga seks dan kurang mengonsumsi air putih. Lalu bagaimana cara mencegah agar tidak terjadi infeksi pada saluran kemih? Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, yaitu :

Loading...
  • Bersihkan kelamin dengan air bersih.
  • Jika membasuh vagina (untuk wanita), lakukan pola dengan  membersihkan dari arah depan menuju belakang (vagina menuju anus). Hal ini dilakukan agar bakteri dari anus tidak menyebar ke organ intim.
  • Selalu ganti pakaian dalam setiap hari atau dua kali sehari jika Anda merasa sudah tak nyaman.
  • Jangan biasakan menahan kencing.
  • Minum air mineral yang cukup, 8 gelas perhari.
  • Biasakan buang air kecil sebelum dan sesudah berhubungan seksual.

Selain cara diatas anda bisa memanfaat kandungan didalam bunga sepatu, karena menurut the Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine menjelaskan bahwa bunga sepatu memiliki sifat antijamur dan antimikroba yang efektif untuk melawan beberapa bakteri, seperti bakteri escherichia coli.

3. Mengeluarkan racun

Manfaat lain dari bunga sepatu adalah mampu mengeluarkan racun yang ada didalam tubuh, hal ini dikarenakan bunga sepatu mengandung senyawa antioksidan yang berfungsi membersihkan tubuh dari serangan racun. Bagian yang sering dimanfaat untuk mengeluarkan racun adalah kelopak bunganya, anda bisa mengolah kelopak bunga sepatu menjadi minuman seperti teh. Ternyata bukan itu saja loh, kelopak bunga sepatu juga bisa menurunkan kadar kolesterol dan melawan pertumbuhan sel-sel kanker.

4. Menurunkan berat badan

Ternyata dari kandungan antioksidan bunga sepatu bukan hanya dapat menangkal pertumbuhan sel kanker dan membersihkan tubuh dari racun saja loh. Dikarenakan kandungan antioksidan tersebut, bunga sepatu juga bisa menurukan berat badan tanpa kita sadari. Maka dari itu bunga sepatu sangat cocok dijadikan alternative program diet secara alami.

5. Penambah energi

Olahan dari bunga sepatu dapat dikonsumsi sebagai obat herbal penambah energi, dikarenakan bunga sepatu mengandung senyawa yang dapat mengembalikan semua energi dan dapat mengatasi stress diakibatkan oleh pekerjaaa, sekolah, kuliah maupun keluarga.

6. Pereda Demam dan Flu

Kita ketahui demam bukanlah sebuah penyakit, melainkan tanda bahwa tubuh sedang mengalami masalah. Maka dari itu demam tidak bisa dianggap sepele, kami sarankan untuk anda yang sedang mengalami demam untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Jika anda tidak ingin pergi ke dokter solusi lainnya adalah dengan mengkonsumsi olahan dari bunga sepatu seperti Teh Kelopak Bunga Sepat. Salah satu kandungan didalam bunga sepatu adalah vitamin C, kita ketahui vitamin ini berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus maupun bakteri.

7. Mengobati Batuk dan Sariawan

Vitamin C yang terkandung didalam bunga sepatu bunga hanya berguna untuk menurukan demam saja loh, ternyata vitamin C didalam bunga sepatu dapat dimanfaat untuk mengobati batuk dan sariawan. Bagian yang bisa anda konsumsi adalah daunnya, dengan cara merebus daun kembang sepatu yang sudah dicuci terlebih dulu, lalu rebus kurang lebih 15 menit, setelah itu rebusan dapat anda minum.

8. Mengobati Sakit Kepala

Manfaat lain dari bunga sepatu adalah mampu mengobati sakit kepala, bagian yang dapat diolah adalah daunnya. Daun bunga sepatu dicuci lalu rebus selama setengah jam, kemudian gunakan air rebusan tersebut sebagai kompres. Rebusan daun bunga sepatu juga dapat diminum.

9. Mengobati Gondokan

Secara umum gondok atau gondokan yaitu penyakit akibat pembesaran kelenjar tiroid. Untuk mengobati penyakit ini anda dapat menggunakan bagian akar bunga sepatu, dengan cara direbus dalam air mendidih selama setengah jam. Lalu pakai sebagai obat kompres.

10. Mengatasi PMS

Premenstrual Syndrom (PMS) berlangsung pada wanita ketikamenjelang menstruasi di mana terjadi perubahan hormonal yang mengakibatkan suasana hati jadi tak menentu. Bagaimana cara mengatasi mengatasi suasana hati yang labil? Dengan mengkonsumsi teh bunga sepatu agar perasaan jadi lebih rileks.

11. Mengobati Keputihan

Penyakit keputihan disebabkan beberapa faktor diantaranya mengkonsumsi pil KB, menderita penyakit diabetes, sering melakukan hubungan seks tanpa menggunakan alat pelindung (kondom), sistem kekebalan menurun, dan terjadinya iritasi diarea kelamin. Lalu bagaiaman cara mengobati keputihan secara alami?

Dengan menggunakan olahan dari bunga sepatu, pertama anda siapkan 20 gram kembang sepatu segar, 20 gram jengger ayam, dan 40 gram kulit delima. Cuci bersih bahan yang sudah disiapkan, kemudian rebus dengan air sebanyak 500 ml. Minum air rebusan tersebut 2 kali sehari secara rutin agar hasil lebih maksimal.

12. Mengatasi Susah Buang Air Besar

Minum rebusan daun bunga sepatu secara rutin, demi hasil yang maksimal. Untuk cara pengolahannya sendiri hampir sama dengan penjelasan diatas.

Manfaat Bunga Sepatu Untuk Rambut

manfaat bunga sepatu untuk rambut
Sumber www.dekoruma.com

1. Mengatasi Kerontokan

Terdapat beberapa penyebab seseorangan mengalami kerontokan rambut, seperti terlalu sering terpapar sinar matahari, penggunaan shampo atau kondisioner yang tidak cocok, dan lain lain. Dikarenakan mengalami kerontokan, maka rambut akan terlihat tipis dan tidak bervolume. Untuk mengatasi masalah ini, anda dapat menggunakan menggunakan bunga sepatu sebagai obat herbal yang membuat helai rambut menjadi lebih kuat sehingga tidak mudah mengalami kerontokan.

2. Melancarkan Peredaran Darah di Kulit Kepala

Jika peredaran darah di area kulit kepala terhambat, maka akan menimbulkan beberapa masalah seperti rambut kering, rambut mudah rontok, ataupun rambut yang berketombe. Untuk menjaga kesehatan kulit kepala tentunya tentunya anda juga harus memperhatikan peredaran darah di kulit kepala. Bahan alami yang dapat dimanfaatkan sebagai obat alami untuk menjaga kesehatan kulit kepala adalah bunga sepatu, sama halnya yang sudah dijelaskan diatas.

Loading...

3. Menghilangkan / Mengatasi Ketombe

Masalah lain adalah adanya ketombe, biasanya orang yang berketombe akan sering menggaruk  kulit kepalanya. Penyebab utama tumbuhnya ketombe yaitu pemakaian shampo atau kondisioner yang salah, rambut yang terlalu kering (penggunaan hijab terlalu lama), dan banyak faktor lain.

Lalu bagaimana cara alami mengatasi ketombe? Dengan memanfaatkan bunga sepatu sebagai bahan dasar pembuatan shampoo. Selain menggunakan bunga sepatu sebagai shampoo, anda juga mengolah bunga sepatu sebagai masker rambut. Kami sarankan untuk menggunakan shampoo atau masker dari bahan dasar bunga sepatu secara rutin agar ketombe dirambut anda hilang.

4. Melebatkan dan Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Tentu anda semua inginkan memiliki rambut yang lebat dan sehat? Caranya dengan menggunakan shampoo dan masker dari bahan dasar bunga sepatu. Seperti yang saya jelaskan diatas bunga sepatu mampu menyehatkan kulit kelapa, melancarkan peredaran kulit kepala dan mampu mengatasi ketombe. Jadi bisa kita simpulkan shampoo dan masker rambut berbahan dasar bunga sepatu mampu mempercepat pertumbuhan dan melebatkan rambut. .

Manfaat Bunga Sepatu Untuk Kecantikan

manfaat bunga sepatu untuk kecantikan
Sumber seruni.id

1. Melembutkan Kulit

Manfaat bunga sepatu untuk kecantikan pertama adalah mampu melembutkan kulit, karena ekstrak bunga sepatu mampu menangkal radikal bebas dari luar sehingga kulit akan terjaga dari panasnya sinar matahari. Selain menjaga mampu melembutkan kulit, penggunaan ekstrak bunga sepatu secara rutin akan mengurangi bintik-bintik hitam akibat pengaruh jahat lingkungan.

2. Mencegah Timbulnya Jerawat

Jika anda memiliki masalah pada wajah seperti timbulnya jerawat, kami sarankan untuk menggunakan ekstrak bunga sepatu sebagai masker. Karena masker dari bahan dasar bunga sepatu akan membantu membersihkan wajah dari penumpukan minyak di posri-pori dan mengecilkan pori-pori.

3. Mengurangi Keriput dan Mencerahkan Wajah

Manfaat selanjutnya adalah mampu mengurangi keriput dan mencerahkan wajah, dikarenakan bunga sepatu mengandung vitamin C dan AHA yang memberikan nutrisi pada kulit. Caranya dengan mengolah bunga sepatu menjadi masker wajah, dengan begitu kulit wajah anda akan terlihat lebih segar dan mengurangi keriput.

4. Mengurangi Kulit Pecah-pecah

Untuk kulit wajah yang mengalami kekurangan nutrisi akan tampak seperti pecah-pecah dan kering. Ketika anda mengalami masalah ini, kami sarankan untuk menggunakan masker dari ekstrak bunga sepatu.

Demikian ulasan mengenai Manfaat Bunga Sepatu untuk kesehatan, kecantikan dan rambut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda semua, terima kasih atas perhatiannya.

3 Replies to “Manfaat Bunga Sepatu Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Rambut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *