manfaat kersen
Khasiat

Manfaat Kersen Dari Daun dan Buah Untuk Kesehatan serta Kecantikan

Manfaat Kersen – Awalnya pohon kersen hanya dimanfaat sebagai tanaman peneduh jalan, karena sudah banyak penelitian mengenai pohon ini kini kersen banyak dimanfaat sebagai obat alami dan bahan kecantikan. Bagian yang sering dimanfaatkan adalah daun dan buahnya karena mengandung senyawa seperti flavonoid, tanin, glikosida, saponin, steroid, dan minyak esensial yang baik untuk tubuh. Penasaran? Yuk simak ulasan mengenai Manfaat Kersen dibawah ini.

Sekilas Tentang Pohon Kersen

Pohon kersen merupakan tanaman penghasil buah berukuran kecil dan manis. Kersen adalah tanaman tahunan yang dapat mencapai ketinggian 10 meter. Tanaman ini terbagi atas beberapa bagian seperti daun, batang, bunga, dan buah. Batang tambuhan kersen berkayu, tegak, bulat, dan memiliki percabangan simpodial.

Salah satu bagiannya yaitu daun sering dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan teh, karena mengandung beberapa senyawa yang baik untuk tubuh seperti flavonoid, tanin, glikosida, saponin, steroid, dan minyak esensial.

Baca Juga Pohon Kersen: Pengertian, Klasifikasi, Morfologi, Persebaran dan Manfaat

Manfaat Daun Kersen

manfaat daun kersen
Sumber www.pertanianku.com

1. Mengontrol kadar kolesterol

Manfaat pertama dari daun kersen adalah mampu mengontrol kolesterol jahat didalam tubuh, hal ini dibuktikan dari penelitian yang sudah dilakukan. Kandungan didalam daun kersen dipercaya mampu menangkal kolesterol jahat yang masuk didalam tubuh, diantaranya saponin dan flavonoid.

2. Mengobati diabetes

Manfaat lain dari daun kersen adalah mampu mengobati penyakit diabetes, karena daun kersen mengandung saponin dan flavonoid yang dipercaya mampu mengaturl kadar gula didalam tubuh, dengan begitu penyakit diabetes yang anda derita dapat diobati secara bertahap. Saran, sebaiknya anda mengonsumsi daun kersen yang sudah diolah seperti menjadikan daun kersen minuman layaknya teh.

Loading...

3. Antikanker

Selain kandungan tersebut, ternyata daun kersen juga mengandung senyawa tanin dan saponin dan flavonoid yang dipercaya mampu menangkal pertumbuh sel sel kanker didalam tubuh akibat radikal bebas.

4. Antibakteri

Kita ketahui bakteri didalam tubuh akan menyebabkan infeksi jika dibiarkan begitu saja, lalu bagaimana cara mengatasi bakteri yang sudah masuk didalam tubuh? anda bisa mengonsumsi daun kersen sebagai penangkalnya. Hal ini dikarenakan daun kersen mengandung senyawa flavonol, flavon da auron, dan flavonoid yang dipercaya memiliki daya antibakteri.

5. Anti peradangan

Manfaat selanjutnya dari daun kersen adalah sebagai anti peradangan loh. Hal ini hampir sama dengan penjelasan diatas, karena daun kersen mengandung beberapa senyawa seperti flavonol, flavon da auron, dan flavonoid yang memiliki daya anti peradangan atau antiinflamasi.

6. Mencegah tekanan darah tinggi

Manfaat lain dari daun kersen adalah mampu mencegah tekanan darah tinggi, kita ketahui penyakit darah tinggi merupakan salah satu penyakit paling berbahaya karena berisiko menimbulkan penyakit lain seperti penyakit jantung dan stroke. Nah dengan mengonsumsi daun kersen secara rutin akan menurunkan risiko penyakit tersebut.

7. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat selanjutnya dari daun kersen adalah mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hal ini dikarena daun kersen mengandung antioksidan tinggi dan berbagai macam vitamin yang sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Manfaat Buah Kersen

manfaat buah kersen
Sumber www.popmama.com

1. Mengatasi pilek dan flu

Selanjutnya adalah buah kersen, salah satu manfaatnya adalah mampu mengatasi penyakit flu. Sebenarnya flu bukanlah sebuah penyakit, melainkan tanda ada yang tidak beres didalam tubuh seseorang. Maka dari itu flu tidak bisa dianggap sepele, jika anda terkena flu sebaiknya rutin mengonsumsi buah kersen. Apabila flu tidak kunjung sembuh, sebaiknya periksa kedokter.Sudah saya jelaskan diatas bahwa flu bukan sebuah penyakit melainkan reaksi tubuh atau tanda bahwa tubuh dalam keadaan drop.

2. Mengontrol gula darah

Sama halnya seperti daun kersen, ternyata buah kersen mampu mengatasi penyakit diabetes didalam tubuh. kita ketahui penyakit diabetes disebabkan oleh kadar gula didalam tubuh melebih batas maksimal. Nah, dengan mengonsumsi buah dan daun kersen, kadar gula didalam tubuh dapat dikontrol secara optimal sehingga anda tidak perlu takut terkena penyakti diabetes.

3. Mengatasi masalah pencernaan

Lalu manfaat lain dari buah kersen adalah mampu mampu mengatasi masalah pencernaan. Penelitian yang dilakukan oleh Medical Daily menjelaskan bahwa buah kersen dapat digunakan sebagai obat sakit perut, maag dan Gerd.

4. Asam urat

Penyakit asam urat disebabkan oleh sendi yang mengalami kristil atau pembekuan, penderita akan merasa nyeri yang luar dibiasa dibanding persendiannya. Nah bagaimana cara mengobati penyakit ini secara alami? Kami sarankan bagi anda penderita penyakit diabetes untuk mengonsumsi buah kersen secara rutin dan tentu mengikuti apa kata dokter seperti tidak memakan makanan yang dilarang dan kurangi beraktivitas berat sampai penyakit ini benar-benar sembuh.

5. Sumber nutrisi

Meskipun pohon kersen awalnya hanya dimanfaat sebagai pohon penduh jalan, ternyata tanaman ini terutama dibagian buahnya mengandung banyak sekali nutrisi seperti serat, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, vitamin B, dan zat besi.

6. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat terakhir dari buah kersen adalah mampu menjaga kesehatan jantung, hal ini dikarena buah kersen mampu melancarkan aliaran darah jantung dengan begitu risiko terkena penyakit jantung dapat diminimalisir.

Kandungan komposisi senyawa dalam 100 g buah kersen

Komposisi Berat
Air 77800 mg
Protein 384 mg
Lemak 1560 mg
Karbohidrat 17900 mg
Serat 4600 mg
Abu 1140 mg
Kalsium 124,6 mg
Fosfor 84 mg
Besi 1,11 mg
Karoten 0,019 mg
Ribofalin 0,29 mg
Niacin 0,554 mg
Vitamin C 80,5 mg
Nilai energy 380000 J/100000 mg

Demikian ulasan mengenai Manfaat kersen dari daun dan buahnya. Semoga sedikit infomasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua, terima kasih atas perhatiannya. Baca Juga Ciri ciri Pohon Kersen atau Ceri Beserta Klasfikasi dan Manfaatnya !!

2 Replies to “Manfaat Kersen Dari Daun dan Buah Untuk Kesehatan serta Kecantikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *