Pertanian

Ciri Khusus Tumbuhan Bakau, Klasifikasi dan Vegetasi Mangrove

mangrove

Ciri Khusus Tumbuhan Bakau – Penggunaan kata mangrove diambil dari perpaduan dua kata yaitu mangue (bahasa Portugis) yang berarti tumbuhan dan grove (bahasa Inggris) yang berarti belukar atau hutan kecil. Secara umum mangrove atau bakau adalah tanaman hutan yang tumbuhi di garis pasang surut.

Tumbuhan magrove merupakan jenis tanaman yang tumbuh di tanah berlumpur seperti sekitaran pantai dan muara sungai. Terdapat beberapa jenis mangrove diantaranya pohon Avicennia sp, Sonneratia sp, Rhizophora sp, Bruguiera sp, Ceriops sp, Lumnitzera sp, Excoecaria sp, Xylocarpus sp, Aegiceras sp, Scyphyphora sp dan Nypa sp.

Baca Juga Ciri ciri Pohon Pinus, Klasfikasi Pohon Pinus dan Manfaat

Klasifikasi Ilmiah Tumbuhan Bakau

Kingdom Plantae
Divisi Magnoliophyta
Class Magnoliopsida
Ordo Scrophulariales, Myrtales
Family Acanthaceae, Sonneratiaceae, Rhizophoraceae, Arecaceae
Genus Avicennia, Sonneratia, Rhizophora, Bruguiera, Nypa

Ciri Khusus Tumbuhan Mangrove

ciri khusus tumbuhan bakau
Sumber ilmugeografi.com

Dibawah ini akan saja jelaskan beberapa ciri khus tumbuh bakau atau mangrove, diantaranya sebagai berikut:

a. Tumbuhan berpembuluh (vaskuler).

b. Menggunakan air garam sebagai sumber air, daun keras, tebal, mengkilat, sukulen, memiliki jaringan penyimpan air dan garam.

c. Mencegah masuknya sebagian besar garam ke dalam jaringan dan dapat mengekskresi atau menyimpan kelebihan garam.

d. Menghasilkan biji yang berkecambah saat masih di pohon induk (vivipar) dan dapat tumbuh dengan cepat setelah jatuh dari pohon, serta dapat mengapung.

e. Akar dapat tumbuh pada tanah anaerob.

f. Memiliki struktur akar tertentu (pneumatofora) yang menyerap oksigen pada saat surut dan mencegah kelebihan air pada saat pasang.

Baca Juga Ciri ciri Pohon Bakau atau Mangrove Berserta Syarat Tumbuhnya

Vegetasi di Kawasan Mangrove

Menurut data yang kami peroleh dari membaca jurnal mengenai tumbuhan mangrove atau bakau, tumbuhan mangrove di daerah Indonesi merupakan tertinggi didunia. Pasalnya terdapat 89 spesies yang terbagi menjadi 35 jenis pohon, 5 jenis palem, 9 jenis perdu, 9 jenis liana, 29 jenis epifit dan 2 jenis parasit.

Untuk varietas tumbuhan mangrove yang terdapat di Indonesia adalah bakau (Rhizophora sp), api-api (Avicennia sp), bogem (Sonneratia sp), tancang (Bruguiera sp), nyirih (Xylocarpus sp), tengar (Ceriops sp), dan buta-buta (Excoecaria sp).

Demikian ulasan mengenai Ciri Khusus Tumbuhan Bakau, klasifikasi dan vegetasinya. Semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua,terima kasih atas perhatiannya. Baca Juga Ciri ciri Pohon Kersen atau Ceri Beserta Klasfikasi dan Manfaatnya !!

Tinggalkan Balasan