KhasiatPertanian

Pohon Keben: Pengetian, Klasifikasi, Morfologi, Habitat dan Manfaat

pohon keben

Pohon Keben – Merupakan jenis tanaman yang hidup di daerah Pesisir Asia Tropis dan Pasifik. Umumnya tanaman ini mampu tumbuh dengan ketinggian kurang lebih 25 meter, tergantung tingkat kesuburan tanah itu sendiri. Buah dan bijinya tidak dapat dikonsumsi karena mengandung racun, namun dibagian lain B. asiatica dipercaya memiliki manfaat untuk obat, hal ini telah menjadi kebiasaan dibeberapa negara lain.

Keben memiliki nama latin Barringtonia speciosa JR Forst. Nama lokal dari tanaman ini cukup beragam, terutama di Indonesia memiliki sebutan atau nama untuk keben diantaranya butun (Sunda), Kebena (Jawa), Bitung (Sulawesi Utara), Kebena-Kebena (Bali), dan Maliou (Papua).

Baca Juga Pohon Waru: Pengertian, Klasifikasi, Ciri ciri, Nama Lokal dan Manfaat

Klasifikasi ilmiah Pohon Keben

Kingdom Plantae
Divisi spermatophyta
Class Dicotyledoneae
Ordo Lecythidales
Famili lecythidaceae
Genus Barringtonia
Spesies Barringtonia asiatica (L) Kurz
Nama Lokal Keben

Morfologi Pohon Keben

morfologi pohon keben
Sumber pohonrindang.com

Keben memiliki beberapa ciri khas yang membedakannya dengan tanaman lain, yaitu memiliki pohon yang tumbuh tegak dengan bagian batang terlihat seperti ada bekas tempelan daun yang besar. Keben memiliki daun berbentuk bulat telur sungsang atau lonjong membulat telur sungsang.

Ketika tanaman keben sudah cukup umur akan ditumbuhi bunga dibagian ketiak daun, bunga keben berbentuk tandan dan letaknya diujung, jarang diketiak, kelopak bunga hijau seperti tabung panjang, daun mahkota putih, menjorong, benang sari memerah di ujung, putik memerah diujungnya.

Kemudian bunga tersebut akan berubah menjadi buah, buah ini dihasilkan dari bunga yang telah mengalami penyerbukan. Buah keben memiliki bentuk bundar seperti telur, menirus keujung, menetragonal tajam ke pangkal yamg menggubang, bila muda berwarna hijau setelah tua berwarna coklat.

Habitat Pohon Keben

pohon keben
Sumber flora-faunaindonesia.blogspot.com

Biasanya keben tumbuh di kawasan litoral yang hampir ekslusif, dibeberapa kasus dan pengamatan yang saya lakukan keben dapat ditumbuh di daerah daratan pada bukit atau jurang berkapur. Namun secara umum keben akan tumbuh lebih maksimal di daerah pantai pesisir atau disekitar tanaman mangrove. Di daeraha tersebut tanaman ini dapat tumbuh berkisar antara 0 sampai 350 meter diatas pemukaan laut.

Baca Juga Kepuh: Pengertian, Klasifikasi, Morfologi, Pertumbuhan dan Manfaat

Manfaat Pohon Keben

Terdapat beberapa manfaat dari tanaman keben bagi manusia, diantarnaya sebagai berikut :

1. Mengandung Tanin

Kita ketahui tanin merupakan bahan utama pembuatan antiseptik yang sering digunakan sebagai obat kumur.

2. mengandungan anti-epilepsi

Bagian kulit dari tanaman keben dapat diolah menjadi obat hermia dan tuberculosis, lalu pada bagian bijinya dapat diolah menjadi obat kulit. Kemudian keben juga mengandung anti-epilepsi yang dapat mengobati epilepsy.

Metabolit Sekunder Keben

Tanaman keben mengandung senyawa metabolit sekunder yang berfungsi sebagai pelindung tumbuhan dari serangan hama penyakit dari lingkungan. Senyawa tersebut diantarnya alkaloida, terpenoida, flavonoida, tanin, saponin, dan glikosida. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini.

Alkaloida

Merupakan senyawa kimia yang menganddung asam nitrogen, tidak berwarna dan berwarna dan bercicin aromatik. Bagi manusia senyawa Alkaloida dimanfaat sebagai bahan obat.

Flavonoida

Senyawa ini terdiri dari C6-C3-C6 yang berfungsi sebagai glikosida pada tumbuhan.

Tanin

Senyawa ini terdapat dibagian kayu keben, tanin berfungsi agar protein tidak larut pada air.

Terpenoid

Merupakan hasil alam dari proses biosintesis terdistribusi luas dalam dunia tumbuhan dan hewan.

Saponin

Saponin adalah glikosida triterpenoid. Saponin merupakan senyawa yang berasa pahit, berbusa dalam air serta larut dalam air dan alkohol tetapi tidak larut dalam eter. Baca Juga Pohon Kersen: Pengertian, Klasifikasi, Morfologi, Persebaran dan Manfaat

Demikian ulasan mengenai Pohon Keben, dari pengertian, klasifikasi, morfologi, manfaat dan metabolit sekunder. Semoga sedikit pengetahuan kami dapat bermanfaat untuk anda, terima kasih atas perhatiannya. Baca Juga Pohon Banyan: Pengertian, Klasifikasi dan Karakteristik Morfologi nya

2 pemikiran pada “Pohon Keben: Pengetian, Klasifikasi, Morfologi, Habitat dan Manfaat

Tinggalkan Balasan