Ciri ciri Pohon Pinus – Pinus merupakan sejenis tanaman dari famili Pinaceae dan ordo Coniferales. Tanaman ini biasanya tumbuh di daerah dengan ketinggian 30 sampai 1.800 mdpl pada berbagai tipe tanah dan iklim, serta menyebar pada 23ºLU–2ºLS dengan suhu tahunan rata-rata 19–28ºC.

Pinus ditemukan pertama kali di daerah Sipirok dengan sebutan tusam tahun 1841. Tumbuhan ini memiliki masa pertumbuhan sangat cepat, sama halnya dengan tanaman berbatang besar lainnya seperti kepuh, banyan dan keben. Lalu apa saja Ciri ciri Pohon Pinus, berikut penjelasnya. Baca Juga Ciri ciri Pohon Kersen atau Ceri Beserta Klasfikasi dan Manfaatnya !!

Klasifikasi ilmiah Pohon Pinus

Kingdom         : Plantae

Divisi               : Spermatophyta

Sub Divisi       : Gymnospermae

Kelas               : Dicotyledonae

Loading...

Ordo                : Coniferales

Famili              : Pinaceae

Genus              : Pinus

 Spesies           : merkusii Jungh. at de Vriese

Ciri ciri Pohon Pinus

ciri ciri pohon pinus
Sumber www.tokopedia.com

Umumnya pohon pinus memiliki kulit batang bertekstur kasar, dengan warna coklat kelabu hingga coklat tua tergantung umur tanaman pinus itu sendiri, lalu kulit tersebut tidak dapat mengelupas dan beralur lebar serta dalam. Pohon pinus termaksud jenis pohon berbatang besar, biasanya batang lurus dan berbentuk silindris. Tanaman ini mampu tumbuh dengan ketinggian 30 meter dan batang berdiameter 30 sampai 80 senti meter untuk pohon pinus dewasa. Sedangkan untuk pohon pinus tua mampu tumbuh dengan ketinggian 45 meter dan diameter batang mencapai 140 sentimeter.

Pinus memiliki daun berjumlah 2 jarum per ikatannya, dengan panjang berkisar antara 16 sampai 25 senti meter. Daun ini akan gugur dan menjadi serasah, apa itu serasah? Serasah adalah daun jarum yang mengandung lignin dan ekstraktif tinggi serta bersifat asam. Secara umum fungsi daun pada pohon pinus hampir sama yaitu sebagai tempat terjadinya fotosintesis, sebagai alat pernafasan dan sebagai alat penyerap sinar matahari.

buah pinus
Sumber foresteract.com

Pohon pinus mengahasilkan bunga dan buah, bunga pohon pinus akan muncul pada bulan juli sampai november. Bunga pinus termaksud jenis bunga majemuk, artinya bunga berkelamin tunggal. Pada satu tunas bunga terdapat benang sari dan putik. Buah pinus memiliki bentuk kerucut, silindris dengan panjang 5 sampai 10 sentimeter dan lebar 2 sampai 4 sentimeter, ketika buah terbuka merata lebarnya akan bertambah menjadi 10 sentimeter.

Didalam buah terdapat benih pinus yang memiliki sayap, sayap ini dihasilkan oleh sisik buah. Biasanya satu sisik buah mampu menghasilkan 2 benih dengan panjang sayap berkisar antara 22 sampai 30 milimeter dan 5 sampai 8 milimeter. Untuk lebih pastinya setiap buah pinus mampu menhasilkan benih kurang lebih 35 sampai 40 benih.

Baca Juga Ciri ciri Pohon Jeruk dari Akar, Batang, Daun,Bunga, Buah dan Biji

Penyebaran Pohon Pinus

Tanaman pinus tersebar secara merata di Asia Tenggara, khususnya daerah Burma, Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam, Indonesia (Sumatera), dan Filipina (P. Luzon dan Mindoro). Pinus sangat menyukai daerah yang memiliki ketinggian berkisar antara

Pinus yang tumbuh di Pulau Hainan (China) diperkirakan hasil penanaman. Pinus tumbuh pada ketinggian 30 sampai 1.800 meter diatas permukaan laut dengan berbagai macam tanah dan iklim, selain itu juga pinus juga menyebar dibeberapa daerah lainnya dengan suhu tahunan rata-rata 19–28ºC. Di Indonesia sendiri pinus tersebar di Sumatera bagian Utara seperti Aceh, Tapanuli, dan Kerinci.

Manfaat Pohon Pinus

manfaat pohon pinus
Sumber nasional.republika.co.id

Salah satu keuntungan yang diperoleh dari pinus adalah kayunya, umumnya kayu pinus sering dimanfaat sebagai bahan konstruksi ringan, mebel, pulp, korek api, sumpit, dan alat-alat rumah tangga lainnya. Hal ini tidak terlepas dari kualitas kayu pinus itu sendiri, kayu pinus mampu bertahan lama meskipun dalam kondisi buruk sekalipun. Menurut jurnal yang saya baca, kayu pinus dapat digunakan untuk pembuatan perahu.

Selain dari segi kayunya, pinus juga sering dideres atau sadap dengan tujuan mengambil getahnya seperti pohon karet. Biasanya satu batang pinus mampu menghasilkan 30 sampai 60 kilogram getah, 20 sampai 40 kilogram resin dan 7 sampai 14 kilogram terpentin. Untuk getah pinus sering diolah menjadi produk gondorukem dan terpentin memiliki nilau jual tinggi.

Demikian ulasan dari saya mengenai Ciri ciri Pohon Pinus, klasifikasi pohon pinus, persebaran pohon pinus dan manfaat pohon pinus. Semoga sedikit pengetahuan saya dapat bermanfaat untuk anda semua, terima kasih atas perhatiannya. Baca Juga Ciri ciri Pohon Beringin dari Akar, Batang, Daun, Bunga,Buah dan Biji