Peternakan

Ciri Khusus Kelelawar Beserta Klasifikasi dan Habitatnya

morfologi kelelawar

Ciri khusus Kelelawar – Kelelawar merupakan hewan mamalia yang berukuran kecil, secara umum terdapat dua jenis kelelawar yaitu pemakan buah dan pemakan serangga. Jika dilihat dari morfologinya, kelelawar menjadi satu satunya hewan mamalia yang bisa terbang. Hal ini dikarenakan kelelawar memiliki sepasang sayap tangan. Untuk lebih jelasnya simak ulasan mengenai Ciri ciri Khusus Kelelawar berikut ini. Baca Juga Ciri Khusus Unta, Klasifikasi, Persebaran dan Perilaku

Klasifikasi Kelelawar

  • Kerajaan  : Animalia
  • Filum       : Chordata
  • Sub filum : Vertebrata
  • Kelas        : Mamalia
  • Ordo        : Chiroptera
  • Sub Ordo : Megachiroptera ( pemakan buah )
  • Famili       : Pteropodidae
  • Genus      : Cynopterus
  • Spesies     : Cynopterus minutus

Ciri ciri Khusus Kelelawar

ciri khusus kelelawar
Sumber www.hipwee.com

Terdapat Cakar Pada Kedua Jarinya

Salah satu ciri khusus kelelawar adalah memiliki cakar pada kedua jarinya, untuk kelelawar yang memiliki cakar dikedua jarinya termaksud dalam famili Pteropodidae, untuk famili lain biasanya tidak memiliki cakar. Fungsinya sebagai alat untuk memanjat dibebatuan.

Terdapat Rambut Hampir Diseluruh Tubuhnya

Sama seperti hewan mamalia lainnya, kelelawar juga memiliki rambut yang tumbuh hampir diseluruh tubuhnya. Pada bagian sayapnya kelelawar ditubuhi bulu jarang jarang, sedang dibagian lainnya ditumbuhi bulu atau rambut sangat tebal. Untuk warna bulunya dipengaruhi oleh spesies kelelawar itu sendiri,walaupun ada beberapa spesies kelelawar yang memiliki warna bulu yang sama namun sangat jarang.

Terdapat Selaput Kulit Antar Paha

Ciri khusus kelelawar dapat diperhatikan dari selaput kulit antar pahanya, sebenarnya selaput kulit antar paha ini hanya terdapat pada kelelawar pemakan serangga saja (Microchiroptera), sedangkan untuk kelelawar spesies Rhinopomatidae pertumbuhan selaput kulit sangat jarang terjadi. Maka dari itu, pertumbuhan selaput kulit bisa dimanfaat untuk membedakan spesies kelelawar.

Memiliki Ekor

Ekor pada mamalia kelelawar hanya berukuran kecil dan sangat sulit dilihat, namun ada spesies kelelawar yang tidak memiliki ekor sama sekali. Maka dari itu ekor dapat digunakan sebagai acuhan dalam membedakan spesies kelelawar tersebut.

Memiliki Sepasang Telinga

Kelelawar memiliki telinga berukuran kecil, dengan bentuk tragus panjang dan runcing pada ujungnya serta menghadap depan. Ada juga kelelawar yang tidak memiliki tragus pada telinganya, tergantung spesies kelelawar itu sendiri.

Terdapat Lipatan kulit sekitar lubang hidung (Noseleaf)

Kelelawar memiliki iduk berbentuk tonjoloan kulit yang terdiri dari tiga bagian yaitu daun hidung belakang (posterior), tengah (intermediate) dan depan (anterior).

Memiliki Gigi

Sama halnya dengan hewan mamalia lainnya, kelelawar juga memiliki gigi yang berfungsi untuk mengunyah makanan. Gigi kelelawar terdari dari (gigi seri), (gigi taring),  (geraham depan) dan (gerahan belakang).

Memiliki Rigi Palatum

Apa itu rigi palatum? Tonjolan kulit yang terdapat dibagian langit langit yang terbagi menjadi tiga tipe yaitu: bagian depan berupa garis-garis tidak terputus; bagian tengah berupa garis terputus dan bagian belakang berupa garis-garis yang tidak terputus menyerupai busur. Rumus rigi palatum dibuat berdasarkan jumlah garis pada masing-masing bagian.

Baca Juga Kelelawar: Ciri Khusus, Habitat, Perilaku, Persebaran, Pakan, Manfaat

Ciri ciri Kelelawar Lainnya

Kelelawar merupakan hewan mamalia berukuran kecil, memiliki sayap yang terbentuk dari membran sayap yang membentang diantara tulang-tulang telapak dan jari tengah atau anggota tubuh depan sampai sepanjang sisi samping tubuh dan kaki belakang. Hal ini karena tulang telapak dan jari tangan kelelawar mengalami pemanjangan luar biasa sehingga berfungsi sebagai kerangka sayap. Sedangkan antara kaki belakang dan ekor membentuk membran interfemoral.

Kelelawar memiliki leher yang pendek dan ukuran badan terbilang kecil dibandingkan mamalia lainnya. Pada bagian lengannya, kelelawar memiliki lengan dengan ukuran 22 sampai 115 milimeter dan bobot brekisar antara 2 sampai 196 gram. Setiap kali kelelawar terbang detak jatung akan semakin kencang berkisar antara 822 sampai 522 kali perdetik.

Habitat Kelelawar

Kelelawar merupakan hewan yang aktif dimalam hari, namun ada beberapa spesies kelelawar yang aktif disiang hari (Jarang). Mamalia ini menyukai daerah daerah seperti gua, celah bambu, rerimbunan dedaunan, gulungan daun (palem atau pisang), kolong atap-atap rumah, terowongan-terowongan, di bawah jembatan, dan lubang-lubang batang pohon baik yang mati maupun yang hidup. Kelelawar hidup dalam koloni yang besar.

Demikian ulasan mengenai Ciri Khusus Kelelawar, klasifikasi dan habitatnya. Semoga sedikit pengetahuan ini dapat bermanfaat untuk anda semua, terima kasih atas perhatiannya. Baca Juga Ciri ciri Jangkrik

Tinggalkan Balasan