KhasiatPertanian

Ciri ciri Pohon Kersen atau Ceri Beserta Klasfikasi dan Manfaatnya !!

Ciri ciri Pohon Ceri

Ciri ciri Pohon Kersen – Secara umum pohon kersesn merupkan tanaman tahunan yang mampu tumbuh mencapai ketinggian 10 meter. Kersen atau ceri memiliki cabang-cabang mendatar, menggantung di ujungnya, sehingga membentuk naungan yang rindang. Oleh sebab itu banyak digunakan sebagai peneduh jalan dan pekarangan rumah.

Pohon kersen memiliki beberapa bagian seperti daun, batang, bunga, dan buah. Batang tumbuhan kersen berkayu, tegak, bulat, dan memiliki percabangan simpodial. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan kami mengenai Ciri ciri Pohon Kersen dibawah ini. Baca Juga Ciri ciri Pohon Jeruk dari Akar, Batang, Daun,Bunga, Buah dan Biji

Klasifikasi Ilmiah Pohon Kersen

Kerajaan Plantae
Divisi Spermatophyta
Anak divisi Angiospermae
Kelas Dicotyledoneae
Anak kelas Dialypetalae
Bangsa Malvales/Columniferae
Suku Elaeocarpaceae
Genus Muntingia
Spesies Muntingia calabura L.

Ciri ciri Pohon Kersen

ciri ciri pohon kersen
Sumber bibitbunga.com

Batang

Secara umum batang pada pohon kersen memiliki diameter 15 sampai 31 sentimeter dan bentuk tajuk seperti payung. Warna batang coklat hingga hitam, arah tumbuh condong keatas dan pertumbuhan cabang datar. Umumnya kulit batang luar berlekah, sedangkan kulit batang dalam beserat. Memiliki bau aromatik dan berwaran hijau.

Daun

Jenis daunnya tunggal, berbentuk bulat telur sampai berbentuk lanset, pangkal lembaran daun yang nyata tidak simetris, dengan ukuran (4-14) cm x (1-4) cm, tepi daun bergerigi, lembaran daun bagian bawah berbulu kelabu. Tulang daun menyirip, Pertulangan daun sekunder jarang, sedangkan pertulangan daun utama dan pola tulang tersier menjala.

Bunga

Kemudian adalah bunganya, umumnya pohon kersen memiliki jenis bunga tunggal dengan tipe composite. Setiap bunga memiliki tangkai dengan panjang kurang lebih 1,9 sentimeter, bunganya bewarna putih dengan bentuk mahkota rotate. Bunga tumbuhan kersen terletak pada satu berkas yang letaknya supra-aksilar dari daun bersifat hemaprodit.

Buah

Buahnya mempunyai tipe buah buni, berwarna merah kusam bila masak, dengan diameter 15 mm, berisi beberapa ribu biji yang kecil, terkubur dalam daging buah yang lembut.

Baca Juga Ciri ciri Pohon Beringin dari Akar, Batang, Daun, Bunga,Buah dan Biji

Manfaat Pohon Kersen

Buah kersen merupakan sumber antioksidan, karena mempunyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi yaitu sekitar 80,5 mg.2 Buah kersen juga mengandung flavonoid, fenol, niasin dan betakaroten yang berfungsi sebagai antioksidan.

Sumber antioksidan didalam buah kersen antara lain vitamin C, vitamin E, mineral selenium, seng, dan tembaga, bekerja dengan menghalangi terjadinya stres oksidan dari radikal bebas dan memperbaiki kerusakan endothel.

Vitamin C merupakan karbon rantai 6 yang tidak disintesis oleh manusa karena tidak adanya enzim gulonolactone oksidase di dalam liver.5 Antioksidan dapat melindungi lipoprotein khususnya LDL dan VLDL dari reaksi oksidasi.

Kandungan komposisi senyawa dalam 100 g buah kersen

Komposisi Berat
Air 77800 mg
Protein 384 mg
Lemak 1560 mg
Karbohidrat 17900 mg
Serat 4600 mg
Abu 1140 mg
Kalsium 124,6 mg
Fosfor 84 mg
Besi 1,11 mg
Karoten 0,019 mg
Ribofalin 0,29 mg
Niacin 0,554 mg
Vitamin C 80,5 mg
Nilai energy 380000 J/100000 mg

Banyaknya komposisi senyawa yang terdapat dalam buah kersen, membuat buah kersen berkhasiat sebagai obat, antara lain: menurunkan panas, menghambat perkembangan sel kanker, dan mengobati asam urat.

Demikian ulasan tentang Ciri ciri Pohon Kersen, Semoga sedikit pengetahuan saya dapat bermanfaat untuk anda semua.Terima kasih atas perhatiannya. Baca Juga Ciri ciri Pohon Rambutan dari Akar, Batang, Daun, Bunga, Buah dan Biji

Tinggalkan Balasan