pohon banyan
Pertanian

Pohon Banyan: Deskripsi, Klasifikasi dan Karakteristik Morfologi nya

Pohon Banyan – Merupakan tanaman dari Genus Ficus dan Species Ficus Virens W. Aiton.  Biasanya untuk satu pohonnya memiliki batang dengan diamater 150 sentimeter, dengan bentuk tajuk seperti kubah dan terdapat akar udara atau akar gantung. Ciri khas dari pohon ini terletak pada beberapa aspek seperti bentuk daun, bentuk batang, tekstur daun, tekstur batang dan juga bentuk bunga serta buahnya. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan kami mengenai Pohon Banyan sebagai berikut. Baca Juga Jeruk: Pengertian, Klasifikasi, Morfologi, Varietas, Syarat Tumbuh, Hama

Klasifikasi Ilmiah Pohon Banyan Ficus Virens W. Aiton

Division Magnoliophyta
Class Magnoliopsida
Subclass Hamamelidae
Order Urticales
Family Moraceae
Genus Ficus
Species Ficus Virens W. Aiton

Baca Juga Apel: Pengertian, Klasifikasi, Morfologi, Varietas, Manfaat, Kandungan Gizi

Morfologi Pohon Banyan

morfologi pohon banyan
Sumber www.grid.id

Secara umum banyan memiliki karakteristik morfologi sebagai berikut: Memiliki pohon berdiameter 150 cm, bentk tajuk seperti kubah dan terdapat akar udara. Batang berkayu, bentuk silinder sampai berbuncak, permukaan kasar sampai bergelang, warna abu abu, arah tumbuh batang dan cabang keatas. Memiliki tangkai berbentuk silinder, panjang 2,5 sampai 5 sentimeter dan pemukaan tangkai licin.

Kemudian memiliki daun tunggal dengan bagian ujung runcing, bagian pangkal rounded, tepi rata, berwarna hijau muda sampai tua, permukaan daun licin, tumbuh tersebar (tidak teratur) dan berukuran 4,5 sampai 15,7 sentimeter x 1 sampai 7,8 sentimeter. Tulang daun tersusun menyirip dan pola tulang sersier menjala. Bagian kuncup tertutup stipula bumbung hijau, ketika stipula tua akan berubah warna putih.

Umumnya pohon ini mampu tumbuh dengan ketinggian 35 meter, pertumbuhan berupa epifit dan terestris, tajuk seperti rambut, dibagian tepi rata, bentuk bulat, elips, stipula berwarna kemerahan dengan ukuran 2 sampai 4,5 meter dan panjang kurang lebih 8 meter. Ketika sudah cukup umur pohon ini akan berbuah, biasanya dalam satu tahun pohon ini mampu berbuah sebanyak 2 kali. Buahnya berukuran 1,2 sentimeter dengan warna pink keunguan hingga kehitaman.

Demikian ulasan tentang Pohon Banyan, semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih atas perhatiannya dan saya minta maaf jika anda penulisan yang salah di artikel ini. Baca Juga Pinang : Pengertian, Klasifikasi, Morfologi, Budidaya, Hama dan Penyakit

6 Replies to “Pohon Banyan: Deskripsi, Klasifikasi dan Karakteristik Morfologi nya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *