Peternakan

Ciri Khusus Unta, Klasifikasi, Persebaran dan Perilaku

unta

Ciri Khusus Unta – Secara umum unta memiliki adaptasi terhadap lingkungan dengan baik, oleh karena itu hewan satu ini dapat bertahan hidup pada lingkungan yang ekstrim dan kehilangan air sebanyak 30 persen dari tubuhnya. Terdapat beberapa hal yang membuat unta mampu beradaptasi dengan lingkungan ekstrim, salah satunya adalah punuknya.

 Unta beradaptasi terhadap lingkungannya secara morfologi, karena memilikipunuk yang berfungsi untuk menyimpan lemak. Unta juga beradaptasi secara fisiologi, karena lemak di dalam punuknya itu dapat diubah menjadi air denganbantuan oksigen dari respirasinya untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuhnya.

Disamping itu, unta memiliki struktur selaput lendir dalam hidungnya yangseratus kali lebih besar dari yang ada pada manusia yang berfungsi menyerap 66%kelembaban yang ada di udara. Baca Juga Ciri ciri Jangkrik

Unta (merujuk pada genus Camelus) adalah herbivora khas gurun berbadan besar dan kuat. Unta dapat melakukan perjalanan jarak jauh di cuaca panas seperti gurun kering dengan sedikit makanan atau air.

Unta adalah hewan ruminansia yang memiliki tiga bagian perut. Walaupun unta adalah hewan ruminan, tetapi unta tidak digolongkan dalam subordo Ruminantia melainkan subordo Tylopoda. Hal tersebut karena beberapa perbedaan yang dimiliki oleh unta dibandingkan hewan ruminansia lain seperti anatomi kaki, sistem perut dan tidak adanya tanduk pada unta.

Klasifikasi Ilmiah Unta

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Mammalia
Ordo Artiodactyla
Subordo Tylopoda
Family Camelidae
Genus Camelus
Species Camelus bactrianus; Camelus ferus

Ciri Khusus Unta

ciri khusus unta
Sumber slideplayer.info

Unta (Camelus dromedarius) atau lebih dikenal dengan unta arab memiliki karakteristik tubuh seperti leher panjang yang melengkung, dada yang sempit, kakinya panjang dan ramping, bibir atas membelah, nostril hidung dapat menutup, bulu matanya panjang, dan mempunyai punuk. Unta termasuk hewan herbivoraatau pemakan tumbuhan.

Unta mempunyai kemampuan untuk mempertahankanair dalam tubuhnya melalui berbagai cara. Air di dalam tubuh akan tetap terjagameskipun suhu tubuh unta berfluktuasi antara 34 °C hingga 41,5 °C, maupun suhulingkungan yang naik, karena hewan ini tidak berkeringat.

Fluktuasi pada unta (Camelus dromedarius) biasanya diamati melalui suhutubuhnya karena hewan ini mampu menyesuaikan suhu tubuhnya sendiri. Suhu terendah pada unta terjadi di pagi hari dan secarabertahap meningkat sampai matahari terbenam sebelum tiba pada malam hari. Baca Juga Ciri ciri Bebek

Persebaran Unta

persebaran unta
Sumber id.wikipedia.org

Penyebaran unta punuk satu (Camelus dromedarius) yaitu di daerah gurunAfrika utara serta Asia barat. Selain itu terdapat pula di kawasan Australia bagian tengah, di daerah Australia tengah ini juga merupakan kawasan kering. Baca Juga Ciri ciri Musang

Perilaku Unta

Perilaku merupakan suatu kondisi penyesuaian makhluk hidup terhadap lingkungannya. Pada banyak kondisi, perilaku merupakan hasil seleksi alam selayaknya terbentuknya struktur fisik. Setiap makhluk hidup akan belajar perilakunya sendiri untuk beradaptasi dengan lingkungan tertentu. Pada kasus hewan, satwa liar yang didomestikasi akan mengalami perubahan tingah laku, seperti berkurangnya sifat agresif, serta kehilangan sifat berpasangan dan periode musim kawin yang berubah.

menggolongkan pola perilaku kedalam sembilan tipe sebagai berikut:

  • Perilaku Ingestif yaitu perilaku makan dan minum.
  • Perilaku mencari perlindungan (shelter seeking) yaitu perilaku mencari kondisi lingkungan yang optimum dan menghindari bahaya.
  • Perilaku agonistik yaitu perilaku persaingan antara dua hewan yang sejenis.
  • Perilaku seksual yaitu perilaku yang berhubungan dengan perilaku reproduksi antara jantan dan betina dalam satu jenis hewan.
  • Perilaku epimelitik (care giving/ maternal behaviour) adalah perilaku pemeliharaan induk terhadap anak.
  • Et-epimelitik (care soliciting) adalah perilaku meminta dipelihara dari hewan muda kepada hewan dewasa.
  • Perilaku eliminatif yaitu perilaku yang berkaitan dengan proses ekskresi, diantaranya urinasi dan defekasi.
  • Perilaku allelomimetik yaitu perilaku meniru anggota kelompok untuk melakukan aktivitas yang sama.
  • Perilaku investigatif yaitu perilaku memeriksa lingkungan.

Demikian ulasan tentan Ciri Khusus Unta, semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua.Terima kasih atas perhatiannya. Baca Juga Ciri ciri Rusa, Klasifikasi Rusa , Habitat Rusa dan Perilaku Rusa

Satu pemikiran pada “Ciri Khusus Unta, Klasifikasi, Persebaran dan Perilaku

Tinggalkan Balasan