Apel
Pertanian Pohon Pohon Apel

Apel: Deskripsi, Klasifikasi, Morfologi, Varietas, Manfaat, Kandungan Gizi

Apel – Nama Genus dari tanaman ini adalah (Malus), merupakan tanaman yang berasal dari Asia Barat beriklim sub tropis. Meskipun begitu, tanaman ini tetap dapat tumbuh dengan baik di daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Penanaman apel di Indonesia dimulai sejak tahun 1934 dan berkembang pesat pada tahun 1960 hingga sekarang. Di Indonesia sendiri tanaman ini dapat tumbuh dan berbuah baik di dataran tinggi, khususnya di Malang (Batu dan Poncokusumo) dan Pasuruan (Nongkojajar), Jawa Timur.

Ada Varietas apel impor  dari Species (Malus domestica) contohnya Fuji, Red delicious, Granny smith, Golden Delicious, dan lain-lain, sedangkan contoh varietas lokal yaitu Rome Beauty, Manalagi, dan Anna. Buahnya (Malus domestica) memiliki banyak manfaat, diantaranya untuk menurunkan kolesterol dalam darah, penstabil gula darah, penurun tekanan darah, agen anti kanker, dan untuk program diet.

Klasifikasi ilmiah Apel

Divisi spermatophyte
Subdivisi angiosperma
Klas dicotyledonae
Ordo Rosales
Famili Rosaceae
Genus Malus
Species Malus sylvestris mill

Morfologi Pohon Apel

bauh ael
Morfologi Apel

Akar

Pada umumnya merupakan tanaman yang berkembang biak dari biji, apel memiliki jenis akar tunggang, artinya akar yang arah tumbuhnya lurus atau vertikal ke dalam tanah. Dengan fungsi sebagai alat tompang, mencari sumber air dan unsur hara yang ada didalam tanah serta menembus  lapisan tanah yang keras.

Batang

Pohonnya berkayu cukup keras dan kuat. Kulit kayu cukup tebal, warna muda kecoklatan sampai coklat kuning keabu- abuan.

Daun

Memiliki daun berbentuk lonjong / oval , ada yang lebar dan ada yang kecil. Ujung daun runcing, pangkal daun tumpul dan tepi daunnya bergerigi teratur.

Bunga

Bunganya bertangkai pendek, menghadap keatas, bertandan dan pada tiap tandan terdapat 7 – 9 bunga. Bunga tumbuh pada ketiak daun, mahkota bunganya berwarna putih sampai merah jambu berjumlah 5 helai, menyelubungi benangsari pada daun buah, di tengah – tengah bunga terdapat putik / bakal buah.

Loading...

Buah

Buahnya mempunyai bentuk bulat sampai lonjong bagian pucuk buah berlekuk – lekuk dangkal, kulit agak kasar dan tebal, pori- pori buah kasar, renggang tetapi setelah tua menjadi halus dan mengkilat. Baca Juga Jenis dan Ciri ciri Pohon Apel dari Akar, Batang, Daun, Bunga dan Buah

Varietas Apple

varietas apel
Sumber www.tokopedia.com

Rome Beauty

Untuk varietas satu ini dapat anda temukan di daerah Malang, dengan nama lokal Apel Malang. Ciri khas dari buahnya, yaitu warna kulit buah hijau ditambah garis atau titik warna mera, memiliki rasa kurang manis dan daging buah berwarna putih polos.

Princess Noble

Varietas selanjutnya adalah princess noble, sebenarnya varietas ini berasal dari negara Autralia. Maka dari itu nama lokalnya adalah Apel Australia, dengan ciri khas warna kulit buah hijau kekuningan meskipun buahnya sudah benar benar matang. Kemudian dari segi bentuk, buahnya memiliki bentuk agak bulat dan dibagian ujung relatif melengkung kedalam, dengan berat rata rata per buah mencapai 175 Gram.

Anna

Varietas ini merupakan jenis yang paling populer di Malang. Bentuk dan warnanya mirip apel impor. Ciri khasnya adalah warna kulit merah jika sudah matang, sedangkan kalau belum matang kulit buah berwarna hijau kekuningan semburat merah kalau mulai tua. Yang menjadikan apel ini populer adalah warna merah pada kulit buahnya.

Apel Manalagi

Jenis selanjutnya adalah Manalagi, ciri khasnya adalah warna buah tetap hijau kekuningan walaupun sudah matang. Dari segi bentuknya, apel ini memiliki bentuk jorong, pangkal dan pucuk berlekuk dalam. Bagian luar kulitnya halus dan rengang.

Asal dari apel manalagi adalah Pegunungan Caucasus di Asia Barat dan Eropa Timur. Kini sudah dibudidayakan di Indonesia khususnya desa Gandon, Kecamatan Batu, Malang.

Manalagi ceri

Ciri khas dari apel ceri adalah memiliki ukuran buah terbilang lebih kecil dibandingkan varietas lainnya. Untuk tingkat penggemarnya tidak kalah dengan apel Manalagi.

Fuji

Ciri khas dari varietas ini terletak pada warna kulit buahnya yang dominan merah muda. Menurut beberapa ahli varietas ini dikembang pertama kali di Negara Jepang pada era 1930 an, dihasilkan dari perkawinan silang antara Red Delicious dan Ralls Janet. 

Banyak sekali penggemar dari varietas fuji ini, khususnya di Negara Jepang, Korea, Tiongkok, dan Amerika Serikat. Yang menjadi daya tariknya adalah rasa manis dan lezat serta mengandung antioksidan yang tinggi.

Golden delicious

Varietas ini berasal dari Negara Amerika, dengan ciri khas kulit buah berwarna kuning, daging buah sedikit keras, berair, dan rasanya sedikit asam. Jika dimakan saat segar akan terasa lebih nikmat, namun masyarakat Amerika sering mengolah buahnya menjadi bahan pembuatan pai, dan saus apel.

Granny smith

Ciri khas dari varietas ini terletak pada warna kulit buah hijau, varietas ini berasal dari Negara Australia. Umumnya memiliki rasa agak asam dan berukuran sedang. Di asalnya, tanaman ini sangat rentan terserang bakteri Listeria monocytogenes yang berbahaya untuk kesehatan.

Khasiat Buah Apel

Buahnya mengandung karbohidrat dalam jumlah yang cukup. Selain itu buahnya juga banyak mengandung mineral yang berguna bagi kesehatan manusia. Kandungan protein dan lemak relatif sedikit. Komponen terbesar buahnya adalah air. dari segi komposisi kimianya, buah apel mempunyai nilai gizi yang cukup tinggi.

Kandungan lain dari buahnya yaitu karoten, karoten memiliki aktivitas sebagai vitamin A dan juga antioksidan yang berguna untuk menangkal serangan radikal bebas penyebab berbagai penyakit degeneratif. Apel mengandung banyak vitamin C dan B, selain itu apel kerap menjadi pilihan para pelaku diet sebagai makanan substitusi karena kandungan gizinya.

Tabel Komposisi Kimiawi Buah Apel ( tiap 100 gram buah )

Komponen Jumlah
Air (g)
Kalori (Kal)
Protein (g)
Lemak (g)
Karbohidrat (g)
Kalsium (mg)
Fosfor (mg)
Besi (mg)
Natrium (mg)
Potassium (mg)
Vitamin A(IU)
Vitamin B1 ((mg)
Vitamin B2 (mg)
Niacin (mg)
Vitamin C (mg)
Bagian yang dapat dimakan (%)
84,10
58,00
0,30
0,40
14,9
6,00
10,00
0,30
1,00
110,00
90,00
0,04
0,02
0,10
5,00
88,00

Buah Apel mempunyai banyak manfaat. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Mengeluarkan toksin yang ada di dalam tubuh.
  2. Menjaga kestabilan hormon dan sistim imunitas (daya tahan tubuh).
  3. Mengurangi stres, meningkatkan konsentrasi dan produktivitas.
  4. Memperbaiki kualitas tidur.
  5. Mengurangi manifestasi alergi (misalnya: gatal, asma, sinusitis).
  6. Melancarkan peredaran darah dan sistim saraf.

Baca Juga Manfaat Apel Hijau dan Merah Untuk Ibu Hamil Terlengkap

Kualitas Buah Apel

Varietas, derajat kemasakan, agronomi dan faktor lingkungan mempengaruhi mutu atau kualitas buah. Faktor penentu kualitas buah antara lain bantuk, ukuran dan komposisi kimianya. Karakteristik kualitas buah apel dapat dilihat menurut :

Loading...
  • Nilai fisik : Kekerasan, berat jenis dan mudah tidaknya lepas dan tangkai
  • Nilai visual : Warna kulit, ukuran dan kekompakan buah
  • Analisa kimia : Kadar pati, soluble solid (total kadar gula), asam, ratio
  • Metode fisiologi : Respirasi
  • Penaksiran : Umur buah dari bunga.

Demikian ulasan tantang Apel, dari klasfikasi ilmiah, morfologi, varietas, dan manfaatnya. Semoga sedikit pengetahuan kami dapat bermanfaat untuk anda semua, terima kasih atas perhatiannya.

6 Replies to “Apel: Deskripsi, Klasifikasi, Morfologi, Varietas, Manfaat, Kandungan Gizi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *