ciri ciri jangkrik
Peternakan

Ciri ciri Jangkrik

Ciri ciri Jangkrik – Jangkrik merupakan serangga yang mengalami siklus metamorfosis sederhana (tak sempurna). Siklus hidup jangkrik dimulai dari telur menjadi jangkrik muda (nimfa) kemudian melewati beberapa kali stadium instar terlebih dahulu sebelum menjadi jangkrik dewasa (imago).

Jangkrik di alam aslinya aktif di malam hari dari kegiatan makan, mengerik serta kawin, pada siang hari jangkrik mencari perlindungan di lorong/lubang, di bawah tumpukan daun-daun, di bawah kayu-kayu dan di bebatuan. suhu yang cocok untuk kehidupan jangkrik berkisar antara

26-33 oC dengan kelembaban antara 75%-80%.

Jenis jangkrik yang saat ini banyak dibudidayakan para pembudidaya secara intensif diantaranya jenis Kalung (G. bimaculatus), Cendawang (G. testaceus) dan Cliring (G. mitratus) (Paimin et al., 1999) yang masing-masing spesies memiliki ciri ciri fisik yang berbeda. Baca Juga Ciri ciri Bebek

Klasifikasi Ilmiah Jangkrik

  • Kingdom         : Animalia
  • Phylum            : Arthropoda
  • Kelas                 : Insecta
  • Ordo                : Orthoptera
  • Sub Ordo         : Ensifera
  • Famili              : Gryllidae
  • Sub Famili       : Gryllinae
  • Genus              : Gryllids
  • Spesies : Gryllus mitratus (Jangkrik celiring), Gryllus testacius (Jangkrik cendawang), Gryllus bimaculatus de geex (Jangkrik kalung).

Ciri ciri Jangkrik

ciri ciri jangkrik
Via gresik.co

Sudah tahu apa saja ciri khusus jangkrik ? jika belum, berikut kami jelaskan Ciri ciri Jangrik secara umum, yaitu :

Loading...
  • Jangtik memiliki 3 bagian tubuh utama yaitu kepala, toraks (dada) dan abdomen (perut).
  • Bagian Kelapa umumnya berwarna merah, namun dapat juga tidak tergantung dari jenis jangkrik itu sendiri.
  • Jangkrik memiliki kulit dan sayap luar berwarna hitam atau agak kemerahan.
  • Pada bagian punggung (pangkal sayap luar) terdapat garis kuning sehingga menyerupai kalung.
  • Jangkrik jantan memiliki ukuran lebih besar dibandingkan jangrik betina, namun jika dilihat dari segi berat jangrik betina lebih berat.
  • Jangkrik betina memiliki ovipositor, sedangkan untuk jangrik jantan tidak.
  • Jangkrik Merupakan serangga metamorfosis tidak sempurna.
  • Jangkrik memiliki dua helai antena yang terletak di sekitar mata.
  • Jangkrik memiliki mata yang bersifat majemuk, artinya memiliki indra penglihatan yang banyak.
  • Jangkrik termaksud hewan yang beraktivitas pada malam hari
  • Jangrik memiliki 3 sistem pernafasan yaitu trakeola, spirkel, dan trakea.
  • Jangrik memiliki 6 pasang kaki.

Ciri Perkembangan Jangkrik

Kita ketahuan bahwa jangkrik termaksud salah satu serang metamorfosa tidak sempurna. Proses hidup jangkrik dimulai dari telur kemudian menjadi jangkrik muda (nimfa) dan melewati beberapa kali stadium instar terlebih dahulu sebelum menjadi jangkrik dewasa(imago) yang ditandai dengan terbentuknya dua pasang sayap.

Jangkrik dapat ditemui hampir disemua tempat, terutama pada daerah dengan dikisaran suhu 20 – 32o C dengan kelembaban 65 – 85%, bertanah gembur atau berpasir serta memiliki banyak tumbuhan semak belukar. Jankrik dewasa siap kawin pada usia ± 45 hari yang ditandai dengan telah lenyapnya sayap.

Jangkrik jantan akan ngengkrik dengan suara nyaring yang merupakan isyarat bahwa jangkrik tersebut siap untuk membuahi betina, sedangkan jangkrik betina yang siap untuk dibuahi dan mengetahui isyarat tersebut akan mencari sumber suara dan mendekatinya.

Dalam melakukan perkawinan, jangkrik jantan akan mengambil posisi dibawah dan jangkrik betina diatas. Setelah terjadi pembuahan, tujuh hari kemudian telur – telur didalam perut jangkrik betina telah tua dan jangkrik telah siap bertelur. Baca Juga Ciri ciri Musang

Proses Reproduksi Jangkrik

Sistem reproduksi serangga betina terdiri atas sepasang ovarium yang berwarna krem dan sepasang ovarial, terletak di punggung bagian tengan diatas saluran pencernaan. Jangkrik betina memiliki ovipositor sebagai alat kelamin luar. Ovipositor brbentuk silindris dan meruncing seperti jarum dan berperan sebagai saluran untuk mengeluarkan telur.

Jangkrik jantan memiliki sepasang testis berwarna putih krem yang terletak di atas saluran pencernaan. Masing-masing testis terdiri dari beberapa folikel yang berhubungan tipis memanjang ke belakang sampai mencapai saluran ejakulator.

Sepasang kelenjar asesori yang terdiri dari seminali vesicle dan pembuluh yang berbelit cukup panjang terdapat di atas saluran ejakulator. Alat genital jantan disebut clasper yang berfungsi sebagai alat kopulasi yang memindahkan sperma ke saluran alat genital betina.

Pakan Jangkrik

Pakan merupakan hal yang sangat penting dalam pemeliharaan jangkrik secaraintensif. Dilihat dari kehidupan jangkrik di alam,komposisi pakan sayuran/nabati lebihbanyak dari pada hewani. Untuk pakan pada temak jangkrik budidaya dapat dibagi atas duajenis yaitu pakan kering dan pakan basah. Baca Juga Ciri ciri Rusa, Klasifikasi Rusa , Habitat Rusa dan Perilaku Rusa

Jangkrik tergolong hewan pemakan tumbuhan (herbivora) dan umumnyamemakan dedaunan, sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak air. Hal inidisebabkan jangkrik tidak minum air seperti kebanyakan hewan. Makanan tersebutantara lain krokot, sawi, kol, bayam, daun singkong, wortel, gambas dan daun muda.Jangkrik lebih menyukai bagian tanaman yang muda seperti daun dan pucuk tanaman.

Manfaat Jangkrik

manfaat jangkrik telah sedikit diketahui oleh masyarakat yaitu sebagai pakan ikan, binatang kesayangan bahkan sebagai bahan pangan manusia dibeberapa negara. Jangkrik berpotensi untuk dibudidayakan karena: (1) kadar protein jangkrik yang tinggi; (2) daya reproduksi tinggi dengan siklus hidup pendek dan (3) pemberian pakan mudah.

Produk jangkrik yang laku di pasaran adalah telur, clondo dan induk. Telur dan induk jangkrik memiliki sasaran pasar pembudidaya jangkrik, sedangkan clondo dijual kepada penggemar burung berkicau atau ikan arwana. Clondo sebagai pakan burung berkicau akan menjadikan kicauan burung bagus dan prima dan sebagai pakan ikan arwana menjadikan warna tubuh ikan lebih cemerlang.

Jangkrik juga dikenal sebagai bahan pangan manusia di beberapa negara. Jangrik termasuk salah satu jenis serangga yang biasa dikonsumsi oleh sebagian masyarakat di beberapa negara seperti India, Filipina, Thailand dan Indonesia. Serangga ini dikonsumsi bukan hanya dalam keadaaan darurat melainkan sebagai bahan makanan pelengkap sumber protein alternatif sepanjang tahun.

Demikian ulasan kami tentang Ciri ciri Jangrik, Klasifikasi, Perkembagan, Pakan dan Manfaatnya. Semoga sedikit pengetahuan ini dapat bermanfaat untuk anda semua, terima kasih atas perhatiannya. Baca Juga Ciri ciri Singa, Klasifikasi, Habitat, Perilaku, dan Jenisnya Terlengkap

One Reply to “Ciri ciri Jangkrik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *