ciri ciri bebek
Peternakan

Ciri ciri Bebek

Ciri ciri Bebek – Bebek atau Itik adalah salah satu unggas air (waterfowls) yang dikenal juga dengan nama lain bebek dalam bahasa Jawa. Menurut tujuan utama pemeliharaannya, ternak itik sebagaimana ternak ayam, dibagi menjadi 3 golongan, yaitu tipe pedaging, petelur dan ornamen. Penggolongan tersebut didasarkan atas produk atau jasa utama yang dihasilkan oleh itik tersebut untuk kepentingan manusia.

Itik yang termasuk dalam golongan tipe pedaging biasanya sifat-sifat pertumbuhan yang cepat serta struktur  perdagingan yang baik. Jenis bebek atau itik yang masuk golongan petelur ialah Aylesbury, Cayuga, Orpington, Muskovi, Peking dan Rouen. ciri khas bebek atau itik hias yaitu memiliki ukuran tubuh lebih kecil, yang termaksud golongan bebek hias yaitu Campbell dan Indian Runner.

Kemudian ada golongan bebek atau itik yang dipelihara karena keindahan bulunya serta memiliki badan bagus, yaiut golongan bebek/itik tipe ornamen atau sebagai ternak hiasan,  jenis bebek atau itik yang termasuk dalam golongan ini yaitu Calls, East India, Mallard, Mandarin dan Wood duck.

Proses domestikasi membentuk beberapa variasi dalam besar tubuh, konformasi, dan warna bulu. Perubahan ini diperkirakan akibat campur tangan manusia untuk mengembangkan ternak itik dengan tujuan khusus dan juga karena jauhnya jarak waktu domestikasi dengan waktu pengembangan.

Klasifikasi Ilmiah Bebek atau Itik

  • Kingdom : Animalia
  • Filum : Chordata
  • Kelas : Aves
  • Ordo : Anseriformis
  • Famili : Anatidae
  • Genus : Anas
  • Spesies : Anas plathyrynchos

Ciri ciri Bebek

ciri ciri bebek
Ciri ciri Bebek Via pixabay.com

Setelah kami membahas pengertian bebek atau itik diatas, selanjutnya kami akan membahas apa saja ciri ciri bebek atau itik secara umum, yaitu:

  • Bebek atau itik memiliki bulu yang dilapisin lilin, fungsi dari lapisan lilin yaitu untuk melindungi bulu bebek atau itik agar tidak basah ketika berenang.
  • Dibagian kaki bebek atau itik memiliki selaput, yang berfungsi sebagai alat bantu renang. Kita ketahui bebek merupakan hewan unggas yang memiliki kemampuan berenang sangat baik.
  • Bebek atau itik memiliki paruh berbentuk sudu, yang berfungsi untuk mempermudah bebek atau itik memperoleh makanan. Bentuk paruh bebek berbeda dengan unggas lain seperti ayam dan burung.
  • Pada kaki bebek atau itik tidak memiliki sel saraf dan pembuluh darah, berfungsi agar bebek atau itik sangat berenang tidak merasakan kedinginan.
  • Jika kebanyakan unggas lainnya harus mengerami telurnya, berbeda halnya dengan bebek atau itik yang tidak perlu melakukan pengeraman.
  • Pada bagian paruh bebek terdapat lamellae yang berfungsi untuk menyaring makanan yang masuk melalui paruh.
  • Karena bebek termaksud hewan unggas tentu memiliki sayap, berfungsi untuk membantu bebek terbang rendah seperti ayam. Namun tidak bisa seperti burung yang mampu terbang tinggi dan jauh.

Ciri Khas Itik Berdasarkan Jenisnya

Ciri Khas Bebek Magelang

Untuk bebek atau itu magelang merupakan unggas unggulan yang berasal dari Jawa Tengah. Selain itu, ada itik tegal yang merupakan unggas dari magelang, perbedaan kedua jenis bebek atau itik ini yaitu habitatnya. Untuk itik tegal lebih menyukai daerah dataran rendah, sedangkan inti magelang menyukai daerah dataran sedang atau medium.

Loading...

Kedua jenis bebek ini memiliki asal atau keturan yang sama yaitu bangsa Itik Indian Runner. Bebek Magelang memiliki ciri khas yang unik, yaitu memiliki warna putih dibagian lehernya dan memiliki bentuk tubuh langsing, jika berdiri dan berjalan bersikap tegap, tegak lurus dengan tanah.

Ciri Khas Bebek Cihateup

Itik Cihateup berasal dari Desa Cihateup, Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, hidup dan beradaptasi pada daerah ketinggian 378 mdpl (Wulandari dkk., 2005; Matitaputty, 2012) dan sering disebut dengan itik gunung.

Itik Cihateup penyebarannya sudah sampai di daerah Kabupaten Garut. Secara umum itik cihateup memiliki kemiripan dengan itik-itik lainnya yang ada di Jawa, seperti itik Kerawang, itik Cirebon, maupun itik Tegal.

Ciri-Ciri Itik Cihateup Adalah :

  • Warna kombinasi dari coklat, hitam, dan putih
  • Tubuh terlihat besar, dan tegak
  • Leher panjang
  • Paruh dan Kaki berwarna hitam
  • Telur berwarna putih kehijauan
  • Menghasilkan telur sekitar 200 – 290 butir per tahun
  • Bobot telur rata-rata sekitar 70 gram
  • Bobot dewasa baik jantan dan betina berkisar 1,5 – 1,7 Kg.

Ciri Khas Bebek Peking

Jenis itik selanjutnya yaitu Itik Peking, umumnya termaksud golongan itik pedaging. Itik peking dapat dipotong pada umur 53 hari dengan bobot kurang lebih 2- 4 kg. Itik Peking adalah itik yang berasal dari daerah Tientsien, China kemudian mengalami perkembangan di Inggris dan Amerika Serikat sehingga itik ini menjadi popular.

Sebagai tipe pedaging yang baik, itik Peking makin melejit potensinya setelah memperoleh seleksi di peternakan Palmer. Itik Peking dapat dipelihara dilingkungan subtropis maupun tropis. Itik Peking mudah beradaptasi dan keinginan untuk terbang kecil sekali. Umumnya dipelihara secara intensif dengan dilengkapi kolam yang dangkal.

Itik Khalki Campbell

Itik Khalki Campbell merupakan hasil silangan itik jawa dengan itik rouen dari Prancis. Nama itik ini diambil dari warna bulunya (warna khaki) dan nama penemu itik ini (Adale Campbell). Itik Khalki Campbell menjadi itik petelur unggul dengan kemampuan bertelur mencapai 330 butir per ekor per tahun dan mempunyai daya hidup tinggi

Pakan Bebek Yang Mengandung Antioksidan Tinggi

Rempah-rempah sumber antioksidan yang banyak digunakan sebagai pakan alami bebek atau itik yaitu kunyit dan kayu manis. Berikut penjelasannya, yaitu :

Kunyit

Kunyit dapat meningkatkan kerja organ pencernaan, merangsang dinding kantong empedu mengeluarkan cairan empedu dan merangsang keluarnya getah pankreas yang mengandung enzim amilase, lipase, dan protease yang berguna untuk meningkatkan pencernaan bahan pakan seperti karbohidrat, lemak, dan protein.

Maka dari itu dengan memberikan kunyit sebagai pakan bebek dapat meningkat antioksidan, bagi anda yang ingin memulai ternak bebek sebaiknya menggunakan kunyit guna menjaga kesehatan bebek atau itik. Baca Juga Ciri ciri Musang

Kayu Manis

Senyawa fitokimia yang terdapat dalam kayu manis dapat berfungsi sebagai antioksidan, antiagregasi platelet dan anti hiperkolesterolemia. Senyawa tanin (polifenol) dan flavonoid dapat berfungsi sebagai antioksidan sedangkan triterpenoid dan saponin dapat berfungsi sebagai penurun kolesterol, bahwa ekstrak kayu manis mempunyai aktivitas sebagai antioksidan dan dapat mencegah arterosklerosis.

Demikian ulasan kami mengenai Ciri ciri Bebek, klasifikasi bebek, jenis bebek dan pakan alami bebek. Semoga sedikit pengetahuan kami dapat bermanfaat untuk anda semua, terima kasih atas perhatiaanya. Baca Juga Ciri ciri Rusa, Klasifikasi Rusa , Habitat Rusa dan Perilaku Rusa

2 Replies to “Ciri ciri Bebek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *