Peternakan

Ciri ciri Musang

Ciri ciri Musang – Secara umum musang termaksud satwa yang beraktivitas pada malam hari, musang termaksud hewan omnivora atau pemakan segalanya. Meskipun musang termaksud hewan liar, ternyata bisa loh musang menjadi hewan peliharaan yang jinak layaknya anjing dan kucing.

Musang memiliki perilaku yang sangat menyenangkan diantaranya, perilaku yang memberikan rasa nyaman dan terawat bagi tubuh satwa. Perilaku ini meliputi menjilat- jilat bagian tubuh (licking), menggigit, menggores, menyeka kepala, peregangan, menguap, berguncang, suara terengah, menggosok kepala dan leher, mencakar, menyeret dan mengapit.

Klasifikasi Ilmiah Musang

  • Kingdom          : Animalia
  • Filum               : Chordata
  • Kelas               : Mammalia
  • Ordo                : Carnivora
  • Famili              : Viverridae
  • Subfamili         : Paradoxurinae
  • Genus              : Paradoxurus
  • Spesies                 : Paradoxurus hermaphroditus

Ciri ciri Musang

ciri ciri musang
Via tribunnews.com

Untuk lebih jelas mengenai apa saja Ciri ciri Musang secara umum, berikut penjelasan kami mengenai satwa ini, yaitu :

Ciri ciri musang dapat kita perhatikan dari ukuran tubuhnya, umumnya Musang memiliki ukuran tubuh sedang, dengan panjang total sekitar 90 cm (termasuk ekor) dan berat rata-rata 3 kg.Warna rambut 10 dari Musang adalah abu-abu kecoklatan dengan ekor hitam-coklat mulus.

Sisi atas tubuh bewarna abu-abu kecoklatan, dengan variasi dari warna coklat merah tua sampai kehijauan. Untuk bagian punggung lebih gelap, umumnya terdapat 3 sampai 5 garis yang tidak jelas bahkan bisakan dikatakan mirip seperti bintik bintik besar. Sisi samping dan bagian perut memiliki warna lebih pucat.

Ciri Khas Musang Lainnya

ciri ciri musang
Via hobinatang.com

Selain ciri ciri diatas, ada ciri khas lain dari musang yaitu memiliki beberapa bintik samar di seluruh tubuhnya. Wajah, kaki dan ekor coklat gelap sampai hitam. Kemudian bagian dahi serta samping wajah sampai bagian bawah telinga berwarna putih mirip warna rambut beruban.

Loading...

Satu garis hitam samar-samar lewat di tengah dahi, dari arah hidung ke atas kepala. Musang betina memiliki tiga pasang puting susu. Baca Juga Ciri ciri Rusa, Klasifikasi Rusa , Habitat Rusa dan Perilaku Rusa

Ciri Habitat Musang

Secara umum satwa ini menyukai daerah semak-semak, hutan sekunder, perkebunan, dan di sekitar pemukiman manusia. Musang Luwak dapat hidup di daerah dataran rendah hingga di daerah dengan ketinggian 2.500 mdpl. Musang adalah salah satu jenis mamalia yang kerap ditemui di sekitar pemukiman dan bahkan perkotaan. Musang juga menyukai hutan-hutan sekunder.

Reproduksi Musang

Musang bereproduksi sepanjang tahun, walaupun pernah ada catatan bahwa anak Musang Luwak lebih sering dijumpai antara bulan Oktober hingga Desember. Musang melahirkan 2-4 ekor anak, yang diasuh induk betina hingga mampu mencari makanan sendiri. Baca Juga Ciri ciri Singa, Klasifikasi, Habitat, Perilaku, dan Jenisnya Terlengkap

Biasanya anak Musang diletakkan di dalam lubang pohon atau goa. Selama kawin (mating)yang masanya cukup singkat, biasanya pasangan musang luwak tetap tinggal bersama sampai anak musang lahir. Usia Musang Luwak dewasa kelamin sekitar 11-12 bulan. Musang yang dipelihara atau ditangkarkan dapat bertahan hidup hingga 22 tahun.

Ciri Pakan Musang

Musang dapat pula dikategorikan sebagai satwa omnivora jika dilihat dari pakannya. Musang sering ditemukan sebagai pemakan dan pencuri ayam, namun pada dasarnya lebih menyukai memakan aneka buah-buahan di kebun dan pekarangan, termasuk diantaranya kopi, pepaya, pisang, rambutan, mangga, dan buah pohon kayu Afrika.

Mangsa yang lain adalah berbagai serangga, moluska, cacing tanah, kadal serta bermacam-macam hewan kecil lain yang dapat ditangkap, termasuk mamalia kecil seperti tikus. Tipe buah atau biji- bijian yang pada umumnya dimakan oleh Musang adalah tipe buah berbiji, arbei atau ampas kayu.

Perilaku Musang

a. Beristirahat (resting) yaitu periode satwa tidak aktif walaupun satwa tersebut membuka atau menutup matanya. Selain itu satwa tersebut bernapas dengan kecepatan yang menurun dan menunda segala aktivitas.

b. Makan (feeding) yaitu meliputi menangkap serangga, menggali tanah untuk mencari cacing atau larva. Makan dan minum dapat digolongkan dalam  feeding. Segala sesuatu seperti berburu, memperoleh dan mengunyah makanan juga termasuk ke dalam kategori feeding.

Secara umum satwa mempunyai tiga cara dalam memperoleh makanan, yaitu (1) tetap berada di tempat dan makanan datang sendiri, (2) berjalan untuk mencari makan dan (3) menjadi parasit bagi organisme lain.

Yang menyebabkan perilaku musang dalam mencari makanan dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu genetik, suhu lingkungan, jenis makanan yang tersedia dan habitat.

c. Perilaku menyenangkan (comfort behavior), yaitu perilaku yang memberikan rasa nyaman dan terawat bagi tubuh satwa. Perilaku ini meliputi menjilat- jilat bagian tubuh (licking), menggigit, menggores, menyeka kepala, peregangan, menguap, berguncang, suara terengah, menggosok kepala dan leher, mencakar, menyeret dan mengapit.

d. Perilaku sosial (social behavior), yaitu komunikasi secara lisan, tindakan berlawanan, penciuman atau mengeluarkan bau, bermain dan perilaku reproduksi.

e. Perilaku mengendus (sniffing behavior), yaitu proses dimana satwa merasa lingkungannya dirangsang oleh sesuatu. Mengendus udara, tanah, makanan, dan obyek lainnya juga dapat dikategorikan ke dalam mengendus.

f. Bergerak (locomotion), yaitu perilaku ini dapat diartikan dengan perpindahan dari tempat satu ke yang lainnya. Menderap, berjalan, memanjat, melompat, berlari, dan berjelajah dapat dimasukkan ke dalam locomotion.

Demikian ulasan tenang Ciri ciri Musang, klasifikasi musang, habitat musang, pakan musang, reproduksi musang dan perilaku musang. Semoga sedikit pengetahuan kami dapat bermanfaat untuk anda semua, terima kasih atas perhatiannya. Baca Juga Ciri ciri Harimau, Jenis Harimau, Perilaku Harimau, Habitat Harimau

Loading...

3 Replies to “Ciri ciri Musang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *