Peternakan

Ciri ciri Rusa, Klasifikasi Rusa , Habitat Rusa dan Perilaku Rusa

Ciri ciri Rusa – Rusa merupakan jenis hewan yang termasuk jenis kelas mamalia, ordo yang berkuku genap Artiodactyla, family Cervidae, sub familia Ervidae. Saat ini jumlah spesies rusa yang tersebar di seluruh dunia adalah kurang lebih 40 spesies. Akibat pemburuan liar yang dilakukan oleh orang orang tidak bertanggung jawab mengakibatkan populasi rusa menurun disetiap tahunnya.

Padahal sudah dijelaskan rusa adalah satwa atau hewan yang dilindungi, didalam Undang udang Tahun 1931 Nomor 134 dan Nomor 266 rusa sambar (Cervus unicolor) dan rusa totol (Axis axis ) merupakan hewan yang dilindungi. Percuma adanya Undang udang, bila masyarakat atau pelakunya tidak sadar dari perbuatan mereka. Mari kita doakan semoga para pemburu sadar dan dihukum sesuai dengan peraturan pemerintah.

Klasifikasi Ilmiah Rusa

  • Kerajaan          : Animalia
  • Filum               : Chordata
  • Kelas               : Mammalia
  • Ordo                : Artiodactyla
  • Upaordo          : Ruminantia
  • Famili              : Cervidae
  • Upafamili        : Cervinae
  • Genus              : Axis
  • Spesies            : A. kuhlii

Ciri ciri Rusa

Secara umum ciri ciri Rusa Asia dapat dilihar dari warna coklat gelap dan tinggi pundak mencapai 102 sampai160 cm dengan bobot badan mencapai 546 Kilogram. Tinggi badan pada rusa jantan dapat mencapai 160 cm dengan berat badan antara 136 sampai 320 Kilogram, sedangkan rusa yang betina mencapai 115 cm dengan berat badan 135 sampai 225 kilogram.

Untuk Rusa Sambar memiliki ciri khas berbeda lagi, yaitu Warna bulu rusa sambar jantan umumnya coklat dengan variasi agak kehitaman (gelap) pada yang tua. Ekor rusa sambar agak pendek dan tertutup bulu yang lebih panjang dibandingkan bulu pada badan rusa. Bulu rusa Sambar kasar dan tidak terlalu rapat. Pada daerah leher bagian lateral, bulu membentuk suatu surai/malai (mane).

Ciri Khas Rusa Lainnya

ciri ciri rusa

1. Mempunyai sepasang telinga yang daun telinganya runcing ke atas.
2. Mempunyai empat buah kaki yang terdiri dari sepasang kaki depan dan sepasang kaki belakang.
3. Mempunyai warna kulit antara lain cokelat, merah, putih, hitam dsb (tergantung jenisnya).
4. Mempunyai sepasang mata dan bola mata berwarna hitam atau cokelat.
5. Mempunyai tinggi sekitar 1-2 meter.
5. Mempunyai sepasang tanduk yang akan selalu tumbuh.
6. Termasud hewan mamalia.
7. Memakan rumput dan dedaunan.
8. Berkembang biak dengan cara melahirkan.
9. Hidup di daerah tropis tapi ada juga hidup di kutub yang disebut rusa salju.
10. Mempunyai hidung yang sensitif.
11. Mempunyai gigi yang tidak tajam.
12. Mempunyai ekor yang pendek.
13. Hidup secara berkelompok.

Habitat Asli Rusa

Secara umum tempat tingga atau habitat asli satwa rusa meliputi savana yang dimanfaatkan sebagai sumber pakan dan vegetasi hutan yang tidak terlalu rapat untuk tempat bernaung (istirahat), kawin dan menghindarkan diri dari predator. Hutan sampai ketinggian 2.600 m di atas permukaan laut dengan padang rumput merupakan habitat yang paling disukai oleh rusa yang sebagian besar aktivitas hariannya dilakukan pada daerah payau.

Loading...

Daerah habitat asli rusa sambar berupa daerah payau atau berair, namun dengan berkembangnya wilayah perkebunan kelapa sawit di habitat rusa sambar, ternyata rusa mampu bertahan dan terbukti dapat berkembang dengan baik. Habitat penangkaran berbeda dengan habitat alami.

Untuk habitat buatan atau penangkaran rusa diharapkan mampu meningkatan nutrisi, bertambahnya persaingan intraspesifik untuk memperoleh makanan, berkurangnya pemangsaan oleh predator alami, berkurangnya penyakit dan parasit serta meningkatnya kontak dengan manusia. Baca Juga Ciri ciri Singa, Klasifikasi, Habitat, Perilaku, dan Jenisnya Terlengkap

Masa Reproduksi Rusa Jantan

Dilihat dari segi reproduksi, rusa termasuk satwa liar yang produktif, masa aktif reproduksi rusa dimulai dari umur 1,5 tahun- 12 tahun dan umur maksimum yang dapat dicapai sekitar 15-20 tahun. Tanda bahwa rusa jantan telah masuk masareproduksi dapat diperhatikan dari pertumbuhan tanduknya.

Masa pertumbuhan tanduk pada dipengaruhi faktor lingkungan atau iklim daerah tersebut, tahap tahap pertumbuhan tanduk terjadi sebanyak 4 kali yaitu pedicle, velvet, ranggah keras dan lepas ranggah (casting). Baca Juga Ciri ciri Sapi

Fungsi ranggah selain sebagai penanda aktifitas reproduksi dengan cara menggaruk-garukkan ranggah pada batang pohon, membuat tanda teritori yang tidak boleh dijamah pejantan lain, juga digunakan sebagai alat perlindungan diri pada saat perkelahian untuk memperebutkan rusa betina.

Perilaku Rusa

Menjilati Bulu (grooming)

Perilaku grooming merupakan perwujudan kasih sayang yang ditunjukkan dari satu individu satwa terhadap individu satwa lainnya, biasanya dilakukan oleh induk kepada anaknya atau terhadap sesama satu jenis spesies (Sionora, 2010). Pola perilaku rusa yang berinteraksi grooming biasanya dilakukan oleh induk kepada anak atau kepada pasangan.

Bergesekan Tanduk (Khusus Jantan)

Sudah kami jelaskan diatas bahwa tanduk dapat dijadikan sebagai tandak bahwa rusa telah memasuki masa reproduksi atau belum. Dengan ada perilku menggesekan tanduk pada tanduk lain, baik kesesama jenis ataupun lawan bisa diartikan bahwa rusa tersebut telah memasuki masa remaja atau pubertas.

Interaksi Sosial dengan Manusia

Untuk habitat buatan atau penangkaran rusa diharapkan mampu meningkatan nutrisi, bertambahnya persaingan intraspesifik untuk memperoleh makanan, berkurangnya pemangsaan oleh predator alami, berkurangnya penyakit dan parasit serta meningkatnya kontak dengan manusia.

Merumput (grazing)

Pakan pada kandang penangkaran, pada musim kemarau produksi rumput maupun daun-daunan menurun sehingga diperlukan pakan tambahan. Persyaratan utama yang perlu dipenuhi konservasi rusa secara ex-situ. Baca Juga Ciri ciri Kambing dan Klasifikasi Ilmiah Berdasarkan Jenisnya Lengkap!

Aspek habitat yang harus diupayakan mendekati habitat alami terutama ketersediaan pakan. Walaupun pakan utama rusa berupa hijauan, pada dasarnya rusa mampu beradaptasi dengan perubahan pakan terutama pada lingkungan penangkaran.

Demikian ulasan tentang klasifikasi rusa, Ciri ciri Rusa, habitat rusa dan perilaku rusa. Semoga sedikit pengetahuan dari kami dapat bermanfaat untuk anda semua, terima kasih atas perhatiannya. Baca Juga Ciri ciri Harimau, Jenis Harimau, Perilaku Harimau, Habitat Harimau

4 Replies to “Ciri ciri Rusa, Klasifikasi Rusa , Habitat Rusa dan Perilaku Rusa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *