Ciri ciri Singa, Klasifikasi, Habitat, Perilaku, dan Jenisnya Terlengkap

Ciri ciri Singa – Secara umum singa termasuk satwa mammalia pemakan daging (Karnivora) anggota Famili/Keluarga Felidae. Felidae pertama kali dikenal pada masa Eocene sekitar 40 juta tahun yang lalu. Felidae yang paling dikenal adalah kucing peliharaan / kucing domestik (sub species Felis silvetris catus) yang mulai berassosiasi (akrab) dengan kehidupan manusia.

Namun masih banyak jenis-jenis kucing lainnya yang hidup liar di alam yang jauh dari kehidupan manusia bahkan kurang diketahui oleh manusia salah satunya adalah singa. Umumnya singa merupakan hewan atau satwa mamlia terbesar kedua dengan nama ilmuah Panthera leo.

Klasifikasi Ilmiah Singa

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Mammalia
Ordo Carnivora
Famili Felidae
Genus Panthera
Spesies Panthera leo

Ciri ciri Singa

Singa adalah hewan mamalia terbesar, biasanya singa betina memiliki berat badan mencapai 150 kilogram dan panjang tubuh 1,60 hingga 1,90 meter. Sedangkan singa jantan memiliki berat 225 kilogram dan panjang tubuh mencapai 1,70 sampai 2,50 meter.

Singa jantan memiliki surai rambut di kepala mereka. Tubuh ditutupi mantel pendek dan berwarna cokelat untuk kedua jenis kelamin, lebih pucat di bagian bawah, tanpa tanda-tanda. Bagian belakang telinga dan seikat rambut di ujung ekor berwarna coklat gelap atau hitam.

Ciri Khas Singa Lainnya

1. Terdapat bulu yang tebal di sekitar leher (khusus singa jantan)
2. Termaksud hewan pemakan daging (karnivora)
3. Mempunyai empat kaki, dua didepan dan dua dibelakang.
4. Terdapat cakar yang tajam.
5.  Mempunya ekor yang panjang dengan ujung yang ditumbuhi sedikit bulu yang lebih panjang.
6. Memiliki rambut berwarna coklat muda (krem)
7. Terdapat sepasang mata.
8. Terdapat gigi yang tajam.
9. Singa jantan dapat memiliki 4-6 betina.
10. Dapat berlari dengan kencang.
11. Tidak bisa memanjat pohon.
12. Hidup berkelompok.
13. Tergolong hewan nokturnal.
14. Berkembang biak dengan cara melahirkan.
15. Memiliki sepasang telinga.

Baca Juga Ciri ciri Harimau, Jenis Harimau, Perilaku Harimau, Habitat Harimau

Habitat Singa

Umumnya singa tinggal dipedalaman hutan yang jauh dari manusia seperti Hutan savana, gurun dan pegunungan di India dan Afrika.

Perilaku Singa

Singa merupakan jenis satwa yang hidup berkelompok, dimana untuk seekor jantan dewasa dengan banyak betina dalam suatu wilayah teritori tertentu yang selalu dijaganya dari gangguan kelompok lainnya. Singa jantan lebih perkasa dan unggul dibanding kucing2 besar lainnya namun memiliki kelemahan tidak bisa memanjat pohon.

Setelah melalui masa kehamilan selama 3,5 bulan akan melahirkan 1 – 6 ekor anak yang akan dipelihara bersama-sama oleh kelompok wanitanya 16 bulan. Sang anak akan menjadi singa dewasa yang siap berreproduksi pada usia 4 tahun (betina) dan 5 tahun (jantan).

Kelompok singa betinanyalah yang melakukan perburuan terhadap mangsanya dan singa jantan hanya akan mengambil bagiannya setelah diperoleh hasil perburuan. Mangsa kucing ini hampir semua hewan terutama jenis kijang, zebra dan rusa.

Jenis Singa

Singa Asia

ciri ciri singa asia

Pertama adalah Singa Asia dengan nama latin Panthera Leo Persica. Umumnya singa asia tersebar secara merata di India, Asia dan Turki, namun akibat pemburuan liar populasi singa asia terus menerus mengalami penurun. Maka dari itu dilakukan pelestarian singa asia, dengan memperkembang biakan singa di Taman Nasional Gir dan Suaka Margasatwa yang terletak di Gujarat. Hanya ada 523 mamalia yang masih hidup.

Singa etopia

ciri ciri Singa etopia

Jenis selanjutnya adalah Singa Etopia atau lebih dikenal sebagai Singa Addis Abab dengan nama Panthera Leo Roosevelti. Baca Juga Ciri ciri Tokek, Klasifikasi Tokek, Perilaku Tokek dan Manfaatnya

Singa Transvaal

ciri ciri Singa Transvaal

Selanjutnya adalah Singa Transvaal atau Singa Afrika Timur Selatan. Singa Transvaal dapat kita temukan di wilayah Selatan Afrika, seperti Taman Nasional Kerajaan Hlane dari Swaziland atau Taman Nasional Kruger dari Afrika Selatan.

Singa Masai

ciri ciri singa masai

Jenis berikutnya adalah Singa Masai, singa ini dapat kita temukan di daerah Tanzania, Kenya, Mozambik dan Ethiopia. Singa-singa ini memiliki punggung yang kurang melengkung, dan mereka juga memiliki kaki yang panjang.

Singa Afrika

ciri ciri singa afrika

Merupakan jenis singa yang hidup di daerah SW Afrika, lebih khusus di negara-negara seperti Zimbabwe serta Zaire, Angola, dan bahkan Botswana. Singa-singa ini dikenal sangat besar hingga 10,2 meter, dan betina dapat memiliki 8,7 panjangnya kaki.

Singa Kongo

Memiliki nama latin a leo bleyenberghi, jenis singa ini hidup di daerah sisi barat Uganda serta DRC. karena di alam aslinya singa ini selalu menjadi buruan orang orang tidak bertanggung jawab, maka dilakukan pelestarian dengan cara mengembang biakan singa kongo di Taman Nasional Ratu Elizabeth dari Uganda dan Taman Nasional Virunga di DRC!

Singa Afrika Barat

ciri ciri Singa Afrika Barat

Atau lebih dikenal dengan nama Singa Senegal dan Singa Afrika Barat, Panthera leo senegalensis dapat ditemukan di Senegal dan hampir semua Afrika barat, sampai ke Republik Afrika Tengah. Baca Juga Ciri ciri Gajah, Klasifikasi, Penyebaran, Populasi dan Perilakunya

Singa Barbary

singa barbary juga disebut singa Afrika Utara. Itu adalah subspesies yang hidup di Aljazair, Maroko, Tunisia, dan Mesir. Itu punah sekarang, faktanya, yang terakhir dibunuh di Maroko selama tahun 1920-an. Ini adalah salah satu singa terbesar, beberapa dari mereka memiliki sekitar 200 kg dan mereka memiliki hingga 10,8 kaki.

Demikian ulasan tentang klasifikasi singa, Ciri ciri Singa, habitat singa, perilaku singa dan jenis singa. Semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua, terima kasih atas perhatiaan.