Ciri ciri Sapi

Ciri ciri Sapi – Secara umum sapi adalah hewan ternak dari anggota Suku Bovidae dan anak Suku Bovinae. Manusia sering memanfaatkan sapi sebagai bahan pangan yang bergizi seperti daging dan susunya. Selain itu, dibeberapa daerah juga memanfaatkan bagian sapi lainnya yaitu kulit, jeroan/bagian organ dalam serta tanduknya yang digunakan untuk memenuhi keperluan manusia baik dari segi pangan ataupun kerajinan tangan.

Sedangkan di daerah yang mengandalkan sektor pertanian sering memanfaat sapi untuk membajak tanah atau lahan tanam mereka, maka dari itu sapi menjadi hewan yang sangat dibutuhkan manusia. Terdapat tiga kelompok sapi yang tersebar di dunia, yaitu sapi Bos Indcus(Sapi Ponok) yang tersebar di daerah India dan dibeberapa daerah tropis lainnya.

Kemudian sapi Bos Taurus yang merupakan hasil dari perkawinan silang antara sapi potong dan perah, kelompok sapi ini berkembang dengan pesat di Eropa. Namun sekarang sudah bisa ditemukan hampir diseluruh dunia. Yang terakhir sapi Bos Sondaicus atau Bos Bibos merupakan sapi asli dari Indonesia atau lebih sering kita kenal dengan nama sapi Bali, Madura, Sumatera dan Peranakan Ongole(PO).

Dari 3 kelompok sapi tersebut menghasilkan banyak sekali jenis sapi yang tersebar hampir diseluruh dunia, dengan banyaknya jenis sapi tersebut tentu terdapat ciri khas untuk setiap jenisnya. Penasaran apa saja ciri khas dari setiap jenisnya ? berikut akan kami jelasakan tentang ciri ciri sapi berdasarkan jenisnya, yaitu :

Klasifikasi Ilmiah Sapi

  • Kingdom  : Animalia
  • Filum            : Chordata
  • Kelas              : Mammalia
  • Ordo               : Artiodactyla
  • Keluarga         : Bovidae
  • SubFamili       : Bovinae
  • Genus              : Bos

Ciri Khas Sapi Secara Umum

  • Termaksud hewan herbivora atau pemakan tumbuhan
  • Terdapat 2 pasang kaki atau 4 kaki
  • Terdapat sepasang tanduk dengan ukuran berbeda beda tergantung jenisnya
  • Termaksud hewan mamalia
  • Terdapat kelenjar susu
  • Berkembang biak dengan cara melahirkan
  • Memiliki ekor
  • Terdapat sepasang mata

Ciri ciri Sapi Berdasarkan Jenisnya

Sapi Peranakan Ongole

ciri ciri Sapi Peranakan Ongole

Jenis sapi pertama yaitu PO atau penakan ongole, sapi ini merupakan hasil persilangan antara sapi lokal Indonesia dan Ongole dari negara India. Sapi PO sudah lama dikenal masyarakat Indonesia, karena menjadi salah satu sapi yang megang peran penting dalam memenuhi kebutuhan daging sapi di Indonesia. Keunggulan dari sapi PO yaitu memiliki tingkat adaptasi tinggi dan tetap dapat berproduksi meskipun di daerah yang ketersediaan pangannya terbatas.

Baca Juga Ciri ciri Harimau, Jenis Harimau, Perilaku Harimau, Habitat Harimau

Ciri ciri sapi Po diantara memiliki bulu kelabu sampai kehitam-hitaman bagian kepala, leher, dan lutut berwarna gelap sampai hitam untuk sapi po jantan. Sedangkan untuk sapi po betina memiliki bulu berwarna putih . Bentuk dahi sapi PO cembung, bertanduk pendek, berpunuk besar, serta memiliki gelambir dan lipatan kulit di bawah leher sampai perut, bobot badan sapi jantan berkisar 550 kg sedangkan betina bobot bekisar 350 kg.

Ciri ciri Sapi Brahman

ciri ciri Sapi Brahman

Selanjutnya adalah sapi Brahman atau sapi keturunan dari kelompok Bos Indicus yang berkembang di India. Secara umum Sapi Brahman masuk dalam tipe sapi pedaging, daging yang dihasilkan sapi brahman masuk dalam kategori terbaik dari daerah Tropis. Sapi ini dapat hidup dengan baik meskipun daerah yang ditinggalinya tidak subur. tumbuh dengan . Hal ini terjadi karena pakan sapi Brahman cukup sederhana.

Ciri ciri sapi brahman antara memiliki berat badan mencapai 724 sampai 996 kilogram untuk kelamin jantang, sedangkan untuk kelamin betina memiliki berat badan 453 sampai 634 kilogram. Tekstur kulit sapi Brahman longgar, halus, dan lemas dengan ketebalan sedang. Ukuran punuk pada sapi jantan relatif besar, sedangkan pada yang betina lebih kecil. Sapi Brahman tahan terhadap cuaca panas dan tahan terhadap gigitan nyamuk.

Sapi Brahman Cross

ciri ciri Sapi Brahman Cross

Fisik dari sapi brahman cross ini mirip dengan American brahman karena proposi darahnya lebih dominan, seperti punuk dan gelambir masih jelas, bentuk kepala dan telinga besar menggantung, sedangkan warna kulit sangat bervariasi mewarisi tetuanya. Ciri ciri sapi brahman cross antara lain  memiliki warna abu-abu muda tetapi ada pula yang berwarna merah atau hitam.

Warna pada jantan lebih gelap daripada betina, ukuran tanduk sedang, lebar, dan besar.  Kulit longgar, halus, dan lemas dengan ketebalan sedang ukuran punuk pada jantan besar sedangkan pada betina kecil. Kisaran boot badan sapi betina mencapai 750 kg dan yang jantan 1.000 kg. Sapi ini tahan terhadap cuaca panas dan tahan terhadap gigitan nyamuk

Sapi Limousin

Sapi Limousin

Jenis selanjutnya adalah Sapi Limousin, sapi ini keturunan dari kelompok Bos Taurus yang berkembang pesat di Eropa. Untuk sekarang sapi Limousin dapat kita temukan di Prancis Tengah bagian selatan dan barat. Baca Juga Ciri ciri Kambing dan Klasifikasi Ilmiah Berdasarkan Jenisnya Lengkap!

Awalnya sapi ini sering dimanfaatkan tenaganya untuk membantu para petani mengolah lahan, namun karena berat badan sapi terbilang sangat besar mencapai 650 kilogram untuk kelamin betina dan jantan mencapai 1.000 kilogram maka Limousin dimanfaatkan daging.

Ciri ciri sapi limousin antara lain memiliki warna bulu merah kecokelatan tanpa ada warna putih, kecuali pada bagian ambing. Pada bagian lutut ke bawah berwarna agak muda dan umum nya terdapat bentuk lingkaran berwarna agak muda di sekeliling mata.

Sapi Simmental

Sapi Simmental

Terakhir adalah Sapi Simmental yang berasal dari Switzeland. Ciri ciri sapi simmental antara lain memiliki ukuran tubuh besar karena masa pertumbuhan otot bagus, penimbunan lemak di bawah kulit rendah, bagian muka dan keempat lutut kaki memiliki warna  krem agak cokelat atau sedikit merah.

Untuk bagian ujung ekor berwarna putih, memiliki tanduk berukuran kecil, sapi janta sentimmental memiliki berat badan mencapai 1.150 kilogram. Sedangkan sapi sentimental betina memiliki berat badan mencapai 800 kilogram. Sapi ini mempunyai sifat jinak, tenang, dan mudah dikendalikan.

Demikian ulasan tentang Ciri ciri Sapi berdasarkan Jenis dan Klasifikasi Ilmiahnya, semoga sedikit pengetahuan kami dapat bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih atas perhatiannya! Baca Juga Ciri ciri Gajah, Klasifikasi, Penyebaran, Populasi dan Perilakunya