Peternakan

Ciri ciri Kambing dan Klasifikasi Ilmiah Berdasarkan Jenisnya Lengkap!

Ciri ciri Kambing – Secara umum kambing merupakan salah satu jenis hewan ternak ruminansia kecil yang telah dikenal  luas di Indonesia. Hewan ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan ternak lainnya, yaitu tingkat adaptasi tinggi meskipun di daerah yang ekstrim, memiliki kekebalan tubuh yang baik dan tingkat produktivitas tinggi.

Para peternak kambing di Indonesia memperoleh untung dengan cara memanfaatkan daging, susu dan kulitnya untuk dijual. Kegiatan berternak kambing cukup mudah, hal ini karena kambing memiliki beberapa keunggulan diatas ditambah tingkat produktivitas tinggi maka keuntungan yang diperoleh dapat berkali kali lipat. Baca Juga Ciri ciri Gajah, Klasifikasi, Penyebaran, Populasi dan Perilakunya

Klasifikasi Ilmiah Kambing

  • Kerajaan : Animalia
  • Filum : Chordata
  • Kelas : Mammalia
  • Ordo : Artiodactyla
  • Famili : Bovidae
  • Upafamili : Caprinae
  • Genus : Capra
  • Spesies : C. aegagrus
  • Upaspesies : C. a. Hircus

Ciri ciri Kambing Berdasarkan Jenisnya

Sebenarnya kambing memiliki ciri ciri yang berbeda beda tergantung dari jenisnya. Ada 3 jenis kambing, yaitu kambing kacang, kambing PE dan kambing jawarandu. Berikut kami jelaskan ciri ciri kambing berdasarkan jenisnya dibawah ini !

Ciri ciri Kambing Kacang

ciri ciri kambing kacang
Kambing Kacang

Secara umum kambing kacang memiliki sepasang tanduk, mempunyai jenggot, dahi cembung, ekor agak keatas, kebanyakan berbulu lurus dan kasar. Kambing ini memiliki panjang tubuh, tidak termasuk ekor, adalah 1,3–1,4 meter, sedangkan ekornya 12–15 sentimeter. Bobot badan yang betina 15–25 klogram, sedangkan yang jantan bisa mencapai 30 kg.

leher pendek dan punggung meninggi, warna bulu hitam, cokelat, atau belang yang merupakan kombinasi dari warna yang ada pada kambing tersebut, tinggi kambing jantan dewasa rata-rata 60–70 sentimeter, betina dewasa 50–60 sentimeter, berat badannya kambing jantan dewasa antara 25–30 Kilogram dan betina dewasa 15–25 Kilogram, kepala ringan dan kecil, telinga pendek dan tegak lurus mengarah keatas depan. Kehidupannya sangat sederhana, memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap kondisi alam setempat dan reproduksinya dapat digolongkan sangat tinggi.

Ciri ciri Kambing PE

ciri ciri kambing pe
Ciri ciri Kambing PE

kambing PE merupakan hasil persilangan antara kambing etawa dengan kambing kacang. Kambing PE dimanfatkan sebagai penghasil daging dan susu. Penampilan kambing PE mirip dengan kambing etawa tetapi perwakan tubuhnya lebih kecil.

Loading...

Karekteristik kambing PE antara lain muka cembung melengkung, dan dagu berjanggut, terdapat gelambir dibawah leher yang tumbuh dari sudut janggut, telinga panjang lembek dan menggantung dan ujungnya agak berlipat, ujung tanduk agak melengkung, tubuh tinggi, bentuk garis punggung mengombak kebelakang sedangkan bulu tumbuh panjang di bagian leher, pundak, punggung, dan paha panjang dan tebal.

Warna bulu kebanyakan terdiri atas 2-3 pola warna, yaitu belang hitam, belang coklat dan putih bertotol hitam. Keberadaan kambing PE sudah beradaptasi dengan kondisi Indonesia, diternak terutama untuk menghasilkan daging dan susu. Bobot kambing PE jantan dewasa rata rata 35-50 kilogram untuk kambing betina 30-35 kilogram.

Kambing Jawarandu

Ciri ciri Kambing Jawarandu
Ciri ciri Kambing Jawarandu

Kambing Jawarandu merupakan persilangan hasil persilangan antara kambing Peranakan Ettawa dengan kambing Kacang. Kambing ini mempunyai bentuk yang agak kompak dengan perototan yang cukup baik dengan pertumbuhan dapat mencapai 50-100 gram per hari.

Karakteristik kambing Jawarandu adalah ukuran tubuh yang lebih kecil dari pada kambing Ettawa. Untuk kambing dewasa jenis Jawarandu umumnya memiliki berat mencapai 40 kilogramBerat, memiliki tanduk, telinganya lebar, panjang dan terkulai, susu yang dihasilkan kambing ini mencapai 1,5 liter per hari. Baca Juga Ciri ciri Tokek, Klasifikasi Tokek, Perilaku Tokek dan Manfaatnya

Faktor Faktor yang Memengaruhi Keberhasilan Ternak Kambing

1. Genetik

Untuk menentukan keberhasilan budidaya kambing ada beberapa hal yang perlu anda perhatian, yaitu tersedianya bibit, baik kualitas maupun kuantitas. Kualitas bibit ditentukan oleh faktor genetik dan lingkungan, faktor genetik juga terkait dengan tingkat kelangsungan hidup. Faktor genetik dapat ditempuh dengan melakukan seleksi terarah dan berkelanjutan, perbaikan mutu bibit secara genetik ditentukan oleh variasi genetik dan struktur populasi induknya.

2. Lingkungan

Pertumbuhan ternak dipengaruhi oleh faktor lingkungan, kenapa ? karena ternak tidak akan mampu berproduksi secara optimal, apabila tidak memperoleh lingkungan yang optimal walaupun fungsi genetik cukup tinggi dan begitu juga sebaliknya.

3. Pakan

Kualitas bahan makanan dipengaruhi oleh komposisi zat makanan serta penggunaannya. Jika kambing mengalami gizi buruk masa pertumbuhan urat daging dan lemak akan lambat, sedangkan makanan yang sempurna mempercepat terjadinya laju puncak keduanya. Sebaiknya hindari penurunan porsi makan kambing, karena akan beresiko buruk pada pertumbuhan kambing itu sendiri seperti badan menjadi lebih ringan dari sebelumnya.

4. Suhu

Suhu dan kelembaban udara merupakan dua faktor iklim yang mempengaruhi produksi dan reproduksi ternak, karena dapat menyebabkan perubahan keseimbangan panas dalam tubuh ternak, keseimbangan air, keseimbangan energi, dan keseimbangan tingkah laku ternak.

Kambing memerlukan suhu optimum antara 18-300C untuk menunjang produksinya, sedangkan untuk suhu rektal kambing pada kondisi normal adalah 38,5 – 400C dengan rataan 39,40C atau antara 38,5 – 39,70C. Kambing akan berusaha menurunkan suhu tuuhnya melalui proses respirasi akibat suhu lingkungan yang tinggi.

Demikian artikel tentang Klasifikasi kambing, Ciri ciri Kambing dan faktor faktor yang mempengaruhi tingkat keberhasilan ternak kambing. Semoga dapat bermanfaat untuk anda semua, terima kasih! Baca juga Ciri ciri Harimau, Jenis Harimau, Perilaku Harimau, Habitat Harimau

2 Replies to “Ciri ciri Kambing dan Klasifikasi Ilmiah Berdasarkan Jenisnya Lengkap!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *