Ciri Ciri Kelinci

Ciri ciri Kelinci – Secara umum kelinci merupakan hewan mamalia berukuran kecil dari famili Leporidae dari ordo Lagomorpha yang tersebar hampir diseluruh dunia. Hewan ini sudah ada sejak zaman dulu dan tersebar di dataran Afrika sampai Eropa, karena perkembangan zaman pada tahun 1912 kelinci sudah tersebar diseluruh penjuru dunia terumata Indonesia.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali ras kelinci yang cukup populer yaitu kelinci jawa dan kelinci sumatera, yang sering dijadikan sebagai kelinci hias atau pet dan kelinci produktif. Untuk ciri khas dari kelinci jawa yaitu hidup di daerah hutan sekitar pulau Jawa Barat, memiliki warna bulu hitam keungan, dengan ekor berwarna jingga dibagian ujung berwarna hitam dan berat badan mencapai empat kilogram.

Sedangkan untuk ciri khas kelinci sumatera adalah hidup di daerah dataran tinggi Sumatera, memiliki panjang badan mencapai 40 sentimeter dengan bulu halus berwarna coklat kekungan dan termaksud hewan liar sama halnya dengan kelinci Jawa. Di artikel ini kami akan membahas ciri ciri kelinci secara umum yang mungkin dapat menambah pengetahuan anda semua, langsung saja simak penjelasan SawonBudidaya berikut ini !!

Tabel Klasifikasi Kelinci

Ciri ciri Kelinci

Berikut akan kami jelaskan beberapa ciri ciri kelinci yang mungkin akan menambah pengetahuan anda semua, silahkan simak penjelasan dibawah ini !

1. Secara umum kelinci masuk kelas mamalia.

Loading...

2. Sifat makannya termasuk hewan herbivore yaitu, pemakan tumbuh-tumbuhan dengan jenis makanannya rumput, biji-bijian, daun, kulit kayu dan akar-akaran

3. Kelinci memiliki kromoson berjumlah 44 buah.

4. Kelinci mampu hidup selama lima sampai sepuluh tahun.

5. kelinci memiliki masa produktif selama dua sampai tiga tahun dengan tingkat peranakan 10 kali per tahun.

6. Kelinci termasuk hewan setengah besar dengan kuping panjang dan memiliki ekor berjambul pendek

7. Memiliki delapan pasang gigi (enambelas buah)

8. Tubuh pipih di bagian samping, sehingga membantu aktivitasnya untuk berlari kencang

Loading...

9. Ukuran kaki depan lebih pendek daripada kaki belakang

10. belakang berjari empat dan kaki depan berjari lima dilengkapi dengan cakar yang kuat

11. Umumnya kelinci memiliki suhu badan mencapai 38 sampai 40 derajat celcius.

12. Kelinci beraktivitas pada malam hari, namun ketika senja tiba kelinci juga mampu beraktivitas.

13. Hewan berkuping panjang ini memiliki kesuburan yang tinggi, seksualnya cepat matang.

14. Satu pejantan kelinci dapat dikawinkan pada 8 sampai 10 ekor kelinci betina dengan tidak keberhasilkan mencapai 95 persen.

15. Proses kehamilan kelinci berlangsung selama 31 sampai 32 hari.

16. Setiap indukan kelinci mampu melahirkan enam sampai tujuh ekor anakn kelinci dengan tingkat keberhasilan mencapai 85 hingga 95 persen.

16. Anakan kelinci akan disapih oleh indukannya selama enam sampai delapan minggu.

17. Lalu indukan kelinci mampu dikawinkan kembali.

18. kelinci memiliki kemampuan beranak setiap 40 hari dengan jumlah anak sekelahiran (litter size at birth) lebih dari 8 ekor.

19. Tingginya tingkat kematian (23-43%) masih saja terjadi pada masa menyusui.

20. Setiap anakan kelinci yang lahir memiliki bobot mencapai 30 sampai 100 gram per ekor.

21. Sedangkan kelinci dewasa umumnya memiliki bobot mencapai lima sampai 10 kilogram per ekor.

22. Tingkat pertumbuhan kelinci umur delapan minggu mencapai 15 sampai 20 gram per ekor per hari.

23. Sedangkan untuk umur delapan sampai enam belas minggu mencapai 100 hingga 150 gram per minggu per ekor.

24. Kelinci mampu berproduktif atau masa kawin pada umur empat bulan

25. Warna kelinci berupa kombinasi antara hitam, putih abu-abu, dan cokelat

26. Untuk bobot tulang keseluruhan kelinci mencapai 7 sampai 8 persen dari berat badan aslinya.

27. Budidaya kelinci dilakukan dengan tujuan sebagai penghasil daging, peliharaan dan hiasan rumah.

Jenis jenis Kelinci

Setelah kami membahas ciri ciri kelinci secara umum, ada baiknya kita juga membahas apa saja jenis jenis kelinci yang populer di Indonesia. Yuk langsung saja kita perhatikan penjelasan dibawah ini !!

Ciri ciri Kelinci
Ciri ciri Kelinci

1. kelinci Angora

Jenis pertama adalah kelinci Angora, kelinci ini merupakan jenis tertua yang berasal dari daerah Ankara Turki. Di Indonesia sendiri jenis kelinci Angora sangat diminati, hal ini tidak terlepas dari keindahan bulu kelinci angora yang merupakan salah satu daya tarik. Untuk jenis kelinci angora sendiri dibagi lagi antara lain French anggora, German anggora, Giant anggora, English anggora, Satin anggora, Chinese anggora, Swiss anggora, Finnish anggora, dsb.

2. Kelinci American Sable

Untuk jenis kelinci kedua adalah america sable yang pertama kali ditemukan pada tahun 1924 berasal dari crossing kelinci Chinchilla oleh Otto B. Ciri khas dari kelinci ini adalah memiliki badan berukuran besar, memiliki sifat jinak, sudah tidur, memiliki warna bulu coklat sepia atau hitam diseluruh bagian tubuhnya dengan berat badan mencapai delapan kilogram.

3. Kelinci Chinchilla

Kelinci diberi nama chinchilla diambil berdasar warna dari bulunya yaitu abu abu gelap dengan warna mutiara abu abu gelap. Kebanyak orang menyebut kelinci ini American Chinchilla dengan ukuran badan beragam dari kecil, sedang hingga besar. Chinchilla merupakan hasil budidaya dari perkawanin silang Standard Chinchilla dan Flemish Giant.

4. Kelinci Dutch

Jenis kelinci berikutnya adalah dutch yang berasal dari negara kinci angin yaitu Belanda, ciri khas dari kelinci dutch memiliki bulu pendek dengan warna beragam. Warna khas dari kelinci dutch adalah pola melingkar seperti pelana warna putih dari bagian punggung hingga kebagian leher dan bagian kaki depan, belakangn dan kepala berwarna hitam.

5. Kelinci English Spot

Jenis kelinci ini berasal dari negara Inggris dan mulai dibudidayakan pada abad ke 19 atau lebih terkenal dengan sebutan kelinci Inggris. Kelinci ini merupakan silangan flamish giant, English lop, Patagonian, angora, dutch, silver dan Himalayan. Kelinci ini memiliki warna dasar putih bersih ditambah totol berwarna hitam, sehingga menambah keindahan dari kelinci Inggris ini.

Mungkin itu saja yang bisa SawonBudidaya sampaikan, semoga artikel tentang Ciri ciri Kelinci ini dapat bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih atas perhatiaannya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...