Cara Menanam Kangkung Darat

Cara Menanam Kangkung Darat – Umumnya, tamanan kangkung termaksud jenis tumbuhan sayuran yang sering dimanfaatkan bagian daun serta batang sebagai bahan masakan. Di Indonesia sendiri, ada dua jenis kangkung yang cukup popular yaitu kangkung darat dengan bentuk daun oval memanjang dan kangkung air dengan bentuk daun mirip waru berwarna hijau tua.

Tanaman kangkung sangat cocok ditanaman hampir diseluruh daerah Indonesia baik pada daerah basah dan kering, sehingga menjadikan kangkung sebagai salah satu tanaman yang mudah dibudidayakan. Untuk memperhatikan Ciri ciri Kangkung, anda dapat melihat dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun, bunga, buah dan bijinya.

Di Indonesia pengonsumsi kangkung sangat tinggi, hal ini tidak terlepas dari harga jualnya yang cukup terjangkau sehingga sangat cocok untuk semua kalangan masyarakat. Maka dari itu kebutuhan kangkung di pasar pasar tradisional selalu mengalami peningkatan, sehingga banyak orang melihat itu sebagai peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Untuk beberapa orang yang menganggap kangkung sebagai peluang bisnis yang menjanjikan tidak segan segan mencoba membudidayakan kangkung, namun karena kurang pengetahuan mereka mengakibatkan kangkung hasil budidayanya kurang diminat masyarakat.

Dari situ lah SawonBudidaya ingin berbagai bagaimana Cara Menanam kangkung Darat yang baik dan benar untuk pemula dan yang pasti diminati masyarakat. Berikut penjelasannya !!

Cara Menanam kangkung Darat

Berikut penjelasan Cara Menanam kangkung Darat yang baik dan benar untuk pemula yang akan kami jelaskan dari tahap pemilihan bibit atau benih, pengolahan lahan tanam, proses penanaman, pemeliharaan dan proses panen. Penasaran ? yuk langsung saja simak rangkuman SawonBudidaya dibawah ini !!

Loading...

Pemilihan Bibit atau Benih Unggulan

Pada tahap pertama dari cara menanam kangkung darat adalah pemilihan bibit atau benih unggulan, dengan menggunakan bibit atau benih unggulan dapat memberi beberapa keuntungan yaitu masa pertumbuhan lebih cepat, pertumbuhan seragam, lebih tahan dari serangan hama serta penyakit.

Untuk membedakan bibit atau benih kangkung unggulan dengan bibit biasa cukup mudah, bibit unggulan akan tumbuh dengan posisi berdiri dan masa pertumbuhan baik mencapai nominal hampir 100 persen. Lalu bagaimana cara memperoleh bibit kangkung unggulan?

bibit kangkung unggulan
tokopedia

Dalam memperoleh bibit atau benih kangkung ungulan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu membeli langsung kepetani kangkung dan membeli bibit unggulan di toko pertanian sekitar rumah masing masing.

Jika anda membeli bibit atau benih kangkung pada petani langsung, anda dapat mengunakan teknik steak dengan cara memotong batang kangkung lalu ditancapkan kelahan tanamn kangkung. Untuk anda yang membeli bibit ditoko pertanian dapat melakukan tahap penyemaian terlebih dulu agar masa pertumbuh bibit lebih maksimal serta mudah dikontrol.

Proses Penyemaian Bibit

Untuk tahap berikutnya dari cara menanam kangkung darat adalah proses penyemaian bibit, sebenarnya ditahap ini lebih kami fokuskan pada anda yang memilih bibit dalam bentuk biji atau membeli bibit di toko pertanian.

Kenapa harus melalui proses penyemaian ? secara umum proses penyemaian memiliki beberapa keunggulan yaitu dapat memberikan media pertumbuhan yang dibutuhkan bibit kangkung tumbuh seperti air dan unsur hara yang tercukupi, lebih dikontrol dari segi pemeliharaan serta perawatan dan terakhir masa pertumbuhan bibit lebih seragam.

semai bibit kangkung
hidroponikyuk.com

Bagaimana cara menyiapkan wadah dan media semai yang cocok untuk budidaya kangkung ? berikut akan kami jelaskan step by step nya !!

Loading...
  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan wadah baik itu pot, polybag atau wadah lainnya
  • Kemudian siapkan alat dan bahan seperti cangkul, tanah biasa,tanah humus, pupuk kandang kering dan kapur dolomit
  • Lalu cek apakah kadar keasaman tanah atau ph tanah yang akan digunakan sebagai media semai kangkung sudah sesuai, jika belum lakukan proses pengapuran guna menstabilkan kadar keasaman tanah.
  • Setelah itu, lakukan pencampuran antara tanah biasa, tanah humus dan pupuk kandang kering dengan perbandingan 3:1:1 menggunakan cangkul agar lebih merata
  • Diam kan media semai tersebut selama 1 mingguan, setelah itu masukan kedalam wadah yang sudah disiapkan
  • Kemudian tabur bibit atau benih kangkung yang sudah disiapkan sebelumnya secara merata di wadah yang sudah diisi media semai
  • Bibit akan siap ditanam setelah berumur 8 sampai 10 hari atau memiliki 2 sampai 3 helai daun.

Pengolahan Lahan Tanam

Cara menanam kangkung selanjutnya adalah pengolahan lahan tanam, pada tahap ini anda akan difokuskan pada bagaimana cara menghasilkan lahan yang subur sehingga mampu menunjang pertumbuhan tanaman kangkung lebih cepat. Berikut akan kami jelaskan langkah langkah pengolahan lahan tanam kangkung yaitu :

cara menanam kangkung
maintanam.com
  • Pertama lakukan pengemburan terlebih dulu, tujuannya agar tanah menghasilkan tekstur lembut sehingga pertumbuhan akar tanaman kangkung dapat lebih mudah.
  • Kemudian lakukan pembuatan bedengan dengan ketinggian 30 senti meter, lebar dan panjang disesuaikan dengan luas lahan masing masing
  • Setelah itu lakukan pencampuran antara pupuk kandang kering dan pupuk NPK dengan perbandingan 3:1secara merata
  • Kemudian untuk hasil yang lebih maksimal anda juga perlu melakukan pengapuran dengan tujuan menstabilkan kadar keasaman tanah atau ph. pengapuran dapat dilakukan dengan kapur dolomit.
  • Diamkan lahan yang sudah anda olah beberapa minggu sambil menunggu pertumbuhan bibit atau benih kangkung ditempat semai tadi.
  • Untuk hasil yang lebih maksimal anda dapat menambahkan GMD Black Bos dengan tujuan agar pertumbuhan pathogen atau penyakit ditanah dapat diminimalisir sehingga tanah lebih subur.

Proses Penanaman Kangkung

Tahap selanjutnya yang harus anda lakukan adalah penanaman, sebelum melakukan penanaman pastikan dulu bibit atau benih ditempat semai benar benar sudah siap dipindahkan. Ciri ciri bibit atau benih semai yang sudah siap dipindahkan antara lain sudah berusia 8 sampai 10 hari dan memiliki 2 sampai 3 helain daun.

Setelah itu baru anda dapat melakukan penanaman atau pemindahan bibit kangnkung dari tempat semai kebengan. Sebaiknya proses pemindahan atau penanaman anda lakukan pada waktu pagi dan sore hari, guna mengurangi resiko bibit atau benih layu.

Pemeliharaan dan Perawatan

Untuk tahap selanjutnya dari cara menanam kangkung adalah pemeliharaan dan perawatan, terdapat beberapa pemeliharaan dan perawatan yang harus anda lakukan yaitu penyiangan, penyulaman, penyiraman dan pemupukan. Berikut penjelasannya !!

Penyulaman  Tanaman Sawi

Penyulaman dilakukan pada tanaman kangkung yang tidak memiliki masa pertumbuhan yang baik atau mati, maka perlu diganti oleh bibit atau benih kangkung yang baru. Proses ini hanya dapat dilakukan pada tanaman kangkung yang berumur 1 mingguan, jika sudah lebih maka proses penyulaman tidak dapat dilakukan. Simak Juga Cara Menanam Tomat Di Pot

Penyiangan

Secara umum penyiangan dilakukan pada lahan atau tempat budidaya kangkung yang sudah banyak ditumbuhi gulma atau tumbuhan pengganggu yang dapat mengurangi asupan unsur hara yang diperoleh kangkung.

Kapan proses penyiangan dapat dilakukan? Umumnya penyiangan dapat dilakukan setelah tanaman kangkung berumur 2 mingguan, namun tidak menutup kemungkinan proses penyiangan dapat dilakukan lebih cepat ataupun lambat tergantung masa pertumbuhan gulam di lahan masing masing. Baca Juga Cara Menanam Cabe Rawit Di Pot Step by Step Untuk Pemula !!

Penyiraman

Kita ketahui air merupakan salah satu bahan yang sangat dibutuhkan tanaman kangkung untuk tumbuh, maka dari itu kebutuhan air harus selalu tercukupi guna memaksimalkan pertumbuhan kangkung nantinya. Proses penyiraman harus dilakukan secara rutin ditambah proses budidaya yang anda lakukan masuk musim kemarau, beda halnya jika budidaya sawi yang anda lakukan masuk musim hujan sebaiknya volume penyiraman dikurangi.

Pemupukan

Pemeliharaan tanaman kangkung selanjutnya adalah pemupukan, dalam proses pemupukan anda dapat menggunakan dua jenis pupuk yaitu organik dan anorganik tergantung minat anda masing masing.

Intinya dalam proses pemupukan harus dilakukan dengan takaran sesuai, sehingga asupan unsur hara yang diperoleh tanaman kangkung lebih optimal sehingga masa pertumbuhannya akan lebih cepat. Baca Juga Cara Menanam Jagung Manis yang baik dan benar untuk pemula!

Penyemprotan POC GDM

Untuk mengindari serangan penyakit pada daun kangkung, anda dapat melakukan penyemprotan POC GDM dengan takaran 1 liter cairan POC GDM dilarutkan pada  liter air. kemudian semprot dibagian atas dan bawah permukaan daun secara rutin.

Prose Panen Kangkung

Secara umum kangkung dapat dipanen setelah berusia 3 sampai 5 mingguan, saran dari kami sebaiknya proses panen dilakukan dengan cara dipotong kenapa? karena kangkung yang dipanen dengan cara dipotong tanpa mencabut akarnya dapat melakukan proses panen sebanyak dua kali yang artinya lebih menghemat biaya pengeluaran.

Demikian ulasan singkat kami tentang Cara Menanam Kangkung Darat, semoga sedikit pengetahuan ini dapat bermanfaat. Terima kasih atas perhatiaannya dan selamat mencoba !!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...