Pertanian

Cara Menanam Padi

Cara Menanam Padi

Cara Menanam Padi – Padi adalah salah satu tanaman yang masuk dalam keluarga poaceace atau padi-padian,tanaman ini merupakan tanaman musim, memiliki akar serabut dan tajuk, memiliki ukuran batang yang pendek namun ruas panjang, daun seperti pelepah tegak mengandung klorofil tinggi sehingga dominan berwarna hijau.

Tanaman padi menghasilkan 6 kepala sari atau anther dan kepala putik stigma bercabang dua yang mirip dengan tempat odol pada setiap bunganya. Dilihat dari nilai jualnya, tanaman padi merupakan kebutuhan pangan primer atau pokok, karena mengandung karbohidrat tinggi yang berfungsi sebagai pembentuk tenaga dalam tubuh. Sumber Ciri ciri Tanaman Padi (akar, batang, daun, bunga, daun) dan Jenis Padi

Maka dari itu banyak sekali petani pemula yang ingin mencoba terjun membudidayakan padi sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Nah dari situlah SawonBudidaya ingin membantu anda dalam memahami teknik teknik dasar Cara Menamam Padi berikut ini ! Baca Juga Cara Menanam Sawi Di Pot

Cara Menanam Padi

Berikut akan kami jelaskan tahap tahap Cara Menanam Padi dari awal hingga proses panen nantinya, tentu anda semua berharap budidaya padi yang dilakukan menghasilkan untung yang besar bukan? Nah disini SawonBudidaya akan membantu bagaimana Cara Menanam Padi yang baik dan benar serta mampu menghasilkan keuntungan yang maksimal. Penasaran? Yuk langsung kita simak penjelasan dibawah ini !!

Pemilihan Bibit atau Benih Unggulan

Sama halnya dengan budidaya lainnya, kunci utama dari cara menanam padi adalah pemilihan bibit atau benih unggulan. Hal ini karena dengan menggunakan bibit atau benih unggulan mampu memberi beberapa keuntungan yaitu bibit lebih mudah berdaptasi dengan lingkungan baru, masa pertumbuhan lebih seragam dan mampu menghasilkan buah padi yang berlimpah. Simak Juga Cara Menanam Sawi

bibit padi unggulan
YouTube

Untuk memperoleh bibit atau benih padi unggulan anda dapat mengikuti cara yang akan kami berikan berikut ini !

  • Menyiapkan bibit atau benih padi yang sudah anda beli dari toko pertanian sekitar rumah masing masing atau membeli langsung kepetani padi
  • Kemudian siapkan air, garam dan telur
  • Lalu masukan telur kedalam air tersebut disusul dengan garam, lakukan perendaman telur sampai telur mengambang
  • Setelah telur mengambang, ambil telur dan masukan bibit atau benih padi yang sudah disiapkan sebelumnya
  • Lalu perhatikan apakah bibit atau benih padi mengambang, jika iya buang bibit yang mengambang tersebut
  • Untuk yang tidak mengambang biarkan saja, karena bibit yang mengambang menandakan kualiatas padi atau biji tidak ada maka tidak baik digunakan sebagai bibit

Persiapan Lahan Semai

Untuk tahap selanjutnya dari cara menanam padi adalah persiapan lahan semai, sebenarnya terdapat beberapa tempat alternative lain yang bisa anda gunakan sebagai wadah semai bibit padi yaitu pot dan polybag. Namun kali ini kami akan lebih berfokus pada lahan kosong atau bedengan sebagai tempat semai bibit padi.

semai bibit padi
Agriculture & Business Marketing

Kenapa ? penggunaan bedengan lebih mampu meminimalisir pengeluaran biaya, karena jika anda menggunakan pot atau polybag maka diperlukan biaya tambahan untuk membelinya. Selain itu penggunaan bedengan juga mampu meningkatkan adaptasi bibit atau benih padi nantinya. Simak Cara Menanam Anggrek

Dalam melakukan persiapan lahan semai terdapat beberapa alat dan bahan yang perlu disiapkan yaitu cangkul, pupuk kadang kering dan dolomit atau kapur pertanian. Berikut langkah langkahnya !

  • Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah membersihkan lahan semai dari hama dan tanaman pengganggun agar kadungan unsur hara didalam tanah tidak dicuri
  • Setelah itu, lakukan pengencekan kadar keasaman tanah atau untuk lebih jelasnya Syarat Tumbuh Tanaman Padi. Proses pengapuran bertujuan agar tanah memiliki Ph yang stabil
  • Kemudian lakukan pengemburan tanah dengan menggunakan cangkul guna memberikan tanah bertekstur gembur sehingga akar dari bibit padi lebih mudah tumbuh.
  • Lalu tambahkan pupuk kandang kering dengan perbandingan 3:1, tujuan dari pemberian pupuk kandang kering agar tanah memiliki unsur hara yang cukup guna menunjang pertumbuhan bibit padi nantinya.
  • Buat bedengan dengan luas dan panjang sesuai jumlah bibit padi yang anda semai.
  • Pastikan juga bedengan memiliki drainase yang baik agar lahan semai tidak tergenang air

Proses Semai Padi

Ketika lahan semai sudah selesai, tahap selanjutnya dari cara menanam padi adalah proses penanaman bibit atau benih padi. Ditahap ini anda perlu mengecek kembali bahwa lahan semai memang sudah benar benar siap ditanami bibit atau benih padi agar mampu menunjang keberhasilan tumbuh benih padi tentunya.

Sebelum melakukan penanam bibit atau benih padi, anda perlu malakukan perendaman kedalam air guna merangsang pertumbuh tunas bibit padi selama 2×24 atau dua hari. Ketika bibit atau benih padi sudah mulai berkembah lakukan penaburan secara merata dilahan semai. Pastikan bibit atau benih padi tidak terbenam oleh tanah secara menyeluruh karena dapat meningkatkan resiko infeksi patogen pada bibit padi. Baca Juga Cara Menanam Jagung

Persiapan Lahan Tanam Padi

Untuk tahap selanjutnya dari cara menanam padi adalah persiapan lahan tanam, dengan tujuan memberikan media tanam yang sesuai untuk pertumbuhan padi nantinya. Dalam pengolahan lahan tanam padi, hal pertama yang harus anda lakukan adalah pembersihan gulma dan tanaman pengganggu lainnya.

cara menanam padi jajar legowo
tanam padi jajar legowo

Kemudian anda juga perlu melakukan pengemburan guna mengubah sifat fisik tanah yang semula keras menjadi lembut dan berlumpur. Dengan mengubah sifat fisik tanah anda dapat menjadikan gulma penggangu yang tidak terlihat mata mengalami pembusukan sehingga menjadi humus atau pupuk alami tanaman padi nantinya.

Selain itu proses ini juga memiliki tujuan lainyaitu membuat aerasi tanah menjadi lebih baik, bagian bawah tanah menjadi jenus sehingga tanah mengandung air terus menurus yang berarti volume air yang dikeluarkan lebih sedikit. Hal lain yang perlu anda lakukan adalah menambahan pupuk, disini kami memberikan dua jenis pupuk yaitu anorganik dan organik. Baca Juga Cara Menanam Bawang Merah Di Pot

Proses Penanaman Padi

Berikutnya adalah proses penanaman padi, sebenarnya terdapat berbagai teknik menanam padi tapi kami lebih menyarankan pada anda untuk menngunakan teknik jajar legowo, artinya penanaman dengan permbandingan 2:1 atau 40 x (20 x10) senti meter.

Dengan penggunaan teknik jajar legowo memiliki keunggulan dibandingakan tekni menanam padi lainnya yaitu volume penanaman dapat dilakukan lebih banyak dan tingkat produksi padi lebih tinggi.

Selain itu ada hal lainnya yang menjadi keunggulan teknik jajar legowo ini yaitu proses pemeliharaan yang akan anda lakukan lebih mudah, pengontrolan keluar masuk air lebih mudah, hama dan penyakit padi lebih mudah diatasi dan yang pasti lebih hemat biaya pemupukan.

Pemeliharaan Tanaman Padi

Untuk menghasilkan padi berlimpah, tentu anda perlu melakukan pemeliharaan dan perawatam yang akan menunjan perumbuhan tanaman padi nanti. Lalu bagaimana cara pemeliharaan tanaman padi? Secara umum pemeliharaan tanaman padi hampir sama dengan budidaya lainnya yaitu penyiangan, pengairan dan pemberian pupuk tambahan. Berikut penjelasannya !!

Penyiangan

Secara umum penyiangan dilakukan pada lahan atau tempat budidaya padi yang sudah banyak ditumbuhi gulma atau tumbuhan pengganggu yang dapat mengurangi asupan unsur hara yang diperoleh sawi.

Kapan proses penyiangan dapat dilakukan? Umumnya penyiangan dapat dilakukan setelah tanaman padi berumur 2 mingguan, namun tidak menutup kemungkinan proses penyiangan dapat dilakukan lebih cepat ataupun lambat tergantung masa pertumbuhan gulam di lahan masing masing. Baca Juga Cara Menanam Cabe Rawit Di Pot Step by Step Untuk Pemula !!

Pengairan

Pemeliharaan tanaman padi berikutnya adalah pengairan, kita ketahui air merupakan bahan terpenting yang dibutuhkan tanaman padi untuk tetap hidup. Melakukan pengairan yang tepat dapat meningkatkan produksi padi nantinya, sebaliknya pengairan yang tidak dilakukan dengan tepat dapat merusak dan meningkatkan kebusukan pada tanaman padi. Intinya ketika air mengalami kekurangan sebaiknya anda melakukan irigasi, namun ketika air mengalami kelebihan cek kembali drainase dilahan atau sawah tersebut.

Loading...

Pemupukan

Proses pemeliharan selanjutnya adalah pemupukan, dalam kegiatan ini anda akan difokuskan untuk menjaga unsur hara baik makro ataupun mikro selalu stabil guna memenuhi kebutuhan tanaman padi untuk tumbuh. Intinya dalam proses pemupukan harus dilakukan dengan takaran sesuai, sehingga asupan unsur hara yang diperoleh tanaman padi lebih optimal sehingga masa pertumbuhannya akan lebih cepat.

Proses Panen

panen padi
Antara Sumbar – Antaranews.com

Tahap terakhir dari cara menanam padi adalah proses panen, tahap ini baru dapat dilakukan ketika buah padi sudah berubah warna kuning menyeluruh atau biasanya setelah berusia 33 sampai 36 hari sejak awal penanaman. Dalam melakukan panen dapat dilakukan dengan dua cara yaitu manual dan otomatis, namun untuk menghemat biaya pengeluaran kami lebih menyarankan pada anda menggunakan teknik panen manual dengan memakai sabit.

Loading...

Demikian ulasan singkat kami tentang Cara Menanam Padi, semoga sedikit pengetahuan ini dapat bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih atas perhatiaannya dan selamat mencoba !! Baca Juga Cara Menanam Cabe Rawit Di Bedengan dan Di Pot Untuk Pemula!

Tinggalkan Balasan