Cara Menanam Anggrek

Cara Menanam Anggrek – Anggrek adalah salah satu tanaman yang banyak dibudiyakan pada daerah tropika, dengan jenis terbanyak dibandingkan tanaman berbunga lainnya. Namun secara umum, bunga anggrek juga tumbuh di daerah dengan iklim tropika basah sampai daerah sirkumpolar. Untuk bentuk bunga anggrek cukup beragam, mulai yang berbentuk mirip kupu sampai mirip dengan bintang tergantung dari jenis atau varietas bunga anggrek itu sendiri. Baca Juga Cara Menanam Jagung

Hal yang unik dari tanaman ini terletak pada daunnya, karena apa? jika dilihat lebih dekat kita akan mengetahui bahwa daun anggrek tidak memiliki tangkai, nah kita ketahui tangkai daun berfungsi sebagai perekat antara pangkal daun dengan batang atau umbi semu. Namun tanpa adanya tangkai tersebut, daun pada tanaman anggrek tetap dapat melekat dengan kuat pada batang atau umbi semu, padahal bentuk daunya terbilang besar dibanding panjang batang. Sumber Ciri ciri Bunga Anggrek

Cara Menanam Anggrek

Berikut akan kami jelaskan tahap tahap Cara Menanam Anggrek dengan memakai dua jenis tempat budidaya yaitu bedengan dan pot atau polybag. Penasaran? Yuk langsung saja kita simak penjelasan SawonBudidaya dibawah ini !!

Cara Menanam Anggrek Di Pot

Baiklah pertama kami akan menjelaskan Cara Menanam Anggre Di Pot, tentu anda semua sudah tahu keunggulan dari penggunaan pot atau polybag sebagai tempat budidaya anggrek bukan? Baca Juga Cara Menanam Jagung Yang Baik dan Benar

Yah, salah satu dari keunggulan menggunakan pot atau polybag adalah lahan kosong yang dibutuhkan tidak seluas pengguna bedengan dan dalam proses perawatan atau pemeliharaan dapat dilakukan lebih maksimal karena jumlah budidaya anggrek menggunakan pot terbilang lebih sedikit. Nah langsung saja simak penjelasan step by step budidaya anggrek berikut ini!!

Pemilihan Bibit atau Benih

Sama halnya dengan budidaya tanaman lain, dalam melakukan budidaya anggrek tahap pertama yang perlu anda lakukan adalah pemilihan bibit atau benih berkualitas baik dengan tujuan mampu menunjang keberhasilan budidaya tanaman anggrek anda nanti.

Selain pemilihan bibit atau benih anggrek, hal lain yang perlu anda lakukan adalah menentukan jenis tanaman anggrek yang akan dibudidayakan. Secara umum terdapat banyak sekali jenis tanaman anggrek dengan keunggulan dan kelemahan masing masing. Baca Juga Cara Menanam Bawang Merah Di Bedengan

bibit anggrek kompot
anggrekwagimanmeruyung

Disini kami menyarankan pada anda untuk memilih jenis bunga anggrek bulan atau nama kerennya dendrobium, alasannya karena jenis bunga anggrek ini memiliki nilai jual lebih tinggi dibanding jenis anggrek lainnya.

Selain karena nilai jualnya lebih tinggi, ternyata jenis bunga anggrek bulan lebih diminati oleh pecinta anggrek karena terdapat nilai plus. Nah, karena itulah kami menyarankan pada anda untuk membudidayakan bunga anggrek bulan, tentu anda semua berharap bukan setelah susah susah membudidayakan bunga anggrek laku terjual sehingga memberi untung sebanyak mungkin. Baca Juga Cara Menanam Tomat Di Pot

Loading...

Kemudian dalam menentukan bibit atau benih anggrek berkualitas saran dari kami sebaiknya anda menngunakan bibit atau benih bunga anggrek kompot, kenapa ? menurut pengalam penulis bibit bunga anggrek kompot mampu tumbuh lebih cepat dibanding bibit atau benih aggrek biasa.

Selain itu bibit atau benih bunga anggrek kompot memiliki beberapa keunggulan lain yaitu memiliki ukuran lebih besar, memiliki adaptasi yang baik meskipun pada tempat budidaya baru dan mampu menghasilkan bunga anggrek dalam ukuran lebih besar dibandingan bibit atau benih anggrek biasa. Baca Juga Cara Menanam Bawang Merah Di Pot

Penyiapan Wadah atau Tempat

Karena garis besar dari tulisan ini adalah cara menanam anggrek di pot,maka wadah atau tempat merupakan bagian terpenting yang perlu anda perhatikan. Lalu wadah atau tempat seperti apa yang cocok digunakan untuk budidaya anggrek?

Secara umum tanaman anggrek dapat tumbuh dengan baik diberbagai jenis wadah atau tempat, namun untuk menghasilkan anggrek berkualitas anda perlu menyiapkan wadah atau tempat yang benar benar sesuai contohnya seperit pot atau polybag, kenapa? Baca Juga Cara Menanam Cabe Rawit Di Bedengan Step by Step Untuk pemula!

cara menanam anggrek di pot
faunadanflora

Karena kedua tempat tersebut merupakan alternative terbaik untuk anda yang tidak memiliki lahan kosong luas, tapi ingin membudidayakan anggrek dalam skala besar. Dalam memilih pot atau polybag terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan, berikut penjelasan dari kami!

Disini kami akan memberikan pilihan dua jenis pot yang cocok digunakan sebagai wadah atau tempat budidaya anggrek, yang pasti pot tersebut harus memiliki diameter 40 sampai 50 senti meter dan tinggi 40 senti meter. Lalu apa saja jenis di pot tersebut? Baca Juga Cara Menanam Bawang Merah Di Rumah Pada Musim Hujan !!

Pot Plastik

Untuk jenis pot pertama adalah pot berbahan plastik, keunggulan dari pot ini tentu dari segi harga paling murah dibandingan dengan jenis pot lain. Namun kelemahan dari pot plastik tidak dapat tahan lama seperti jenis pot lainnya, biasanya pot pastik perlu diganti setelah berumur 3 sampai 4 tahun sehingga sedikit merepotkan.

Pot Keramik

Nah untuk jenis pot ini sangat rekomended karena menurut kami pot keramik sangat cocok digunakan sebagai wadah budidaya anggrek, dari segi umur pot ini mampu bertahan sangat lama tapi harga jualnya sangat mahal dibandingkan jenis pot lainnya.

Selain menggunakan pot tersebut anda dapat menggunakan wadah yang kira kira sudah tidak digunakan, seperti drum ataupun ember tentunya dapat lebih menghemat biaya.

Sebelum menggunakan bahan bahan bekar tersebut, anda harus membuat lubang dibagian bawahnya dengan fungsi sebagai tempat keluarnya air ketika masuk musim penghujan atau ketika disirim agar air tidak menggenangi tempat tersebut. Baca Juga Cara Menanam Cabe Rawit dan Cabe Merah Di Pot Untuk Pemula !!

Proses Persiapan Media Tanam

Untuk step selanjutnya dari cara menanam anggrek di pot adalah persiapan media tanam, karena dibagian ini kita menggunakan pot atau polybag tentu diperlukan media tanam sebagai pengisi wadah atau tempat tersebut.

Dalam persiapan media tanam diharapkan anda dapat menyiapkan beberapa bahan dan alat yang akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan bunga anggrek nantinya. Intinya persiapan media tanam ini bertujuan agar calon tanaman anggrek memperoleh tempat pertumbuhan yang baik dan sesuai, dari segi kesuburan tanah yang kaya akan unsur hara, tingkat keasaman tanah, tekstur tanah dan ketersediaan air.

Apa saja alat dan bahan yang perlu anda siapkan ? pertama anda perlu menyiapkan pot atau polybag diatas, setelah itu baru siapkan beberapa bahan tambahan seperti pecahan batu bata, media arang kayu, pupuk growmore yang mengantung nitrogen tinggi, kapur dolomit dan fungisida. Baca Juga Cara Menanam Sayuran Organik Step by Step

Proses Penanam Bibit atau Benih Anggrek

Tahap selanjutnya dari cara menanam anggrek adalah proses penanam, ditahap ini anda akan difokuskan pada pemindahan bibit atau benih yang sudah disiapkan sebelumnya. Proses pemindahan ini sering disebut dengan istilah aklimatisasi, berikut akan kami jelaskan tahap tahap proses pemindahan bibit atau benih bunga anggrek yaitu :

  • Hal pertama yang perlu anda siapkan adalah media semai yang diperoleh dari pencampuran antara tanah biasa, tanah humus dan pupuk kandang kering dengan perbandingan 3:11
  • Kemudian isi pot atau polybag yang sudah disiapkan, sebelum mengisi dengan media semai. Lakukan dulu pengisi pecahan batu dibagian dasar pot 1/3, kemudian dilanjut dengan pengisian media semai 2/3.
  • Beri sela dibagian permukaan pot atau polybag, bagian itu akan dilanjut dengan pengisian arang kayu.
  • Setelah semua tahap tersebut selesai, langkah selanjutnya adalah proses penanam bibit atau benih anggrek yang sebaiknya dilakukan pada waktu pagi atau sore hari.
  • Lakukan pemindahan bibit atau benih secara hati hati agar tidak merusak pertumbuhan akar bunga anggrek nantinya.
  • Sebelum melakukan penanaman, sebaiknya bibit atau benih anggrek direndam terlebih dulu menggunakan fungisida selama kurang lebih 20 menit.
  • Kemudian lakukan penanaman bibit atau benih anggrek kedalam pot atau polybag yang sudah disiapkan, lakukan secara hati hati agar tidak merusak bagian bagian dari bunga anggrek.

Proses Pemeliharaan dan Perawatan Anggrek

Dalam melakukan budidaya anggrek terdapat bagian penting lainnya yang perlu anda perhatikan apa itu ? proses pemeliharaan dan perawatan. Maka dari itu proses pemeliharaan dan perawatan masuk dalam salah satu tahap terpenting dari cara menanam anggrek. Bagaimana cara pemeliharaan dan perawatan bunga anggrek? Berikut akan kami jelaskan !!

Penyiraman

Dalam melakukan penyiraman tanaman anggrek dapat disesuaikan berdasarkan musim budidaya yang anda lakukan, contoh jika proses budidaya yang anda lakukan masuk musim penghujan sebaikanya volume penyiraman dikurangi. Namun jika proses budidaya anggrek yang anda lakukan sebaiknya proses penyiraman dilakukan secara rutin setiap pagi dan sore hari.

Tips dari kami ketika melakukan penyiraman sebaiknya menggunakan handsprayer, dengan menyemprot bagian media tanam anggrek dan sesekali penyemprot bagian daun dan batang tumbuh anggrek.

Penanggulangan Gulma

Ketika musim penghujan tiba masa pertumbuhan gulma menjadi lebih cepat, maka dari itu diperlukan penangggulangan lebih serius agar jumlah gulma tidak semakin banyak.

kita ketahui gulma merupakan salah satu musuh yang sering dihadapi para petani, gulma sering memberikan dampak negatif pada pertumbuhan anggrek kenapa?

karena lahan yang terdapat gulma akan mengalami pengurangan nutrisi sehingga asupan pakan dari tanaman tomat semakin sedikit, sehingga masa pertumbuhan anggrek melambat.

Proses Pemupukan

Tanaman anggrek sangat memerlukan tambahan nutrisi yang berguna sebagai penunjang pertumbuhan anggrek nantinya. Maka dari itu kami sangat menyarankan pada anda untuk melakukan peemberian pupuk tambahan.

Dalam melakukan proses pemupakn ditahap awal, sebaiknya anda menggunakan jenis pupuk cair daun karena dibagaian ini proses pemupukan dilakukan dengan cara menyemprot dibagian daun anggrek.

Lalu pastikan juga bahwa pupuk cair yang anda gunakan mengandung nitrogen tinggi, karena pada awal pertumbuhan anggrek kandungan nitrogen yang sangat dibutuhkan. Baca Juga Cara Menanam Buah Naga Di Bedengan dan Di Pot Untuk Pemula!

Proses Pengendalian Hama dan penyakit

Sama halnya dengan tanaman lain, anggrek juga memiliki banyak haters yang sering menyerang. Dari sekian banyak penyakit yang dapat timbul pada anggrek terdapat salah satu penyakit yang paling sering muncul yaitu pembusukan akar dan daun.

Hal ini sangat dipengaruhi oleh kondisi cuaca, karena jika budidaya anggrek yang anda lakukan masuk musim kemarau penyakit ini dapat diminimalisir, beda halnya jika budidaya anggrek yang anda lakukan masuk musim hujan maka tingkat terkena penyakit ini semakin tinggi.

Cara pengendalian penyakit ini harus dilakukan secara preventif dengan menyemprotkan fungisida dan bakterisida dibagian akar, batang dan daun anggek guna meminimalisir pertumbuhan jamur serta bakteri.

Proses Panen

Untuk tahap terakhir dari cara menanam anggrek adalah panen, ditahap ini pasti para petani sangat menunggu nunggu waktu ini tiba bukan? Secara umum bunga anggrek baru dapat berbunga setelah umur kurang lebih satu tahun, wah cukup lama ya !

Namun tidak menutup kemungkinan ada tanaman anggrek yang dapat berbunga lebih cepat ataupun lebih lama dari itu. Karena tanaman anggrek dapat berbunga lebih cepat atau lambat dipengaruhi oleh jenis atau varietas dan keseburan tanaman ini sendiri.

Cara Menanam Anggrek Di Bedengan

Tutorial selanjutnya yang akan kami berikan adalah cara menanam anggrek di bedengan, sebenarnya untuk memulai budidaya anggrek tahap tahapnya hampir sama hanya dibagian pemilihan tempat atau wadahnya saja yang berbeda. Capek bosq basa basi terus, langsung saja kita simak rangkumannya !!

Pemilihan Bibit Atau Benih

benih anggrek kompot
lcnursery.wordpress.com

Bagaiamana sudah ngertikan cara pemilihan atau benih anggrek dan varietas anggrek mana yang harusnya anda pilih? Kami akan jelaskan secara singkat lagi, dalam pemilihan bibit atau benih anggrek sebaiknya anda menggunakan bibit kompot karena memiliki beberapa keunggulan dibandingkan bibit atau benih lainnya. Kemudian untuk jenis atau varietas tanaman anggreknya, kami sarankan anda untuk menggunakan tanaman anggrek bulan karena memiliki masa pertumbuhan lebih cepat.

Pembuatan Bedengan

Untuk tahap kedua dari cara menanam anggrek di bedengan adalah pembuatan bedenganlah pie to mas !! haha, sebelum pembuatan bedengan terdapat beberapa hal yang perlu disiapkan yaitu pupuk kandang kering, pupuk kompos, tanah humus, pecahan batu bata kering, arang kayu dan kapur dolomit. Setelah semua bahan selesai lakukan tahap tahap pembuatan bedengan berikut ini !!

cara menanam anggrek di bedengan
anggrektanah
  • Pertama lakukan pengemburan terlebih dulu, tujuannya agar tanah menghasilkan tekstur lembut sehingga pertumbuhan akar tanaman anggrek dapat lebih mudah.
  • Kemudian lakukan pembuatan bedengan dengan ketinggian 30 senti meter, lebar dan panjang disesuaikan dengan luas lahan masing masing
  • Setelah itu lakukan pencampuran antara pupuk kandang kering dan pupuk NPK dengan perbandingan 3:1:1 secara merata
  • Lalu letakkan pecahan batu bata dibagian bawah tanah, dilanjut dengan campuran pupuk kandang kering dan pupuk NPK serta dibagian atas diletakkan arang kayu.
  • Pastikan bedengan yang anda siapkan memiliki drainase yang baik agar ketika masuk penghujam bedengan tidak tergenang air, karena dapat beresiko buruk pada keberhasilan budidaya anggrek anda nantinya.
  • Kemudian lakukan pengapuran guna menstabilkan kadar keasaman atau PH tanah, diamkan beberapa minggu sebelum ditanami anggrek.

Proses Penanaman Anggrek

Untuk tahap berikutnya dari cara menanam anggrek adalah proses penanaman, dalam melakukan penanaman sebaiknya dilakukan pada waktu pagi atau sore demi mengurangi resiko tanaman layu.

Lakukan pemindahan bibit atau benih secara hati hati agar tidak merusak pertumbuhan akar bunga anggrek nantinya. Sebelum melakukan penanaman, sebaiknya bibit atau benih anggrek direndam terlebih dulu menggunakan fungisida selama kurang lebih 20 menit.

Setelah melakukan penanaman beri tiang penyangga disamping tanaman anggrek yang berfungsi sebagai penyokong tanaman ini agar tidak mudah roboh.

Proses Pemeliharaan dan Perawatan

Sama halnya dengan budidaya anggrek di pot, melakukan budidaya anggrek di bedengan juga sangat meerlukan tahap pemeliharaan dan perawatan. Dalam melakukan pemeliharaan dan perawatnya pun hampir sama juga, yaitu

  • Penyiraman
  • Penanggulangan Gulma
  • Proses Pemupukan
  • Proses Pengendalian Hama dan penyakit

Proses Panen

Nah ini dia tahap panen, tahap yang sangat dinanti nanti oleh semua petani, karena dalam melakukan budidaya anggrek memakan waktu yang cukup lama. Tanaman anggrek baru dapat dipanen setelah umur kurang lebih satu tahun.

Demikian ulasan singkat tentang Cara Menanam Anggrek di pot dan bedengan, semoga sedikit pengetahuan kami dapat bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih atas perhatiaan dan selamat mencoba !! Baca Juga Cara Menanam Lidah Buaya Menggunakan Polybag dan Bedengan!