Cara Menanam Jagung Yang Baik dan Benar
Pertanian

Cara Menanam Jagung Yang Baik dan Benar

Cara Menanam Jagung Yang Baik dan Benar – Menurut para ahli jagung adalah tanaman biji-bijan yang berasal dari negara besar yaitu Amerika, namun mengalami peredaran yang cukup luas termasud Asia salah satunya Indonesia. Tanaman ini cukup populer dikalangan masyarakat Indonesia, penyebabnya karena jagung merupakan bahan pangan pokok kaya karbohidrat selain beras atau nasi. Selain itu karena nilai jualnya cukup terjangkau banyak masyarakat Indonesia lebih memilih mengkonsumsi jagung dibandingkan beras atau nasi.

Maka dari banyak sekali petani pemula yang ingin coba coba membudidayakan tanaman jagung, dengan keinginan dapat panen lalu memperoleh keuntungan yang besar. Namun bukanya memberi keuntungan malah buntung, hal tersebar yang menyebabkan petani Indonesia gagal adalah kurangnya pengetahuan dan hanya coba coba. Baca Juga Ciri ciri Tanaman Jagung (Akar, Batang, Daun,Tongkol) SawonBudidaya

Nah dari masalah itulah timbul idea SawonBudidaya ingin berbagi informasi mengenai Cara Menanam Jagung yang baik dan benar. Penasaran ? langsung saja kita simak sama sama rangkuman dibawah ini !! Baca Juga Cara Menanam Jagung Hibrida

Cara Menanam Jagung Yang Baik dan Benar

Dibawah ini akan kami jelaskan step by step cara menanam jagung yang baik dan benar, dimulai dari pemilihan bibit atau benih, pengolahan lahan, penanaman, pemeliharaan atau perawatan dan terakhir adalah proses panen. Yuk langsung saja kita simak rangkuman berikut ini !!

Pemilihan Bibit atau Benih

Sama halnya dengan budidaya tanaman lain, tahap pertama cara menanam jagung yang baik dan benar adalah pemilihan bibit atau benih. Kenapa ? karena umumnya bibit atau benih merupakan faktor terpeting dalam menentukan hasil panen nantinya. Meskipun anda berhasil melakukan budidaya jagung, namun kualitas bibit atau benih yang digunakan buruk apakah hasil panen jagung anda berkualitas baik? Tentu tidak bukan.

Nah maka dari itu sebaiknya gunakan bibit atau benih jagung yang memiliki kualitas benar benar baik, sehingga mampu menunjang budidaya jagung yang akan anda lakukan dan tentunya menghasilkan panen buah jagung berkualitas sehingga memperoleh untung yang besar. Baca Juga Cara Menanam Bawang Merah Di Bedengan

Loading...

Pengolahan Lahan Tanam

cara menanam jagung yang baik dan benar
sentrabudidaya.com

Untuk tahap selanjutnya dari cara menanam jagung yang baik dan benar adalah pengolahan lahan, tujuan dilakukan pengolahan lahan tanam adalah agar calon tanaman jagung yang akan anda gunakan memperoleh tempat yang layak dalam berkembang atau tumbuh baik dari segi kesuburan dan tekstur.

Dalam pengolahan lahan tanam jagung, anda hanya perlu melakukan pengemburan tanah dengan tujuan menghasilkan tanah dengan tekstur yang lembut sehingga akar akar muda dari tanaman jagung dapat berkembang biak dengan maksimal. Kemudian anda juga perlu membuat bedengan, tujuang dilakukan pembuatan bedengan agar lebih memudahkan anda dalam merawatn atau pengontrol pertumbuhan jagung. Selain itu pembuatan bedengan dilakukan agar lahan tersebut lebih terlihat rapi.

Lalu dalam pengolahan lahan selanjutnya adalah pembuatan drainase, tujuan dilakukan pembuatan drainase adalah agar lahan atau bedengan yang sudah anda buat memiliki pengairan yang baik sehingga ketika budidaya jagung yang anda lakukan masuk musim penghujan air tidak menggenangi lahan.

Selanjutnya adalah pemberian pupuk dan pengapuran, tujuan pemberian pupuk tentu agar tanah atau lahan yang akan anda gunakan memiliki kandungan unsur hara yang cukup sehingga mampu menutupi kebutuhan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman jagung nantinya. Terakhir adalah pengapuran, tujuan dari pengapuran agar tanah memiliki kadar keasaman atau ph yang stabil. Baca Juga Cara Menanam Bawang Merah Di Pot

Penanaman Jagung

Dalam melakukan penanam jagung sebaik dilakukan dengan teknik ditugal, dengan cara membuat lubang sedalam 2 sampai 3 senti meter. Setelah itu masukan 2 sampai 3 butir bibit atau benih jagung kedalam lubang, kemudian tutup lubang tersebut menggunakan pupuk kandang kering dan siram menggunakan air secukupnya.

Tujuan dilakukan pemberian pupuk kandang kering agar calon tanaman jagung hibrida memperoleh asupan unsur hara secara maksimal sedangkan tujuan dilakukan penyiraman agar calon tanaman jagung memperoleh air secara maksimal pula. Kedua bahan tersebut sangat dibutuhkan tanaman jagung dalam melakukan proses fotosintesis atau pemasakan makanan.

Kemudian hal lain yang perlu anda perhatikan adalah jarak antar calon tanaman jagung, sebaiknya tanaman jagung ditanam pada lubang yang memiliki jarak 60 sampai 80 senti meter disetiap lubangnya. Tujuan pemberian jarak agar calon tanaman jagung memperoleh asupan unsur hara dan air secara maksimal, selain itu jarak antar tanaman berfungsi sebagai pengatur jumlah jagung yang ditanam. Baca Juga Cara Menanam Tomat Di Bedengan

Proses Pemeliharaan Jagung

Untuk tahap selanjutnya dari cara menanam jagung adalah proses pemeliharaan, dalam proses pemeliharaan ada beberapa cara yang dapat anda lakukan yaitu penyulaman, penyiangan, penyiraman dan pemupukan. Berikut akan kami jelaskan!

Penyulaman  tanaman jagung

Penyulaman dilakukan pada tanaman jagung yang tidak memiliki masa pertumbuhan yang baik, maka perlu diganti oleh bibit atau benih jagung yang baru. Proses ini hanya dapat dilakukan pada tanaman jagung yang berumur 1 mingguan, jika sudah lebih maka proses penyulaman tidak dapat dilakukan.

Penyiangan

secara umum penyiangan dilakukan pada lahan atau tempat budidaya jagung  yang sudah banyak ditumbuhi gulma atau tumbuhan pengganggu yang dapat mengurangi asupan unsur hara yang diperoleh jagung.

Kapan proses penyiangan dapat dilakukan? Umumnya penyiangan dapat dilakukan setelah tanaman jagung berumur 2 mingguan, namun tidak menutup kemungkinan proses penyiangan dapat dilakukan lebih cepat ataupun lambat tergantung masa pertumbuhan gulam di lahan masing masing.

Penyiraman

Kita ketahui air merupakan salah satu bahan yang sangat dibutuhkan tanaman jagung untuk tumbuh, maka dari itu kebutuhan air harus selalu tercukupi guna memaksimalkan pertumbuhan jagung nantinya. Proses penyiraman harus dilakukan secara rutin ditambah proses budidaya yang anda lakukan masuk musim kemarau, beda halnya jika budidaya jagung yang anda lakukan masuk musim hujan sebaiknya volume penyiraman dikurangi.

Loading...

Pemupukan

Pemeliharaan tanaman jagung selanjutnya adalah pemupukan, dalam proses pemupukan anda dapat menggunakan dua jenis pupuk yaitu organik dan anorganik tergantung minat anda masing masing.

Intinya dalam proses pemupukan harus dilakukan dengan takaran sesuai, sehingga asupan unsur hara yang diperoleh tanaman jagung lebih optimal sehingga masa pertumbuhannya akan lebih cepat. Baca Juga Cara Menanam Cabe Rawit Di Bedengan Step by Step Untuk pemula!

Pembersihan Hama

Dalam melakukan budidaya jagung terdapat beberapa kendala yang akan anda hadapi salah satunya adalah serangan hama, ternyata  jagung sangat rentan terhadap serangan hama seperti Penggerek batang jagung (O. furnacalis), Ulat Tongkol (H. armigera), Kutu Daun (R. maidis), Belalang (Oxya spp.), dan Tikus (Rattus argentiventer). Untuk mengatasi semua hama anda dapat menggunakan fungisida.

Proses Panen

Tahap terakhir dari cara menanam jagung adalah proses panen, bagaimana senang bukan? Pasti tahap panen ini sangat dinanti nanti oleh kebanyak petani. Karena panen jagung baru dapat dilakukan setelah tanaman ini berumur 50 sejak awal penanaman bibit atau benih jagung. Baca Juga Cara Menanam Cabe Rawit Di Pot Step by Step Untuk Pemula !!

Demikian ulasan singkat ini tentang Cara Menanam Jangung Yang Baik dan Benar untuk pemula, semoga sedikit informasi dapat bermafaat untuk anda semua.  Terima kasih atas perhatiaannya dan selamat mencoba sendiri di rumah !! Simak Juga Cara Menanam Jagung Manis yang baik dan benar untuk pemula!

One Reply to “Cara Menanam Jagung Yang Baik dan Benar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *