Ciri ciri Pohon Jeruk dari Akar, Batang, Daun,Bunga, Buah dan Biji

Ciri ciri Pohon Jeruk – Secara umum pohon jeruk merupakan tanaman yang masuk dalam marga Citrus dan suku Rutaceace. Buahnya yang dihasilkan memiliki rasa manis dan asam segar tergantung varietasnya, rasa asam pada buah jeruk dihasilkan dari asam sitrat yang terdapat didalam buahnya.

Sebenarnya terdapat begitu banyak jenis atau verietas pohon jeruk dengan ciri khas masing masing, namun jika kita perhatikan secara garis besar dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun, bunga, buah dan biji hampir memiliki ciri ciri sama. Baca Juga Ciri ciri Pohon Rambutan dari Akar, Batang, Daun, Bunga, Buah dan Biji

Klasifikasi Ilmiah Pohon Jeruk

Ciri ciri Pohon Jeruk

Berikut akan kami jelaskan Ciri ciri Pohon Jeruk dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun, bunga, buah dan biji. Yuk langsung saja simak rangkuman SawonBudidaya dibawah ini!

Ciri ciri Akar Pohon Jeruk

Pohon jeruk memiliki akar tunggang dengan bentuk mengerucut, akar tumbuh kedalam tanah menuju inti bumi mencapai 4 meter demi mencari ketersediaan air dan unsur hara.

Akar tungang pada jambu tumbuh secara vertikal dan horizontal, sehingga memiliki kekuatan yang kokoh dalam menompang pohon jambu agar tetap tegak.

Warna dari akar jambu adalah putih kekuningan dan ditumbuhi rambut rambut akar dibagian ujungnya. Rambut akar ini berfungsi agar mempermudah pencarian sumber air dan unsur hara yang sulit dijangkau oleh akar primer atau tunggang. Baca Juga Jenis dan Ciri ciri Pohon Matoa Dari Akar, Batang, Daun dan Buah

Ciri ciri Batang Pohon Jeruk

Pohon jeruk memiliki bentuk batang bulat, dengan ukuran diameter beragam tergantung variteas jeruk  itu sendiri. Untuk panjang batang jeruk mencapai 10 sampai 15 meter, bahkan ada juga pohon jeruk dengan panjang batang 20 meter. Setiap batang akan ditumbuhi cabang cabang pohon, lalu cabang tersebut akan tumbuh rating dengan panjang berkisar antara 30 sampai 40 sentimeter.

Bagian kulit batang jerk memiliki warna coklat kehitaman dan kasar apabila diraba menggunakan tangan secara langsung. Umumnya batang jeruk mengandung serat kayu tinggi, sehingga sangat kokoh dan kuat.

Dari serat kayu tinggi tersebut menjadikan batang pohon jeruk berfungsi sebagai penompang pohon durian agar tetap berdiri kokoh dalam kondisi buruk sekalipun. Selain itu batang jeruk juga memiliki peran atau fungsi penting dalam proses fotosintesis.

Loading...

Karena didalam batang jeruk mengandung dua pembuluh yang berfungsi sebagai pengangkut air dan unsur hara yang diperoleh dari akar untuk dibawa ke daun sebagai bahan fotosintesis dan berfungsi sebagai pengantar hasil fotosintesis, dari daun untuk diantarkan seluruh organ pohon durian. Baca Juga Ciri ciri Pohon Sukun Dari Akar, Batang, Daun dan Buah

Ciri ciri Daun Jeruk

Umumnya daun pohon jeruk memiliki bentuk oval memanjang dengan bagian ujung lancip, Ukuran panjang durian memiliki panjang mencapai 12 sampai 16 sentimeter, dengan lebar 3 sampai 4,2 sentimeter. Untuk ukuran panjang tangkai durian berkisar antara 1 sampai 11/2 sentimeter.

Pohon jeruk menghasilkan daun pada satu ranting mencapai 21 sampai 30 helai daun, daun jeruk sendiri jika diraba bagian permukaan bawah daun akan lebih halus dibanding bagian permukaan atas daun.

Fungsi daun pada pohon jeruk hampir sama dengan fungsi pohon lainnya, yaitu sebagai tempat terjadinya fotosintesis, sebagai alat pernafasan dan tempat penguapan air. Baca Juga Jenis dan Ciri ciri Pohon Apel dari Akar, Batang, Daun, Bunga dan Buah

Ciri ciri Bunga Jeruk

Pohon jeruk akan ditumbuhi bunga setelah cukup umur, biasanya bunga akan tumbuh didaerah pangkal cabang tua. Panjang tangkai bunga mencapai 20 sampai 30 sentimeter, dengan jumlah bunga beragam ada yang berjumlah 10 bahkan lebih.

Pohon jeruk menghasilkan jenis bunga majemuk atau sempurna, artinya bunga yang memiliki dua alat kelamin pada satu tangkai bunganya yaitu benang sari sebagai alat kelamin jantan dan putik sebagai alat kelamin betina.

Pada setiap bunga jeruk memiliki 4 sampai 5 helai kelopak berwarna putih, lalu dibagian tengah bunga terdapat mahkota berwarna kuning. Umumnya bunga jeruk berfungsi sebagai penarik perhatiaan serangga agar dapat membantu proses penyerbukan. Baca Juga Jenis dan Ciri ciri Pohon Belimbing Dari Akar, Batang, Daun dan Buah

Ciri ciri Buah Pohon Jeruk

ciri ciri buah pohon jeruk
http://www.lintaspublik.com

Pohon jeruk mengghasilkan buah dengan bentuk bulat berdiameter beragam tergantung jenis atau varietasnya. Buah ini diselimuti kulit yang tebal berwarna hijau dan kuning, pada jenis jeruk manis biasanya memiliki warna kulit kuning untuk buah yang sudah masak dan kulit hijau untuk buah yang masih mentah. Baca Juga Jenis dan Ciri ciri Pohon Nangka Dari Akar, Batang, Daun, Buah dan Biji

Ciri ciri Biji Jeruk

Pohon jeruk termasuk jenis tanaman dikotil sehingga memiliki biji berkeping dua, umumnya biji jeruk memiliki bentuk bulat dan terdapat pentolan lancip dibagian atasnya. Biji ini diselimuti kulit tipis berwarna kuning pucat, lalu biji bagian dalamnya berwarna hijau tua. Baca Juga Jenis dan Ciri ciri Pohon Durian Berserta Manfaatnya

Syarat Tumbuh Pohon Jeruk

Selanjutnya kami juga akan membahas beberapa Syarat tumbuh pohon jeruk dari jenis iklim, jenis tanah dan ketinggian lahan. langsung saja perhatikan penjelasan berikut ini!

Jenis Iklim

Pohon jeruk akan tumbuh dengan subur pada daerah yang memiliki volume angin mencapai 40 sampai 48 persen. Lalu sebaiknya daerah yang pilih mengalami 5 sampai 6 bulan basah dalam setahun, dengan tujuan agar saat pohon jeruk berbunga bunganya tetap lembab. Selain itu pastikan juga suhu atau temperatur daerah mencapai 25 sampai 30 derajat celcius, dengan tingkat kelembaban mencapai 70 sampai 80 persen.

Jenis Tanah

Untuk memulai budidaya jeruk tentu pemilihan jenis tanah termaksud salah satu hal terpenting yang perlu anda lakukan bukan? Lalu jenis tanah seperti apa yang cocok untuk budidaya jeruk? Pohon jeruk dapat tumbuh dengan subur apabila ditanam pada daerah memiliki jenis tanah Andosol dan Latosol, dengan kadar keasaman mencapai 5,5 sampai 6,5 Ph.

Ketinggian Lahan

Sebenarnya pohon jeruk dapat tumbuh di dataran rendah ataupun dataran tinggi, tergantung varietas atau jenis jeruknya sendirinya. Secara garis besar jeruk dapat tumbuh pada ketinggian 1 sampai 1000 meter diataspermukaan laut.

Sekian informasi dari kami mengenai Ciri ciri Pohon Jeruk dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun, bunga, buah dan biji. Semoga sedikit pengetahuan ini dapat bermanfaat untuk kita semua, kami ucapkan banyak terima kasih atas perhatiaannya. Baca Juga Ciri ciri Pohon Jambu Beserta Jenis dan Manfaatnya Lengkap!