Pertanian

Ciri ciri Pohon Beringin dari Akar, Batang, Daun, Bunga,Buah dan Biji

Ciri ciri Pohon Beringin – Secara umum pohon beringin adalah sejenis tanaman yang memiliki daun rindang dan memiliki akar yang menggelantung. Pohon beringin sangat menyukai daerah yang memiliki tingkat kelembaban tinggi dan ditumbuhi bunga tunggal serta buah buni. Nama latin Beringin adalah Ficus benjamina.

Klasifikasi Ilmiah Pohon Beringin

[supsystic-tables id=35]

Ciri ciri Pohon Beringin

Berikut akan kami jelaskan Ciri ciri Pohon Beringin dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun, bunga, buah dan biji. Yuk langsung saja simak rangkuman SawonBudidaya dibawah ini!

ciri ciri pohon beringin
Ciri ciri Pohon Beringin

Ciri ciri Akar Pohon Beringin

Hal unik dari pohon beringin adalah cara pertumbuhan akarnya, kalau kebanyak jenis pohon lain seperti mangga, apel dan ketapang memiliki akar yang tumbuh dari pangkal batang dan memiliki akar primer serta sekunder. Beda halnya dengan pohon beringin kenapa?

Karena pohon beringin memiliki akar yang tumbuh pada batang bagian tengah dan menggelantung hampir diseluruh bagian batang beringin. Jenis akar beringing adalah tunggang, awalnya akar tunggang beringin akan tumbuh penggelatung kemudian lama kelamaan akar tersebut akar menyentuh permukaan tanah dan masuk kedalam tanah.

Baca Juga

Setelah akar tunggang beringin tumbuh didaerah permukaan tanah dan bawah tanah, barulah akar ini akan berfungsi sebagai pencari sumber air serta unsur hara didalam tanah guna membantu proses fotosintesis yang akan terjadi didaun.

Selain itu akar pada bagian atas beringin berfungsi sebagai penyerap udara dan penyokong tanaman ini agar tidak mudah roboh dalam kondisi buruk sekalipun.

Ciri ciri Batang Pohon Beringin

Umumnya batang beringin memiliki bentuk bulat memanjang dengan diameter mencapai 2 meter dan tinggia 25 meter, tergantung kesuburan pohon beringin itu sendiri. Bagian permukaan batang diselimuti kulit kasar berwarna coklat kehitaman yang berfungsi sebagai pelindung bagian dalam batang.

Batang beringin ditumbuh beberapa cabang dibagian atasnya, kemudian akan disusul dengan pertumbuhan ranting ranting dengan fungsi sebagai tempat tumbuhnya tangkai daun, helai daun, tangkai bunga, bunga, tangkai buah dan buah.

Selain itu terdapat beberapa fungsi lain dari batang beringing yang tidak kalah penting, apa sajakah itu ? batang beringin berfungsi sebagai penompang tanaman ini agar mampu berdiri kokoh dan memiliki peran penting dalam proses fotosintesis karena terdapat pembuluh yang akan berguna dalam mengangkut bahan fotosintesis dan mengantar hasil fotosintesis.

Ciri ciri Daun Pohon Beringin

Pohon beringin akan menghasilkan daun tunggal, artinya jenis daun yang tumbuh pada satu tangkai dengan jumlah satu helai saja. Daun beringin berbentuk bulat dan lonjong dengan warna hijau, umumnya daun ini akan memiliki panjang mencapai 3 hingga 6 senti meter.

Dibagian pangkal daun ujung daun lancip atau runcing, kemudian untuk bagian pinggir daun rata dan tersusun secara berselang seling berhadapan. Lalu daun ini memiliki indukan tulang yang berada ditengah dan urat halus yang tidak beraturan, hampir sama dengan daun pohon gaharu dan manggis.

Secara umum terdapat beberapa fungsi dari daun beringin yaitu sebagai tempat terjadinya fotosintesis atau pemasakan makanan, sebagai tempat penguapan air atau transpirasi guna mengurangi kadar air yang berlebih didalam beringin dan sebagai tempat pertukaran udara antara Co2 dan O2 atau alat pernafasan yang terjadi pada stomata.

Baca Juga 

Ciri ciri Bunga Beringin

Setelah pohon beringin cukup umur akan dilanjut dengan fase pembentukan bunga, umumnya bunga beringin akan tumbuh dibagian ketiak daun. Pohon beringin menghasilkan jenis bunga tunggal, artinya jenis bunga yang tumbuh pada satu tangkai hanya satu bunga saja.

Kemudian bunga beringin memiliki bentuk corong dengan warna kuning kehijauan, dibagian dalam bunga terdapat dua alat kelamin yaitu benang sari sebagai kelamin jantan dan putik sebagai kelamin betina.

Bunga pada pohon beringing berfungsi sebagai penarik perhatiaan sarangga agar dapat membatu proses penyerbukan sehingga akan terbentuk buah didalam ovarium. Selain serangga proses penyerbukan dapat dibantu oleh angin, intinya sari dari benang sari dapat terkena dibagian putik bunga.

Ciri ciri Buah dan Biji Beringin

Secara umum beringin menghasilkan jenis buah buni, artinya buah yang memiliki daging buah tebal dan dihasilkan dari jenis bunga tunggal pada bagian ovarium. Buah ini memiliki bentuk bulat dengan panjang berkisar antara ½ sampai 1 senti meter.

Untuk buah beringin yang masih muda akan memiliki warna kulit hijau, lalu untuk buah yang setengah tua atau mengkal akan memiliki kulit berwarna kuning dan untuk buah yang sudah benar benar tua atau masak akan memiliki kulit berwarna merah.

Pada bagian dalam buah akan terdapat biji dengan bentuk lonjong dan pipih berwarna kehitaman untuk biji yang sudah tua sedangkan biji yang masih muda berwarna kuning pucat, biji ini berfungsi sebagai alat kembang biak pohon beringin nantinya.

Sekian informasi dari kami mengenai Ciri ciri Pohon Beringin dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun, bunga, buah dan biji. Semoga pengetahuan kami dapat bermanfaat untuk kita semua!

2 pemikiran pada “Ciri ciri Pohon Beringin dari Akar, Batang, Daun, Bunga,Buah dan Biji

Tinggalkan Balasan