Makanan Ikan Nila Mengandung Gizi Tinggi Agar Cepat Besar!

Makanan Ikan Nila – Nila merupakan ikan yang mampu bertahan hidup di air tawar, ikan nila berasal dari benua Afrika bagian timur ditemukan pada tahun 1969.  Di Indonesia perkembangan budidaya nila meningkat drastis baik dari segi teknologi dan teknik pemasarannya, hal ini tidak terlepas dari kebutuhan ikan nila semakin tinggi dan harga jual ikan tersebut cukup terjangkau.

Bagi peternak ikan nila awam, biaya pakan merupakan hambatan terbesar mereka. Kita ketahui pellet yang menjadi pakan pokok dari nila dijual dengan harga yang mahal. Maka dari itu banyak sekali orang yang takut memulai budidaya nila karena harga jual pakan mahal dan perawatan nila yang sulit.

Namun anda tidak perlu khawatir karena disini kami akan berbagi informasi mengenai Makanan Ikan Nila, dari pakan pokok, pakan alternative dan cara pembuatan pakan ikan nila sendiri sehingga mampu meminimalisir pengeluaran biaya.

Klasifikasi Ilmiah Ikan Nila

Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Osteichtyes
Ordo: Perciformes
Famili: Cichlidae
Genus: Oreochromis
Spesies: Oreochromis niloticus

Syarat Makanan Ikan Nila

Untuk pemberian pakan nila agar tumbuh dengan maksimal diperlukan jenis makanan yang mengandung gizi serta protein tinggi. Selain itu pakan ikan nila juga perlu mengandung vitamin guna meningkatkan kualitas ikan, mempercepat pertumbuhan dan menambah imun atau kekebalan ikan nila nantinya.

Pakan yang mengandung protein tinggi berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan ikan nila. Sedangkan vitamin berfungsi dalam menambah imun atau system kekebalan tubuh pada ikan nila, sehingga nila dapat kebal terhadap serangan penyakit. Ternyata makanan ikan nila yang mengandung kalsium tinggi juga sangat baik untuk menjaga serta memperkuat pertumbuhan tulang belakang ikan nila.

Tingkat kebutuhan protein ikan nila mencapai 8,3-9,3 protein, selain itu ikan nila juga membutuhkan pakan yang mengandung karbohidrat tinggi guna memberi tenaga ikan untuk bergerak aktif. Hal lain yang perlu anda perhatikan adalah kandungan lemak didalam pakan ikan nila, lemak berfungsi sebagai peningkat pertumbuhan ikan nila nantinya.

Makanan Ikan Nila

Berikut akan kami jelaskan beberapa Makanan Ikan Nila, dari yang alternative, buatan dan alami. Yuk langsung saja simak rangkuman SawonBudidaya dibawah ini!

Makanan Alternative Ikan Nila

Dibawah ini kami akan menjelaskan jenis makanan alternative untuk ikan nila, dengan tujuan mengurangi biaya pakan tanpa harus mengungari asupan gizi yang diperoleh ikan nila nantinya.

Cacing Tanah

Cacing Tanah
Cacing Tanah

Salah satu makanan ikan nila adalah cacing, hal ini tidak terlepas dari sifat asli ikan nila yaitu pemakanan segalanya atau omnivora. Ternyata pemberian cacing tanah banyak memberikan manfaat pada ikan nila, terutama pada masa pertumbuhan ikan nila.

Loading...

Kandungan protein yang tinggi memjadikan cacing sebagai salah satu makanan ikan nila terbaik, guna mempercepat pertumbuhan ikan nantinya. Untuk memperoleh cacing tanah cukup mudah, anda bisa mencarinya didalam tanah menggunakan cangkul atau alat sejenisnya. Jika tidak ingin repot, anda bisa membelinya di pasar hewan terdekat.

Setelah anda mendapatkan cacing tanah bersihkan terlebih dulu cacing sebelum dijadikan pakan ikan nila, agar ikan nila terbebas dari penyakit atau virus yang dibawa oleh cacing.

Cacing Sutera

Cacing Sutera
Cacing Sutera

Perbedaan dari cacing sutera dan cacing tanah terletak pada habitat tempat tinggalnya, kalau cacing tanah lebih dominan hidup didalam tanah atau selokan sampah. Beda halnya dengan cacing sutera yang dominan hidup di perairan kotor atau genangan air.

Untuk ciri fisiknya pun berbeda, cacing tanah memiliki ukuran tubuh lebih besar dibandingkan cacing sutera. Namun untuk segi kandungan gizi cacing tanah dan cacing sutera memiliki protein hampir sama sehingga baik untuk dijadikan makanan ikan nila.

Sayangnya cacing sutera sering membawa penyakit, maka dari itu perlu perlakuan khusus agar cacing sutera bersih dari penyakit. Caranya! anda cukup merendam cacing sutera dengan air bersih selama tiga hari berturut turut, hal ini bertujuan agar cacing sutera bersih dari penyakit sehingga aman dijadikan pakan ikan nila.

Roti

makanan ikan nila berupa roti
Roti

Makanan ikan nila selanjutnya adalah roti, secara umum roti mengandung karbohidrat tinggi sehingga mampu membentuk energi didalam ikan nila. Agar ikan nila mengalami metabolisme secara optimal pemberian pakan roti merupakan salah satu solusi terbaik, dengan pemilihan roti yang terbaik.

Dalam pemilihan roti sebaiknya, pilih roti yang berbahan dasar dari tepung terigu, ragi, garam gula, lemak dan susu bubuk. Selain pemilihan roti yang tepat anda juga perlu memperhatikan takaran pemberian pakan ikan nila, karena apa? pemberian pakan menggunakan roti pada ikan nila secara berlebihan akan menurunkan kinerja hati dalam menyimpan glikogen.

Bekicot

makanan ikan nila
Bekicot

Pemberian makanan ikan nila menggunakan bekicot memiliki keunggulan dari kandungan gizinya, ikan nila yang diberikan pakan menggunakan bekicot mampu tumbuh lebih cepat dibandingkan ikan nila yang tidak diberi pakan bekicot.

Hal ini tidak terlepas dari kandungan gizi lengkap pada bekicot, selain itu dari segi harganya bekicot dapat diperoleh dengan harga yang murah bahkan gratis.

Azolla Pinnata

Azolla merupakan salah satu pakan alternative bagi ikan nila, dengan kulit luar berwarna hijau yang dapat terapung diatas air. Tumbuhan azolla memiliki ukuran berkisar antara satu sampai empat sentimeter, Habitat alami dari azolla adalah sungai, sawah dan rawa rawa yang merupakan tempat tinggal asli ikan nila.

Kandungan protein didalam azolla cukup tinggi mencapai 31 persen, sehingga mampu memenuhi kebutuhan protein ikan nila secara maksimal. Pemberian pakan azolla sebaiknya jangan terlalu berlebihan, anda cukup memberi pakan sebanyak 10 persen saja sehingga ikan nila mampu menghasilkan bobot ideal.

Cara pemberian pakan nila dengan azolla dapat diberikan dalam bentuk kering maupun basah. Namun, pada azolla basah mengandungan protein lebih rendah dibandingkan azolla kering. Saran dari kami, sebaiknya anda menggunakan azolla kering saja. Tentunya karena kandungan protein Azolla kering lebih tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan protein pada ikan nila, dengan begitu masa pertumbuhan ikan nila dapat lebih cepat. Simak Juga Tips Pemeliharaan dan Makanan Ikan Arwana Agar Warna kulit Indah

Wolffia

Tanaman wolffia juga bisa dijadikan makanan alternative ikan nila, tanaman wolffia ini tumbuh diatas air, wolffia ini termaksud tanaman berbuga sangat kecil dan memiliki warna dau hijau.

Mengingat tanaman wolffia dengan ukururan bunga yang sangat kecil tentunya hal ini sangat cocok untuk pertumbuhan benih ikan nila, karena benih ikan tidak mampu memakan pakan yang besar.

Kandungan protein wolffia cukup tinggi serta memiliki serat rendah hal ini baik untuk pencernaan ikan nila, kandungan  protein wolffia yaitu 40 persen, didalam kandungan wolffia hampir setara pada kandungan kedelai. Simak Juga Makanan Ikan Koi Beserta Penjelasan Cara Meningkatkan Kualitas Warna!

Daun Talas

Siapa sih yang tidak mengenal daun talas? tentunya daun talas memiliki kandungan serta protein yang cukup tinggi, daun talas sendiri memiliki daun berwarna hijau serta batangnya yang tidak terlalu besar . Ternyata daun talas bisa dijadikan makanan alternative bagi ikan nila, Daun talas dipercaya dapat mempertambah bobot ikan nila.

Cara pemberian jenis pakan ini cukup mudah, anda perlu melakukan potong daun dengan ukuran kecil hal ini bertujuan supaya ikan nila dapat dengan mudah memakannya. Dan saat pemberian pakan dengan daun talas  jangan terlalu berlebihan karena apa? 

Jika berlebihan takutnya pakan yang tersisa mengakibatkan pembusukan didalam kolam sehingga kolam menjadi kotor serta bisa menimbulkan masalah lain. Daun talas ini sangat mudah ditanam, jika anda ingin menanamnya sebagai pakan ikan nila bisa dilakukan pada tanah lembab atau tanam dipersawahan.Simak Juga Pakan Ikan Lele Agar Cepat Besar dan Cara Membuat Pakan Sendiri !!

Nasi Aking

nasi aking
Nasi Aking

Ternyata ikan nila memiliki sifat alami yaitu omnivora atau pemakan segalanya. Nah salah satu makanan ikan nila itu adalah nasi aking atau nasi kering.

Untuk kandungan didalam nasi aking sendiri kaya akan karbohidrat, sehingga baik dalam membentuk tenaga untuk ikan nila. Pengolahan nasi aking sendiri cukup mudah, anda dapat merendam nasi aking terlebih dulu menggunakan air biasa.

Tahap ini bertujuan agar nasi memiliki tekstur lembut dan lunak, setelah itu anda bisa menggunakan nasi aking sebagai makanan alternative ikan nila. Pemilihan nasi aking sebagai sumber karbohidrat ikan nila sangat tepat, mengingat harga beli beras yang terlalu mahal.

Kroto

makanan ikan nila
Kroto

Makanan ikan nila selanjutnya adalah keroto, siapa sih yang tidak kenal kroto? Ditambah lagi kroto sering dijadikan umpan memacing segala jenis ikan sehingga menambah populeritasnya.

Didunia peternakan pun kroto sering digunakan sebagai pakan ikan, seperti ikan nila dan jenis ikan lainnya. Hal ini tidak terlepas dari kandungan protein tinggi dalam kroto sehingga baik untuk masa pertumbuhan ikan nila.

Untuk memperoleh kroto cukup, karena sudah banyak pembudidaya kroto dan dijual dengan harga terjangkau. Namun jika anda tidak ingin mengeluarkan biaya untuk membeli kroto, anda bisa mencarinya sendiri. Biasanya kroto terdapat di daun daun tumbuhan yang merupakan dari rang rang.

Untuk pemberian pakan kroto cukup mudah, anda bisa menambahkan kroto dengan pellet lalu ditaburkan kedalam kolam ikan nila atau bisa menggunakan kroto saja.

Ulat Daun Pisang

Ulat Daun Pisang
Ulat Daun Pisang

Pada petani pisang ulat daun merupakan hama yang sering meresahkan, namun bagi peternak ulat daun pisang malah digunakan sebagai pakan alternative ikan nila. Hal ini tidak terlepas dari kandungan gizi kompleks didalam ulat yang mampu memenuhi kebutuhan gizi ikan nila, agar tumbuh secara optimal.

Untuk memperoleh ulat daun pisang pun cukup mudah, anda bisa mencarinya di kebun pisang sekitar rumah anda. Biasanya ulat ini bersarang didaun pisang dengan cara menggulung sebagian daun pisang jadi cukup mudah untuk dicari sendiri. Simak Juga Tips Pemeliharan dan Makanan Ikan Mas Agar Tumbuh Dengan Cepat

Sayuran

makanan ikan nila
Sayuran Hijau

Kita ketahui ikan nila termaksud hewan omnivora atau pemakan segalanya, maka dari itu makanan ikan nila selanjutnya bisa berupa sayuran.

Untuk memperoleh sayuran pun cukup mudah, anda bisa membelinya di pasar tradisionl terdekat. Biasanya sayuran segar dijual dengan harga lebih tinggi dibandingkan sayuran sisa.

Saran dari kami sih anda sebaiknya menggunakan sayuran segar saja guna menjaga kesehatan ikan nila dan kualitasnya. Baca Juga Tips Perawatan dan Makanan Ikan Cupang Mengandung Gizi Tinggi

Sekam Padi

makanan ikan nila
Sekam Padi

Dalam pemberian pakan ikan nila menggunakan sekam padi, anda perlu melakukan beberapa tahap terlebih dulu.

Siapkan sekam padi yang sudah anda peroleh, lalu campur dengan kotoran sapi, tetesan tebu, tepung ikan dan arang kelapa.

Setelah tahap tersebut selesai, anda baru dapat menggunanya sebagai makanan ikan nila. Untuk kandungan gizinya anda tidak perlu khawatir, karena dengan tambahan beberapa bahan tersebut pakan sekam padi memiliki kandungan gizi yang cukup kompleks.

Udang

Udang
Udang

Secara umum udang merupakan pakan alami dari ikan nila, manfaat dari pemberian udang sebagai pakan ikan mas adalah mampu meningkatkan pigmen warna sisik ikan.

Jika ikan nila mengalami kekurangan pigmen warna akan beresiko mengalami perubahan warna atau lebih parahnya menderita penyakit albino.

Salmon

makanan ikan nila
Ikan Salmon

Makanan ikan nila selanjutnya adalah salmon, sama halnya dengan gangang hijau salmon juga mengandung karoten tinggi guna menjaga warna sisik agar tetap cerah dan cantik.

Selain mengandung karoten tinggi, salmo juga mengandung nutrisi yang baik untuk menunjang pertumbuhan ikan mas secara optimal. Baca Juga Tips Perawatan dan makanan Ikan gabus Mengandung Gizi Tinggi

Kuning Telur

makanan ikan nila
Kuning Telur

Keunggulan dari makanan ikan nila berupa kuning telur terletak pada kandungan gizi kompleks yang berguna untuk meningkatkan pertumbuhan benih ikan gurame.

Sedangkan kelemahannya adalah air kolam akan cepat keruh, maka dari itu perlu dilakukan takaran yang tepat sebelum melakukan pemberian pakan ikan nila agar dapat mengurangi tingkat keruh air kolam.

Selain takaran yang tepat, kami juga menyarankan pada anda untuk memberikan pakan berupa kuning telur yang sudah dimasak atau direbus terlebih dulu.

Makanan Ikan Nila Buatan

Pakan buatan bertujuan agar proses pemberian pakan lebih efektif, selain itu dengan pemberian pakan ini diharapkan ikan nila memperoleh kandungan gizi kompleks guna mempercepat pertumbuhan ikan nila nantinya.

Untuk pakan ikan nila dianjurkan mengandungan berbagai macam gizi yang baik untuk ikan mas diantaranya  asam amino esensial, lemak, vitamin, kabohidrat serta mineral.

Namun terdapat beberapa hal lain yang perlu anda perhatikan yaitu tingkat kebutuhan gizi setiap ikan nila.

Kenapa begitu? Karena kebutuhan gizi ikan nila memiliki perbedaan didasari oleh tempat atau lokasi budidaya da ukuran ikan nila itu sendiri.

Dibawah ini akan kami jelaskan makanan ikan mas buatan pada setiap ukuran ikan nila.

EMULSI

Untuk jenis makanan ikan  nila buatan pertama adalah emulsi, untuk pakan ini lebih sering diberikan pada ikan nila berumur 5 sampai 11 hari.

Dalam pembuatan jenis pakan ini diperlukan beberapa bahan diantaranya kuning telur ayam, tepung kedelai, tepung sagu, dan vitamin 1g,dengan perbandingan 1 : 1.

Pellet Giling

makanan ikan nila
Pellet Giling

Untuk jenis makanan ikan nila selanjutnya adalah Pellet Remah atau Giling, anda bisa menggunakan pellet apung ataupun pellet tenggelam.

Hal penting yang harus diperhatikan adalah tahap pengolahan pellet, karena untuk setiap ikan nila membutuhkan ukuran pellet berbeda.

Pad ikan nila yang berumur 21 sampai 80 hari lebih baik menggunakan pellet yang sudah masuk tahap penghalusan.

Namun untuk ikan nila yang memiliki umur lebih dari 80 hari, kami lebih menyarankan anda menggunakan pellet yang di giling kasar. Baca Juga
Tips Perawatan dan Makanan Ikan Louhan Mengandung Gizi Tinggi!

Makanan Ikan Nila Alami

Selanjutnya adalah makanan ikan nila alami berupa plankton nabati dan plankton hewani, penasaran? Langsung saja perhatikan penjelasan berikut ini!

makanan ikan nila
Plankton Alami

Plankton Nabati

Secara umum memiliki arti yaitu, tumbuhan yang hidup mengapung dengan ukuran yang sangat kecil sehingga tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Ternyata plankton nabati merupakan pakan makanan ikan nila alami, dibawah akan kami jelaskan jenis jenis plankton nabati tersebut.

Jenis jenis Plankton Nabati :

Diatomae

Ciri khas dari plankton ini terletak pada jumlah sel dan bentuknya, umumnya diatomae memiliki sel tunggal dengan bentuk fisik silinder dan lonjong.

Kandungan gizi pada plankton ini sangat tinggi, sehingga baik bila dikonsumsi ikan nila. Tingkat kandungannya meliputi protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral yang akan berguna untuk menunjang masa pertumbuhan ikan nila secara optimal.

Chlorella

Warna dari ganggang ini adalah hijau dan memiliki jumlah sel satu atau tunggal, jenis pakan ikan nila alami ini sangat baik diberikan pada benih nila.

Spirulina

Ciri khusus dari gangang satu ini terletak pada warna tubuhnya dan bentuknya, warnanya hijau kebiruan dengan bentuk spiral.

Tetraselmis

Jenis ganggang ini memiliki warna hijau pecat, hal ini diakibatkan oleh kandungan klorofil yang tinggi. selain itu gangang ini juga bisa melakukan proses fotosintesis atau pemasakan makanan.

Kandungan yang terdapat pada ganggang ini meliputi protein, karbohidat, lemak, vitamin dan mineral. Sehingga baik sebagai makanan alami mas dalam menunjang pertumbuh benih nila secara maksimal.

Plankton Hewani

Sama halnya dengan plankton nabati, plankton hewani juga termaksud dalam makanan ikan nila alami. Perbedaanya terletak pada jenis nabati adalah tumbuhan maka hewani adalah hewan.

Jenis jenis plankton hewani:

Brachionus sp

Tingkat kandungan proteinnya sangat tinggi mencapai 57 persen sehingga baik dalam menunjang pertumbuh benih ikan nila nantinya.

Pemberian pakan alami sebaiknya diberi pada benih nila yang sudah berumur kurang dari tujuh hari, untuk hasil ternak optimal.

Infusoria

Plankton ini memiliki ciri khusus yaitu, warnanya putih layaknya susu. Ukuran plankton ini sangat kecil hanya mencapai 1 sampai 11/2 cm.

Sekian informasi dari kami mengenai Makanan Ikan Nila dari alternative, buatan dan alami. Semoga sedikit pengetahuan dari kami dapat bermanfaat untuk semuanya dan kami mengucapkan terima kasih atas perhatiannya. Artikel Terkait Panduan Ternak Ikan Nila Yang Baik dan Benar Untuk Pemula!