Tips Perawatan dan Makanan Ikan Louhan Mengandung Gizi Tinggi!

Makanan Ikan Louhan – Ikan louhan adalah salah ikan hias yang cukup populer dikalangan penggemar ikan didalam akuarium seperti Arwana. Hal yang menjadi daya tarik ini ini adalah warna sisik ikan indah berasa hidup dan benjolan dikening kepala dengan bentuk khas berjuluk.

Secara umum ikan ini memiliki habitat asli di Malaysia dan Taiwan, karena perkembangan zaman ikan louhan sudah dapat ditemui hampir diseluruh dunia seperti Indonesia.

Di Indonesia sendiri banyak sekali penggemar ikan louhan dan mau membeli ikan ini dengan harga yang fantastik. Maka dari itu banyak sekali peternak ikan louhan yang melakukan pengembangan guna meningkat hasil panen ikan louhan dengan modal kecil.

Kenapa bisa begitu? Padahal harga pakan ikan ini sangat tinggi, jadi bagaimana para peternak ikan louhan mampu meminimalisir biaya pakan? Kini sudah banyak artikel yang membahas Makanan Ikan Louhan alternative, seperti tulisan saya ini.

Tujuan pemberian pakan alternative adalah meminimalisir biaya pakan tanpa harus mengurangi asupan gizi yang diperoleh ikan louhan. Langsung saja kita membahas apa saja Makanan Ikan Louhan yang mampu meningkat masa pertumbuhan dan memperindah warna sisik dengan biaya minim.

Klasifikasi Ilmiah Ikan Louhan

Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Perciformes
Famili: Cichlidae
Genus: Amphilophus
Spesies: A. trimaculatus

Makanan Ikan Louhan

Berikut akan kami jelaskan beberapa jenis Makanan Ikan Louhan yang mampu mengingkatkan masa pertumbuhan dan meningkatkan keindahan warna kulit ikan ini. Yuk langsung saja kita simak rangkuman SawonBudidaya dibawah ini!

Keong

Makanan ikan louhan
Keong Sawah

Ikan Louhan merupakan salah satu jenis ikan air tawar, baik itu di sungai, sawah ataupun rawa rawa kecil. Di habitat aslinya ikan louhan adalah ikan predator yang sering memakan ikan lainnya.

Selain memakan jenis ikan lain, ternyata ikan louhan sering mengkonsumsi keong sebagai salah satu pakan favoritnya. Maka dari itu kami menyarankan pada anda yang sedang melakukan budidaya ikan louhan, untuk mencoba memberi pakan berupa keong pada ikan ini.

Kami pastikan ikan louhan akan menyukai pakan berupa keong tersebut, untuk masalah kandungan gizi didalam keong anda tidak perlu khawatir.

Loading...

Karena keong mengandung protein tinggi, sehingga baik untuk mempercepat pertumbuhan ikan louhan nantinya. Bagaimana tertarik menggunakan keong sebagai makanan ikan louhan ?

Jika anda merasa tertarik, kami akan memberikan penjelasan mengenai cara pemberian pakan menggunakan keong sebagai berikut.

Sebelum memberi pakan ikan louhan menggunakan keong, anda perlu memperhatikan kesehatan keong tersebut. Tentunya agar ikan memperoleh manfaat setelah mengkonsumsi keong, bukan malah terkena penyakit akibat pemberian keong yang tidak sehat.

Lalu tentu ikan louhan yang akan diberi pakan, apakah ikan louhan berukuran kecil atau besar ? karena untuk ikan louhan berukuran kecil, sebaiknya keong melalui tahap penghalusan terlebih dulu.

Sedangkan untuk ikan louhan besar atau dewasa, anda dapat menggunakan keong dalam keadaan utuh. Sebaiknya pemberian pakan hanya dilakukan 1 sampai 2 kali sehari, dengan diseling pakan lain agar ikan louhan mau memakan jenis pakan lain. Simak juga Tips Perawatan dan makanan Ikan gabus Mengandung Gizi Tinggi

Bekicot

makanan ikan louhan
Bekicot

Makanan ikan louhan yang dapat anda gunakan selanjutnya adalah bekicot, mungkin kebanyak orang menganggap bahwa bekicot dan keong itu sama.

Namun secara umum keong dan bekicot merupakan jenis hewan yang jauh berbeda. Untuk keong sendiri memiliki habitat di perairan seperti sungai, sawah dan rawa rawa.

Sedangkan bekicot lebih dominan hidup didaratan, seperti tempat yang lembab contohnya dikebun pisang. Biasanya bekicot banyak dijumpai pada batang, daun dan akar tanaman pisang.

Meskipun keong dan bekicot termaksud dua jenis pakan yang berbeda jauh, ternyata ikan louhan juga sangat menyukai daging bekicot. Untuk pengolahan pakan menggunakan bekicot,tidak jauh berbeda dengan pengolahan pakan menggunakan keong. Simak Juga Tips Perawatan dan Makanan Ikan Cupang Mengandung Gizi Tinggi

Ikan Rucah

ikan rucah
Ikan Rucah

Pemberian pakan menggunakan ikan rucah atau ikan kecil, didasari dari habitat asli dan sifat alami ikan louhan. Pada bagian penjelasan keong diatas, kami sudah menjelaskan bahwa ikan gabus memiliki habitat asli yaitu sungai, sawah dan rawa rawa dan termaksud dalam ikan predator.

Maka ikan rucah atau ikan kecil merupakan salah satu pakan alami dari ikan louhan, sehingga sangat cocok digunakan sebagai pakan alternative budidaya ikan louhan anda nantinya.

Sebenarnya jarang ditemui peternak ikan louhan menggunakan ikan rucah sebagai pakan alternative, hal ini karena duri yang dimiliki ikan rucah sangat banyak.

Tetapi masih ada beberapa peternak ikan louhan yang menggunakan rucah sebagai pakan alternative, karena harga jual ikan rucah cukup terjangkau. Namun untuk kandungan gizi setara dengan makanan bernilai jual tinggi, karena ikan rucah mengandung protein dan kalsium yang baik untuk ikan gabus. Simak Juga Tips Pemeliharan dan Makanan Ikan Mas Agar Tumbuh Dengan Cepat

Sebelum menggunakan ikan rucah sebagai salah makanan ikan gabus, terdapat step by step pengolahan lebih dulu diantaranya :

  • Tahap pertama tentunya, anda perlu menyiapkan ikan rucah
  • Lalu halus ikan rucah menggunakan blender atau alat penghalus lainnya
  • Setelah itu anda bisa menambahkan bekatul atau dedak dan juga dapat menambahkan jenis pakan ikan gabus lainnya yang mengandung gizi tinggi.
  • Campur kembali semua bahan tersebut secara merata, bisa menggunakan blender atau alat sejenisnya.
  • Selesai, makanan ikan louhan dari bahan ikan rucah siap.

Udang

Udang
Udang

Jika dilihat dari harganya, udang termaksud jenis makanan ikan louhan termahal. Maka dari itu anda hanya perlu menggunakan udang sesekali saja, karena jika terlalu sering biaya yang harus anda keluarkan akan membengkak.

Selain itu pemberian udang hanya ditujukan pada ikan louhan yang bermasalah, seperti turunnya nafsu makan dan ikan louhan sering bermalas malasan.

Nah anda dapat memberikan udang sebagai solusinya, karena udang dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan ikan gabus nantinya.

Dalam pemberian pakan menggunakan udang cukup mudah, anda hanya perlu menghaluskan daging udang menggunakan blender atau alat penghalus lainnya.

Cacing Tanah

Cacing Tanah
Cacing Tanah

Pemilihan cacing untuk makanan ikan louhan tidak dapat dilakukan secara sembarangan, karena terdapat banyak sekali spesies dari cacing. Untuk jenis cacing yang cocok digunakan sebagai pakan gabus adalah cacing tanah karena memiliki tekstur lembut dan merupakan pakan alami dari louhan.

Namun dari keunggulan cacing tersebut, tentu terdapat kelemahannya. Pemberian pakan cacing terlalu sering, dapat mengakibatkan air kolam mudah kotor.

Maka dari itu anda perlu melakukan pembersihan cacing tanah terlebih dulu sebelum digunakan sebagai pakan louhan, hal ini tidak hanya bertujuan untuk menjaga kebersihan kolam. Tetapi juga bertujuan untuk menghindari ikan louhan terkena bakteri patogen yang ada didalam cacing, karena dapat menghambat laju pertumbuhan ikan louhan. Simak Juga Tips Pemeliharaan dan Makanan Ikan Arwana Agar Warna kulit Indah

Ikan Kecil

Ikan Kecil makanan ikan louhan
Ikan Kecil

Sama halnya dengan ikan rucah, jenis ikan kecil lainnya juga baik digunakan sebagai makanan ikan louhan. Hal ini bertujuan agar louhan memiliki sifat agresif dan menjaga sifat alaminya yaitu predator.

Selain itu kandungan gizi didalam ikan kecil cukup tinggi, sehingga baik untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan masa pertumbuhan louhan nantinya.

Kecoa

Kecoa
Kecoa

Bagi kebanyakan orang mengganggap kecoa merupakan hama yang menjijikan, namun untuk peternak ikan louhan menganggap kecoa merupakan salah satu makanan ikan louhan yang mengandung vitamin serta protein tinggi.

Pemberian kecoa sebagai pakan louhan, dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan. Dalam pemberian pakan kecoa, sebaiknya anda melakukan pembersihan pada bagian kecoa yang memiliki tekstur keras seperti sayap dan sungut serta kepala.

Gunakan kecoa sebagai pakan sampingan, artinya jenis pakan yang melengkapi kandungan gizi dari pakan pokok sehingga louhan memperoleh gizi secara optimal.

Untuk memperoleh kecoa pun cukup mudah, anda bisa mencari ditempat sampah atau kamar mandi yang kotor.

Katak atau Kodok

katak
katak

Jenis makanan ikan louhan selanjutnya adalah katak, kandung gizi dan lemak didalam katak cukup tinggi. Sehingga mampu mempercepat pertumbuhan ikan arwana nantinya.

Namun perlu anda ingat! Jangan gunakan katak sebagai pakan utama, melainkan sebagai pakan sampingan saja. karena apa? ikan louhan yang terlalu sering mengkonsumsi katak akan menghasilkan warna kulit yang pucak.

Kelabang

Kelabang makanan ikan louhan
Kelabang

Sama halnya dengan makanan ikan louhan diatas, kelabang juga termaksud pakan terbaik. Hal ini tidak terlepas dari kandungan gizi kompleks didalam kelabang. Dengan memberikan kelabang sebagai pakan louhan, dipercaya mampu meningkatkan masa pertumbuhan gabus dan mempertajam warna kulit.

Dimata louhan daging kelabang sangat lezat dan nikmat, maka dari itu pemberian pakan kelabang terlalu sering dapat beresiko pada nafsu makan louhan yang akan turun jika diberi pakan jenis lain. Sebaiknya kelabang hanya digunakan sebagai pakan sampingan, jangan pakan utama karena akan beresiko buruk untuk ikan louhan sendiri.

Belalang

makanan ikan louhan
Belalang

Kita ketahui ikan louhan termaksud dalam hewan predator serta omnivora atau pemakan segalanya. Nah ternyata salah satu pakan alami ikan louhan adalah belalang.

Bebelang sendiri dipercaya mampu meningkatkan pertumbuhan ikan louhan, karena mengandung protein tinggi serta vitamin A yang berfungsi menjaga kesehatan mata ikan louhan.

Cara pemberian makanan ikan louhan menggunakan belalang cukup mudah, anda hanya perlu membuang bagian belalang yang bertekstur keras.

Jangkrik

Jangkrik
Jangkrik

Ikan louhan memerlukan asupan pakan yang mengandung nutrisi tinggi, guna meningkatkan masa pertumbuhan dan mampu menjaga kesehatan. Ternyata jangkrik mengandung nutrisi tinggi sehingga mampu memenuhi kebutuhan gizi ikan gabus.

Selain itu jangkrik termaksud dalam makanan ikan louhan yang jarang membawa penyakit, sehingga peternak ikan louhan tak perlu merasa khawatir tentang kesehatan ikan ini nantinya.

Namun sebelum anda menggunakan jangkrik sebagai makanan ikan louhan, pastikan dulu bahwa jangkrik merupakan hasil dari budidaya rumahan dan lakukan pembersihan jangkrik dibagian kerasnya sebelum diberikan ke ikan louhan.

Ulat Daun Pisang

Ulat Daun Pisang
Ulat Daun Pisang

Pada petani pisang, ulat daun merupakan hama yang sering meresahkan, namun bagi peternak ulat daun pisang malah digunakan sebagai pakan alami ikan budidaya mereka. Hal ini tidak terlepas dari kandungan gizi kompleks didalam ulat yang mampu memenuhi kebutuhan gizi salah satunya adalah ikan louhan, agar tumbuh secara optimal.

Untuk memperoleh ulat daun pisang pun cukup mudah, anda bisa mencarinya di kebun pisang sekitar rumah anda. Biasanya ulat ini bersarang didaun pisang dengan cara menggulung sebagian daun pisang jadi cukup mudah untuk dicari sendiri. Simak Juga Makanan Ikan Koi Beserta Penjelasan Cara Meningkatkan Kualitas Warna!

Tips Perawatan Ikan Louhan

Selanjutnya kami juga akan membahas beberapa tips perawatan ikan louhan, tentu dengan tujuan meningkat hasil budidaya ataupun pemeliharan ikan louhan skala kecil. Mari langsung saja perhatikan penjelasan berikut ini!

Pemilihan Akuarium

Dalam pemilihan jenis dan ukuran akuarium cukup mudah, anda dapat memngunakan hampir semua jenis dan bentuk akuarium. Hal yang perlu anda perhatikan adalah ukuran akuarium itu sendiri, kenapa?

Tentu untuk ukuran akuarium ikan louhan kecil berbeda dengan ikan louhan besar bukan? Nah maka dari itu masalah ukuran akuarium sangat penting. Sebaiknya ukuran akuarium yang anda pilih harus lebih besar atau ¾ lebih besar dari ukuran ikan louhan.

Menggunakan Aerator

Kenapa ikan louhan akuarium perlu menggunakan Aerator? Kita ketahui habitat asli ikan louhan adalah air tawar yang mengandung banyak oksigen guna bernafas ikan ini. Nah banyak ikan louhan yang hidup diakuarium apa memperoleh oksigen sebanyak ikan louhan yang hidup dihabitat aslinya?

Nah maka dari itu ikan louhan akuarium sangat membutuhkan aerator sebagai suplay oksigen didalam akuarium nantinya. Karena kita ketahui fungsi dari aerator adalah mengirim udara dari luar untuk masuk kedalam air akuarium dan mengeluarkan udara didalam akuarium keluar, sehingga udara didalam akuarium tetap terjaga.

Heater & Thermometer

Penggunaan heater berguna sebagai pengatur suhu didalam akuarium dengan tujuan memaksimalkan pertumbuhan ikan louhan nantinya. Kita ketahui ikan louhan yang hidup pada air bersuhu dingin akan beresiko memperlambat pertumbuhan, maka dari itu penggunaan heater sangat diperlukan.

Sekian informasi dari kami mengenai Makanan Ikan Louhan guna meningkatkan masa pertumbuhan dan mempercantik warna sisiknya. Semoga sedikit pengetahuan kami dapat bermanfaat untuk anda semua dan terima kasih atas perhatiannya. Simak Juga Pakan Ikan Lele Agar Cepat Besar dan Cara Membuat Pakan Sendiri !!