Ciri ciri Pohon Rambutan dari Akar, Batang, Daun, Bunga, Buah dan Biji

Ciri ciri Pohon Rambutan – Rambutan merupakan tanaman yang dapat tumbuh pada daerah beriklim tropis, seperi Asia Tenggara terutama Indonesia. Selain itu pohon rambutan termaksud jenia tanaman Nephelium Lappaceum yang merupakan keluarga dari kelengkeng, leci serta matoa.

Bukan hanya Asia Tenggara, ternyata penyebaran rambutan sudah mencangkup Afrika, Kamboja, Karibia, Amerika Tengah dan India. Maka dari itu banyak sekali varietas atau jenis rambutan  yang berkembang di dunia.

Di Indonesia sendiri terdapat 12 varietas atau jenis pohon rambutan dengan ciri khas masing masing, namun jika dilihat dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun, bunga, buah dan biji memiliki ciri hampir sama.

Nah dibawah ini akan kami jelaskan beberapa Ciri ciri Pohon Rambutan dari akar, batang, daun, bunga, buah dan bijinya.

Klasifikasi Ilmiah Pohon Rambutan

Ciri ciri Pohon Rambutan

Berikut akan kami jelaskan Ciri ciri Pohon Rambutan dari akar, batang, daun, bunga, buah dan biji. Mari langsung saja simak rangkuman dibawah ini!

Ciri ciri Akar Pohon Rambutan

Pohon rambutan termaksud jenis tanaman dikotil atau biji berkeping dua, sehingga sistem perakarannya adalah tunggang.

Akar ini tumbuh dengan dua posisi yaitu vertikal dan horizontal, akar vertikal merupakan bagian akar primer yang tumbuh langsung dari pangkal batang sedang akar horizontal merupakn akar sekuder atau cabang yang tumbuh pada akar primer.

Akarnya akan tumbuh dengan kedalam 6 meter bahkan lebih, apabila rambutan sudah berumur tua. Secara umum akar pada pohon rambutan memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai penyokong tanaman ini agar tidak mudah roboh dan berperan penting dalam proses fotosintesis.

Baca Juga

Loading...

Ciri ciri Batang Rambutan

Pohon rambutan memiliki bentuk batang bulat, dengan ukuran diameter beragam tergantung variteas rambutan itu sendiri. Untuk panjang batang rambutan mencapai 10 sampai 15 meter, bahkan ada juga pohon rambutan dengan panjang batang 20 meter. Setiap batang akan ditumbuhi cabang cabang pohon, lalu cabang tersebut akan tumbuh rating dengan panjang berkisar antara 30 sampai 40 sentimeter.

Bagian kulit batang rambutan memiliki warna coklat kehitaman dan kasar apabila diraba menggunakan tangan secara langsung. Umumnya batang rambutan mengandung serat kayu tinggi, sehingga sangat kokoh dan kuat dalam penompang pohon rambutan agar tetap berdiri kokoh dalam kondisi buruk sekalipun. Selain itu batang rambutan juga memiliki peran atau fungsi penting dalam proses fotosintesis.

Kenapa begitu? Karena didalam organ batang terdapat pembuluh yang berfungsi sebagai pengangkut bahan fotosintesis dari akar untuk dibawa kedaun dan sebagai pengantar hasil fotosintesis dari daun untuk diantarkan keseluruh organ pohon rambutan.

Baca Juga

Ciri ciri Daun Pohon Rambutan

ciri ciri daun rambutan
www.bukalapak.com

Pohon rambutan memiliki daun mejemuk, artinya jenis daun yang tumbuh pada satu tangkai lebih dari satu helai daun. Daun ini berbentul lonjong dengan bagian ujung dan pangkal tumpul, berwarna hijau tua dan hijau muda tergantung kondisi tanaman ini sendiri.

Daun rambutan tersusun berdasar tulang daun menyirip selang seling, dengan jumlah induk tulang satu berada ditengah dan jumlah anakan tulang 10 sampai 12 tergantung panjang daunnya. Namun secara umum daun rambutan memiliki panjang kisaran antara 13 sampai 22 senti meter dan lebar kisaran antara 8 sampai 11 senti meter.

Untuk fungsi daunya sendiri cukup beragam, apa sajakah itu? Daun rambutan berfungsi sebagai tempat terjadinya fotosintesis atau pemasakan makanan, sebagai tempat penguapan air atau transpirasi guna mengurangi kadar air berlebih didalam rambutan dan tempat terjadi pertukaran udara pada stomata antara Co2 dan O2.

Ciri ciri Bunga Rambutan

ciri ciri bunga rambutan
http://birdbody.blogspot.com

Umumnya rambutan menghasilkan jenis bunga majemuk, artinya bunga yang memiliki dua alat kelamin pada satu tangkainya yaitu benang sari sebagai alat kelamin jantan dan putik sebagai alat kelamin betina.

Bunga ini memiliki diameter mencapai 5 milimeter bahkan ada juga yang lebih kecil, lalu dibagian atas bunga terdapat kelopak yang berfungsi sebagai pelindungan bunga bagian dalam yang masih kuncup.

Lalu terdapat mahkota bunga dibagian atasnya, berfungsi sebagai penarik perhatiaan serangga agar dapat membantu proses penyerbukan bunga. Lalu dibagian dalam bunga terdapat ovarium yang berfungsi sebagai tempat pertumbuhan bakal buah rambutan nantinya.

Ciri ciri Buah dan Biji Rambutan

buah rambutan
http://bali.tribunnews.com

Pada pohon rambutan yang sudah menglami tahap pembentukan bunga, kemungkinan besar juga akan mengalami pembentukan buah di bagian ovarium bunga.

Umumnya buah rambutan memiliki bentuk bulat dan lonjong, dengan kulit buah tebal dan berbulu kasar. Pada buah rambutan yang masih muda akan memiliki warna hijau, sedangkan untuk buah yang sudah tua akan memiliki warna merah dan orange tergantu varietasnya.

Lalu dibagian dalam buah terdapat daging buah berwarna bening yang membungkus biji secara merata, biji rambutan memiliki bentuk lonjong dan berkeping dua. Fungsi dari biji rambutan adalah sebagai salah satu alat kembang biak tanaman ini secara generatif.

Jenis jenis Pohon Rambutan

Selanjutnya kami juga akan membahas tentang jenis jenis pohon rambutan berdasarkan ciri khas mereka masing masing. Penasaran? Langsung saja kita perhatikan penjelasan berikut ini!

Rambutan Rapiah

Untuk jenis rambutan rapiah dapat kita perhatikan ciri khas yang dimilikinya, yaitu memiliki bentuk buah yang dominan lebih kecil dibanding jenis buah rambutan lainnya. Namun hal yang menjadi keunggulan rambut rapiah terletak pada rasa buahnya yang sangaat manisss.

Selain itu daging buahnya sangat tebal, bertekstur kenyal dan antara daging buah serta biji sangat mudah dilepas. Nah itu lah yang menjadi daya tarik dari rambutan rapiah, bagaimana berminat? Langsung gas beli!

Rambutan Bijai

Selanjutnya adalah rambutan binjai, jika dilihat dari ukuran buahnya masih terbilang lebih besar dibanding dengan buah rambutan rapiah. Lalu untuk segi rasanya juga manis serta daging buah ngelotok.

Rambutan Lebak Bulu

Berikutnya adalah rambutan lebak bulus, jenis rambutan ini mengandung kadar air yang tinggi, untuknya rasa buahnya sendiri manis sedikit asam sehingga sangat segar apabila dikonsumsi.

Syarat Tumbuh Rambutan

Terakhir kami juga akan membahas beberapa syarat tumbuh dari pohon rambutan, dari jenis iklim, jenis tanah dan ketinggian lokasi atau lahan.

Jenis Iklim

Secara umum pohon rambutan dapat tumbuh dengan subur apabila ditanam pada daerah dengan jenis iklim tropis, lalu suhu atau temperatur udara berkisar antara 23 sampai 27 derajat celcius. Kemudian intensitas atau volume curah hujan berkisar antara 1500 sampai 2500 mm pertahun dan kelembaban daerah rendah karena pohon rambutan lebih menyukai daerah tersebut.

Jenis Tanah

Pada pemilihan jenis tanah sebenarnya cukup mudah, karena apa? pohon rambutan hampir dapat tumbuh diberbagai jenis tanah intinya tanah tersebut harus subur. Dengan kadar keasaman mencapai 6 hingga 6,7 Ph.

Ketinggian Lokasi atau Lahan

Kemudian hal yang perlu anda perhatikan lagi sebelum memulai budidaya rambutan adalah ketinggian lokasi atau lahan, umumnya rambutan dapat tumbuh dengan subur pada daerah dengan ketinggian 20 sampai 1500 meter diatas permukaan laut.

Sekian informasi dari kami mengenai Ciri ciri Pohon Rambutan dari akar, batan, daun, bunga, buah dan bij. Semoga sedikit pengetahuan ini dapat bermanfaat untuk anda semua!