Pertanian

Ciri ciri Pohon Gaharu dari Akar, Batang, Daun, Bunga, Buah dan Biji

Ciri ciri Pohon Gaharu – Secara umum pohon gaharu adalah jenis tanaman yang memiliki batang kuat dan sering digunakan sebagai bahan aromatik serta kerajinan taagan. Bukan hanya itu saja, pada beberapa kalangan seperti masyarakat daerah timur sering memanfaat gaharu sebagai dupa untuk ritual keagamaan meraka.

Untuk lebih jelasnya mengenai pohon gaharu akan kami jelaskan beberapa ciri ciri yang mungkin akan membantu anda dalam memahami tanaman ini. Yuk langsung saja simak rangkuman kami mengenai Ciri ciri Pohon Gaharu dari akar, batang, daun, bunga, buah dan biji dibawah ini!

Ciri ciri Pohon Gaharu

Berikut akan kami jelaskan Ciri ciri Pohon Gaharu dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun, bunga, buah dan biji. Yuk langsung saja simak rangkuman SawonBudidaya dibawah ini!

Ciri ciri Akar Pohon Gaharu

Pohon gaharu termaksud tanaman dikotil dengan biji berkeping dua, sehingga jenis akarnya adalah tunggang. Akar pohon gaharu memiliki diameter besar tergantung usia dan kesuburannya, namun secara umum akar gaharu bagian pangkal akan memiliki diameter lebih besar dibanding bagian ujung.

Akar ini tumbuh kedalam tanah dengan tujuan mencari sumber air serta unsur hara, yang akan digunakan untuk proses fotosintesis atau pemasakan makanan. Pada pohon gaharu memiliki akar tunggang yang tumbuh secara vertikal dan horizontal.

Akar vertikal merupakan bagian akar tunggang primer yang tumbuh langsung dari pangkal batang, sedangkan akar horizontal merupakan cabang cabang akar yang tumbuh pada akar primer. Untuk fungsi kedua bagian akar tersebut hampir sama, yaitu sebagai alat pencari zat organik, air dan penyokong pohon gaharu.

Baca Juga

Ciri ciri Batang Pohon Gaharu

ciri ciri batang gaharu
Via www.lampost.co

Batang pada pohon gaharu memiliki tekstur yang kuat dan sering digunakan sebagai bahan pembuatan aksesoris serta kerajinan tangan dengan nilai jual tinggi. Maka dari banyak sekali orang yang mencari batang atau kayu gaharu ini.

Namun tahukah anda mengenai ciri ciri batang gaharu? Secara umum batang gaharu memiliki bentuk bulat memanjang dengan kandungan serat kayu tinggi sehingga sangat kokoh. Dibagian dalam batang terdapat kayu berwarna kuning kecoklatan dan diselimut kulit batang berwarna kehitaman serta kasar. Pohon ini dapat tumbuh dengan ketinggian 40 meter dan batang berdiameter 60 senti meter.

Baca Juga

Batang gaharu merupakan salah satu bagian terpenting dari tanaman ini, karena apa? batang gaharu memiliki beberapa fungsi yang dapat mempengaruhi kebelangsungan hidup pohon ini. Apa sajakah itu? Batang gaharu berfungsi sebagai penompang pohon ini agar mampu berdiri dengan kokoh dan memiliki peran penting dalam proses fotosintesis.

Kenapa ? karena didalam jaringan batang gaharu terdapat pembuluh yang berfungsi sebagai pengangkut bahan fotosintesis dari akar untuk dibawah kedaun dan sebagai pengantar hasil fotosintesis dari daun untuk diantarkan keseluruh organ pohon gaharu.

Ciri ciri Daun Gaharu

ciri ciri daun pohon gaharu
Via rumah-gaharu.com

Pohon gaharu menghasilkan daun majemuk, artinya jenis daun yang tumbuh pada satu tangkai lebih dari satu helai daun. Tangkai daunnya sangat panjang, dengan fungsi sebagai perekat antara pangkal daun dan batangnya. Daun gaharu memiliki panjang 6 sampai 8 senti meter dan lebar 3 sampai 4 senti meter.

Daun ini berbentul oval dan lonjong, dengan bagian ujung dan pangkal lancip atau runcing. Daun ini hanya tersusun oleh tulang daun induk yang berada ditengah namun tetap kuat, jika diperhatikan sekilas sistem pertumbuhan tulang gaharu hampir sama dengan daun pohon manggis.

Kemudian daun ini memiliki bagian permukaan atas berwarna hijau tua mengkilat dan bagian permukaan bawah daun lebih kusam dan kasar. Daun pada pohon gaharu memiliki beberapa fungsi yang penting untuk pohon ini, apa sajakah itu?

Sebagai tempat terjadinya fotosintesi atau pemasakan makanan, sebagai tempat penguapan air atau transpirasi guna mengurangi kadar air berlebih dan sebagai tempat pertukaran udara antara Co2 dan O2 atau alat pernafasan.

Ciri ciri Bunga Gaharu

bunga gaharu
Via jualbibitpohon.id

Pohon gaharu menghasil bunga majemuk atau sempurna, artinya jenis bunga yang memiliki dua alat kelamin yaitu benang sari sebagai alat kelamin jantan serta putik sebagai alat kelamin betina pada satu tangkainya.

Bunga ini memiliki ukuran panjang 4 senti meter dan lebar 2,5 seni meter, dengan jumlah kelopak bunga 4 sampai lima helai berwarna putih kekuningan. Pada bagian bunga terdapat ovarium yang akan digunakan sebagai tempat bakal buah gaharu nantinya.

Secara umum bunga pada pohon gaharu memiliki fungsi sebagai penarik perhatiaan serangga yang akan membantu proses penyerbukan.

Ciri ciri Buah dan Biji Gaharu

biji gaharu
jualbibitgaharunosatu-kalbar.blogspot.com

Pada pohon gaharu yang sudah menghasilkan bunga dan telah terjadi penyerbukan akan terbentuk buah dibagian ovarium. Buah ini berbentuk oval dan mirip dengan telur, dengan bagian luar buah berwarna hijau muda dan memiliki daging buah yang tebal berwarna kuning.

Umumnya buah ini memiliki 4 sampai 6 bagian didalam buahnya yang berfungsi sebagai tempat pertumbuhan biji nantinya. Biji gaharu sendiri memiliki bentuk hampir sama dengan buahnya dengan warna hitam kecoklat dan berukuran kecil.

Baca Juga

Kegunaan Pohon Gaharu

Ternyata kegunaan gaharu bukan hanya pada segi kerajinan tangan, namun untuk beberapa kalangan seperti daerah bagian timur sering menggunakan gaharu sebagai dupa untuk ritual keagamaan atau kepercayaan meraka.

Loading...

Selain itu gaharu juga sering dikaitan dengan bahan pembuatan kosmetik seperti parfum, sabun, lotions, pembersih muka, serta obat-obatan seperti obat hepatitis, liver, alergi, obat batuk, penenang sakit perut, rhematik, malaria, asma, TBC, kanker, tonikum, dan Aroma terapi.

Syarat Tumbuh Pohon Gaharu

Selanjutnya kami juga akan menjelaskan beberapa hal penting yang perlu anda perhatikan sebelum memulai budidaya gaharu, seperti jenis iklim, jenis tanah dan ketinggian lokasi. Langsung saja simak rangkuman dibawah ini!

Jenis Iklim

Umumnya pohon gaharu dapat tumbuh dengan subur apabila ditanam pada daerah dengan jenis iklim A –B, dengan volume kelembaban daerah mencapai 80 persen. Kemudian pastikan juga curah hujan sesuai dengan kebutuhan pohon gaharu, tentunya dengan tujuan meningkatkan hasil panen baik dari segi jumlah dan kualitasnya.

Loading...

Pohon gaharu dapat tumbuh dengan subur apabila ditanam pada daerah dengan suhu atau temperatur kisaran antara 2000 sampai 4000 mm pertahun. Lalu hindari pemilhan daerah seperti lahan tergenang air secara terus menerus, tanah rawa, lahan dangkal dan tanah pasir kuarsa.

Jenis Tanah

Pohon gaharu sangat menyukai jenis tanah liat, seperti podsolik merah kekuninga, tanah lempung dan memiliki drainase yang baik. Karena untuk jenis tanah tersebut kandungan unsur hara berlimpah sehingga mampu memenuhi kebutuhan pohon gaharu nantinya.

Kemudian pastikan juga kadar keasaman tanah yang dimiliki lahan anda sesuai dengan kebutuhan pohon gaharu, sebaiknya tanah yang anda pilih memiliki kadar keasaman tidak kurang dari 4,0 Ph.

Ketinggian Lokasi atau Lahan

Sebenarnya pohon gaharu dapat tumbuh dengan baik didataran rendah ataupun dataran tinggi, namun tentu terdapat nominal yang paling sesuai untuk pertumbuhan pohon gaharu. Umumnya pohon gaharu sangat menyukai daerah dengan ketinggian 750 meter diatas permukaan laut.

Sekian informasi kami mengenai Ciri ciri Pohon Gaharu dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun, bunga, buah dan biji. Semoga sedikit pengetahuan ini dapat bermanfaat untuk kita semua dan kami mengucapkan terima kasih atas perhatiaan anda semua!

Tinggalkan Balasan