Pertanian

Ciri ciri Kacang dari Akar, Batang, Daun, Bunga, Polong dan Biji

Ciri ciri Kacang – Kacang sering dikaitkan dengan istilah non botani atau jenis tumbuhan polong polongan. Penggunaan kata kacang sering dikaitan dengan biji atau buah polong yang dihasilkan beberapa jenis lugem seperti kacang tanah, kacang kedelai, kacang panjang dan kacang hijau.

Tanaman kacang dapat tumbuh secara merata diberbagai jenis iklim tropis dan subtropis, khususnya Indonesia. Karena kacang merupakan tanaman yang dapat menghasilkan minyak konten tinggi dan minyak tanaman.

Dalam penulisan artikel ini kami selaku pihak SawonBudidaya ingin berbagi beberapa informasi mengena Ciri ciri Kacang dan Jenis jenis tanaman kacang, selamat memperhatikan penjelasan kami dibawah ini!

Klasifikasi Ilmiah Tanaman Kacang

[supsystic-tables id=29]

Ciri ciri Kacang

Berikut akan kami jelaskan Ciri ciri Kacang dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun, bunga, polong dan biji. Langsung saja simak penjelasan dibawah ini!

Ciri ciri Akar Kacang

brainly.co.id

Kacang merupakan salah satu tanaman yang memiliki jenis akar tunggang, tumbuh didalam tanah dengan posiss vertikal serta horizontal. Sama halnya dengan jenis tanaman Lugem atau kacang kacangan, disetiap akarnya terdapat bintil atau nodul yang berfungsi sebagai pengikat unsur hara.

Nodul atau bintil tersebut dihasilkan dari simbiosis mutualisme dengan bakteri penambat N Rhizobium, kita ketahui simbiosis mutualime adalah interaksi antara 2 mahluk hidup yang saling menguntungkan.

Karena apa? bakteri penambat N Rhizobium memperoleh tempat tinggal di bagian akar tanaman kacang tanah, sedangkan kacang memperoleh asupan air dan unsur hara secara maksimal karena telah diikat oleh bintil atau nodul tersebut.

Umumnya akar kacang yang tumbuh dengan posisi vertikal merupakan akar primer, sedangakan akar yang tumbuh dengan posisi horizontal merupakan akar sekunder atau cabang akar. Kedua bagian akar tersebut memiliki fungsi penting guna keberlangsungan hidup kacang tanah.

Apa saja fungsi akar kacang? Akar pada tanaman kacang berfungsi sebagai pencari sumber air serta unsur hara didalam tanah yang akan digunakan sebagai bahan fotosintesis nantinya. Selain itu akar juga berfungsi sebagai penyokong agar kacang tanah mampu berdiri dengan kokoh sehingga tidak mudah roboh.

Ciri ciri Batang Kacang

Secara umum kacang termaksud tanaman dikotil atau biji berkeping dua, maka dari itu batang yang dihasilkan tentu bercabang cabang. Namun untuk tahap awal pertumbuhan kacang tanah, batang yang dihasilkan tidak bercabang atau tunggal, tetapi dengan bertambahnya usia cabang cabang tersebut akan tumbuh dengan sendirinya.

Bentuk batang kacang adalah bulat memanjang, dengan kandungan serat kayu rendah namun cukup kuat untuk penompang tanaman ini agar tidak mudah roboh. Kemudian batang tersebut akan diselimuti kulit berwarna hijau tua untuk bagian ujung, sedangkan bagian pangkal akan berwarna abu abu.

Batang tersebut mampu tumbuh dengan panjang 30 sampai 50 senti meter, dengan diameter beragam tergantung jenis atau varietas kacang tanah itu sendiri. Terdapat beberapa fungsi penting dari batang kacang tanah, apa sajakah itu?

Batang pada kacang berfungsi sebagai tempat pertumbuhan cabang cabang yang akan digunakan sebagai tempat tumbuh daun, kemudian batang juga berfungsi sebagai penompang tanaman ini agar tidak mudah roboh.

Selain itu batang juga berfungsi dalam proses fotosintesis, kenapa? karena didalam batang kacang mengandung pembuluh yang berfungsi sebagai pengangkut bahan fotosintesis berupa air dan unsur hara dari akar untuk diantarkan kedaun, lalu batang juga berfungsi sebagai pengantar hasil fotosintesis ke seluruh organ kacang tanah.

Ciri ciri Daun kacang

ciri ciri daun kacang
Daun Kacang Tanah balitkabi.litbang.pertanian.go.id

Kacang menghasilkan daun majemuk, artinya jenis daun yang tumbuh pada satu tangkai lebih dari satu helai daun. Daun ini memiliki beberapa bentuk, dari daun yang berbentuk oval, bulat dan memanjang dengan bagian ujung serta pangkal tumpul, kemudia daun ini tersusun berdasarkan tulang daun menyirip genap.

Pada satu tangkai daun terdapat 4 sampai 6 helain daun, namun tidak menutup kemungkinan akan terdapat jumlah helai daun lebih ataupun kurang pada satu tangkainya. Tangkai daun kacang tanah sendiri memiliki bentuk bulat memanjang dengan diameter kecil, berfungsi sebagai tempat menempelnya pangkal daun dengan cabang batang.

Daun ini memiliki beberapa fungsi yang penting untuk keberlangsungan hidup tanaman kacang, apa sajakah itu? Sebagai tempat terjadinya fotosintesis atau pemasakan makanan, sebagai tempat terjadinya penguapan air atau transpirasi guna mengurangi kadar air berlebih dan sebagai alat pernafasan kacang karena terdapat organ stomata yang kita ketahui berfungsi sebagai alat pertukaran udara antara Co2 dan O2.

Ciri ciri Bunga Kacang

ciri bunga kacang
Bunga Kacang Tanah

Tanaman kacang menghasilkan bunga mirip dengan kupu kupu dan kembang turi, namun jika kembang turi dominan berwarna ungu beda halnya dengan bunga kacang tanah yang memiliki warna kuning cerah.

Tanaman kacang akan mengalami pembentukan bunga setelah berumur 4 sampai 6 bulan, kemudian bunga ini akan mekar pada waktu malam hari, selama 24 saja setelah itu akan layu atau gugur.

Secara umum bunga kacang berfungsi sebagai penarik perhatiaan serangga guna membantu proses penyerbukan, guna membentuk ginopor atau tangkai polong kacang tanah yang berada diluar atau udara.

Ciri ciri Polong dan Biji Kacang

Setelah tanaman ini cukup umur akan mengalami pembentuk polong didalam tanah, polong ini memiliki bentuk memanjang dengan tekstur keras dibagian luarnya dan berwarna putih kecoklatan. Proses pembentukan polong kacang tanah dapat ditandai dengan pembentukan ginopor atau tangkai polong.

Pada setiap polong kacang tanah terdapat 1 sampai 4 biji kacang tanah didalamnya dengan bentuk bulat dan lonjong, berwarna coklat dan merah hati. Umumnya biji ini berfungsi sebagai alat kembang biak tanaman kacang tanah secara generatif.

Loading...

Jenis jenis Tanaman Kacang

Selanjutnya kami juga akan menjelaskan beberapa jenis tanaman kacang yaitu kacang tanah, kacang kedelai, kacang hijau dan kacang panjang. Yuk langsung saja kita perhatikan penjelasan dibawah ini!

Kacang Tanah

Kacang tanah adalah salah satu tanaman legum atau kacang kacangan yang masuk suku Fabaceae. Tanaman ini bukan asli dari Indonesia melainkan dari negara besar Amerika yang tumbuh dengan ketinggian 30 sampai 50 senti meter sehingga masuk kategori tanaman perdu.

Terdapat dua tipe budidaya kacang tanah di Indonesia yaitu tipe tegak dan tipe menjalar, namun tipe yang paling sering ditemui adalah menjalar karena dianggap lebih mudah.

Loading...

Sumber Ciri ciri Kacang Tanah dari Akar, Batang, Daun, Bunga, Polong dan Biji

Kacang Kedelai

Kedelai merupakan tanaman yang masuk dalam keluarga polong polongan yang dijadikan sebagai bahan utama pembuatan produk kecap, tahu dan tempe. Selain itu kedelai merupakan makanan yang kaya akan protein nabati dan minyak nabati.

Kacang kedelai termaksud dalam keluarga tanaman dikotil atau biji berkeping dua, hal ini dapat dilihat dari jenis akarnya. Biasanya tanaman yang memiliki akar tunggang sudah dapat dipastikan bahwa mereka masuk dalam keluarga dikotil.

Sumber Ciri ciri Kacang Kedelai Terlengkap Dari Akar, Batang, Bunga dan Daun

Kacang Hijau

Umumnya, kacang hijau merupakan tanaman asli dari benua India karena perkembangan teknolgi dan zaman, kini kacang hijau sudah tersebar merata didaratan Asia terutama Indonesia.

Tanaman kacang hijau adalah salah satu jenis tumbuhan yang masuk dalam  Leguminosae, artinya jenis tanaman dikotil atau biji berkeping dua. Tetapi minat pembudidaya kacang hijau masih sangat rendah, hal ini disebabkan oleh penghasilan yang diperoleh dari menaman kacang hijau masih terbilang sangat rendah.

Sumber Penjelasan Ciri ciri Kacang Hijau, Jenis Kacang Hijau dan Manfaatnya!

Kacang Panjang

Tanaman ini tumbuh dengan cara memanjat serta melilit pada penyangga, biasanya bagian dari kacang panjang yang dikonsumsi adalah buah kacangnya dan serat serat tanaman yang masih lembut. Kacang panjang merupakan tanaman asli dari benua Asia yang sering dijadikan bahan masakan sayuran dan lalapan.

Secara umum kacang panjang adalah jenis sayuran dengan bentuk buah panjang dan berwaran hijau, bukan hanya rasanya yang nikmat saat dikonsumsi ternayata terdapat banyak manfaat yang baik untuk tubuh diantaranya melancarkan pencernaan karena kaya akan serat, mencegah tumbuhnya sel kanker didalam tubuh, terdapat sifat antibakteri dan mampu mencegah penyakit batu ginjal.

Sumber Penjelasan Ciri ciri Kacang Panjang Terlengkap (Info Budidaya)

Syarat Tumbuh Tanaman kacang

Terakhir kami juga akan menjelaskan beberapa Syarat tumbuh tanaman kacang, baik kacang kedelai, kacang tanah, kacang panjang dan kacang hijau.

Iklim

Untuk membudidayakan kacang hijau, pemilihan iklim merupakan salah satu hal terpenting yang perlu anda perhatikan. Nah untuk iklimnya sendiri meliputi beberapa hal, seperti curah hujan, kelembaban, suhu atau temperatur dan musim yang susai.

Pertama curah hujan, budidaya kacang hijau sebaiknya dilakukan pada daerah yang memiliki curah hujan rendah berkisar antara 50 sampai 200 mm per tahun, dengan suhu atau temperatur mencapai 25 hingga 27 derajat celcius.

Lalu musim yang sesuai untuk budidaya kacang hijau adalah kemarau, karena apa? budidaya kacang hijau yang dilakukan pada musim hujan akan memperlambat masa pertumbuhan vegetatif dan mengakibatkan tanaman kacang hijau mudah mati atau rubuh akibat terkena air hujan secara terus menerus.

Jenis Tanah

Sebenarnya kacang hijau mampu tumbuh pada beberapa jenis tanah, yang terpenting memiliki drainase baik. Tetapi, jika anda ingin meningkatkan hasil budidaya kacang hijau, sebaiknya pilih jenis tanah lempung dan mengandung unsur hara tinggi.

Lalu pH atau kadar keasaman tanah, gunakan tanah lempung dengan drainase baik dan memiliki kadar keasaman kurang dari 5,8. Kenapa tidak boleh lebih? Karena pemilihan tanah dengan kadar keasaman terlalu tinggi dapat menghambat pertumbuhan kacang hijau yang diakibatkan oleh minimnya unsur hara didalam tanah.

Ketinggian Tempat atau Lahan

Tanaman kacang tanah akan tumbuh dengan subur apabilan daerah tersebut memiliki ketinggian yang tepat, maka dari itu ketinggian lahan atau tempat kami ikut sertakan juga. Berapakah ketinggian tempat atau lahan yang sesuai untuk budidaya kacang tanah? Jawabnya adalah 500 meter diatas permukaan laut.

Sumber SawonBudidaya

Sekian informasi dari kami mengenai Ciri ciri Kacang dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun, bunga, polong dan biji. Semoga sedikit pengetahuan dari kami dapat bermanfaat untuk kita semua!

Tinggalkan Balasan