Ciri ciri Kunyit dari Akar, Batang, Daun dan Bunga Beserta Jenisnya!

akar kunyit
Ciri ciri Kunyit

Ciri ciri Kunyit – Kunyit merupakan salah satu tanaman rempah rempah yang sangat populer di Asia Tenggara terutama Indonesia. Selain digunakan sebagai rempah rempah atau bumbu masakan kunyit juga dipercaya sebagai salah satu bahan obat herbal yang mampu mengatasi berbagai jenis penyakit.

Tanaman kunyit masuk dalam famili Zingiberaceae yang sama dengan tanaman jahe jahean. Secara umum terdapat beberapa jenis tanaman kunyit dengan ciri khas masing masing seperti kunyit merah, kunyit kuning, kunyit putih dan kunyit hitam.

Tetapi jika kita lihat dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun dan bunganya ternyata semua jenis kunyit hampir sama. Nah berikut ini akan kami jelaskan Ciri ciri Kunyit terlengkap!

Klasifikasi Ilmiah Tanaman Kunyit

Ciri ciri Kunyit

Berikut akan kami jelaskan Ciri ciri Kunyit dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun dan bunga. Mari langsung saja simak rangkuman SawonBudidaya dibawah ini!

Ciri ciri Akar Kunyit

ciri ciri rimpang kunyit
Via www.jitunews.com

Tanaman kunyit memiliki jenis akar serabut yang tumbuh didalam tanah berwarna coklat muda. Selain itu terdapat akar berbentuk rimpang yang merupakan hasil rombaan dari batang tanaman kunyit, rimpang ini tumbuh dibagian pangkal batang dan diatas akar serabut.

Rimpang kunyit memiliki bentuk sempurna dengan tumbuhnya beberapa cabang, berwarna jingga dan beraroma khas. Lalu untuk akar serabut tanaman kunyit mampu tumbuh dengan diameter 1 sampai 2 senti meter dan panjang 3 sampai 6 senti meter.

Secara umum rimpang pada tanaman kunyit berfungsi sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan, kemudian akar serabut kunyit berfungsi sebagai alat pencari sumber air dan unsur hara yang akan digunakan sebagai bahan fotosintesis.

Ciri ciri Batang Kunyit

ciri ciri batang kunyit
Via www.miung.com

Kunyit merupakan salah satu tanaman yang memiliki jenis batang semu, artinya batang bertekstur lunak dan mengadung air didalamnya serta ditutupi oleh pelepah pelepah. Selain kunyit terdapat beberapa tanaman yang lain yang memiliki batang semu yaitu bayam dan pisang.

Untuk batang semu kunyit memiliki bentuk bulat memanjang dengan posisi tegak dan berwarna hijau kekuningan. Umumnya batang ini tidak panjang dan tertutup oleh pelepah daun secara menyeluruh sehingga sulit dilihat.

Meskipun begitu batang kunyit tetap memiliki fungsi yang penting untuk keberlangsungan hidup tanaman ini, apakah fungsi batang semu kunyit? Sebagai penompang tanaman ini agar tidak mudah roboh, sebagai tempat melekatkan pelepah daun, dan sebagai pengangkut bahan fotosintesis serta pengantar hasil fotosintesis.

Daun Kunyit

ciri ciri daun kunyit
Via elektronikolshop.web.id

Tanaman kunyit menghasilkan jenis daun tunggal, artinya jenis daun yang tumbuh pada satu tangkai atau pelepah hanya terdapat satu helai daun saja. daun ini memiliki bentuk lanset memanjang serta lanset lebar dan terdapat bulu bulu halus dipermukaan daunya tersusun secara jarang jarang.

Pada satu tanaman kunyit akan ditumbuh beberapa helai daun, dari 3 sampai 8 helai daun tergantung kondisi tanaman kunyit itu sendiri. Setiap helai daun memiliki panjang mencapai 20 sampai 40 senti meter, lebar 8 sampai 15 senti meter.

Helai daun ini dapat melekat karena adanya tangkai, kita ketahaui tangkai atau pelepah daun berfungsi sebagai perekat antara batang semu dan pangkal daun. Umumnya panjang pelepah daun dan helai daun mampu mencapai 70 senti meter.

Daun ini tersusun berdasar tulang daun menyirip, dengan induk tulang berada ditengah sebagai tumpuannya. Kemudian dibagian ujung daunlancip atau runcing dan pangkal tumpul serta dibagian pinggir daun rata tanpa bergerigi.

Daun kunyit memiliki beberapa fungsi untuk tanaman ini, yaitu sebagai tempat terjadinya fotosintesis atau pemasakan makanan, sebagai tempat penguapan air atau transpirasi guna mengurangi kadar air berlebih didalam tanaman kunyit dan terdapa stomata yang berguna sebagai alat pernafasan kunyit.

Bunga Kunyit

bunga kunyit
Via ysalma.com

Tanaman kunyit menghasilkan bunga majemuk atau sempurna, artinya jenis bunga yang memiliki dua alat kelamin pada satu tangkai yaitu benang sari sebagai alat kelamin jantan dan putik sebagai alat kelamin betina.

Bunga ini memiliki sisik dibagian luar bunga, dengan kelopak berbentuk silinder, bercabang tiga, tipis berwarna ungu. Setiap bunga kunyit terdapat tangkai yang berfungsi sebagai perakat antara pangkal bunga da ketiak daun dengan panjang 16 sampai 40 senti meter.

Kemudian terdapat mahkota bunga dibagian tengah dengan panjang kurang lebih 3 senti meter dan lebar kurang lebih 1,5 senti meter, dengan warna kuning cerah. Pada kunyit bunga berfungsi sebagai penarik perhatikan serangga sehingga dapat membantuk proses penyerbukan nantinya.

Baca Juga :

Jenis jenis Tanaman Kunyit

Selanjutnya kami juga akan menjelaskan beberapa jenis tanaman kunyit, dari kunyit merah, kunyit kuning, kunyit hitam dan kunyit putih. Langsung saja kita perhatikan berikut ini!

Kunyit Merah

Tahukah anda mengenai kunyit merah? Kunyit ini memiliki warna daging rimpang berwarna merah sehingga diberi nama kunyit merah. Jenis kunyit ini sering diolah menjadi bahan bumbu dapur atau rempah rempahan masakan.

Kunyit Kuning

Untuk jenis tanaman kunyit berikut ini adalah kunyit kuning, jenis kunyit ini tidak asing lagi tentunya ditelinga anda semua bukan? Karena untuk memperoleh kunyit cukup mudah, dengan banyak sekali manfaat untuk tumbuh kita.

Kebanyakan orang menggunakan kunyit kunign sebagai bumbu dapur atau rempah rempahan masakan, sama halnya dengan kunyit merah. Namun bedanya adalah aroma khas dari kunyit kuning yang dapat menambah ke lezaant dan aroma masakan.

Kunyit Putih

Selanjutnya adalah kunyit putih, jenis kunyit ini memiliki ciri khas dari daging rimpang berwarna putih. Kunyit putih sering diolah menjadi tem rapet atau temu putih. Namun untuk peroleh kunyit putih cukup sulit karena sulit dalam membudidayakannya dan jarang ditemui.

Kunyit Hitam

Sama halnya dengan kunyit putih, jenis kunyit hitam sangat sulit ditemuai dan sulit dalam mengembang biakannya. Manfaat kunyit ini dapat digunakan sebagai obat penyakit kista serta menyehat kulit menjadi awet muda, sehingga banyak sekali orang yang mencari kunyit hitam ini.

Syarat Tumbuh Tanaman Kunyit

Terakhir kami juga akan menambah pengetahuan anda mengenai Syarat Tumbuh Tanaman Kunyit guna menambah pengetahuan dalam membudidayakan kunyit. Yuk langsung saja!

Jenis Iklim

Dalam membudidayakan tanaman kunyit sebaiknya daerah yang anda pilih memiliki volume penyinaran matahari penuh sepajang hari, kemudian tempertatur atau suhu mencapai 18 sampai 30 derajat celcius. Selain itu tingkat curah hujan yang tepat untuk budidaya kunyit berkisar antara 1000 sampai 4000 mm pertahuan, dengan iklim tropis.

Jenis Tanah

Kemudian tanaman kunyit sangat menyukai tanah bertekstur gembur agar akar dapat berkembang secara optimal, dengan ketersediaan air serta unsur hara tinggi yang akan sangat diperlu tanaman kunyit dalam melakukan fotosintesis.

Kemudian jenis tanah yang digunakan adalah lempung berpasir, dengan drainase yang baik agar akar atau rimpang kunyit tidak mengalami pembusukan.

Ketinggian Lokasi atau Lahan

Umumnya tanamn kunyit dapat tumbuh dengan subur apabila ditanam pada daerah datara rendah dengan ketinggian berkisar antara 240 meter diatas permukaan, namun juga bisa ditanam pada dataran tinggi dengan ketinggian maksimum 2000 meter diatas permukaan laut.

Sekian informasi dari kami mengenai Ciri ciri Kunyit dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun dan bunga. Semoga sedikit pengetahuan kami dapat bermanfaat dan terima kasih atas perhatiannya. Simak juga Ciri ciri Lidah Buaya dari Akar, Batang, Daun dan Bunga Beserta Jenisnya!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*