Ciri ciri Terong dari Akar, Batang, Daun, Bunga, Buah dan Biji Terlengkap!

Ciri ciri Terong – Terong adalah tanaman penghasil buah yang sering dijadikan sebagai sayuran berbagai jenis masakan. Tanaman ini bukan asli dari Indonesia, melainkan dari india dan Sri Lanka dengan iklim tropis.

Kini terong sudah menyebar di Indonesia secara merata dan termaksud tanaman yang sangat populer dibeberapa kalangan. Terdapat beberapa kerabat terong seperti kentang dan tomat.

Secara umum terdapat beberapa jenis tanaman terong dengan ciri khas masing masing, namun jika dilihat dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun, bunga, buah dan bijinya hampir sama semua. Nah dibawah ini akan kami jelaskan Ciri ciri Terong secara lengkap!

Klasifikasi Ilmiah Tanaman Terong

Ciri ciri Terong

Berikut akan kami jelaskan Ciri ciri Terong dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun, bunga dan buah. Yuk langsung saja simak rangkuman SawonBudidaya Dibawah Ini!

Ciri ciri Akar Terong

Terong merupakan tanaman yang masuk dalam kategori dikotil atau biji berkeping dua, sehingga memiliki jenis akar tunggang yang tumbuh dengan posisi tegak dan datar.

Umumnya akar terong mampu tumbuh mencapai kedalaman 80 sampai 100 senti meter untuk posisi tegak dan tumbuh mendatar atau horizontal mencapai radius 40 sampai 80 senti meter.

Simak Juga

Namun tidak menutup kemungkinan terdapat akar terong yang mampu tumbuh lebih ataupun kurang, tergantung kondisi terong ini sendiri dan ketersediaan air serta unsur hara didalam tanah.

Kita ketahui terdapat beberapa fungsi dari akar terong yaitu sebagai alat pencari sumber air serta unsur hara yang merupakan bahan fotosintesis atau pemasakan makanan, selain itu akar juga berfungsi sebagai penyokong agar tanaman ini dapat berdiri dengan kokoh.

Loading...

Ciri ciri Batang Terong

ciri ciri batang terong
Via pakarbudidaya.blogspot.com

Tanaman terong memiliki batang bercabang cabang yang menjadi ciri dari tanaman dikotil, umumnya batang terong berbentuk bulat memanjang dengan diameter pangkal lebih besar dibanding ujungnya. Dibagian luar batang diselimuti kulit tipis berwarna hijau tua dan hijau muda, tergantung umur tanaman terong itu sendiri.

Kemudian terdapat bulu bulu halus yang fungsi sebagai pelindung batang agar tidak kotor dan mengurangi penguapan air yang berlebihan. batang terong mengadung serat kayu rendah, namun cukup kuat dalam menompang tanaman ini agar tidak mudah roboh.

Selain itu batang primer dari tanaman terong akan ditumbuhi cabang cabang dibagian tengah hingga ujung yang tersusun tidak merata. Terdapat beberapa fungsi penting dari batang terong yaitu sebagai penompang baik daun, cabang atau ranting, bunga dan buah agar mampu berdiri dan tumbuh dengan kokoh dibagian atas.

Batang terong juga memiliki peran penting dalam proses fotosintesis, kenapa? karena didalam batang terong terdapat dua pembuluh yang berfungsi sebagai pengangkut bahan fotosintesis berupa air dan unsur hara dan sebagai pengantar hasil fotosintesis untuk diantarkan keseluruh organ tanaman terong.

Ciri ciri Daun Terong

ciri ciri daun terong
Via daunijo.com

Daun pada tanaman terong memiliki dua bagian yaitu tangkai daun dan helai daun, umumnya tangkai daun berbentuk silinder dan sidikit pipih, lalu pada bagian pangkal memiliki diameter lebih besar dibandingkan ujung tangkai dengan panjang mencapai 5 sampai 8 senti meter dan tangkai daun berfungsi sebagai perekat antara pangkal daun dan cabang batang.

Sedang helai daun memiliki panjang mencapai 12 sampai 20 senti meter dan lebar 7 hingga 9 senti meter. Umumnya helain daun disusun berdasarkan induk tulang daun, tulang daun dan urat tulang daun.

Baca Juga

Semua bagain tersebut yang membentuk helai daun terong, namun yang menjadi tumpuan keseluruhaannya adalah induk tulang daun yang berada ditengah helai.

Terdapat beberapa bentuk daun tanaman terong, dari daun yang berbentuk oval atau bulat memanjang dan ada juga daun yang memiliki bentuk mirip waru. Umumnya daun ini berwarna hijau tua dan hijau muda dengan tekstur halus apabila diraba menggunakan tangan secara langsung.

Daun terong memiliki beberapa fungsi yang penting untuk tanaman terong yaitu sebagai tempat terjadinya fotosintesis, sebagai tempat terjadinya penguapan air guna mengurangi kadar air yang berlebih dan alat pernafasan tanaman terong karena terdapat organ stomata.

Bunga Terong

ciri ciri bunga terong
Via steemit.com

Terong menghasilkan jenis bunga majemuk atau sempurna, artinya bunga yang memiliki dua jenis kelamin pada satu tangkainya yaitu benang sari sebagai alat kelamin jantan dan putik sebagai alat kelamin betina.

Jika dilihat dari atas bunga terong memiliki bentuk mirip bintang, dengan warna ungu, kuning dan putih tergantung jenis atau varietasnya. Bunga ini memiliki 5 sampai 8 helai mahkota yang tumbuh dibagian tengah dan menonjol keluar berwarna kuning.

Pada satu tangkai bunga akan memiliki 5 sampai 6 benang sari yang merupakan alat kelamin jantan dan 2 buah putik yang merupakan alat kelamin betina. Ketika bunga akan menghasilkan buah maka bunga akan otomatis gugur.

Namun sebelum terjadinya pembentukan buah, bunga harus melalui proses penyerbukan yang dibantu oleh angin dan serangga. Nah disini lah fungsi dari bunga yaitu sebagai penarik perhatiaan serangga yang akan membantu proses penyerbukan.

Buah Terong

ciri ciri buah terong
Via www.khasiat.co.id

Ketika  bunga terong sudah mengalami penyerbukan, tahap selanjutnya adalah pembentukan buah yang terjadi di bagian ovarium bunga. Umumnya buah terong memiliki bentuk beragam tergantung jenis dan varietasnya, ada buah terong yang berbentuk lonjong, oval dan bulat dengan warna hijau dan ungu mengkilat.

Terong termaksud tanaman yang menghasilkan buah tunggal, artinya hanya akan terbentuk satu buah pada satu tangkai bunga. Buah terong memiliki daging buah tebal berwarna putih dan kuning dan terdapat biji didalamnya.

Namun tidak menutup kemungkinan terdapat 2 atau 3 buah terong pada satu tangkai, karena bisa saja terjadi akibat genetik atau kelain pada tanaman terong nantinya.

Biji Terong

biji terong
Via www.tokopedia.com

Buah terong yang sudah tua atau cukup akan menghasilkan biji yang akan digunakan sebagai alat kembang biak tanaman ini secara generatif. Umumnya biji terong berbentuk bulat dan sedikit pipih berwarna coklat serta hitam. Biji tanaman terong termaksud berkeping dua, sehingga diatas tadi kami sudah menjelaskan bahwa terong masuk dalam kategori tanaman dikotil.

Jenis jenis Terong

Selanjutnya kami akan menjelakan jenis jenis terong berdasarkan ciri khas masing masing, berikut simak guys!

Terong ungu

Ciri khas dari jenis terong ini terletak pada bentuk buahnya yaitu bulat memanjang, dengan kulit buah tipis berwarna ungu mengkilat dan bagian ujung serta pangkal buah tumpul.

Terong Belanda

Selanjutnya adalah jenis terong belanda dengan ciri khasnya yaitu buah berbentuk bulat, daging buah tebal, mengadung air banyak dan berwarna merah hati. Buah terong belanda memiliki rasa asam dan pahit, jadi banyak orang yang mengkonsumsi terong ini menjadi jus yang segar. 

Terong putih

Untuk ciri khas dari terong putih tidak jauh berbeda dengan terong ungu, hanya warna kulit terong ini putih sedangkan terong ungu berwarna ungu. kemudian rasanya juga sedikit lebih manis dibandingkan jenis terong lainnya.

 Terong telunjuk

Nama ilimiah dari terong ini adalah Solanum Mekongena, dengan ciri khas buah berbentuk mirip telunjung tangan. Umumnya jenis terong ini tumbuh secara merata di daerah Sumatera. 

Terong Bulat

Selanjutnya adalah terong bulat, dari namanya saja kita bisa menebak apa yang menjadi ciri khas terong ini. Yah benar. Terong ini memiliki bentuk bulat dengan warna kulit hijau keputihan dan daging buah renyah dan sedikit manis.

Syarat Tumbuh Terong

Berikut akan kami jelaskan mengenai syarat tumbuh tanaman terong dari pemilihan jenis iklim, jenis tanah dan ketinggian lokasi atau lahan yang cocok untuk budidaya terong. Langsung saja simak rangkuman dibawah ini!

Jenis Iklim

Umumnya tanaman terong dapat tumbuh dengan subur apabila ditanam pada daerah yang memiliki iklim tropis yang bersifat tahunan. Kemudian perhatikan juga tingkat suhu atau temperatur daerah tersebut, terong sangat menyukai daerah dengan suhu 22 sampai 30 derajat celcius dan suhu minimun 17 derajat celcius.

Jenis Tanah

Selanjutnya adala jenis tanah, sebenarnya tanaman terong dapat tumbuh dengan baik diberbagai jenis tanah, intinya tanah tersebut harus subur dan ketersediaan air serta unsur hara tercukupi. Namun kami sarankan anda untuk memiliki tanah ringan dan berlempung saja agar tingkat keberhasilan budidaya anda tinggi.

Selain itu pastikan juga tingkat keasaman tanah atau Ph, sebaik tanah yang anda pilih memiliki kadar keasaman mencapai 5,6 sampai 7,2 derajat celcius. Dan perhatikan juga drainase lahan anda, karena tanam terong termaksud tanaman yang sangat rentan terhadap penyakit.

Ketinggian Lokasi atau lahan

Terong merupakan tanaman yang memiliki tingkat adaptasi tinggi, sehingga mampu tumbuh didataran rendah ataupun tinggi. intinya lahan atau lokasi yang anda pilih tidak memiliki ketinggian melebihi 1000 meter diatas permukaan laut, maka proses budidaya terong anda akan berjalan lancar.

Sekian informasi dari kami mengenai Ciri ciri Terong dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun, bunga, buah dan biji. Semoga sedikit pengetahuan SawonBudidaya dapat bermafaat dan terima kasih atas perhatiaan anda semua!