Ciri ciri Kaktus dari Akar, Batang, Daun, Bunga, Buah dan Biji Terlengkap!

Ciri ciri Kaktus – Kaktus merupakan tanaman yang masuk dalam famili cactaceae dan ordo Caryophyllales. Tanaman ini dapat bertahan hidup pada cuaca kering dan panas dalam jangka waktu lama, karena memiliki akar yang mampu tumbuh sangat panjang mencapai 2 meter bahkan lebih tergantung sumber air dan unsur hara didalam tanah. Kaktus sangat mudah ditemui di daerah yang kering seperti Gurun.

Banyak sekali jenis tanaman kaktus dengan ciri khas masing masing, namun secara umum dari segi bentuk fungsi akar, batang, daun, bunga, buah dan bijinya memiliki ciri hampir sama. Nah dibawah ini akan kami jelaskan Ciri ciri Kaktus tersebut!

Klasifikasi Ilmiah Tanaman Kaktus

Ciri ciri Kaktus

Berikut akan kami jelaskan mengenai Ciri ciri Kaktus dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun, bunga dan buah. Mari langsung saja simak rangkuman SawonBudidaya dibawah ini!

Ciri ciri Akar Kaktus

Umumnya tanaman kaktus memiliki jenis akar tunggang yang tumbuh secara vertikal dan horizotal. Untuk akar vertikal merupakan akar primer yang tumbuh dengan posisi tegak pada bagian pangkal batang, sedangkan akar horizontal merupakan cabang dari akar primer yang tumbuh dengan posisi datar atau kesamping.

Bentuk akarnya bulat memanjang dengan bagian ujung runcing atau lancip, kemudian untuk ukuran diameternya sediri beragam tergantung dari jenis dan kesuburan tanaman kaktus ini sendiri, tetapi secara umum dibagian pangkal akar akan memiliki diameter lebih besar dibandingkan akar bagian ujung.

Pada beberapa jenis tanaman kaktus langka memiliki akar yang bersifat epifit yang tumbuh dengan cara menempel di bebatuan ataupun tanaman lainnya. Meskipun begitu jenis akarnya tetap sama yaitu tunggang, hanya saja cara pertumbuhan akarnya yang berbeda.

Baca Juga :

Lalu pada setiap akar kaktus mampu tumbuh mencapai 2 meter, apabila sumber air dan unsur hara sulit diperoleh. Tetapi jika sumber air dan unsur hara mudah diperoleh, kemungkinan akar tersebut hanya akan tumbuh mencapai kisaran 10 senti meter saja.

Sama halnya dengan tanaman lain, akar merupakan bagian vital yang sangat penting guna keberlangsungan hidup suatu tanaman. Karena apa? akar berfungsi sebagai alat pencari sumber air dan unsur hara yang merupakan bahan fotosintesis atau pemasakan makanan, selain itu akar ini juga berfungsi sebagai alat penyokong agat kaktus mampu berdiri kokoh.

Loading...

Ciri ciri Batang Kaktus

batang kaktus
Via materiipa.com

Kaktus memiliki bentuk batang beragam dari yang bulat, lonjong dan oval memanjang tergantung variets dan kesuburan tanaman ini sendiri. Batang kaktus tidak mengandung serat kayu, namun sangat kuat dalam menompang tanaman kaktus agar berdiri kokoh.

Didalam batang kaktus tersimpan air atau sukulen yang akan digunakan tanaman ini dalam berdaptasi pada lingkungan tanpa air atau kering dalam jangka waktu lama. Selain itu dibagian luar atau kulit batang tebal berwarna hijau tua dan hijau muda yang mengandung lilin, sehingga proses penguapan air dapat diminimalisir secara optimal.

Selain itu pada bagian dalam batang kaktus juga terdapat susunan jaringan spons yang berfungsi sebagai penyerap dan penahan air, sehingga tanaman ini dapat bertahan hidup di cuaca panas dan ditandai dengan mengkerutnya batang karena stok air didalamnya berkurang.

Ternyata alat penyerap air bukan hanya dilakukan oleh akar saja, namun batang juga ikut berperan dalam proses penyerapan air karena disetiap bagian permukaan batang terdapat pori pori sehingga saat terjadinya hujan air dapat diserap kedalam batang.

Ciri ciri Daun Kaktus

ciri ciri daun kaktus
Via bjharisel.blogspot.com

Ciri khas dari tanaman kaktus lainnya adalah bentuk dan fungsi daun, umumnya tanaman kaktus memiliki daun berbentuk duri sehingga menjadi pembeda dari tanaman lainnya. Kalau biasanya daun pada kebanyakan tanaman berfungsi sebagai tempat terjadinya penguapan, beda halnya dengan daun kaktus yang malah berfungsi sebagai pencegah terjadinya penguapan air secara berlebihan.

Kita ketahui tanaman kaktus dapat tumbuh di daerah kering dan panas dalam waktunya, nah ini lah menjadi andalan dari tanaman ini, tentunya agar tanaman kaktus memiliki cadangan air yang tersimpan didalam batag agar mampu menghadapi cuaca kering dan panas tesebut.

Secara umum daun kaktus berwarna terang, guna memantulkan sinar matahari dari kaktus agar tanaman ini tetap sejuk meskipun dalam kondisi panas terik sekalipun. Selain itu daun kaktus juga berperan sebagai pelindung tanaman ini dari serangan hewan yang beresiko merusak dan mengganggu pertumbuhannya.

Ciri ciri Bunga Kaktus

ciri ciri bunga kaktus
Via pasberita.com

Tanaman kaktus memiliki bunga  berbentuk corong dengan warna beragam tergantung jenis atau varietasnya, namun umumnya kaktus memiliki bunga berwarna merah, pink dan kuning yang tumbuh dibagian ujung batang tengah. Bunga ini akan mekar pada siang hari, sedangkan pada waktu malam hari kelopak bunga akan menutup semua bagian dalamnya.

Secara umum bunga kaktus berfungsi sebagai penarik perhatiaan serang, guna membantu proses penyerbukan sehingga akan terbentuk buah kaktus nantinya. Buah ini akan terbentuk dibagian ovarium atau rahim bunga yang berada dibagian tengah pangkal.

Buah dan Biji kaktus

buah kaktus
Via www.merdeka.com

Kaktus menghasilkan buah berbentuk bulat memanjang atau oval dengan bagian pangkal dan ujung tumpul. Umumnya buah kaktus memiliki kulit buah tipis berwarna hijau untuk buah yang masih muda, kuning untuk buah setengah masak dan merah untuk buah yang tua atau masak.

Dibagian dalamnya terdapat daging buah yang tebal, sekilat mirip daging buah naga berwarna merah hati dan memiliki rasa sedikit asam serta segar.  Buah kaktus merupakan pertumbuhan lanjutan bunga, sehingga posisi tumbuhnya sama yaitu bagian ujung batang kaktus.

Kemudian dibagian daging buah terdapat biji kaktus berbentuk bulat kecil, dengan warna hitam dalam jumlah cukup banyak. biji ini dapat digunakan sebagai alat kembang biak tanaman kaktus nantinya.

Baca Juga :

Jenis jenis Tanaman Kaktus

Selanjutnya kami akan menjelaskan beberapa jenis kaktus yang mungkin akan berguna dalam menambah pengetahuan anda mengenai tanaman ini. Mari simak rangkuman dibawah ini!

Kaktus mini Ariocarpus

Jika kebanyakan tanaman kaktus memiliki duri dibagian batang, daun dan buahnya. Beda halnya dengan jenis kaktus ini yang tidak memiliki duri sama sekali. Sehingga menjadi daya tarik penggemar kaktus, dalam mengoleksi tanaman ini sebagai hiasan ruangan atau pekarangan rumahnya.

Kemudian untuk bentuk ujung kaktus ini sendiri beragam, ada yang memiliki bentuk melengkung, tumpul dan runcing. Lalu warna bunganya beragam ada yang berwarna ungu, putih, pink dan kuning.

Kaktus mini Astrophytum

Ciri khas dari jenis kakstu ini terletak pada bentuknya yang mirip dengan bintang, dengan bunga berwarna merah, kuning dan pink serta batang bulat.

Kaktus mini Cereus tetragonus

Selanjutnya adalah Kaktus mini Cereus tetragonus yang berasal dari negara besar Amerika dengan postur besar menyerupai kastil.

Kaktus mini Cephalocereus senilis

Jenis tanaman ini sering disebut dengan nama kaktus tua, karena memiliki rambut panjang berwarna putih mirip dengan nenek nenek.

 Kaktus mini Echinocactus grusonii

Berikutnya adalah Kaktus mini Echinocactus grusonii  berbentuk mirip gentong dan berasal dari Meksiko dan Texas.

Syarat Tumbuh Tanaman Kaktus

Dibawah ini akan kami jelaskan beberapa syarat tumbuh tanaman kaktus dari jenis iklim, jenis tanah dan ketinggian lokasi atau lahan. Guna menunjang pertumbuhan tanaman kaktus secara maksimal.

Jenis Iklim

Tanaman kaktus dapat tumbuh pada beberapa jenis iklim yaitu tropis maupun subtropis dengan suhu udara atau tempertatur mencapai 160 hingga 340 derajat celcius. Selain itu pasti juga daerah tersebut memiliki kelembaban udara berkisar antara 30 hingga 90 persen dan curah hujan rendah dengan nominla 60 mm per bulan serta intensitas penyinaran matahari 50 sampai 80 persen.

Jenis Tanah

Sebenarnya tanaman kaktus dapat tumbuh diberbagai jenis tanah, intinya tanah tersebut harus mengandung bahan organik yang cukup guna memenuhi kebutuhan bahan fotosintesis nantinya. Kami sarankan tanah yang anda pilih berjenis andosol dan aluvial serta gembur dengan tujuang mempermudah pertumbuhan akar dalam mencari sumber air dan unsur hara.

Ketinggian Lokasi atau Lahan

Untuk pemilhan ketinggian lokasi atau lahan yang sesuai cukup mudah, karena apa? tanaman kaktus dapat tumbuh pada daerah dataran tinggi ataupun dataran rendah hanya saja perlu memperhatikan aspek diatas tadi baik jenis iklim dan jenis tanah.

Secara umum tanamann kaktus dapat tumbuh didaerah dengan ketinggian 1200 meter deiatas permukaan laut, ketinggian tersebut sangat cocok digunakan dalam membududidayakan kaktus milik anda semua.

Sekian informasi dari kami mengenai Ciri ciri kaktus dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun, bunga, buah dan biji. Semoga sedikit pengetahuan SawonBudidaya dapat bermanfaat dan terima kasih atas perhatiaan anda semua!