buah cabai
Pertanian

Ciri ciri Cabai dari Akar, Batang, Daun, Bunga, Buah dan Biji Terlengkap!

Ciri ciri Cabai – Cabai adalah salah satu tanaman atau buah yang masuk dalam genus Capsicum, meskipun kita sering mengganggap cabai merupakan buah namun menurut para ahli cabai masuk dalam keluarga sayuran yang sering digunakan sebagai bahan masakan atau bumbu.

Teknik dan tenologi untuk membudidayakan tanaman cabai semakin maju, sehingga banyak sekali petani awam atau pemula berani membudidayakan cabai dalam skala besar.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Karena dengan perkembangan teknologi dapat membantu para petani pemula dalam mencari informasi yang mereka butuhkan dengan mudah contoh seperti ini SawonBudidaya akan membagikan beberapa syarat tumbuh tanaman cabai.

Kita ketahui cabai bukan lagi kebutuhan sekunder melainkan sebagai kebutuhan primer yang berarti sangat penting atau pokok. Hal itu lah menjadikan kami menulis sebuah artikel ini yang mungkin berguna bagi anda semua dalam memulai budidaya cabai.

Secara umum terdapat banyak sekali jenis atau varietas tanaman cabai dengan ciri khas masing masing, namun jika kita perhatikan dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun, bunga, buah dan bijinya memiliki ciri ciri hampir sama.

Kalau penasaran apa saja Ciri ciri cabai yang dapat kita perhatikan, langsung saja simak penjelasan SawonBudidaya berikut ini. Artikel Terkait Syarat Tumbuh Tanaman Cabai Agar Berhasil Hingga Panen!

Daftar Isi

Loading...

Klasifikasi Ilmiah Tanaman Cabai

[supsystic-tables id=24]

Ciri ciri Cabai

Berikut akan kami jelaskan Ciri ciri Cabai dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun, bunga, buah dan biji. Langsung saja simak penjelasan SawonBudidaya dibawah ini!

Ciri ciri Akar Cabai

Umumnya tanaman cabai memiliki jenis akar tunggang yang tumbuh secara vertikal dan horizontal, untuk akar vertikal merupakan bagian primer yang tumbuh pertama kali pada tanaman cabai dengan posisi tegak atau berdiri. Kemudian untuk akar horizontal merupakan bagian sekunder atau cabang yang tumbuh setelah akar primer dengan posisi mendatar.

Setiap akar tanaman cabai memiliki bentuk bulat memanjang, dengan diameter berbeda beda tergantung dari kesuburan tanaman cabai ini sendiri. Baca juga Ciri ciri Lidah Buaya dari Akar, Batang, Daun dan Bunga Beserta Jenisnya!

Namun secara umum akar bagain pangkal akan selalu memiliki diameter lebih besar dibanding akar bagian ujung dan akan mampu tumbuh mencapai kedalam 20 sampai 40 senti meter.

Lalu dibagian ujung akar terdapat bintil bintil yang berfungsi sebagai pengikat air dan unsur hara didalam tanah yang akan digunakan sebagai bahan fotosintesis tanaman cabai. Selain itu akar pada cabai juga berfungsi sebagai penyokong tanaman agar tidak mudah roboh.

Ciri ciri Batang Cabai

Tanaman cabai memiliki batang berbentuk bulat memanjang dengan ketinggian beragam tergantung varietas atau jenisnya, umumnya untuk tanaman cabai rawit memiliki batang dengan panjang satu meter, sedangkan untuk cabai akan memiliki batang lebih panjang mencapai dua meter.

Baca Juga:

Pada bagian luar batang terdapat kulit yang menyelimuti bagian dalam batang secara menyeluruh, dengan warna hijau keputihan untuk bagian pangkal dan hijau tua untuk bagain ujung batang. Setiap batang akan ditumbuhi beberapa cabang dnegan jumlah beragam tergantung kesuburan tanaman cabai itu sendiri.

Terdapat beberapa fungsi dari batang cabai diantaranya sebagai penompang tanaman ini agar tidah mudah roboh dalam kondisi apapun dan berperan penting dalam proses fotosintesis. Kenapa? karena terdapat dua pembuluh didalam batang cabai yang akan membantuk proses pengangkutan bahan fotosintesis dari akar dan pengantar hasil fotosintesis dari daun.

Ciri ciri Daun Cabai

daun cabai
Via asacinta.blogspot.com

Selanjutnya adalah bentuk dan fungsi daun tanaman cabai, umumnya terdapat beberapa bentuk daun cabai. Mulai dari daun yang berbentuk oval, lonjong, bulat dan lanset dengan bagian ujung runcing tergantung dari jenis atau varietasnya.

Kemudian dibagian pinggir daun rata atau tidak bergerigi dan berwarna hijau tua serta hijau muda, lalu daun ini disusun berdasarkan tulang daun menyirip, dengan tulang tengah sebagai tumpuannya.  Untuk satu helai daun memiliki panjang antara 3 sampai 11 senti meter dan lebar berkisar antara 1 sampai 5 senti meter.

Daun cabai memiliki beberapa fungsi yang sangat penting untuk menunjang keberlangsungan hidup tanaman ini, dari tempat terjadinya fotosintesis atau pemasakan makanana, alat pernafasan tanaman cabai karena terdapat organ stomata dan tempat terjadinya penguapan air atau transpirasi guna mengurangi kadar air yang berlebih.

Baca Juga :

Bunga Cabai

ciri ciri bunga cabai
Via www.lmgaagro.web.id

Secara umum tanaman cabai menghasilkan jenis bunga majemuk atau sempuran, artinya bunga yang memiliki dua alat kelamin pada satu tangkainya yaitu benang sari sebagai alat kelamin jantan dan putik sebagai alat kelamin betina. Meskipun bunga cabai memiliki banyak varietas tetapi jika dilihat dari bentuknya, memiliki bentuk hampir sama semua yaitu berbentuk bintang dan memiliki kelopak berjumlah 5 sampai 6 helai.

Loading...

Kemudian untuk warna bunga sendiri beragam tergantung dari jenis atau varietasnya, namun umumnya bunga cabai berwarna merah, putih dan ungu. Lalu untuk satu bunga cabai memiliki panjang berkisar antara 3 sampai 15 senti meter dengan lebar berkisar antara ½ senti meter.

Selain itu terdapat satu bagian lagi dari bunga cabai yaitu tangkai dengan panjang ½ sampai 1 senti meter, kita ketahui tangkai bunga cabai berfungsi sebagai perekat antara pangkal bunga dan ketiak daun.

Bunga tanaman cabai memiliki beberapa berfungsi diantaranya sebagai penarik perhatian serangga guna membantu proses penyerbukan nantinya dan sebagai tempat pembentukan buah di bagian ovariumnya.

Buah Cabai

ciri ciri buah cabai
Via www.klikdokter.com

Terdapat beberapa bentuk dari buah cabai, dari buah cabai dengan bentuk bulat, lonjong dan runcing tergantung dari jenis atau varietasnya. Untuk bagian luar buah memiliki kulit tipis sebagai pembungkus dengan warna hijau, merah dan kuning.

Kemudian dibagian dalamnya berongga diantara plasenta dan dinding buah, lalu pada satu buah cabai memiliki diameter antara 1 sampai 1,75 senti meter, panjang antara 9 sampai 15 senti meter dan bobot mencapai 7,5 sampai 15 gram.

Dan biasanya buah cabai akan terdapat tangkai dengan panjang 3,5 sampai 4,5 senti meter pada bagian pangkalnya, berfungsi sebagai perekat antara ketiak daun dan buah cabai.

Secara umum buah cabai merupakan tumbuh lanjutan dari bunga pada bagian ovarium, dengan fungsi sebagai penghasil biji yang akan digunakan sebagai alat kembang biak tanaman cabai nantinya. Buah cabai memiliki nilai ekonomi yang tinggi karena sering digunakan sebagai rempah masakan, dengan rasa pedas yang mencari ciri khas dari buah cabai.

Biji Cabai

Buah yang sudah tua dan cukup umur akan menghasilkan biji didalamnya, dengan bentuk bulat dan pipih berwarna putih kekuningan. Biji akan tumbuh didalam buah cabai atau lebih spesifiknya dibagian plasntea berwarna putih.

Diatas tadi kami sudah menjelaskan bahwa cabai memiliki ciri khas dari rasa pedasnya, tapi tahukah anda ternyata rasa pedas dari cabai dihasilkan dari bagian bijinya. Kemudian biji cabai berfungsi sebagai alat kembang biak tanaman ini nantinya.

Jenis jenis Tanaman Cabai

Selanjutnya kami juga akan membahas Jenis jenis Tanaman cabai yang mungkin akan berguna untuk anda semua nantinya. Penasaran? Yuk langsung perhatikan dibawah ini!

Cabe Merah keriting

Jika dilihat dari nama saja kita sudah dapat menerka, apa yang menjadi ciri khas dari jenis cabai ini bukan? Yah benar, cabai merah keriting ini memiliki ciri khas dari bentuk bulat memanjang dengan bagian ujung runcing dan keriting.

Cabe Merah Besar

Sleanjutnya adalah cabe merah besar, jenis buah cabai ini memiliki ciri khas dari bentuk bulat, gemuk, panjang dan runcing serta berwarna merah cerah mengkilat.

Cabe Hijau Besar

Ciri khas dari buah cabai hijau besar ini hampir sama dengan buah cabai merah besar, hanya saja jenis cabai ini memiliki warna hijau cerah mengkilat.

Cabe Hijau Keriting

Bagaimana untuk jenis cabe yang satu ini? Bisa ditebak apa yang menjadi ciri khasnya, tentunya anda sudah mengetahui ciri khas dari cabe hijau kerinting yaitu bulat memanjang dengan bagian ujung runcing dan keriting.

Jenis Cabai Lainnya:

[supsystic-tables id=25]

Sumber resepkoki.id

Sekian informasi dari kami mengenai Ciri ciri Cabai dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun, bunga, buah dan biji. Semoga sedikit pengetahuan ini dapat bermanfaat untuk kita semua dan terima kasih atas perhatiannya!

3 Replies to “Ciri ciri Cabai dari Akar, Batang, Daun, Bunga, Buah dan Biji Terlengkap!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *