Ciri ciri Lidah Buaya dari Akar, Batang, Daun dan Bunga Beserta Jenisnya!

lidah buaya
Ciri ciri Lidah Buaya

Ciri ciri Lidah Buaya – Lidah buaya termaksud tanaman yang masuk dalam genus Aloe dan spesies A. Vera. Dari dulu lidah buaya dipercaya sebagai obat alami yang sering digunakan sebagai penyubur rambut, pengobat luka dan perawatan kecantikan.

Kini sudah banyak sekali varietas lidah buaya ditemukan dengan ciri khas masing masing, namun jika dilihat sekilas lidah buaya memiliki ciri ciri hampir sama baik dari segi bentuk dan fungsi akar, batang, daun dan bunga.

Klasifikasi Ilmiah Lidah Buaya

Ciri ciri Lidah Buaya

Berikut akan kami jelaskan Ciri ciri Lidah Buaya dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun dan bunga. Langsung saja simak rangkuman mengenai lidah buah!

Ciri ciri Akar Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya memiliki jenis akar serabut yang tumbuh dengan kedalaman 30 sampai 40 senti meter. Umumnya tumbuh dengan posisi vertikal dan horizontal sehingga semakin kokoh dalam menyokong tanaman lidah buaya nantinya.

Akar ini berwarna putih kekuningan dan tumbuh dalam jumlah sangat banyak, kita ketahui sistem pertumbuhan akar serabut sangat pesat dibandingkan akar tunggang, hanya saja berukuran lebih kecil.

Setiap akar pada suatu tanaman tentu memiliki fungsi, begitu juga dengan lidah buaya, terdapat beberapa fungsi dari akar serabutnya yaitu sebagai alat pencari sumber air dan unsur hara yang akan digunakan sebagai bahan fotosintesis.

Ciri ciri Batang Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya memiliki batang berukuran pendek sehingga sangat sulit untuk dilihat, hal ini dikarenakan batang lidah buaya merupakan tempat pertumbuhan daun yang berukuran dan sempit.

Umumnya batang lidah buaya memiliki warna putih kekuningan, dengan bagian luar kasar dan terdapat bekas dari tangkai daun, mirip dengan sistem pertumbuhan pohon kelapa.

Sama halnya dengan tanaman atau pohon lainnya, batang lidah buaya juga berfungsi sebagai tempat pertumbuhan daun, sebagai penompang agar tanaman ini tidak mudah roboh dan memiliki peran penting dalam proses fotosintesis.

Selain itu batang lidah buaya juga berfungsi sebagai alat kembang biak, karena salah satu cara kembang biak lidah buaya dapat dilakukan dengan metode steak atau vegetatif.

Ciri ciri Daun Lidah Buaya

lidah buaya
Via lampungpro.com

Daun pada tanaman lidah buah berbentuk lonjong memanjang dengan bagian ujung runcing dan bagian pinggir berduri atau bergerigi. Umumnya daun lidah buaya berwarna hijau tua dan hijau muda tergantung dari varietas serta umur tanaman ini sendiri.

Daun ini memiliki daging yang sangat tebal, dibagian dalam daun berlendir dengan warna putih bening. Orang sering memanfaat daun lidah buaya sebagai obat alami kecantikan seperti obat jerawat dan menyehatkan rambut.

Kemudian daun lidah buaya tidak bertulang, beda dengan jenis daun tanaman lain yang pasti memiliki tulang. Hal yang menyebabkan daun lidah tidak bertulang karena daunya memiliki daging yang tebal sehingga tanpa tulang, daun lidah buaya tetap dapat tumbuh dengan kokoh.

Baca Juga :

Umumnya daun lidah buaya memiliki panjang mencapai 50 sampai 75 senti meter dan berat berkisar antara ½ sampai 1 kilogram, namun tidak menutup kemungkinan terdapat daun lidah buaya yang lebih panjang dan berat.

Selain itu tanaman lidah buaya mampu tumbuh dalam kondisi lingkungan kering, karena salah satu fungsi dari daunnya adalah penyimpan cadangan air. Lalu daunnya juga berfungsi sebagai tempat terjadinya fotosintesis, tempat terjadinya penguapan air atau transpirasi dan sebagai alat pernafasan.

Ciri ciri Bunga Lidah Buaya

bunga lidah buaya
Via www.tamanhusadagrahafamili.com

Tanaman lidah buaya menghasilkan bunga dengan bentuk mirip pipa yang tumbuh secara berkelompok, umumnya bunga ini tumbuh dibagian ketiak daun. Kemudian bunga lidah buaya memiliki ukuran sangat kecil, dengan berbagai warna dari merah, orange dan kuning.

Kemudian bunga lidah buaya tumbuh dalam bentuk tandan, pada satu tangkai tanda memiliki panjang kurang lebih satu meter dan jumlah pipa sangat banyak tergantung dari kesuburan tanaman lidah buaya itu sendiri.

Artikel Terkait Cara Menanam Lidah Buaya Menggunakan Polybag dan Bedengan!

Jenis jenis Lidah Buaya

Sumber SehatAlami

Syarat Tumbuh Lidah Buaya

Kemudian kami akan membahas syarat tumbuh lidah buaya dari jenis iklim, jenis tanah dan ketinggian lokasi atau lahan yang sesuai untuk budidaya lidah buaya. Yuk langsung saja simak!

Jenis Iklim

Sebenarnya tanaman lidah buaya dapat tumbuh diberbagai jenis iklim baik dari tingkat suhu, curah hujan dan intesitas sinar matahari. Selain itu lidah buaya juga dapat tumbuh didaerah kering sekalipun, hal ini dikarena tanaman lidah buaya memiliki daun yang berfungsi sebagai penyimpan cadangan air.

Ketinggian Lokasi atau Lahan

Tanaman lidah buaya memiliki tingkat adapatasi yang baik sehingga dapat tumbuh pada beberapa ketinggian, baik didataran tinggi ataupun datara rendah. kemudian lidah buaya juga dapat tumbuh pada daerah Subtropika dan tropika.

Jenis Tanah

Untuk pemilihan jenis tanah yang akan digunakan sebagai media tanam  lidah buaya, sebaiknya daerah yang anda pilih memiliki kondisi tanah yang subur, kaya unsur hara dan gembur.

Kemudian pastikan juga media tanam tersebut memiliki tingkat keasaman atau  Ph mencapai 5,5 sampai 6, karena untuk tanah yang mengandung keasaman terlalu tinggi dapat berpengaruh buruk pada tanaman lidah buaya dan tanaman ini akan mengandung logam berat.

Sekian informasi dari kami mengenai Ciri ciri Lidah Buaya dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun dan bunga. Semoga sedikit pengetahuan ini dapat bermanfaat untuk kita semua dan terima kasih atas perhatiaanya!

Baca Juga:

1 Trackback / Pingback

  1. Ciri ciri Terong dari Akar, Batang, Daun, Bunga, Buah dan Biji Terlengkap!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*